cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri
Published by Universitas Kadiri
ISSN : 25029304     EISSN : 25812157     DOI : -
Core Subject : Economy,
Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri publish by Faculty of Economics, Universitas Kadiri. The Journal of Ekonika first appeared in March of 2016. The journal is published twice a year, in April and September. Ekonika is a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Either letters, research notes, articles, supplemental articles, or review articles in the field of Economic Development, Management, Human Resource, Accounting, etc. in practical and conception.
Arjuna Subject : -
Articles 263 Documents
Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Dosen Universitas Kadiri Yunanto, Yogi; Utami, Sasi
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.22 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i1.21

Abstract

Organizations is a coordination of human system activities,  in accordance with activities  of a group of people to accomplish goals through job and function distribution hierarchy of authority. This research is correlational analythic research, using the SEM method and the sample of 100 respondents who are lecture of Kadiri University, showing result in which the motivation influence work satisfaction of the lectures; the motivation influence work achievements and the work satisfaction influence work achievement of the lecture in Kadiri University. Organisasi merupakan sistem kegiatan manusia yang bekerja sama. Sesuai dengan itu, organisasi dikatakan sebagai suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hierarki otoritas dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional. Dengan menggunakan model SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja dosen, motivasi juga berpengaruh terhadap prestasi dosen, dan kepuasan memberikan pengaruh terhadap prestasi dosen. 
Laporan Keuangan Organisasi Nirlaba (Lembaga Masjid) Pipit Rosita Andarsari
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 1, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.47 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v1i2.12

Abstract

Lembaga Masjid merupakan salah satu bentuk organisasi nirlaba dalam bidang keagamaan, sesuai   dengan  Pernyataan  Standar  Akuntansi  Keuangan (PSAK)  45  tahun  2011  tentang Organisasi  nirlaba, bahwa organisasi nirlaba juga harus dan berhak untuk membuat laporan keuangan dan melaporkan kepada para pemakai laporan keuangan. Untuk itu lembaga masjid harus dan berhakuntuk membuat laporan  keuangan yang akuntabilitas dan melaporkan kepada pemakai laporan keuangan lembaga masjid. Akuntansi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu sistem informasi berupa laporan keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai pihak baik pihak internal maupun pihak eksternal organisasi. Kegiatan yang dilakukan dalam proses akuntansi meliputi pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan dan penganalisisan data keuangan dari suatu organisasi. Dengan demikian, lembaga masjid memerlukan akuntansi sebagai alat bantu dalam pengelolaan,   perencanaan dan pengawasan keuangan dengan berpedoman pada PSAK 45 tahun  2011  tentang Standar Pelaporan keuangan Organisasi Nirlaba yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sehingga laporan keuangan yang dihasilkan oleh lembaga masjid dapat  dipercaya dan transparan dalam pelaporannya. Kata kunci : Akuntansi, nirlaba, laporan keuangan, lembaga masjid
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Tugas Pokok Guru (Studi Pada Ma Al Muttaquun Wates) Desi Kristanti
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 1, No 1 (2016): April 2016
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.499 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.2

Abstract

Pada kenyataannya pelaksanaan tugas pokok guru di MAAl Muttaquun Wates Kediriadalah baik. a. Terjadinya peningkatan kinerja guru.yang ditunjukkan dengan peningkatanjumlah rata-rata NEM lulusan siswa 2008/2009, dan 2009/2010. b. Keberhasilan peserta EBTA/EBTANAS pada tahun pelajaran 2008/2009 sampaidengan 2010/2011. c. Keberhasilan penjaringan UMPTN dan PMDK pada tahun pelajaran 2008/2009sampai dengan 2010/2011. d. Keberhasilan pelaksanaan kegiatan esktrakurikuler.Ditemukan sejumlah faktor dalam pelaksanaan tugas pokok guru di MA AlMuttaquun Wates Kediri. a. Belum lengkapnya sarana dan prasarana di MA Al Muttaquun Wates Kediri. b. Para guru mengalami kesulitan dalam menemukan metode-metode mengajaryang tepat bagi para siswa. c. Para guru mengalami kesulitan dalam membimbing kegiatan belajar siswa. d. Para guru mengalami kesulitan untuk menanamkan motivasi pada diri siswa. e. Para guru merasa kekurangan waktu untuk melaksanakan tugas yang telahdirencanakan. Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan data bahwa faktor-faktor saranadan prasarana, metode mengajar,kesulitan membimbing,kesilitan menanamkanmotivasi .kesediaan waktu mempengaruhi tugas pokok guru di MA Al MuttaquunWates Kata kunci : Pelaksanaan tugas guru.
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AMANDA BROWNIES CABANG SIDOARJO Diana Ambarwati; Iing Sri Hardiningrum; Nur Hidayati
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.119 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.42

