cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area
Published by Universitas Medan Area
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022" : 8 Documents clear
Implementasi Pengentasan Kemisikinan di Kota Yogyakarta Berbasis Tata Kelola Kolaboratif dalam Program Gandeng Gendong Diah Wulan Dari; Denny Denny Apriliyani; Wiwandari Handayani
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.6545

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana pengimplementasian pengentasan kemiskinan di Kota Yogyakarta dengan tata kelola kolaboratif dalam Program Gandeng Gendong. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatatif dengan pendekatan analisis konten. Sumber data diperoleh dari studi literatur melalui dokumen-dokumen perencananaan terkait. Indikator yang digunakan untuk melihat pengimplementasian Program Gandeng Gendong dilihat dari teori George C. Edwards III yang memiliki empat variabel utama yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur pegawai. Hasil Berdasarkan pengimplementasian pengentasan kemiskianan dengan tata kelola kolaboratif dalam Program Gandeng Gendong di Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik, namun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dalam program tersebut. Yang perlu dilakukan antara lain perlu adanya Standar Operasional Prosedur (SOP), perlu adanya keterlibatan aktor media massa, dan perlu adanya lembaga yang menjaga dan mengontrol peran aktor yang terlibat dalam Program Gandeng Gendong. Hasil Berdasarkan pengimplementasian pengentasan kemiskianan dengan tata kelola kolaboratif dalam Program Gandeng Gendong di Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik, namun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dalam program tersebut. Hal yang perlu dilakukan antara lain perlu adanya Standar Operasional Prosedur (SOP), perlu adanya keterlibatan aktor media massa, dan perlu adanya lembaga yang menjaga dan mengontrol peran aktor yang terlibat dalam Program Gandeng Gendong. Hasil Berdasarkan pengimplementasian pengentasan kemiskianan dengan tata kelola kolaboratif dalam Program Gandeng Gendong di Kota Yogyakarta telah berjalan dengan baik, namun masih ada kekurangan yang harus diperbaiki dalam program tersebut. Yang perlu dilakukan antara lain perlu adanya Standar Operasional Prosedur (SOP), perlu adanya keterlibatan aktor media massa, dan perlu adanya lembaga yang menjaga dan mengontrol peran aktor yang terlibat dalam Program Gandeng Gendong.
Rural Water Governance : Governance Model for Fulfilling Rural Drinking Water Needs in Indonesia Putri Rut Elok Kurniatin; Irfan Ridwan Maksum
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.7229

Abstract

Water Governance in meeting rural drinking water needs in the policy framework of the PAMSIMAS Program is strongly influenced by the project structure and mechanism from the central and local governments through Community Direct Assistance and Rural SPAM development grants. The researchers used a post-positivist approach with literature review method to analyze the policy direction of the governance model for meeting rural drinking water needs in Indonesia after the end of the program in 2021 through Gieseke governance perspective and compared it with data from the implementation of program policies. shows a shift in the governance model based on the analysis of the style of governance and governance actors. Analysis of the literature review and data shows that the governance of community-based rural drinking water needs requires special arrangements for its institutional forms, ownership of facilities and infrastructure, technical management, and drinking water quality test. Meanwhile, the complexity of drinking water governance results in rural drinking water governance model trilemma. The trilemma faced by the Government in constructing village governance model indirectly leads to Meta Governance model that is capable to combine the governance models and emerge a new situation.
Implementasi Program Bank Sampah Berbasis Partisipasi Masyarakat Untuk Mengurangi Penumpukan Sampah Di Kabupaten Tulungagung nunun nurhajati
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.6617

