cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. indragiri hilir,
Riau
INDONESIA
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
ISSN : 23028149     EISSN : 25409719     DOI : -
Sistemasi adalah nama terbitan jurnal ilmiah dalam bidang ilmu sains komputer program studi Sistem Informasi Universitas Islam Indragiri, Tembilahan Riau. Jurnal Sistemasi Terbit 3x setahun yaitu bulan Januari, Mei dan September,Focus dan Scope Umum dari Sistemasi yaitu Bidang Sistem Informasi, Teknologi Informasi,Computer Science,Rekayasa Perangkat Lunak,Teknik Informatika
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi" : 21 Documents clear
PENERAPAN WORD N-GRAM UNTUK SENTIMENT ANALYSIS REVIEW MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (STUDI KASUS: APLIKASI SAMBARA) Fitriyani Fitriyani; Toni Arifin
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1063.828 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.954

Abstract

ABSTRACTSambara application is an innovation from Bapenda West Java for motor vehicle tax services. The Sambara application expected can be provide efficiency, effectiveness and service improvement. The success of the application can be determined by conducting a sentiment review analysis. Sentiment analysis aims to detect polarity in the text in the form of negative or positive opinions, using text mining. At the text processing stage, the Word N-Gram feature is added as a word identification approach and for classification it uses the Support Vector Machine (SVM) method. This study aims to determine the application of Word N-Gram, the results of the accuracy value using the SVM method, and find out how much influence the application of Word N-Gram on the accuracy value. The highest accuracy value in this research was 89.00% with AUC value of 0.944 (excellent classification) on the amount of data 900, but when uses Bi-gram and Tri-gram results in a decrease in accuracy. The accuracy value with the highest increase is in the application of tri-grams with the amount of 1,200 data. Increase in accuracy value by 0.92% compared to Uni-Gram to 88.59% with AUC value of 0.95.Keywords: analysis sentiment, text mining, word n-gram, support vector machine (SVM).ABSTRAKAplikasi Sambara merupakan inovasi dari Bapenda Jabar untuk pelayanan pajak kendaraan bermotor. Aplikasi Sambara diharapkan memberikan efesiensi, efektifitas, dan perbaikan pelayanan. Keberhasilan aplikasi dapat diketahui dengan melakukan analysis sentiment review. Analysis sentiment bertujuan untuk mendeteksi polaritas di dalam teks berupa opini negatif atau positif., dengan menggunakan text mining. Pada tahapan text processing ditambahkan fitur Word N-Gram sebagai pendekatan identifikasi kata dan untuk klasifikasinya menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Word N-Gram, hasil nilai akurasi dengan menggunakan metode SVM, dan mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Word N-Gram terhadap nilai akurasi. Hasil nilai akurasi tertinggi pada penelitian ini sebesar 89.00% dengan nilai AUC 0.944 (excellent classification) pada jumlah data 900, namun saat dilakukan penerapan Bi-gram dan Tri-gram menghasilkan penurunan akurasi. Nilai akurasi dengan kenaikan tertinggi yaitu pada penerapan Tri-gram dengan jumlah data 1.200. Kenaikan nilai akurasi sebesar 0.92% dibandingkan dengan Uni-Gram menjadi 88.59% dengan nilai AUC 0.954.Kata Kunci: analysis sentiment, text mining, word n-gram, support vector machine (SVM)
PREDIKSI PENYAKIT DEMAM BERDARAH DI PUSKESMAS NGEMPLAK SIMONGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 Saifur Rohman Cholil; Aditya Febri Dwijayanto; Tria Ardianita
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3528.609 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.898