Abstract

ABSTRACT               This research was conducted in a company engaged of snack foods amanda brownies branch sidoarjo. The purpose of this study to determine the effect of product quality and service quality on purchase decisions and to determine the most dominant influence of independent variables on the dependent variable. From the results of multiple regression analysis can be taken the regression equation as follows: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Based on the magnitude of the coefficient of determination ( ) is known that the variable contribution of product quality and service quality on the purchase decision is 0.309 or 31% Based on the results of the calculation simultaneously or the test F shows F count = (21.704)> Ftable (3.09) and the result of signification is 0,000 <0,05, so the independent variable has a significant influence on the dependent variable. While the partial calculation or t test shows the significance of 0.000 and t arithmetic 4,514 means that the quality of the product influence the purchase decision with the significance of 0,000 <0.05 and t count (4.541)> t table (0.677). And the result of t test shows sig. 0.000 and t count 2,931 mean that service quality influence on purchasing decision with signification equal to 0,000 <0,05 and t count (2,931)> t table (0,677). So, it can be concluded that the product quality is the most dominant influence on purchasing decisions with a t value of 4.541.Keywords: product quality, service quality, purchase decision ABSTRAKPenelitian dilakukan di perusahaan makanan ringan amanda brownies cabang sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Dari hasil analisis regresi berganda diambil persamaan regresinya sebagai berikut: Y = 15,041 + 0,483 X1 + 0,369 X2 Berdasarkan besarnya koefisien determinasi ( ) diketahui bahwa, besaran kontribusi variabel kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 0,309 atau 31%. Berdasarkan hasil perhitungan secara simultan atau uji f menunjukkan F hitung = (21.704) > F tabel (3,09) dan hasil signifikasinya adalah 0,000 < 0,05, jadi variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat. Sedangkan pada perhitungan secara parsial atau uji t menunjukan signifikasi  0,000 dan t hitung 4,514 yang berarti Kualitas produk  berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (4.514) > t tabel (0,677). Dan hasil dari uji t menunjukan sig. 0,000 dan t hitung 2.931 yang berarti kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung (2.931) > t tabel (0,677). Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas produk yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 4.514.Kata kunci: kualitas produk, kualitas layanan, keputusan pembelian
Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada Pd. Bpr. Bank Daerah Lamongan Mohammad Rizal Nur Irawan
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 1 (2017): April 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.864 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i1.17

Abstract

The rising of global competition, the companies must considering the circumstances of market and more competitiveof determine strategy. Competitive strategy is a way to determine the power competitiveness. Use of an effective SWOT analysis for a role in determining the competitive strategy, in order to determine the strengths, weaknesses, opportunities and threats encountered by company to keep going company survive. The Problems which you want to find the answer in this study is "whether the SWOT analysis is an appropriate strategy in order to increase the production of Performance Management and how competitive strategies were implemented company in overcoming the global competition? This research using IFAs analysis method to analyze the internal factors, the analysis of EFAS to external factors. After inserted into quantitative model that is name SWOT.  The Results of analysis showed that analysis of IFAS and EFAS and SWOT analysis, the strategy selected for the achievement goal of the company is "strategy ST". Based on this evidence we can conclude with the SWOT analysis be able to competition  using a competitive strategy, with the strategy of product diversification. Key word: SWOT analysis, competitive strategy Berkaitan dengan meningkatnya persaingan Global,maka perusahaan dituntut untuk memperhatikan keadaan pasar dan bersaing lebih kompetitif dalam menentukan strategi.Strategi kompetitif merupakan salah satu cara untuk mengetahui daya saing disetiap kekuatan.Pengunaan analisis SWOT yang efektif dapat memegang peranan dalam menentukan strategi kompetitif,agar dapat mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusaahaan dalam menjaga kelangsungan hidup perusahaan.Masalah yang hendak di cari jawabannya dalam penelitian ini adalah‟apakah analisis SWOT merupakan strategi yang tepat guna meningkatkan produksi perushaan dan bagaimana strategi kompetitif yang di terapkan perusahaan dalam mengatasi persaingan global?‟. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis IFAS untuk menganalisis faktor internal,analisis EFAS untuk faktor eksternal. Setelah dimasukan kedalam model kuantittif yaitu matrik SWOT.Hasil analisis menunjukan bahwa, menggunakan analisis IFAS dan EFAS serta menggunakan analisis SWOT ,maka strategi yang dipilih guna tercapainya tujuan dari perusahaan adalah‟strategi ST‟.Berdasarkan bukti tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan  analisis SWOT dapat mengatasi persaingan yang ditentukan dengan memakai strategi kompetitif yaitu, dengan strategi diversifikasi produk. Kata kunci : Analisis SWOT , Strategi kompetitif
Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Air Minum Merk Aqua (Studi Kasus Di Ud Budi Jaya Kediri) Ruhamak, M Dian
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 1, No 1 (2016): April 2016
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.653 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v1i1.8

