cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika
ISSN : 14118629     EISSN : 25793314     DOI : -
Jurnal Cakrawala difokuskan kepada kajian dan keilmuan bidang Humaniora dan Sosial yang meliputi bidang Bahasa, Komunikasi, Sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017" : 14 Documents clear
Peningkatan Daya Saing Industri Martitim Melalui Produktivitas Kerja Lili Marlinah
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.622 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1812

Abstract

Daya saing sumber daya manusia menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas SDM. Peningkatan produktivitas bisa melalui pendidikan, pelatihan, pengembangan, penguasaan, pemanfaatan iptek dan kualitas tenagakerja. Suatu Bangsa bisa maju dan berkembang dipengaruhi oleh kemampuan pendayagunaan sumber dayanya,  keunggulan yang dimiliki sumberdaya tersebut guna memperkuat posisi didalam persaingan global sehingga bangsa tersebut siap menggali potensi yang ada dinegaranya untuk meningkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Industri maritim sebagai industri strategis membutuhkan dukungan agar bisa memiliki daya saing yang tinggi melalui produktivitas sumberdaya manusia atau tenaga kerja
Pengembangan Kerjasama Sub-Regional BIMP-EAGA Di Bidang Ekowisata: Perspektif Indonesia Devy Putri Kussanti
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.335 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1781

Abstract

ABSTRACT BIMP-EAGA cooperation is a realization of regionalism institutions in the form of regional/sub-regional to reach the interest of economy, particularly trade, investment and tourism. One of the benefits of sub-regional cooperation, including the BIMP-EAGA is among the factors of geographical proximity of countries members. In the context of the tourism development the stakeholders in this BIMP-EAGA cooperation can take the advantage of this geographical factors, in addition, they also can take the benefits in other forms such as wealth in natural and beauty resources, the diverse of cultural, including traditional community property. The BIMP-EAGA cooperation wants to develop the ecotourism concept or community-based ecotourism as a blend between the tourism sector, the environment (friendly environment) and the economic sector, namely, the empowerment of the local communities in the ecotourism management can increase their income and welfare through the development of Small and Medium Enterprises (SMEs). As a facilitator, Indonesian government has a big role to provide the primary and supporting facilities associated with the availability of adequate physical infrastructure and regulatory and the policy in the ecotourism. The benefits of ecotourism of developmental in Indonesia is to create good image of Indonesian politics in terms of nature conservations property and the environment, especially in preventing or tackling the worse impact of global warming and climate change.   Keywords: BIMP-EAGA Cooperation, Ecotourism, Indonesia.  ABSTRAK Kerjasama BIMP-EAGA merupakan sebuah realisasi dari regionalisme dalam bentuk institusi regional/sub-regional untuk mencapai kepentingan ekonomi, khususnya perdagangan, investasi dan pariwisata. Salah satu keunggulan kerjasama sub-regional adalah faktor kedekatan geografis antar wilayah negara-negara anggotanya. Dalam konteks kerjasama pariwisata BIMP-EAGA, para pemangku kepentingan pun memanfaatkan faktor geografis ini, selain juga keunggulan yang lain berupa kekayaan dan keindahan sumber daya alam, keragaman budaya daerah, termasuk budaya tradisional masyarakatnya.Kerjasama BIMP-EAGA di bidang pariwisata ingin mengembangkan konsep ekowisata atau community based ecotourism sebagai konsep yang memadukan sektor pariwisata, lingkungan hidup dan sektor ekonomi atau pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal. Keikutsertaan masyarakat lokal dalam pengelolaan ekowisata dapat meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan mereka melalui pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Sebagai fasilitator, pemerintah Indonesia berperan besar untuk menyediakan fasilitas utama maupun pendukung yang berkaitan dengan ketersediaan infrastruktur fisik serta regulasi dan kebijakan di bidang ekowisata. Selain keuntungan ekonomi, bagi Indonesia pengembangan ekowisata dapat membentuk citra politik Indonesia dalam upaya pelestarian alam dan lingkungan hidup secara global terutama dalam mencegah dan menanggulangi dampak lebih buruk dari global warming dan climate change. Kata Kunci: Kerjasama Sub-regional BIMP-EAGA, Ekowisata, Indonesia.
Konsep Dasar dan Strategi Pelayanan Prima (Service Excellent) Pada Indosat Ooredo Agtovia Frimayasa
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.565 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1882

