cover
Contact Name
Hendra
Contact Email
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Phone
+6281908756400
Journal Mail Official
hendra.wijayanto@uta45jakarta.ac.id
Editorial Address
retnayu.prasetyanti@uta45jakarta.ac.id
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA)
ISSN : -     EISSN : 24600369     DOI : -
Core Subject : Social,
Fokus IJPA memusatkan perhatian pada permasalahan utama dalam pengembangan keilmuan administrasi publik meliputi: 1. Perkembangan Birokrasi dan Administrasi Pemerintahan 2. Desentralisasi, Otonomi Daerah, Pelayanan Publik 3. Kebijakan Publik dan Good Governance 4. Manajemen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018" : 5 Documents clear
PENGELOLAAN SAMPAH DARI WASTE4CHANGE TERKAIT PERMASALAHAN SAMPAH DI DKI JAKARTA Fitria Yuliani
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v4i1.1134

Abstract

Abstract: Garbage accumulation that occurred in Indonesia, make a lot of problems that arise. This is also due to lack of information, education and government firmness in enforcing this waste policy. We never know and care where the waste we produce is carried and managed; whether the waste is recycled, or become a disaster for others. When the government is able to firmly enforce the waste, and also cooperate with the community related to the processing of waste then slowly but surely the problem of garbage pileup is no longer the case. With education processing done it can also be an economic land for housewives and other communities when the wise community in doing waste processing. Many innovations have been done by the government and also the community to reduce the existing waste problems. Keywords: Garbage, Waste4change, Jakarta Abstrak: Penumpukan sampah yang terjadi di Indonesia , membuat banyak permasalahan yang timbul. Hal tersebut juga disebabkan karena kurang nya informasi, edukasi serta ketegasan pemerintah dalam menegakkan kebijakan sampah ini. Kita tidak pernah tahu dan peduli kemana sampah yang kita hasilkan dibawa dan dikelola; apakah sampah tersebut didaur ulang, atau menjadi bencana bagi orang lain. Bila mana pemerintah mampu tegas dalam menegakkan sampah, dan juga bekerjasama dengan masyarakat terkait dengan pengolahan sampah maka dengan perlahan namun pasti persoalan soal penumpukan sampah tidak lagi terjadi. Dengan pendidikan pengolahan yang dilakukan hal tersebut juga dapat menjadi lahan ekonomi bagi ibu rumah tangga maupun masyarakat lain nya bila mana masyarakat bijak dalam melakukan pengolahan sampah. Banyak inovasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan juga masyarakat untuk mengurangi masalah sampah yang ada selama ini. Kata Kunci : Sampah, Waste4change, Jakarta
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS PUBLIKASI ILMIAH GURU PNS DI SMP NEGERI 1 REMBANG DAN SMP NEGERI 3 PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA Mugi Lestari; Muslih Faozanudin; Dyah Retna Puspita
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v4i1.1121