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis yang mempengaruhi Konsumen dalam pengambilan keputusan membeli produk air minum merk aqua karena diproduksi secara masal maka peneliti mengambil 40 responden secara accidental. Alat yang digunakan untuk menguji penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil uji analisis didapat bahwa variabel faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis secara parsial, faktor budaya dan faktor sosial mempunyai pengaruh yang tidak signifikan (bermakna) tetapi faktor pribadi dan faktor psikologis mempunyai pengaruh yang signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian produk air minum merk aqua. Variabel psikologis mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk air minum merk aqua
MENGUKUR EFEKTIVITAS TAGLINE IKLAN TELEVISI MINUMAN RINGAN TEH BOTOL SOSRO DENGAN METODE CUSTOMER RESPONSE INDEX (CRI) (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Nusantara PGRI Kediri Angkatan 2014) Muhammad Dian Ruhamak; Evi Husniati Syai&#039;dah
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.977 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.38

Abstract

Abstract                    Tagline is one way to make the customer always remember the product with the catchprase. Teh Botol Sosro is one of the products whose ads have a catchy tagline or catch phrase. In 2000 Teh Botol Sosro replaced his tagline with "Apapun Makanannya Minummnya Teh Botol Sosro" .This new line of Teh Botol Sosro creates a new image of the brand. The persuasive effects of this ad tagline are well attached to the Indonesian people. The subjects of this study are students of the Faculty of Economics Force 2014 because it has taken the subject of Marketing Management so it is considered the most appropriate to be a respondent. The sample of this study amounted to 76 students. The effectiveness of Teh Botol Sosro advertisement is very important to be researched and in this research the researcher chose Customer Response Index (CRI) method as its analysis tool. The response elements in CRI are awareness, comprehend, interest, intention, and action. In CRI, these five responses are interconnected and form a level or hierarchy. That is, the ad audience in generating a response is by passing level by response level starting from awareness as the basic response. The conclusions of this study indicate that according to CRI analysis, the Bottom Sosro Tea Bottle tagline version of "whatever the food is drinking sosro bottle tea" is considered very effective because the results show almost 100% valuation.Keywords: Advertisement, Tagline, Customer Response Index AbstrakTagline merupakan salah satu cara untuk membuat customer selalu mengingat produk dengan catchprasenya. Teh Botol Sosro adalah salah satu produk yang iklannya memiliki tagline atau catch phrase yang cukup menarik. Pada tahun 2000 Teh Botol Sosro mengganti tagline nya dengan “Apapun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro”.Tagline baru Teh Botol Sosro ini membuat image baru terhadap brandnya. Efek persuasif dari tagline iklan ini cukup melekat baik di masyarakat Indonesia. Subyek dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2014 karena sudah menempuh mata kuliah Manajemen Pemasaran sehingga dianggap paling sesuai untuk dijadikan responden. Sampel dari penelitian ini berjumlah 76 mahasiswa. Efektivitas iklan Teh Botol Sosro sangat penting untuk diteliti dan dalam penelitian ini peneliti memilih metode Customer Response Index (CRI) sebagai alat analisisnya. Elemen-elemen respon dalam CRI adalah awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intention (niat), dan action (tindakan). Dalam CRI, kelima respon ini saling berhubungan dan membentuk tingkatan atau hirarki. Artinya, audiens iklan dalam menimbulkan respon adalah dengan melewati tingkat demi tingkat respon mulai dari awareness sebagai respon dasar. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa menurut analisis CRI, tagline iklan Teh Botol Sosro versi “apapun makanannya minumnya teh botol sosro” dinilai sangat efektif karena hasil menunjukkan penilaian hampir 100%. Kata Kunci: Iklan, Tagline, Customer Response Index
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri Afif Nur Rahmadi; Budi Heryanto
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 1, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.055 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v1i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat berwirausaha dan  faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa Prodi  Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri.  Penelitian ini menggunakan  metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini diambil dari mahasiswa Prodi Manajemen dengan sampel penelitian sebanyak 74 mahasiswa. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan  SEM (Structural Equation Model) dimana alat yang dgunakan untuk mengembangkan model memakai SmartPLS3. Sedangkan untuk mencari faktor yang memengaruhi minat berwirausaha menggunakan analisis faktor yang disebut Exploratory Factor Analysis. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa minat berwirausaha mahasiswa prodi Manajemen Fakultas Ekoonomi Universitas Kadiri sangat tinggi dan dari hasil uji statistik dari beberapa faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa pada mahasiswa adalah faktor inovasi dan kreatifitas serta lingkungan teknologi. Sedangkan faktor-faktor yang lain seperti lingkungan sosial dan keluarga serta memiliki modal tidak signifikan, karena nilai t-statistiknya dibawah dari nilai kritis ±1,96. Kata kunci :  Minat berwirausaha, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha
Strategi Dalam Memajukan Industri Kreatif Dan Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata (Studi Pada Kesenian Jaranan Di Kota Kediri) M Dian Ruhamak
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 1, No 2 (2016): September 2016
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.653 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v1i2.4

