cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Volume 3 no 2, September 2015
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BOLA PLASTIK Winata, Devi Catur
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Passing Atas Dalam Permainan Bola Voli melalui Pendekatan Bermain dengan menggunakan media bola plastik Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 105364 Perbaungan Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing atas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan presentase. Berdasarkan hasil belajar siswa pada data awal setelah tes hasil belajar  dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Passing Atas masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 15 orang (60%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (40%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 70 pada siklus I. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui gaya mengajar Penemuan Terbimbing pada siswa kelas Kelas VI SD Negeri 105364 Perbaungan Tahun Ajaran 2015/2016.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR NURABADI, ANDI
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Latihan pada siswa kelas V SDN 056022 Tanjung Pura tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan  Juni  2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik menggiring bola masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang tidak  mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat  22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Pendekatan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VII SMP Swata Mulia Medan  tahun ajaran 2014/2015.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BACKHAND SHORT SERVICE PERMAINAN BULU TANGKIS MELALUI GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING Munawar, Ahmad Al
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Smash bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Inklusi pada siswa kelas V SD Swasta Mulia Medan  tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan  Mei  2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Smash  masih rendah. Dari 25 orang siswa terdapat 10 orang (40%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 15 orang (60%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 25 orang siswa terdapat  22 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Gaya mengajar Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Backhand Short Service  pada siswa kelas V SD Swata Mulia Medan  tahun ajaran 2014/2015.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KATA (JURUS) DENGAN PENDEKATAN MASTERY LEARNING Dewi, Ratna
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Secara umum tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kata pada perkuliahan Karate dengan pendekatan  mastery learning.Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil belajar Kata mahasiswa, proses   dan hasil belajar kata Karate pada mahasiswa. Penelitian tindakan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester genap Pendidikan Kepelatihan kelas A regular STOK Binaguna Medan.                Penelitian ini dilakukan dengan empat kali pertemuan terdiri dari dua siklus, setiap siklus empat kali pertemuan. Untuk menguji hasil belajar Kata dengan pendekatan mastery learning pada mata kuliah karate. Peningkatan hasil belajar Kata dengan pendekatan mastery learning pada siklus I menunjukkan bahwa 29 (60,42%) mahasiswa telah tuntas, dan 19 (39,58%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek hasil belajar pada pembelajaran Siklus I belum tuntas secara klasikal yaitu 85% mahasiswa belajar tuntas. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan untuk siklus berikutnya. Hasil penilaian pada siklus II menunjukkan bahwa 43 (89,58%) peserta didik telah tuntas, dan 5 (10,42%) mahasiswa belum tuntas. Hal ini berarti untuk aspek hasil belajar Kata pada pembelajaran Siklus II telah tuntas secara klasikal yaitu 95% mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) dengan pendekatan belajar tuntas (mastery learning) dapat meningkatkan hasil belajar Kata Karate mahasiswa. (2) proses belajar di kelas menjadi lebih aktif dengan meningkatnya motivasi belajar mahasiswa yang berpengaruh terhadap hasil belajar setiap mahasiswa.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI GAYA MENGAJAR LATIHAN Aditya, Rinaldi
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggiring bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Latihan pada siswa kelas VII SMP Swasta Mulia Medan  tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan  Mei  2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik menggiring bola masih rendah. Dari 30 orang siswa terdapat 10 orang (33%) yang tidak  mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 orang (66%) telah mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat  26 orang (87%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Gaya mengajar Latihan dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola pada siswa kelas VII SMP Swata Mulia Medan  tahun ajaran 2014/2015.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR TENDANGAN SAMPING DALAM PENCAK SILAT DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL Ramadhan, Ikhsan
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Tendangan Samping dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Resiprokal pada siswa kelas X SMA Hang Tuah  tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Tendangan Samping masih rendah. Dari 30 orang siswa terdapat 20 orang (67%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (33%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang (87%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Gaya mengajar Resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar Tendangan Samping pada siswa kelas X SMA Hang Tuah Belawan tahun ajaran 2014/2015
PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR LARI SPRINT 100 METER. Siregar, Fajar Siddik
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Lari Sprint dengan menggunakan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis terhadap hasil belajar siswa tersebut diperoleh thitung sebesar 10,42 pada taraf signifikan α = 0,05 dan ttabel sebesar 2,093. Dengan demikian thitung > ttabel (10,42 > 2,093) sehingga hipotesis yang menyatakan “Ada pengaruh pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar lari sprint 100 M siswa kelas X di SMA. Dari data posttest diketuhui bahwa siswa telah mampu melakukan lari sprint 100 M dengan baik, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa lebih besar dari nilai KKM yang ada disekolah, artinya banyak siswa yang memperoleh nilai di atas 70. Berdasarkan hasil perhitungan data hasil belajar lari sprint 100 M siswa diperoleh thitung > ttabel, artinya hipotesis tersebut diterima. Pembelajaran contextual teaching and learning yang dilakukan dapat membantu siswa dalam memahami lari sprint 100 M, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat dari hasil sebelum diberikan model pembelajaran.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAIANAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN MODIFIKASI ALAT PADA SISWA DASAR Nugroho, Agung
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Passing permainan Bola Voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas IV SD Mulia Medan tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I dilakukan tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik passing bola masih rendah. Dari 30 orang siswa terdapat 20 orang (66%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 10 orang (34%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,3. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 30 orang siswa terdapat 26 orang (86,2%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (13,8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,7, sehingga terdapat kenaikan 25% hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hal itu maka dapat di simpulkan bahwa pembelajaran melalui variasi Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bola pada siswa kelas IV SD Mulia Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOK MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL Syaleh, Muhammad
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia Tahun 2015/2016. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan julah siswa 35 orang yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa penerapan pembelajaran melalui media audio visual terhadap hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik Tolak peluru Gaya Ortodok masih rendah. Dari 35 orang siswa terdapat 24 orang (68%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang (32%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 77. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 35 orang siswa terdapat 31 orang (88%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (12%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 81. Berdasarkan hal itu maka dapat  ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui hasil belajar Tolak peluru Gaya Ortodok melalui media audio visual pada Siswa kelas VII SMP Swasta Perguruan Indonesia
PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI MENGGUNAKAN MEDIA YANG DIMODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU Alim, Samiun
Volume 3 no 2, September 2015 Vol 3 No 2 (2015): JURNAL ILMIAH STOK BINA GUNA MEDAN
Publisher : STOK BINA GUNA MEDAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Menggunakan Media yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru Pada Siswa Kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015.        Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Cerdas Murni Tembung Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015.waktu penelitian dilaksanakan pada 21 dan 28 juli 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Cerdas Murni Tembung Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian berupa kegiatan awal, kegiatan lanjutan (siklus I) dan Siklus II dalam proses pembelajaran tolak peluru, ternyata telah diperoleh peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan. Nilai persentase rata-rata siswa pada tes awal adalah 61,25% (Tidak Tuntas), pada data awal nilai persentase rata-rata siswa meningkat menjadi 64,46% (Tidak Tuntas), dan pada pelaksanaan siklus II nilai persentase rata-rata siswa meningkat dan telah mencapai 84,46% (Tuntas).

Page 1 of 2 | Total Record : 11