Abstract

ABSTRACTDengue Hemorrhagic Fever (DHF) is a disease whose main cause is the flaviviridae virus. This virus can be transmitted through mosquito bites. The spread of this disease is faster in urban areas than in rural areas due to the high population density. Aedes aegypti mosquito is very easy to spread dengue virus from one person to another because it has a domestic nature. The Ministry of Health has collaborated with local health centers in the DHF prevention program. Ngemplak Simongan Health Center is one of the public health centers located in the District of West Semarang that serves a variety of treatments for this type of disease, one of which is a patient with Dengue Hemorrhagic Fever (DHF). C4.5 algorithm is used to predict dengue fever which aims to produce a decision tree. The choice of using Algortima is because it is widely used to describe a pattern / knowledge / information in the form of a decision tree explicitly. Application created using PHP programming language that produces prediction of dengue fever. The test results obtained an accuracy value of 94.44% so that the application program built can be used correctly.Keywords: c4.5 algorithm, decision tree , dengue hemorrhagic feverABSTRAKDemam Berdarah Dengue (DBD) adalah sebuah penyakit yang penyebab utamanya adalah virus flaviviridae. Virus ini dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk. Penyebaran penyakit ini lebih cepat di area perkotaan dibandingkan di area pedesaan karena faktor tingginya kepadatan penduduk. Nyamuk Aedes aegypti sangat mudah menyebarkan virus dengue dari orang satu ke orang lain karena memiliki sifat domestik. Departemen kesehatan telah melakukan kerja sama dengan puskesmas sekitar dalam program penanggulangan penyakit DBD. Puskesmas Ngemplak Simongan merupakan salah satu puskemas yang berada di Kecamatan Semarang Barat yang melayani berbagai macam pengobatan jenis penyakit, salah satunya adalah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Algoritma C4.5 digunakan untuk prediksi penyakit demam berdarah yang bertujuan menghasilkan sebuah pohon keputusan. Pemilihan penggunaan Algortima ini karena banyak digunakan untuk menggambarkan suatu pola/pengetahuan/informasi dalam bentuk pohon keputusan secara eksplisit. Aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP yang menghasilkan prediksi penyakit demam berdarah. Hasil pengujian didapatkan nilai akurasi sebesar 94.44% sehingga aplikasi program yang dibangun dapat digunakan secara benar.Kata Kunci: algoritma c4.5, pohon keputusan, demam berdarah dengue
PERANCANGAN PORTOFOLIO APLIKASI DIKBUD KABUPATEN KOLAKA KERANGKA KERJA SPIS VERSI WARD DAN JOE PEPPARD Nurfitria - Ningsi; Novrianti - Rajab
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (59.551 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.829

Abstract

ABSTRACTApplication Portfolio is a collection of information system needs that are applied and needed by organizations in the future by conducting a strategic mapping framework. Case study was conducted at the Kolaka District DIKBUD Office as One of the Work Activities (SKPD) of Kab. Kolaka. DIKBUD has formed an organization consisting of 1 Head of Office, 1 Secretary, 4 Head of Districts, and 12 UPTD Education Services. This study is based on the still not optimal utilization of applications in the SKPD. The IT Portfolio Design is expected to help align business strategies and IT strategies in the DIKBUD office with the use of John Ward and Joe Peppard's Information Systems Strategic Planning Method. Applications used by the Education and Culture office are 15 applications and proposed applications are 15 applications. The total number of Applications that can be used for the future is 30 Applications.Keywords: application portfolio, spis version john ward and joe peppard, the education and culture officeABSTRAKPortofolio Aplikasi merupakan Kumpulan kebutuhan sistem informasi yang diterapkan serta diperlukan organisasi dimasa mendatang dengan melakukan pemetaan strategik framework. Study kasus dilakukan pada Kantor DIKBUD kabupaten Kolaka sebagai Salah Satu Kegiatan Kerja (SKPD) Kab. Kolaka. DIKBUD telah membentuk organisasi yang terdiri dari 1 Kadis, 1 Sekdis, 4 Kabid, dan 12 UPTD Pelayanan Pendidikan. studi ini dilandasi oleh masih belum optimalnya pemanfaatan aplikasi di SKPD tersebut. Perancangan IT Portofolio ini diharapkan dapat membantu menyelaraskan Strategi bisnis dan Strategi IT Pada kantor DIKBUD dengan penggunaan Metode Perencanaan Strategik Sistem Informasi (SPIS) versi John Ward and Joe Peppard. Aplikasi yang digunakan kantor Dikbud berjumlah 15 Aplikasi dan Aplikasi usulan berjumlah 15 Aplikasi. Total Aplikasi keseluruhan yang dapat digunakan untuk masa mendatang adalah 30 Aplikasi.Kata Kunci: portofolio aplikasi, SPIS versi john ward dan joe peppard, DIKBUD kab. kolaka
EVALUASI USER EXPERIENCE DENGAN PENDEKATAN USABILITY TESTING PADA SISTEM INFORMASI SMART ACADEMIC Ria Andriani
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (817.017 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.633

