cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Manajemen & Keuangan
Published by Universitas Samudra
ISSN : 2252844X     EISSN : 26151316     DOI : -
Jurnal Manajemen & Keuangan merupakan wahana hasil penelitian dan telaah konseptual dalam bidang manajemen dan keuangan, diterbitkan sejak tahun 2012 dan terbit 2 kali setahun pada bulan Mei dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN" : 9 Documents clear
Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia Sektor Perhotelan dalam Menghadapi Implementasi MEA Tiffany Fortunatan; Hallie Josias Sahertian
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.638 KB)

Abstract

At the end of 2015, Indonesia along with other countries which is incorporated in ASEAN organization will implement the ASEAN Economic Society (AEC). One of the sectors that is included in the first stage of implementation is the tourism and hospitality sector. Data stated that the opportunity of AEC imple-mentation for Indonesia can help fasten economic growth in a larger scale of market. But, there are also challenges need to be faced so that Indonesian labors can compete with the labors from other country. One of the important strategies is to adjust standardization and give certification of competence for all of tourism and hospitality labors in Indonesia.
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karang Baru Erni Junaida
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, aspek fisik, kepastian, dan empati terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karang Baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karang Baru dan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Persamaan regresiyang dihasilkan dalam penelitian ini yaituLN=1,391+0,247Kh+0,701DT+0,116 AF+0,474Kp+0,906E. Dari analisis koefisien determinasi (Adjusted R2) diketahui bahwa kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), aspek fisik (tangible), kepastian (assurance), dan empati (emphaty) mempengaruhi loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Karang Baru sebesar 43,50%
Pengaruh Modal Kerja terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi BEC Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa Meutia Dewi
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.863 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Modal Kerja terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi BEC Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Adapun dugaan sementara yang dapat penulis kemukakan adalah Modal kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi BEC Matang Seulimeng Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Hasil penelitian adalah SHU = 5.498.092,755 + 0,043MK.Sisa Hasil Usaha = 5.498.092,755 artinya besarnya penerimaan SHU yang tidak dipengaruhi oleh modal kerja sama dengan nol, maka penerimaan Sisa Hasil UsahaRp5.498.092,755.Modal Kerja = 0,043 artinya apabila modal kerja bertambah sebesar Rp 1.000 maka akan menyebabkan penerimaan SHU bertambah sebesar Rp 43 peneriman tersebut dengan asumsi variabel lainnya tetap.Uji t adalah Uji signifikasi untuk mengetahui signifikasi antara variabel dengan kriteria 5 %. Apabila angka signifikansi > 0,05 maka kedua variabel tidak signifikan. Diketahui nilai t hitung adalah 2,302 dengan tingkat signifikan 0,05. Nilai t tabel pada α=5%, maka t tabel adalah 2,306 berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu jika t hitung < t tabel maka tidak adanya pengaruh antaramodal kerja t erhadap SHU, dengan nilai 2,302 < 2,306. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa tidak signifikan karena 0,05= 0,05, untuk itu hipotesa dapat ditolak
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Anggaran pada Pemerintahan Daerah Afrah Junita
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.784 KB)