Abstract

This study aims to determine the excellent service (Service Excellent), strategies and learn the concept of Total Quality Service (TQS) on Indosat Ooredo telecommunication company. The research results show that Customer service Ooredo is giving full attention to its customers especially when asking complicated complaints. So it can be said that the attention given is very good
Penilaian Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Analisa Rasio Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Indonesia Ratnawaty Marginingsih
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.024 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan analisa rasio keuangan terhadap laporan keuangan masing-masing perusahaan selama periode 2011-2015, dengan mengambil obyek pada perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kausalitatif dengan menganalisis laporan keuangan menggunakan data sekunder dan teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah rasio keuangan, yaitu Rasio Likuiditas, Rasio Rentabilitas dan Rasio Solvabilitas.
Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Citra Merek dan Media Iklan Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Ninebox (Studi Kasus pada follower instagram @tempattasdotcom Wiwik Widiyanti
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.944 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1885

Abstract

The phenomenon of the emergence of social media makes the businessman use it as a marketing gap, as well as Ninebox a famous multipurpose rack brand in Indonesia. Instagram as one of the advertising media chosen to support marketing. This research analyzes the relationship of perception of product quality, brand image and advertisement media instagram to purchase decision of ninebox product case study follower of @tempattasdotcom. The form of the research is quantitative descriptive with the type of survey research, and the correlational design of causality. Non-probability sampling method or non-random selection is purposive sampling. The results obtained that there is influence perception of product quality, brand image and media advertising instagram of the decision to purchase ninebox products
PENGARUH MOTIVASI, KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA, TERHADAP KINERJA KARYAWAN: (STUDI KASUS PT INFIMEDIA SOLUSI PRATAMA) Nurlaela Eva Puji Lestari
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.489 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1803

Abstract

The purpose of this research is to know the effect of motivation, compensation and working area toward employee’s performance (case study at PT Infimedia Solusi Pratama). The instrument of this analysis is double regression analysis. The population of this analysis is all employees at PT. Infimedia Solusi Pratama and it has 43 people as sample. Analysis model which is used is descriptive model with SPSS V.17. this research using taking sampling technique (total sampling technique or census). Instrument of this research is questioner for about 100 questions. The result of this research shows : 1) there is effect between internal communications towards employee’s performance, 2) there is effect between compensation towards employee’s performance, 3) there is effect between working area towards employee’s performance, 4) there is effect among internal communication, compensation, and working area simultaneously toward employee’s performance, 5) koefisien determination or  (R2) is 0,695 or 69,5%. It means that effect of internal communications, compensation, and working area toward employee’s performance simultaneously is 69,5% and for the rest is 30,5% influenced by other factor. Based on the research which has been done, it can be seen that there is effect simultaneously among motivation (X1), compensation (X2), and working area (X3) toward employee’s performance. (Y).
ANALISIS KEPUASAN DAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN PADA POLIKLINIK RUMAH SAKIT BERSALIN KARTINI JAKARTA SELATAN Isnurrini Hidayat
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.387 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1839

Abstract

Semakin banyak poliklinik akan menjadi semakin ketat persaingan dalam melayani pelanggannya. Poliklinik harus fokus kepada konsumen dengan berusaha untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan dan membuat loyal pelanggan. Penelitian dilakukan untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pasien pada poliklinik. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 115 responden yang merupakan pasien yang sedang berkunjung kepoliklinik. Metodologi penelitian menggunakan SEM untuk mengukur hubungan signifikan antara dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dimensi assurance mempunyai tingkat signifikan yang tertinggi terhadap kepuasan dan loyalitas. Indeks loyalitas terdiri dari 3 kelompok dengan indeks tertinggi pada segmen 1 yakni responden yang loyal, bersedia balik lagi dan merekomendasikan kepada orang lain tentang poliklinik.     Rekomendasi  untuk poliklinik adalah memperbaiki tingkat empati. Empati bisa ditingkatkan bila karyawan memperbaiki kinerja.
MENUAI KESUKSESAN DALAM BISNIS PROPERTI TANPA MODAL SEBAGAI INVESTASI YANG MENGUNTUNGKAN Mari Rahmawati
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.184 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1848

