cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Arjuna Subject : -
Articles 96 Documents
HUBUNGAN HOPE, HAPPINESS DAN FORGIVENESS TERHADAP MARITAL ADJUSTMENT PASUTRI DI KOTA SERANG Rahmawati Rahmawati
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.47 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1895

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harapana (hope), kebahagiaan (happiness) dan pemaafan (forgiveness) terhadap penyesuaian pasangan didalam pernikahan (marital adjustment). Responden penelitian ini 70 orang yang terdiri dari 40 perempuan dan 30 laki-laki di wilayah kota Serang-Banten. Prosedur pengambilan data dengan metode summated ratings pada skala hope, happiness, forgiveness, dan marital adjustment. Dari uji F didapatkan nilai F (regresi) = 13,728, R = 0,62 (>0,5), R2=0,384 dengan p=0.001 (<0,01), artinya ada pengaruh yang signifikan antara hope, happiness,dan forgiveness, secara bersama-sama terhadap marital adjustment.
PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN ASPIRASI PENDIDIKAN SISWA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN LATAR BELAKANG BUDAYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING Ninil Endriani
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.483 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i2.1869

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang budaya yang mempengaruhi perilaku siswa dalam belajar dan inkonsistensi temuan penelitian tentang motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa laki-laki dan perempuan dari berbagai ras. Ini merupakan penelitian metode deskriptif komparatif yang menerapkan metode kuantitatif, dengan menggunakan stratified sampling, 350 siswa terpilih sebagai sampel di SMA Negeri 1 Batusangkar dan SMA Negeri 1 Balige. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian motivasi dan aspirasi pendidikan dari siswa dalam kategori tinggi, dan (2) tidak ada perbedaan yang signifikan dalam motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara siswa latar belakang budaya Minangkabau dan Batak, ada yang signifikan perbedaan motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan antara lakilaki dan siswa perempuan latar belakang budaya Minangkabau, di mana motivasi berprestasi dan aspirasi pendidikan siswa perempuan Minangkabau lebih tinggi dari siswa laki-laki Minangkabau Kata kunci: Motivasi Berprestasi, Aspirasi Pendidikan, Gender, dan Budaya
PENGARUH RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PREMENSTRUAL SYNDROME (PMS) PADA REMAJA PUTRI PONDOK PESANTREN FATHUL HUDA KEBONDALEM PURWOKERTO Rahmawati Rahmawati; Roro Setyawati
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.003 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1896

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relaksasi otot progresif terhadap premenstrual syndrome (PMS). Respoden penelitian ini adalah remaja putri dengan jumlah 15 orang untuk kelompok eksperimen dan 15 orang untuk kelompok kontrol dari Pondok Pesantren Fathul Huda, Kebondalem Purwokerto. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala, observasi, wawancara, dan pengisian lenbar evaluasi. Metode penelitian dengan eksperimen menggunakan rancangan randomised control group pre test – post test design. Dari hasil uji post test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol didapat nilai t hitung>t tabel 2.410> 2.042 (df=28; signifikasi 95%; sig 2-tiled) artinya ada hubungan sangat signifikan antara antara post test pada pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan p = 0.023<0.05. sedangkan pada perhitungan independen sample uji t pre test dan post test pada pekompok eksperimen didapatkan nilai t hitung> t tabel=2.052>2.042 (p=0.05; df=28; signifikansi 95%; sig 2-tiled) artinya ada pengaruh pemberian relaksasi pada kelompok eksperimen, dengan didukung penurunan mean dari 114.13 menjadi 97.67.
EFEKTIVITAS PELATIHAN PENGELOLAAN MARAH DENGAN PENDEKATAN KOGNITIVE BEHAVIOR MODIFICATION UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA Binti Isrofin
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.454 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i2.1870

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku agresif siswa SMA melalui program pelatihan pengelolaan marah dengan pendekatan cognitive behavior modification melalui tiga prosedur, yaitu pengamatan diri, dialog internal yang baru dan mengajarkan keterampilan baru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan single-subjek. Subyek penelitian ini adalah 5 siswa di Diponegoro Tumpang SMA yang memiliki perilaku agresif yang tinggi dibandingkan dengan teman-teman lain. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa pelatihan pengelolaan marah dengan pendekatan cognitive behavior modification efektif untuk mengurangi perilaku agresif siswa. Berdasarkan hasil tersebut menyebabkan beberapa saran (1) konselor dapat memanfaatkan program pelatihan pengelolaan marah dengan pendekatan CBM sebagai upaya preventif dan kuratif pada siswa yang cenderung menunjukkan perilaku agresif; (2) bagi peneliti selanjutnya, penelitian lebih lanjut harus menindaklanjuti hasil penelitian menggunakan eksperimen nyata menggunakan kelompok kontrol desain. Kata kunci: Pengelolaan marah, cognitive behavior modification, perilaku agresif
LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM PENINGKATAN KEMATANGAN EKSPLORASI KARIR SISWA Deasy Yunika Khairun; Melly Sri Sulastri; anne Hafina
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.405 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1860