Abstract

Dalam budgeting process, perubahan anggaran (rebudgeting) merupakan hal yang lazim terjadi dan merupakan faktor penting di pemerintahan daerah (Forrester & Mullins, 1992). Sebagai kelanjutan dari proses anggaran, rebudgeting harus menjadi sarana dimana pemerintah dapat memenuhi tujuan yang bervariasi dan bahkan bertentangan dengan penganggaran, termasuk kontinuitas dan kontrol, perubahan dan akuntabilitas, dan fleksibilitas serta prediktabilitas (Wildavsky, 1988). Rebudgeting merupakan komponen integral dari keseluruhan proses anggaran, yang diambil dari anggaran asli dengan tujuan untuk melakukan perbaikan untuk meningkatkan anggaran asli (Rubin, 1990). Penyesuaian APBD dengan perkembangan dan/atau perubahan keadaan, dibahas bersama antara DPRD dengan pemerintah daerah dalam rangka penyusunan prakiraan perubahan atas APBD tahun anggaran yang bersangkutan
Peranan Strategi Promosi dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan pada Perusahaan Jasa Perhotelan Riny Chandra
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.076 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan strategi promosi terhadap volume penjualan perusahaan jasa perhotelan. Penelitian ini bersifat deskriptif explanatory. Dalam penelitian ini variabel strategi pemasaran yang teridentifikasi mempengaruhi volume penjualan (Y) pada perusahaan jasa perhotelan adalah periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan perseorangan (X3),dan publisitas (X4). Tehnik pengumpulan data pengamatan (observasi),wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini Strategi promosi sangat berperan dalam upaya peningkatan volume penjualan. Strategi promosi yang dipakai perusahaan jasa perhotelan meliputi: iklan,promosi penjualan, penjualan perorangan dan periklanan. . Dalam upaya meningkatkan kunjungan tamu hotel untuk peningkatan volume penjualan,hotel dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan yang telah ada saat ini dengan memberikan pelatihan kepada karyawan dan juga dengan memberikan berbagai fasilitas dan jaminan lainnya yang dapat meningkatkan kepuasan karyawan, serta memperbaiki metode-metode penjualan yang lebih baik serta meningkatkan alokasi biaya pada program promosi tersebut.
Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada Penggunaan Ponsel Merek Nokia di Kota Langsa Dewi Rosa Indah
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.503 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap loyalitas konsumen pada pengunaan ponsel merek Nokia di Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan ponsel Nokia di Kota Langsa dan diambil sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, dan analisis koefisien determinasi. Persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu LK = 0,914 + 0,113CM + 0,707H. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji t di mana thitung > ttabel (2,119 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,035 < 0,05. Harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji t di mana thitung > ttabel ttabel (3,350 > 1,986) dan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. Citra merek dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada penggunaan ponsel Nokia. Hal ini dibuktikan dari uji F di mana Fhitung > Ftabel (7,917 > 2,484) dan tingkat signifikansinya 0,010 < 0,05. Dari analisis koefisien determinasi diketahui bahwa citra merek dan harga mempengaruhi loyalitas konsumen sebesar 46,30%, sedangkan sisanya sebesar 53,70% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying pada Indomaret di Kota Langsa Muhammad Muhammad Rizal
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.991 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, shopping lifestyle, dan promosi terhadap impulse buying pada Indomaret di Kota Langsa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Indomaret di Kota Langsa dan diambil sampel sebanyak 96 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Untuk mengetahui pembuktian hipotesis digunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Persamaan regresi yang dihasilkan dari analisis data yaitu IB = 2,372 + 0,357KP + 0,018SL + 0,117P. Dari analisis data diketahui bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada Indomaret Langsa, sedangkan shopping lifestyle dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada Indomaret Langsa. Dari hasil uji F diketahui bahwa kualitas pelayanan, shopping lifestyle, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying pada Indomaret di Kota Langsa. Kualitas pelayanan, shopping lifestyle, dan promosi mempengaruhi impulse buying pada Indomaret di Kota Langsa sebesar 18,8%, sedangkan sisanya sebesar 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.
Pengaruh Kreatifitas Iklan terhadap Keputusan Pembelian Rokok Dunhill Milddi Kotalintang Kabupaten Aceh Tamiang Safrizal
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.344 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kreatifitas iklan terhadap keputusan pembelian rokok Dunhill Mild di Kotalintang Kabupaten Aceh Tamiang.Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu: diduga bahwa kreatifitas iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rokok Dunhill Mild di Kotalintang Kabupaten Aceh Tamiang.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu accidentall sampling. Dari analisis regresi linier sederhana, diperoleh persamaan regresi KP = 4,610 + 0,937 KI. Nilai konstanta sebesar 4,610 adalah nilai keputusan pembelian yang tidak dipengaruhi oleh variabel kreatifitas iklan. Nilai koefisien regresi variabel kreatifitas iklan sebesar 0,937 menjelaskan bahwa jika variabel kreatifitas iklan meningkat sebesar satu satuan maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,937 satuan.Variabel kreatifitas iklan berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian yang dibuktikan dari uji t (uji parsial) di mana setelah dilakukan analisis diketahui bahwa thitung> ttabel (2,165 > 1,987) dan nilai signifikansi variabel kreatifitas iklan sebesar 0,035 lebih kecil dari 0,05.Variabe kreatifitas iklan mempengaruhi keputusan pembelian pada rokok Dunhill Mild di Kotalintang Kabupaten Aceh Tamiang sebesar 35,20%
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengguna ATM Bank BRI di Samalanga Zefri Maulana
Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 4 No 2 (2015): JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Samudra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.572 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Samalanga Kabupaten Bireuen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pihak BRI melalui ATM di Samalanga terhadap kepuasan para pegguna ATM BRI Samalanga. Penelitian ini memiliki populasi yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya sehigga penggambilan sampel dengan tehnik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang telah diisi responden dan di analisis dengan persamaan regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian diketahui koefisien regresi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah pengguna ATM BRI di Samalanga. Koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,382 atau sebesar 38,2% variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy memberikan pengaruh terhadap kepuasan pengguna ATM di Bank BRI Cabang Samalanga, dan sisanya sebesar 61,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Uji t diperoleh pada variabel tangibles, reliability, assurance, dinyatakan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga sedangkan responsiveness dan empathy tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga serta secara simultan variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna ATM Bank BRI Cabang Samalanga

Page 1 of 1 | Total Record : 9