Abstract

ABSTRACTSmart Academic is an information system used by administrative staff to manage administrative activities from upstream to downstream related to academia starting from the pre-lecture process such as Her-Registration of new students, filling in Study Plan Cards, and class division during the lecture process such as semester exams as well as the assessment process of each course, then proceed with administrative processing for the graduation until the graduation process, so that Smart Academic becomes a critical information system for the University if a failure occurs, it will hamper the lecture process which means the system cannot fulfill its objectives. This study evaluates the Smart Academic Information System through user experience with 8 respondents using the Usability Testing approach. This study examines user experience based on the Nielsen Heuristic method, namely Visibility of System, Match Between System and The Real World, User Control and Freedom, Consistency and standards, Preventive error system, Recognition Rather Than Recall, Flexibility and Efficiency, Aesthetic and Minimalist Design, Help User Recognize dialogue, and recovers from error, and Help and Documentation. Studies prove that of the 10 Nielsen Heuristic variables, 4 variables have poor Usability values, namely the Consistency and standards variable, Preventive error system, Aesthetic and Minimalist Design, and Help and DocumentationKeywords: information system evaluation, nielsen heuristic, usability testingABSTRAKSmart Academic merupakan sistem informasi yang digunakan oleh staf administrasi untuk mengelola aktifitas administratif dari hulu ke hilir yang berhubungan dengan akademik mulai dari proses sebelum perkuliahan seperti Her-Registrasi mahasiswa baru, pengisian Kartu Rencana Studi, dan pembagian kelas, selanjutnya saat proses perkuliahan seperti ujian semester serta proses penilaian masing-masing mata kuliah, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan administrasi untuk yudisium sampai dengan proses wisuda, sehingga Smart Academic ini menjadi sistem informasi yang kritis bagi pihak Universitas apabila terjadi kegagalan maka akan menghambat proses perkuliahan yang artinya sistem ini tidak dapat memenuhi tujuannya. Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap Sistem Informasi Smart Academic melalui pengalaman pengguna dengan jumlah responden sebanyak 8 orang dengan menggunakan pendekatan Usability Testing. Penelitian ini mengkaji pengalaman pengguna berdasarkan metode Nielsen Heuristic yaitu Visibility Of System , Match Between System And The Real World, User Control And Freedom, Consistency and standards, Preventive error system, Recognition Rather Than Recall, Flexibility and Efficient, Aesthetic and Minimalist Design, Help User Recognize dialogue, and recovers from error, dan Help and Documentation. Studi membuktikan bahwa dari 10 variabel Nielsen Heuristic terdapat 4 variabel yang memiliki nilai Usability kurang baik yaitu pada variabel Consistency and standards, Preventive error system, Aesthetic and Minimalist Design, dan Help and Documentation.Kata Kunci: evaluasi sistem informasi, nielsen heuristic, usability testing
RANCANG BANGUN SISTEM ANALISIS KEPUASAN ALUMNI MENGGUNAKAN METODE CSI DAN MATRIX IPA Kristianto Kristianto; Kusnadi Kusnadi; Marsani Asfi
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1258.564 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.928

