Salah satu softskill yang penting dimiliki oleh staf perpustakaan adalah kemampuan
komunikasi antar pribadi, agar mereka mampu memberikan layanan prima kepada
para pengguna perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana
persepsi pemustaka terhadap kemampuan komunikasi antar pribadi staf perpustakaan
di UPT Perputakaan Pusat Unpad. Komunikasi antar pribadi dilihat dari aspek
empathy, supportiveness (sikap mendukung), positiveness (sikap positif), equality
(kesetaraan), confidence (rasa percaya diri), immediacy (perhatian dan rasa senang),
interaction management (mengelola interaksi). Metode yang digunakan adalah
survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi
dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap
kemampuan komunikasi antar pribadi staf UPT Perpustakaan Pusat Unpad dilihat
dari aspek empathy, supportiveness, positiveness, equality, confidence,
immediacy, interaction management pada umumnya adalah baik. Rekomendasi dari
hasil penelitian adalah bagi UPT Perpustakaan Pusat Unpad sebaiknya
menyelenggarakan pelatihan komunikasi antar pribadi bagi seluruh stafnya agar
mereka mampu menyelenggarakan layanan prima bagi pemustaka; bagi
penyelenggara pendidikan Ilmu Perpustakaan disarankan agar menambahkan mata
kuliah Komunikasi Antar Pribadi dalam kurikulumnya agar para lulusannya mampu
berkomunikasi antar pribadi dengan efektif dalam menyelenggarakan layanan
informasi di perpustakaan.
Kata Kunci: Efektivitas Komunikasi Antar Pribadi, Persepsi Pemustaka, UPT
Perpustakaan Unpad, Layanan Perpustakaan.
Copyrights © 0000