cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 25029304     EISSN : 25812157     DOI : -
Core Subject : Economy,
Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri publish by Faculty of Economics, Universitas Kadiri. The Journal of Ekonika first appeared in March of 2016. The journal is published twice a year, in April and September. Ekonika is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Either letters, research notes, articles, supplemental articles, or review articles in the field of Economic Development, Management, Human Resource, Accounting, etc. in practical and conception.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016" : 7 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Horisontal, Komunikasi Vertikal dan Komuikasi Diagonal Terhadap Semangat Kerja Karyawan di Perusahaan Jamu Parang Husada Kediri Erna Hidajati Koesoemaningroem
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.1

Abstract

Produsen jamu di Kediri berkembang pesat mendorong industri jamu mampu bersaing untuk merebut minat masyarakat.Perusahaan Jamu Parang HusadaKediri dalam persaingan tersebut menghadapi masalah yaitu masih bernuansa tradisionalisme, letak perusahaan  yang  jauh  dari keramaian  kota,  yaitu di Dusun Purut Desa Parang Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sampai seberapa besar pengaruh dari komunikasi tersebut secara bersama - sama terhadap semangat kerja karyawan dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi  terhadap semangat  kerja  karyawan  dan untuk mengetahui sampai seberapa besar saluran komunikasi yang paling dominan berpengaruh, diantara ke tiga komunikasi tersebut terhadap  semangat kerja karyawan. Dari hasil pengujian dengan  menggunakanstatistik  program  SPSS diketahui, bahwa variabel komunikasi vertical, komunikasi horisontal dan komunikasi diagonal secara simultan mempunyai hubungan terhadap semangat kerja karyawan. Hasil pengujian dengan regresi bergandadiketahui persamaan regresi  hubungan  antara  variabel  adalah  Y  =  6,860  +  0,263  X1 +  0,242 X2 + 0,358 X3 .Untuk komunikasi yang dominan dapat diketahui bahwa variabel X3 (variabel komunikasi diagonal) mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingkan variabel lainnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Pokok Guru (Studi Pada Ma Al Muttaquun Wates) Desi Kristanti
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.2

Abstract

Pada kenyataannya pelaksanaan tugas pokok guru di MAAl Muttaquun Wates Kediriadalah baik. a. Terjadinya peningkatan kinerja guru.yang ditunjukkan dengan peningkatanjumlah rata-rata NEM lulusan siswa 2008/2009, dan 2009/2010. b. Keberhasilan peserta EBTA/EBTANAS pada tahun pelajaran 2008/2009 sampaidengan 2010/2011. c. Keberhasilan penjaringan UMPTN dan PMDK pada tahun pelajaran 2008/2009sampai dengan 2010/2011. d. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler.Ditemukan sejumlah faktor dalam pelaksanaan tugas pokok guru di MA AlMuttaquun Wates Kediri. a. Belum lengkapnya sarana dan prasarana di MA Al Muttaquun Wates Kediri. b. Para guru mengalami kesulitan dalam menemukan metode-metode mengajaryang tepat bagi para siswa. c. Para guru mengalami kesulitan dalam membimbing kegiatan belajar siswa. d. Para guru mengalami kesulitan untuk menanamkan motivasi pada diri siswa. e. Para guru merasa kekurangan waktu untuk melaksanakan tugas yang telahdirencanakan. Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan data bahwa faktor-faktor saranadan prasarana, metode mengajar,kesulitan membimbing,kesilitan menanamkanmotivasi .kesediaan waktu mempengaruhi tugas pokok guru di MA Al MuttaquunWates Kata kunci : Pelaksanaan tugas guru.
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Disiplin Kerja Karyawan Terhadap Kepuasan Pasien Askes Di Pt Askes Kediri Yogi Yunanto
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.3

Abstract

Abstract This research is motivated researcher observations and experiences, especiallythat of PT Askes Kediri Askes Patients who are less sensitive in terms of quality ofservice and low sense of employee discipline in obeying the rules. As a result, manypatients who are less conscious and lazy to perform administrative activities.The problem of this study is (1) Is the quality of health care insurance in effecton patients’ satisfaction, PT Askes Kediri? (2) Is the employee disciplinary effect onpatient satisfaction in PT Askes Kediri? (3) Is the quality of service and employeediscipline effect on patient satisfaction in PT Askes Kediri?This study used a qualitative approach to formulating a hypothesis, then thehypothesis will be tested using a quantitative approach. Where the data obtained willbe calculated using the formula and test the statistical analisisaConclusion The results of this study were (1) Variable quality of service  (X1)to simultaneously deliver significant influence on patient satisfaction in PT Askeskediri with a probability value of b1 is 0.017 less than 0.05. (2) Variable disciplineemployees (X2) simultaneously providing significant influence on patient satisfactionin PT Askes Kediri with a probability value of b2 is 0.031 less than0.05. (3) Variable quality of service (X1) has a regression coefficient (β) for = 0.149,employee discipline (X2) is 0.123, thus it can be said that the service quality variable(X1) has a dominant influence on patient satisfaction in PT Askes Kediri .Conclusionsbased on these results, it is recommended: (1) the principal purpose of the applicationquality of service and employee discipline is to give satisfaction to the patient.Therefore, employees should always put quality of service and employee discipline.(2) the employee must be continuously examined, to prove whether the quality ofcare and discipline works are in accordance with the applicable rules. Keywords: Quality of Service, Employee Discipline, Patient Satisfaction.
Penetapan Standar Waktu Proses Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Pada Perusahaan Batik Tulis Rusdi Desa Sumurgung Kecamatan Tuban – Tuban Martha Laila Arisandra
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.5