Abstract

Abstract: Generally, the productivity of scientific publication of civil servant teachers in Purbalingga District and especially in Kecamatan Rembang and Pengadegan is still low. Based on the results of previous research and expert opinion, the low productivity of teachers' scientific publications is caused by teacher motivation factors, teacher competence, teacher work load and social support. The purpose of this study to determine the magnitude of the influence of teacher motivation, teacher competence, teacher workload, and social support to the productivity of scientific publications of civil servant teachers in SMP Negeri 1 Rembang and SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga District. This research method used quantitative research method of descriptive case study format. Research location in SMP Negeri 1 Rembang and SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga District. The sampling technique used is saturated or census sampling where the research population is at once a sample. The results of this study indicate that there is a significant effect of teacher motivation factors, teacher competence, teacher workload and social support to the productivity of scientific publications of civil servant teachers in SMP Negeri 1 Rembang and SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga District, either independently or simultaneously. The influence of teacher motivation is 48,6% with positive direction, teacher competence 33,9% with positive direction, teacher work load 28,4% with negative direction, and social support equal to 34,3% with positive direction. On the other hand, the influence of teacher motivation, teacher competence, teacher work load, and social support simultaneously to the productivity of scientific publication of civil servant teachers in SMP Negeri 1 Rembang and SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga District is 53.1%. That is, as much as 46.9% productivity scientific publications teachers influenced by other factors outside this study.Keywords: Productivity of teachers' scientific publications, teacher motivation, teacher competence, teacher workload, social support. Abstrak: Secara umum, produktivitas publikasi ilmiah guru PNS di Kabupaten Purbalingga dan khususnya di Kecamatan Rembang dan Pengadegan masih rendah.  Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan pendapat para ahli, rendahnya produktivitas publikasi ilmiah guru PNS antara lain disebabkan oleh faktor motivasi guru, kompetensi guru, beban kerja guru dan dukungan sosial.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi guru, kompetensi guru, beban kerja guru, dan dukungan sosial terhadap produktivitas publikasi ilmiah guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga.  Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif format deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh atau sensus dimana populasi penelitian sekaligus menjadi sampel.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan faktor motivasi guru, kompetensi guru, beban kerja guru dan dukungan sosial terhadap produktivitas publikasi ilmiah guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga, baik secara mandiri maupun secara simultan/bersama-sama. Besarnya pengaruh motivasi guru secara mandiri sebesar 48,6% dengan arah positif, kompetensi guru sebesar 33,9% dengan arah positif, beban kerja guru sebesar 28,4% dengan arah negatif, dan dukungan sosial sebesar 34,3% dengan arah positif. Di sisi lain, besarnya pengaruh motivasi guru, kompetensi guru, beban kerja guru, dan dukungan sosial secara bersama-sama/simultan terhadap produktivitas publikasi ilmiah guru PNS di SMP Negeri 1 Rembang dan SMP Negeri 3 Pengadegan Kabupaten Purbalingga adalah 53,1%. Artinya, sebesar 46,9%  produktivitas publikasi ilmiah guru dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.Kata Kunci: Produktivitas publikasi ilmiah guru, motivasi guru, kompetensi guru, beban kerja guru, dukungan sosial.
IMPLEMENTASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL PENDIDIKAN DASAR (SPM-DIKDAS) TINGKAT SMP (STUDI PADA SMP N 6 SATU ATAP REMBANG DAN SMP N 3 PURBALINGGA) Teguh Prasetya; Muslih Faozanudin; Dyah Retna Puspita
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v4i1.1122