Abstract

Abstrak Tempat pembuangan sampah ( TPA ) Segawe merupakan satu-satunya tempat pembuangan sampah yang ada di Kabupaten Tulungagung sehingga dengan pesatnya pertumbuhan penduduk menjadikan TPA Segawe mengalami kelebihan kapasitas. Salah satu strategi untuk mengurangi penumpukan sampah di Kabupaten Tulungagung yang terus diupayakan oleh Dinas Lingkungan Hidup adalah menumbuhkan kesadaran dan partisipasi masyarakat di dalam mengurangi penumpukan sampah tersebut. Untuk itulah penelitian ini dilakukan agar penumpukan sampah bisa dikelola melalui program bank sampah yang berbasis partisipasi masyarakat. Metode yang dipakai adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Narasumber penelitian dicari berdasarkan model purposive sampling. Dari penelitian didapatkan bahwa implementasi program bank sampah efektif  memaksimalkan keikutsertaan masyarakat ditinjau dari keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkatan input dan output dan pencapaian tujuan menyeluruhnya meskipun pelaksanaannya belum maksimal.Kata Kunci : Implementasi Program, Bank Sampah,Partisipasi Masyarakat AbstractThe Segawe landfill (TPA) is the only garbage disposal site in Tulungagung Regency so that with the rapid population growth, the Segawe TPA is experiencing excess capacity. One of the strategies to reduce the accumulation of waste in Tulungagung Regency which is continuously being pursued by the Environmental Service is to raise public awareness and participation in reducing the accumulation of waste. For this reason, this research was conducted so that the accumulation of waste can be managed through a waste bank program based on community participation. The method used is a type of qualitative research with data collection methods through observation and in-depth interviews. Researchimpementation  resource persons were sought based on a purposive sampling model. From the research, it was found that the waste bank program is effective in maximizing community participation in terms of program success, target success, satisfaction with the program, input and output levels and the achievement of overall goals even though its implementation has not been maximized.Keyword: Progam Implementation, Waste Bank Community Participation  
Strategi Pemberdayaan Masyarakat dalam Sektor Pariwisata Balkondes Giritengah di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang Kiki Hardiyanti; Hartuti Purnaweni; Sundarso Sundarso
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.7277

Abstract

Balkondes merupakan program dari Kementerian BUMN yang konsepnya berasal dari rancangan para Kades di Kecamatan Borobudur pada tahun 2013 dengan konsep Gerai Ekonomi Desa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisisi strategi pemberdayaan masyarakat dalam sektor pariwisata melalui Balkondes Giritengah. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Indikator yang digunakan memiliki enam tahapan yaitu yaitu tahap persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif, performalisasi rencana, pelaksana kegiatan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap persiapan belum optimal karena konsep Balkondes diinisiasi oleh para kades di Borobudur namun dibuat secara top down. Tahap pengkajian belum optimal karena pengkajian tidak dilakukan menyeluruh. Tahap perencanaan alternatif kegiatan belum optimal karena potensi yang ditampilkan di etalase Balkondes harus mendapat izin dari Kades. Tahap pemformalisasi kegiatan sudah optimal karena dana terpenuhi. Tahap pelaksana belum optimal akibat konflik vertikal antara BUMN dan Pemerintah Kabupaten Magelang. Tahap evaluasi menjelaskan tidak sinergisitasnya BUMN dan Pemkab Magelang sehingga berdampak terhadap masyarakat.
Implementasi Kebijakan Pendaftaran Tanah Hak Komunal Desa Adat di Alapsari, Buleleng, Bali I Kadek Sigit Aryadi Rai; Dian Aries Mujiburohman; Mujiati Mujiati
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.6746