Abstract

ABSTRACTAlumni satisfaction survey is one of the way to carried out by Informatics Engineering Study Program at CIC University in the effort to provide maximum learning and service to its students. As a study program that has the highest number of students and graduates in CIC University, Informatics Engineering Study Program routinely conducts alumni satisfaction surveys during graduation registration. Where the survey results are obtained, then analyzed the level of satisfaction and expectations. However, there is a problem, process of collecting survey data is still using paper, then the results have recapitulated for analysis through by SPSS program, so it takes a lot time to analyze. Therefore it need a system to handle these problems. The purpose of this research is to build a web-based alumni satisfaction analysis system using Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance Performance Matrix (Matrix IPA) methods. After system has successfully implemented, alumni can fill out the survey by logging in first using their respective NIM. System will produce an analysis in the form of information on the level of overall alumni satisfaction and display the attributes that must be improved which can be taken into consideration by the Informatics Engineering Study Program in improving learning and service. Based on the results of the user accepting test on 3 lecturers of the Informatics Engineering Study Program, the percentage is 79,16 %, it means that alumni satisfaction analysis system is in accordance with the needs.Keywords: alumni satisfaction, CSI, importance performance matrix, satisfaction analysisABSTRAKSurvei kepuasan alumni merupakan salah satu cara yang dilakukan Program Studi Teknik Informatika Universitas CIC Cirebon dalam upaya untuk memberikan pembelajaran dan pelayanan yang maksimal kepada mahasiswanya. Sebagai program studi yang memiliki jumlah mahasiswa dan lulusan terbanyak di Universitas CIC, Program Studi Teknik Informatika rutin mengadakan survei kepuasan alumni pada saat pendaftaran wisuda. Dimana hasil survei yang didapat kemudian dianalisis tingkat kepuasan dan tingkat harapannya. Namun terdapat permasalahan yaitu proses pengumpulan data survei yang masih menggunakan kertas, kemudian hasil yang didapat direkap untuk dianalisis melalui program SPSS. Dengan cara tersebut tentu akan memakan waktu yang cukup lama untuk menganalisisnya. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk menangani permasalahan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah membangun sistem analisis kepuasan alumni dengan metode analisis Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Matrix (Matrix IPA). Setelah sistem berhasil diimplementasikan, alumni dapat mengisi survei dengan login terlebih dahulu menggunakan NIM masing-masing. Sistem akan menghasilkan analisis berupa informasi tingkatan kepuasan alumni secara keseluruhan dan menampilkan atribut yang harus ditingkatkan yang dapat menjadi bahan pertimbangan Program Studi Teknik Informatika dalam meningkatkan pembelajaran dan pelayanan. Berdasarkan hasil pengujian User Acceptance Test (UAT) terhadap 3 dosen Program Studi Teknik Informatika, didapat persentase sebesar 79,16% yang artinya sistem analisis kepuasan alumni ini sudah sesuai dengan kebutuhan.Kata Kunci: kepuasan alumni, csi, importance performance matrix, analisis kepuasan
PERANCANGAN USER INTERFACE HUMAN RESOURCE CLOUD MANAGEMENT SOFTWARE BERBASIS ANDROID Yudi Eko Windarto; Marfuah Marfuah
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3482.804 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.893

Abstract

ABSTRACTOne social company that helps in the development of  IT to help welfare organizations and companies such as building applications to develop IT  and addressing social problems is the Tri-Niche Indonesia company. In addition to IT services the Tri-Niche also develops other innovative projects at home that support the resolution of various social problems through the power of IT by collaborating with welfare entities and companies. IT has unlimited potential, always advancing and developing. One of the things done by Tri-Niche Indonesia is by preparing an application to manage company employee data so that it is easier to make rescue related to human resources needed. The research objective was to build a user interface design for HR monitoring applications. First, make preparations in the form of identification of problems related to the user interface and data collection techniques using interview techniques. The design stage analyzes the solution and then builds a user interface based on user needs using HRCMS. HRCMS is a graphical display that is used as a liaison between the "HRCMS" Application and users. This research builds user interfaces to animate employee data using Android HRCMS. The results of this study consist of a simple User Interface design based on the principle of User Interface Design as a reference to make it  easier for employees to use applications.Keywords: Android HRCMS, Design, Mobile Application , User Interface.ABSTRAKSalah satu perusahaan sosial yang berfokus pada pemanfaatan kekuatan teknologi informasi untuk membantu organisasi kesejahteraan dan perusahaan seperti membangun aplikasi inovatif untuk menyelesaikan kendala TI serta mengatasi masalah sosial adalah Tri-Niche Indonesia. Selain layanan TI Tri-Niche juga mengembangkan proyek inovatif in-house lainnya yang bertujuan untuk menyelesaikan berbagai masalah sosial melalui kekuatan TI dengan berkolaborasi dengan entitas kesejahteraan dan perusahaan.  TI memiliki potensi yang tidak terbatas, selalu maju dan berkembang. Salah satu hal yang dilakukan Tri-Niche Indonesia ialah mempersiapakan aplikasi untuk memanajemen data pegawai perusahaan agar lebih mudah dalam melakukan pemantauan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan membangun rancangan user interface terkait aplikasi pemantauan SDM. Pada tahap utama melakukan persiapan berupa identifikasi masalah yang berkaitan dengan user interface  dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara. Tahap perancangan melakukan analisis solusi dan kemudian membangun user interface berdasarkan kebutuhan pengguna menggunakan HRCMS. HRCMS (Human Resource Cloud Management Software) merupakan bentuk tampilan grafis yang digunakan sebagai penghubung antara Aplikasi “HRCMS” dengan pengguna. Penelitian ini membangunan User interface untuk memantau data pegawai menggunakan Android HRCMS. Hasil penelitian  berupa rancangan User Interface yang sederhana berdasarkan prinsip User Interface Design sebagai acuan untuk memudahkan para pegawai dalam penggunaan aplikasi.Kata Kunci: Android HRCMS, Design, Aplikasi Mobile, User Interface.
PERSPEKTIF AWAM DALAM IMPLEMENTASI ELISITASI KEBUTUHAN MENGGUNAKAN USER PERSONA Evi Dwi Wahyuni; Wahyu Andhyka Kusuma; Haidar Rais Abdillah; Helda Yuliani Sari
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1164.274 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.854