Abstract

Abstract: Implementation of minimum  service standards of basic education (SPM Dikdas) policy of junior high school level in Purbalingga has ups and downs in its development, sometimes up sometimes down, so it is interesting to examine how the implementation process is run. For that, the case study technique was taken in two junior high schools, they are SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga and SMP N 3 Purbalingga.The purpose of this research is to analyze the extent of the process of implementation SPM Dikdas policy in SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga and SMP N 3 Purbalingga. This research use is Qualitative Descriptive method with purposive sampling technique. The results of this study indicate that the implementation process of SPM Dikdas in SMP N 6 Satu Atap Rembang has not run well because it is still lack of manpower in the Administration Section in SMP N 6 one Roof Rembang while while in SMP N 3 Purbalingga has been run quite well run by the actors. The purpose of the SPM Dikdas Implementation Program is Sufficiently clear, but sometimes the objectives are not achieved maximally because the planned activities that are made still seem less bold because hampered by the tight rules and availability of funding sources. The development of MSS program in SMP level is quite good, but still less quickly because it is hindered by human resources that still do not meet the criteria of SPM Dikdas indicator. The other parties have participated well enough but there needs to be better coordination between the parties so that there is a better communication relationship to accelerate the process of program implementation and the uncontrollable factors experienced by the implementors are funding factors and natural factors which also includes the factors that greatly affect the process of implementation of SPM Dikdas.Keywords:  Policy of SPM Dikdas, Implementation Process  Abstrak: Implementasi Kebijakan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM Dikdas) Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Purbalingga mengalami pasang surut dalam perkembangannya, kadang naik kadang turun, sehingga menarik untuk diteliti seperti apa proses implementasi dijalankan. Untuk itu diambil teknik studi kasus pada dua sekolah menengah pertama, yaitu SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga dan SMP N 3 Purbalingga. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana proses iplementasi SPM Dikdas Tingkat SMP N 6 Satu Atap Rembang Purbalingga dan SMP N 3 Purbalingga.Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Deskriptif Kualitatif dengan teknik pemilihan informan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses implementasi SPM Dikdas di SMP N 6 Satu Atap Rembang  belum berjalan baik karena masih kekurangan tenaga pada Bagian Tata Usaha di SMP N 6 satu Atap Rembang sedangkan sedangkan pada SMP N 3 Purbalingga sudah berjalan cukup baik dijalankan oleh para aktor. Tujuan Program Implementasi SPM Dikdas Sudah Cukup Jelas, namun adakalanya tujuan tidak tercapai secara maksimal karena rencana kegiatan yang dibuat masih terkesan kurang berani karena terhambat oleh ketatnya aturan dan ketersediaan sumber dana.  Perkembangan program SPM Dikdas Tingkat SMP sudah cukup baik, namun masih kurang cepat karena terhalang oleh sumber daya manusia yang masih belum memenuhi kriteria indikator SPM Dikdas. Pihak-pihak lain sudah berpartisipasi cukup baik namun demikian perlu koordinasi yang lebih baik antar pihak-pihak tersebut sehingga terjadi hubungan komunikasi yang lebih baik untuk memprcepat proses implementasi program dan Faktor-faktor yang tak terkendali yang dialami oleh para implementor adalah faktor dana dan faktor alam yang juga termasuk faktor-faktor yang sangat mempengaruhi proses implentasi SPM Dikdas. Kata Kunci:  Kebijakan SPM Dikdas, Proses Implementasi
MANAJEMEN PELAYANAN PENANGGULANGAN KASUS HIV-AIDS DI KOTA YOGYAKARTA Gerry Katon Mahendra; Hari Akbar Sugiantoro
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v4i1.1167

Abstract

ABSTRACT : The high number of HIV AIDS cases in the city of Yogyakarta requires the authorities to take appropriate action so that the spread of this virus can be minimized. KPAD has important duties and positions to provide maximum services for vulnerable community groups infected with the virus. based on the results of research, public service management applied in KPA Kota Yogyakarta is more coordinative and indirect service. They focus on maximizing the role of OPDs, NGOs, and communities in order to reach out to vulnerable communities who are infected with the HIV AIDS virus. This measure is effectively marked by the multitude of coordination activities between institutions so as to identify HIV sufferers from the early stages and provide the right follow-up.Keywords : Public Service, National AIDS Commission, HIV AIDS ABSTRAK : Tingginya kasus HIV AIDS di Kota Yogyakarta menuntut pihak berwenang melakukan tindakan yang tepat agar penyebaran virus ini dapat diminimalisir. KPAD memiliki tugas dan posisi penting guna memberikan pelayanan maksimal bagi kelompok masyarakat rentan terinfeksi virus tersebut. berdasarkan hasil penelitian, manajemen pelayanan publik yang diterapkan di KPA Kota Yogyakarta lebih bersifat koordinatif dan pelayanan tidak langsung. Mereka fokus pada memaksimalkan peran OPD, LSM, dan masyarakat guna menjangkau kelompok masyarakat yang rentan terinfeksi virus HIV AIDS. Langkah ini dinilai efektif ditandai dengan banyaknya kegiatan koordinatif antar lembaga sehingga mampu mengidentifikasi penderita HIV dari tahap awal dan memberikan pelayaan lanjutan yang tepat.Kata Kunci : Pelayanan Publik, Komisi Penanggulangan AIDS, HIV AIDS
TIGA TAHUN PEMERINTAHAN JOKOWI ANALISA KINERJA DAN PENGELOLAAN SISTEM POLITIK Efriza Efriza
The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA) Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018
Publisher : Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science, Universitas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52447/ijpa.v4i1.1133