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi keefektifan layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa yang dilakukan terhadap siswa kelas X SMAN 11 Garut. Penelitian menggunakan metode eksperimen kuasi dengan desain equivalent time series. Analisis data menggunakan analysis of varians atau ANOVA untuk mengetahui signifikansi peningkatan skor kematangan eksplorasi karir siswa. Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan skor kematangan eksplorasi karir pada aspek sikap dan aspek kompetensi. Hasil penelitian menunjukkan layanan bimbingan karir efektif dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa yang menjadi subjek penelitian. Kata Kunci: time series, kematangan eksplorasi karir, layanan bimbingan karir.
EFEKTIVITAS RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENANGANI STRES AKADEMIK SISWA Yuli Nurmalasari; Yusi Riksa Yustiana; Ilfiandra Ilfiandra
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.822 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1897

Abstract

Siswa yang mengalami stres akademik memiliki persepsi yang maladaptif terhadap tuntutan akademik.Tujuan penelitian mengetahui efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik.Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group pretest-posttest design.Hasil penelitian: (1) stres akademik siswa sebagian besar termasuk kategori sedang; (2) rancangan intervensi berfokus pada reduksi indikator stres akademik; (3) restrukturisasi kognitif efektif menangani stres akademik.
MASALAH-MASALAH YANG DIHADAPI PESERTA DIDIK DALAM PERENCANAAN KARIR DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN KARIR Nofianti Eka Permadi
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.269 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i2.1871

Abstract

Perencanaan karir merupakan salah satu aspek dari tugas perkembangan karir yang harus dicapai oleh remaja. Realitas dilapangan peserta didik pada masa perkembangan remaja belum mampu merencanakan karir dan memiliki masalah terkait dengan karir dan pekerjaan. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam perencanaan karir dan implikasinya terhadap pelayanan bimbingan karir. Penelitian ini merupakan penelitian kuntitatif dengan format deskriptif, dengan populasi 254 peserta didik, serta sampel 152 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik mengalami permasalahan dalam perencanaan karir. Kata Kunci: Masalah, perencanaan karir
KONTRIBUSI KEPERCAYAAN DIRI DAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEGIATAN MERESPON DALAM PEMBELAJARAN SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING Rizky Andana Pohan
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (573.826 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i2.1872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kontribusi dari kepercayaan diri dan siswa persepsi terhadap menanggapi aktivitas dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 480 siswa dari SMA Negeri 8 Padang di kelas XI dan XII, dan sampel 218 siswa yang dipilih dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, deskripsi kepercayaan diri itu di tingkat tinggi, (2) siswa persepsi tentang kegiatan merespon adalah di tingkat positif, (3) menanggapi aktivitas dalam pembelajaran dikategorikan pada tingkat tinggi, (4) ada 7,5% (R = 0,275, signifikansi 0,000) dalam kontribusi percaya diri terhadap merespons kegiatan, (5) ada 7,2% (R = 0,268, signifikansi 0,000) dalam kontribusi persepsi siswa terhadap kegiatan merespon, (6) ada 11 % (R = 0,332, signifikansi 0,000) dalam kontribusi bersama dengan percaya diri dan siswa persepsi terhadap menanggapi aktivitas dalam belajar. Kata kunci: Percaya diri, Persepsi, Kegiatan merespon
KONTRIBUSI PENGASUHAN ORANGTUA DAN SELF ESTEEM TERHADAP PERILAKU BULLYING Raudah Zaimah Dalimunthe
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.422 KB) | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1861

Abstract

Perilaku bullying dipengaruhi oleh banyak faktor. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) pengasuhan orangtua, self esteem dan perilaku bullying, 2) pengasuhan orangtua dan self esteem baik secara individual maupun bersamaan berkontribusi pada perilaku bullying. Populasi penelitian adalah fokus pada siswa SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan, dengan sampel 193 siswa, dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan model Likert Skala dan persediaan (CFSEI). Hasil uji reliabilitas tentang pengasuhan orangtua 0.901 dan 0.938 untuk perilaku bullying. Validitas instrumen pada orangtua adalah 16,28 dan 0,54 untuk perilaku bullying. Hasil ini menunjukkan bahwa orangtua dalam cukup baik kategori dan self esteem berada pada kategori rendah, bullying. dalam kategori menengah, dan pengasuhan dan self esteem baik secara tunggal atau bersamaan yang berkontribusi terhadap perilaku bullying. Kata Kunci : Perilaku bullying, self esteem, pengasuhan orangtua
EFEKTIVITAS TEKNIK PELATIHAN ASERTIF DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA Feida Noorlaila Istiadah; Rochman Natawidjaja; Euis Farida
Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/jpbk.v1i1.1862

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang kurang mampu mengungkapkan pendapatnya dalam diskusi dan cenderung diam apabila diberikan kesempatan untuk bertanya. Penelitian bertujuan untuk memperoleh gambaran empirik mengenai keefektifan teknik pelatihan asertif dalam meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan secara umum komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori sedang dan teknik pelatihan asertif efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Kata kunci: teknik pelatihan asertif, komunikasi interpersonal

Page 1 of 10 | Total Record : 96