Abstract

ABSTRACTSoftware development is demanded to make it easier for users to meet the needs of users who have not yet resolved in the system. one approach that is quite effective is Persona which is a Human Computer Interaction (HCI) technique by gathering information about users to collect their characteristics. HCI here is the process of interaction between humans and computers.. The main key to HCI is to have to deepen the user experience (UX) and also the user interface (UI) because an effective HCI based on User Persona identification can improve software quality. The purpose of this study is to identify some information that is less effective by designing user-persona methods to make HCI more effective. This research implements the Cooper Method although this method is quite difficult to do with various identification steps and validation of one channel in one phase which makes the weak point. The Persona technique in the Cooper method is suitable to be implemented in this study because there is research on PL by identifying behavior patterns of PL users that are compatible with HCI needs to be more effective. The various identification steps show more accurate results. Modifications made by the author in this study to ensure validation in each step of the Cooper method with an iterative model. Effective HCI based on User Identification can improve UX and UI quality.Keywords: human computer interaction, personas ,software, requirements elicitationABSTRAKPengembangan perangkat lunak yang dituntut untuk memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan pengguna berdasarkan permasalahan yang belum terselesaikan dalam sistem. salah satu ancangan yang cukup efektif adalah Persona yang merupakan teknik Human Computer Interaction (HCI) dengan cara mengumpulkan informasi tentang pengguna untuk memahami karakteristik mereka. HCI disini adalah proses interaksi antara manusia dengan computer. Kunci utama HCI ialah harus mendalami user experience (UX) dan juga user interface (UI) dikarenakan HCI yang efektif berdasarkan identsifikasi User Persona dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi beberapa informasi yang kurang efektif dengan melakukan ancangan metode User Persona agar HCI lebih efektif. Penelitian ini mengimplementasikan Metode Cooper meskipun metode ini cukup sulit untuk dilakukan dengan langkah identifikasi yang beragam serta validasi satu alur dalam satu fase yang menjadikan titik lemahnya. Teknik Persona dalam metode Cooper cocok diimplementasikan dalam penelitian ini dikarenakan adanya penelitian terhadap PL dengan mengidentifikasi pola perilaku pengguna PL yang cocok dengan kebutuhan HCI agar lebih efektif. Langkah identifikasi yang beragam menunjukkan hasil yang lebih akurat. Modifikasi yang dilakukan penulis pada penelitian ini untuk memastikan validasi dalam setiap langkah pada metode Cooper dengan model iteratif. HCI yang efektif berdasarkan identifikasi User Persona dapat meningkatkan kualitas UX dan UI.Kata Kunci: interaksi manusia komputer, persona , perangkat lunak, elisitasi kebutuhan
APLIKASI TRANSAKSI SAMPAH DIGITAL UNTUK TRANSPORTASI SUROBOYO BUS Arna Fariza; Rengga Asmara; Nindy Ilhami
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.464 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.669