Abstract

Abstract- The property business is a business with the potential benefit is great that many rich through this business, previously only occupied by a few people because knowledge pertained exclusively and not many are able to imitate it, now many books, seminars, workshops discuss how to start a business property even without capital, mentors and teachers to share their knowledge with an open property. The development of the property or home business is currently booming. Every day there is always looking for homes, land and business space either leased or sold. This means investment opportunities, business and property or home business opportunity is wide open for those who make money through rent rental business, buying and selling homes or land.Keywords: Property, Investment, Business Abstrak- Bisnis properti merupakan bisnis dengan potensi keuntungan sangat besar sehingga banyak yang kaya melalui bisnis ini, dahulunya hanya ditekuni oleh beberapa orang saja karena memang ilmunya tergolong eksklusif dan tidak banyak yang mampu menirunya, sekarang banyak buku, seminar, workshop yang membahas bagaimana cara memulai bisnis properti bahkan tanpa modal, para mentor dan guru properti dengan terbuka membagi ilmunya. Perkembangan bisnis properti atau rumah saat ini sedang berkembang pesat. Setiap hari selalu saja ada yang mencari rumah, tanah dan ruang usaha baik yang disewa maupun yang dijual. Ini berati peluang investasi, bisnis dan peluang usaha properti atau rumah terbuka lebar untuk anda yang menghasilkan uang lewat bisnis sewa kontrakan, jual beli rumah atau tanah.Kata kunci: Properti, Investasi, Bisnis
Tantangan Dan Pola Asuh Remaja Untuk Generasi Emas Indonesia (Studi Kasus Pada Guru-Guru BK SMP/MTs Kabupaten Banyumas) Yulikus Partono
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.541 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1944

Abstract

Remaja adalah harapan orangtua, masa depan keluarga bahkan bangsa, oleh karena itu perlu dipersiapkan agar nantinya menjadi manusia yang berkualitas, sehat dan bermoral serta berguna bagi dirinya, keluarga, agama dan bangsanya. Masa depan remaja perlu dipersiapkan dengan pola asuh yang tepat sejak dini agar mereka mendapatkan dan mengalamai proses pertumbuhan dan perkembangan.  Pola asuh yang baik dan tepat menjadikan remaja memiliki kepribadian kuat, tidak mudah putus asa dan bertanggungjawab menghadapi tantangan yang kompleks di era globalisasi
Menumbuhkan Minat Siswa SD Terhadap Penemuan Ilmu Melalui Pembelajaran Siswa Aktif yang Memupuk Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, dan Reflektif Di Tengah Alam Semesta Fifit Fitriansyah
Cakrawala - Jurnal Humaniora Vol 17, No 1 (2017): PERIODE MARET 2017
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.836 KB) | DOI: 10.31294/jc.v17i1.1402

Abstract

Proses belajar mengajar adalah bagian dari dunia pendidikan.Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Pada tingkat sekolah dasar misalnya, anak sedang mengalami pertumbuhan dalam aspek kognitif, afektif, sosial, religi, fisik, dan bahasa. Sehingga anak dituntut untuk aktif dalam berbagai aktifitas belajarnya agar tugas-tugas perkembangan dapat diperolah pada saat anak memasuki usia remaja awal. Untuk itu, cara menimbulkan minat pada siswa SD terhadap penemuan limu adalah dengan cara membangkitkan suatu kebutuhan akan belajarnya; menghubungkan pengalaman yang lampau dengan pengalaman yang baru; memberikan kesempatan untuk mendapat hasil yang lebih baik; memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau tanpa bantuan guru. 

Page 1 of 2 | Total Record : 14