Abstract

Abstract: This paper attempts to evaluate the performance of the political system of Jokowi government. According to the authors, Jokowi-JK government today has quite managed to prove the consistency of its performance and that is the implementation of the spirit of the cabinet work, but failed in the commitment of the cabinet formation of work such as not sharing power. This study found that manage the territory support of Jokowi more likely to choose the concept of win-win solution, to bring together the diverse interests of a demand towards the political system Perspective theory applied is the Political System Analysis of David Easton and Structural and Functional Analysis of Gabriel Almond; to explain the working of the political system of Jokowi governance.Keywords: Political Systems, Political Systems and Environment, Jokowi Government   Abstrak: Tulisan ini mencoba mengevaluasi kinerja sistem politik pada pemerintahan Jokowi. Menurut penulis, pemerintahan Jokowi-JK saat ini telah cukup berhasil membuktikan konsistensi kinerja dan kerjanya yang merupakan implementasi dari semangat kabinet kerja, tetapi gagal dalam komitmen pembentukan kabinet kerjanya seperti tidak bagi-bagi kekuasaan.Penelitian ini menemukan bahwa dalam mengelola wilayah dukungan Jokowi lebih cenderung memilih konsep win-win solution, untuk mempertemukan beragam kepentingan dari suatu tuntutan terhadap sistem politik. Perspektif teori yang diterapkan adalah Analisis Sistem Politik dari David Easton dan Analisis Struktural Fungsional dari Gabriel Almond; untuk menjelaskan kerja sistem politik dari pemerintahan Jokowi.Kata Kunci: Sistem Politik, Sistem Politik dan Lingkungan, Pemerintahan JokowiAbstract:This paper attempts to evaluate the performance of the political system of Jokowi government. According to the authors, Jokowi-JK government today has quite managed to prove the consistency of its performance and that is the implementation of the spirit of the cabinet work, but failed in the commitment of the cabinet formation of work such as not sharing power. This study found that manage the territory support of Jokowi more likely to choose the concept of win-win solution, to bring together the diverse interests of a demand towards the political system Perspective theory applied is the Political System Analysis of David Easton and Structural and Functional Analysis of Gabriel Almond; to explain the working of the political system of Jokowi governance.Keywords: Political Systems, Political Systems and Environment, Jokowi Government   Abstrak: Tulisan ini mencoba mengevaluasi kinerja sistem politik pada pemerintahan Jokowi. Menurut penulis, pemerintahan Jokowi-JK saat ini telah cukup berhasil membuktikan konsistensi kinerja dan kerjanya yang merupakan implementasi dari semangat kabinet kerja, tetapi gagal dalam komitmen pembentukan kabinet kerjanya seperti tidak bagi-bagi kekuasaan.Penelitian ini menemukan bahwa dalam mengelola wilayah dukungan Jokowi lebih cenderung memilih konsep win-win solution, untuk mempertemukan beragam kepentingan dari suatu tuntutan terhadap sistem politik. Perspektif teori yang diterapkan adalah Analisis Sistem Politik dari David Easton dan Analisis Struktural Fungsional dari Gabriel Almond; untuk menjelaskan kerja sistem politik dari pemerintahan Jokowi.Kata Kunci: Sistem Politik, Sistem Politik dan Lingkungan, Pemerintahan Jokowi

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2023): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI- JUNI 2023 Vol 8, No 2 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2022 Vol 8, No 1 (2022): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2022 Vol 7, No 2 (2021): THE INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) |JULI - DESEMBER 2021 Vol 7, No 1 (2021): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2021 Vol 6, No 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2020 Vol 6, No 1 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2020 Vol 5, No 2 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2019 Vol 5, No 1 (2019): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2019 Vol 4, No 2 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2018 Vol 4, No 1 (2018): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2018 Vol 3, No 2 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2017 Vol 3, No 1 (2017): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2017 Vol 2, No 2 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2016 Vol 2, No 1 (2016): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2016 Vol 1, No 2 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JULI - DESEMBER 2015 Vol 1, No 1 (2015): INDONESIAN JOURNAL OF PUBLIC ADMINISTRATION (IJPA) | JANUARI - JUNI 2015 More Issue