Abstract

ABSTRACT This study discusses the mechanism for exchanging bottle junk to get stickers that are less efficient and effective. The survey results from related parties explain that the existing mechanism is not efficient, paperless, lacks good integration between all parties involved, and is not yet in line with the development of the digital era. Therefore the author will make an application to solve the problem of the mechanism of riding the Suroboyo Bus. The application consists of three applications including mytrash, gettrash, and gotrash. The mytrash application is used by passengers to exchange the garbage to the Waste Bank and get a sticker on the Suroboyo Bus. The gettrash application is used by garbage banks to receive bottle trash from passengers and provide stickers to ride the Suroboyo Bus. The gotrash application is used by the Suroboyo Bus helper to make less balance from the stickers resulting from the exchange of junk waste by passengers. The trial subjects in this study were Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Suroboyo Bus Helper, Surabaya area Waste Bank, and Suroboyo Bus Passenger. These three applications will be integrated with each other to run a garbage transaction mechanism more efficiently in accordance with current technological advancements. The results of the study show that the three applications are made more effective to help the mechanism of trash transactions to get a sticker on the Suroboyo Bus ride.Keywords : android application, garbage transaction mechanism, google maps API, suroboyo busABSTRAKPenelitian ini membahas mengenai mekanisme penukaran sampah botol untuk mendapatkan stiker naik Suroboyo Bus yang kurang efisien dan efektif. Hasil survey dari pihak terkait menjelaskan bahwa, mekanisme yang ada sekarang kurang efisien, paperless, kurang terintegrasi baik antara semua pihak yang terkait, dan belum sesuai dengan perkembangan zaman yang serba digital. Oleh karena itu penulis akan membuat aplikasi untuk menyelesaikan permasalahan mekanisme naik Suroboyo Bus. Aplikasi yang dibuat terdiri dari tiga aplikasi diantaranya mytrash, gettrash, dan gotrash. Aplikasi mytrash digunakan penumpang untuk menukarkan sampahnya ke Bank Sampah dan mendapatkan sticker naik Suroboyo Bus. Aplikasi gettrash digunakan bank sampah untuk menerima sampah botol dari penumpang dan memberikan sticker naik Suroboyo Bus. Aplikasi gotrash digunakan oleh helper Suroboyo Bus untuk melakukan less balance dari stiker hasil penukaran sampah botol oleh penumpang. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Helper Suroboyo Bus, Bank Sampah area Surabaya, dan Penumpang Suroboyo Bus. Tiga aplikasi ini akan saling terintegrasi satu sama lain untuk menjalankan mekanisme transaksi sampah lebih efisien sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Pada hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga aplikasi yang dibuat lebih efektif untuk membantu mekanisme transaksi sampah untuk mendapatkan sticker naik Suroboyo Bus.Kata Kunci : android application, mekanisme transaksi sampah, google maps API, suroboyo bus
PENGUKURAN TINGKAT KEBERGUNAAN SISTEM INFORMASI ANALISIS JABATAN DAN BEBAN KERJA MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL Krismadinata Krismadinata; Wulan Juswita Sari; Ganefri Ganefri; Unung Verawardina
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.277 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.719