Abstract

Penelitian ini dibuat untuk melihat seberapa besar pemanfaatan industri kreatif di Kota Kediri dan pengembangan ekonomi lokal terutama pada kesenianJaranan yang sudah menjadi salah satu ikon Kota Kediri. Industri kreatif yangdidasari pengembangan ekonomi lokal akan lebih mendorong munculnyapotensi-potensi ekonomi baru dan mampu memberdayakan tenaga kerja lokalyang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian Kota Kediri. Penelitianini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif, dimana metode inidigunakan untuk menjelaskan suatu femomena yang terjadi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kesenian Jaranan memiliki daya tarik besar di masyarakatKota Kediri, sehingga di setiap pertunjukkan banyak pedagang kecil yangberjualan serta semakin bertambahnya pengrajin perlengkapan Jaranan yanghidup dari daya tarik kesenian Jaranan. Kata kunci : Industri kreatif, pengembangan ekonomi lokal, Jaranan
The Influence of Experiential Marketing And Service Quality For being Reasonability of Customers Loyality Forming (Case Study of Beauty Saloon of London Beauty Center “ LBC”) Pangastuti, Ria Lestari
Jurnal Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri Vol 2, No 2 (2017): September 2017
Publisher : Universitas Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.45 KB) | DOI: 10.30737/ekonika.v2i2.43

Abstract

AbstractThis research is testing the influence of  Experiential Marketing and Service Quality for being reasonability of Customers Loyality Forming . The sample is 66 person. The analysis technique used is path analysis by using  smart pls. The result shows from four variabels, the biggest contribution of experiential marketing  is ACT with the standardized coefisien 0.884, it means there is influence of experiental marketing about 88.4%. This means the increasing of ACT will make the increasing of Experiental marketing 88.4%. The other variable which influenced is quality toward the loyality.The quality is composed by  Assurance, Empathy, Reliability, Responsiveness, and  Tangible. The indicator which has the biggest contribution is assurance with the value indicator of coeficient standarized 0.722.Key Word : Experiential Marketing, service quality, customer loyality.  AbstrakPenelitian ini menguji pengaruh Pengaruh Experiential Marketing Dan Kualitas Layanan Yang Dipertimbangkan Dalam Pembentukan Loyalitas Konsumen. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 orang. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis menggunakan analisis jalur dengan menggunakan alat analisis smart pls. Hasil dari penelitian ini menunjukan dari ke empat variabel ini, yang memiliki kontrobusi paling besar terhadap experiental marketing adalah ACT dengan nilai standardized koefisien sebesar 0.884 dimana nilai ini memiliki arti bahwa perubahan pada ACT akan berpengaruh terhadap perubahan experiental marketing sekitar 88.4%. Nilai ini juga dapat dimaknai kenaikan pada ACT akan berdampak pada kenaikan Experiental marketing sebesar 88.4%. Variabel kualitas juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Kualitas disusun oleh Assurance, Empathy, Reliability, Responsiveness, dan Tangible. Indikator yang memiliki kontribusi paling besar dalam menyusun kualitas adalah pada Assurance dengan nilai standardized koefisien sebesar 0.722.Kata Kunci : Experiential Marketing, Kualitas Layanan, Loyalitas Konsumen.

Page 1 of 27 | Total Record : 263