Abstract

Tujuan dari perusahaan melakukan produksi salah satunya adalah dapat menyelesaikan produksinya tepat waktu, oleh sebab itu diperlukan standar waktu produksi yang efektif dan efisien agar supaya meningkatkan daya saing produk yang dihasilkan, dalam penelitian ini waktu standar yang ditentukan oleh perusahaan adalah 860 menit sedangakan dari hasil observasi dilapangan terjadi penyimpangan ± 8 %, apabila perusahaan mengubah waktu standar maka perusahaan tersebut bisa menghemat 66, 76 menit, dengan hasil temuan yang ada, maka peneliti memberikan saran supaya mengganti standar waktu proses produksi, memberi pengarahan terhadap pekerja supaya tidak terjadi pemborosan waktu, menganalisa penyebab pemborosan waktu serta  menerapkan quality control. Kata Kunci : standar waktu proses produksi, quality control
Pengaruh Pengawasan Mutu Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Menggunakan Layanan Jasa Servis Komputer Pada Cv. Eltech Gresik Ali muhajir
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Pengaruh Pengawasan Mutu Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen menggunakan Layanan Jasa Servis Komputer Pada CV. Eltech Gresik” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan mutu dan juga untuk mengetahui pengaruh pengawasan mutu terhadap pengambilan keputusan konsumen atas layanan jasa pada CV. Eltech Gresik. Tahapan pengujian melalui persiapan, pengawasan selama proses dan tahap pemeriksaan akhir. Pengujian juga dilakukan melalui metode kuesioner terhadap 75 orang responden atau pengguna jasa servis komputer CV. Eltech Gresik, yang diperoleh dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat komputer program SPSS. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa, pertama, CV. Eltech telah melakukan tahapan demi tahapan servis sesuai dengan keinginan konsumen, kedua, hasil perhitungan koefisien korelasi (R) sebesar 0,725. Hal ini menunjukan bahwavariabel pengawasan mutu yang terdiri dari produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4) memiliki hubungan kuat terhadap variabel keputusan konsumen (Y). Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,525 menunjukan bahwasecara simultan variabel Produk (X1), Harga(X2), Tempat(X3), dan Promosi(X4) memberi konstribusi  terhadap keputusan konsumen. Kata Kunci : Pengawasan Mutu, Keputusan konsumen, pelayanan.
Peran Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo Ana Fitriyatul Bilgies
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.7

Abstract

Bisnis di bidang perawatan kecantikan dewasa ini  telah  berkembang pesat seiring dengan kemajuan jaman di indonesia, salah satu perusahaan tersebut adalah Billagio Skincare Clinic Sidoarjo. Namun seiring kemajuan tersebut terjadi fenomena penurunan pendapatan dan meningkatnya komplainpelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk,harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan Billagio skincare clinic Sidoarjo. Dalam penelitian  ini menggunakan variabel kualitas produk, harga dan kualitas layanan, sedangkan responden penelitian adalah seluruhpelanggan Billagio Skincare Clinic Sidoarjo dengan metode accicental sampling dan teknik analisis serta pengujian hipotesis menggunakan softwarePartial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas produk yang baik menimbulkan kepuasan yang tinggi pada pelanggan, namunharga tidak berpengaruh pada kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas pelayanan yang baik berdampak pada pelanggan semakin puas.Kata Kunci : Kualitas produk, harga, kualitas layanan, kepuasan pelanggan
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri) Bothy Dewandaru; Nining Purnamaningsih
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol. 1 No. 1 (2016): April 2016
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang mempengaruhi Konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produk air minum merk aqua karena diproduksi secara masal maka peneliti mengambil 40 responden secara accidental. Alat yang digunakan untuk menguji penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil uji analisis didapat bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial, faktor budaya dan faktor sosial mempunyai pengaruh yang tidak signifikan (bermakna) tetapi faktor pribadi dan faktor psikologis mempunyai pengaruh yang signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian produk air minum merk aqua. Variabel psikologis mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk air minum merk aqua

Page 1 of 1 | Total Record : 7