Abstract

ABSTRACTThe existence of information and communication technology (ICT) in an organization is expected to increase the efficiency and effectiveness of the organization. This condition is sometimes far from what is expected and instead slows organizational activities such as the ability to use computer-based information systems that are still low, and user experience is still small so that it affects the acceptance of an information system. Job Analysis and Workload Analysis Information System (SINJAB) is designed to provide the results of job analysis and workload analysis from a Central / Regional agency for the implementation of institutional, staffing, management and supervision arrangements to the competency-based apparatus and performance. This article discusses the process of measuring the usefulness of the acceptance of the SINJAB. The method used is the Technology Acceptance Model (TAM). The parameters used to measure variable factors such as experience, self-confidence, perceived usefulness, and perceived ease of use on the acceptance of the SINJAB. The object of the study was conducted at the Government of the City of Payakumbuh, West Sumatra. The findings state all the factors of experience, self-confidence, perceived usefulness, and perceived ease affect the SINJAB.Keywords:Keywords: ICT, SINJAB ,technology acceptance modelABSTRAKKeberadaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam suatu organisasi diharapkan dapat meningkat efisien dan efektifitas organisasi. Kondisi ini kadang-kadang jauh dari apa yang diharapkan dan malah memperlambat aktifitas organisasi seperti kemampuan menggunakan sistem informasi berbasis komputer yang masih rendah, dan pengalaman pengguna masih sedikit sehingga mempengaruhi penerimaan suatu sistem informasi. Sistem Informasi Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (SINJAB) dirancang untuk menyediakan hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja dari suatu instansi Pusat/Daerah untuk pelaksanaan penataan kelembagaan, kepegawaian, ketatalaksanaan dan pengawasan kepada aparatur yang berbasis kompetensi dan kinerja. Artikel ini membahas tentang proses pengukuran tingkat kebergunaan penerimaan SINJAB. Metode yang digunakan Technology Acceptance Model (TAM). Parameter yang digunakan untuk mengukur faktor variabel seperti pengalaman, keyakinan diri, persepsi manfaat, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penerimaan SINJAB. Objek kajian dilakukan pada Pemerintah Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Hasil temuan menyatakan semua faktor pengalaman, keyakinan diri, persepsi manfaat, dan persepsi kemudahan berpengaruh terhadap SINJAB.Kata Kunci: TIK , SINJAB , technology acceptance model
IMPLEMENTASI TEXT MINING UNTUK ADVERTISING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA TWEETS GOJEK INDONESIA Azizah Nurfauziah Yusril; Inggrit Larasati; Qurrotul Aini
Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.123 KB) | DOI: 10.32520/stmsi.v9i3.924

Abstract

ABSTRACTIn determining advertising, businesses use social media to find out the responses of their followers. Gojek Indonesia is one of the company in Indonesia who uses Twitter social media as a means to do advertising. The purpose of this research is to find out the type of tweet content that is mostly retweeted and favorite by Gojek Indonesian followers so that it can be used to do advertising to Twitter users. The collection of tweet data from Twitter is done by integrating Twitter API and R programming language using R Studio tools. The data analysis method uses text mining and for the clustering process uses K-means. The results of this study obtained a number of 2 cluster tweets. Based on the calculation of the average number of retweets in each cluster, it was found that the type of content with the most retweets was related to the quiz program and the introduction of Gojek Indonesia’s products. Gojek Indonesia business people can use the retweet and favorite features as a means of advertising Twitter users.Keywords: advertising, gojek indonesia, text mining, k-means clustering, twitterABSTRAKDalam penentuan advertising, pelaku bisnis menggunakan media sosial untuk mengetahui respon dari para followers-nya. Gojek Indonesia merupakan salah satu pelaku bisnis di Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter sebagai sarana untuk melakukan advertising. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis konten tweets yang banyak dilakukan retweet dan favorite oleh followers Gojek Indonesia sehingga dapat digunakan untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter. Pengumpulan data tweets dari Twitter dilakukan dengan mengintegrasikan Twitter API dan bahasa pemograman R menggunakan tools R Studio. Metode analisis data menggunakan text mining dan untuk klasterisasi menggunakan K-means. Hasil dari penelitian ini didapatkan sejumlah 2 klaster tweets. Berdasarkan perhitungan jumlah rata-rata retweet pada tiap klaster, didapatkan bahwa jenis konten dengan retweet terbanyak yaitu terkait program kuis dan perkenalan produk Gojek Indonesia. Pelaku bisnis Gojek Indonesia dapat menggunakan fitur retweet dan favorite sebagai sarana untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter.Kata Kunci: advertising, gojek indonesia, text mining, k-means clustering, twitter

Page 1 of 3 | Total Record : 21


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 3 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 2 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 11, No 1 (2022): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 3 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 2 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 10, No 1 (2021): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 3 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 2 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 9, No 1 (2020): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 3 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 2 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 8, No 1 (2019): Sistemasi Vol 8, No 1 (2019): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 3 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 7, No 2 (2018): SISTEMASI Vol 7, No 1 (2018): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 3 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 2 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 6, No 1 (2017): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 3 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 2 (2016): sistemasi Vol 5, No 2 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 5, No 1 (2016): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 3 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 2 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 4, No 1 (2015): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 4 (2014): SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 3 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 2 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 3, No 1 (2014): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 4 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 3 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 2 (2013): Sistemasi:Jurnal Sistem Informasi Vol 2, No 1 (2013): Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi More Issue