Abstract

Tanah desa adat merupakan tanah yang dikelola dan menjadi milik desa adat. Meskipun sudah diakui secara yuridis, namun keberadaan tanah adat di Bali mengalami masih kekosongan hukum karena belum adanya hukum yang mengatur tentang kepastian hukum atas tanah adat. Atas dasar itulah pada tahun 2017, melalui Kep.Men ATR/Kepala BPN Nomor 276/Kep-19.2/X/2017, desa adat ditunjuk sebagai subjek hak terkait tanah miliknya. Sebagai subyek hak milik atas tanah komunal, Kep.Men tersebut tentu menimbulkan implikasi yang penting untuk diteliti guna mengetahui dampaknya terhadap keberadaan tanah milik desa adat desa adat Alap Sari Jinengdalem. Melalui metode deskriptif dengan mengunakan data primer dan sekunder yang diolah secara kualitatif, dapat disimpulkan bahwa Kep.Men tersebut tidak berimplikasi negatif terhadap penguatan tanah milik desa adat Alap Sari Jinengdalem. Namun implemntasinya terlihat jelas dari output yang didapatkan sebanyak 231 bidang tanah telah dilegalisasikan asetnya. Hal ini karena Kep.Men tersebut memberi kepastian hukum dan kepastian hak atas tanah milik desa adat melalui proses pensertipikatan lewat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).
Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Fasilitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Elisatul Rochmah; Brillian Rosy
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.7278

Abstract

The purpose of this paper is to find out the effect of the quality of public services and facilities on the satisfaction of the people of the Deket sub-district in recording E-KTP. This study uses a descriptive method through a quantitative approach technique. Sampling using non-probability purposive sampling technique. The number of samples is 35 respondents. The distributed of questionnaire was carried out to collect research daya, with closed questionnaire questions.The results instrument uses multiple linear resgression, coefficient of determination, t-test and F-test. From the results of this study, it can be concluded that the quality of public services and service facilities has a positive and significant effect on community satisfaction. Based on the results of the study, it is expected that the employees of the Deket District office can improve the quality of public services and increase the use of service facilities to be effective in order to increase the satisfaction of the people of Deket District in the E-KTP service.
Strategi Pengembangan Wisata Halal di DKI Jakarta Juliannes Cadith; Maulana Yusuf; Rina Yulianti
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.6839

Abstract

Strategi pengembangan wisata halal di DKI Jakarta  memerlukan solusi strategis yang progresif dilatarbelakangi  oleh daya dukung dan posisi strategis yang dimilikinya. Untuk mengisi kebutuhan pasar  global muslim travellers yang semakin meningkat DKI Jakarta dalam pengembangan wisata halalnya  membutuhkan pendekatan dan pengelolaan yang spesifik.  Berbagai tantangan dan hambatan masih terindetifikasi dalam penelitian ini  seperti Perizinan Kunjunga, Pemasaran, SDM,  ketersediann Restoran dan hotel  halal,  serta spa Spa khusus wanita yang berlebel halal tantangan dan tanggung jawab ini harus direspon dengan produktif dan cepat dengan mengembangkan produk destinasi yang selaras dengan kebutuhan wisatawan mancanegara dan nusantara muslim secara berkualitas. Analisis data dilakukan dengan analisis swot. Melalui analisis ini dapat teridentifikasi potensi dan permasalahan dari lokasi tersebut, sehingga mempengaruhi keputusan dalam penentuan rencana program yang akan dipilih dan digunakan sebagai dasar untuk menentukan langkah-langkah perbaikan dalam pengembangan selanjutnya adapun hasil penelitian menunjukan Kesiapan DKI jakarta Mendorong DKI Jakarta sebagai pusat destinasi Pariwisata halal dunia DKI jakarata  ditunjang oleh  DKI Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia penduduk muslim terbesar Di Dunia , aksesibilitas, infrastruktur yang memadai dan lengkap  serta keindahan kota dan pesona alam Kepulauan Seribu serta   dibutuhkan sinergitas antara Pemerintah Daerah sebagai regulator, pihak swasta sebagai pelaku usaha, dan masyarakat sebagai elemen pendukung untuk bersama- sama dalam mewujudkan program tersebut, sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.
Analisis Spasial Bencana Keretakan Rumah Tangga di Permukiman Kumuh Kota Palembang Wahyu Saputra; Sukmaniar Sukmaniar; Boby Agus Yusmono
Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022
Publisher : Universitas Medan Area

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31289/publika.v10i1.6879

Abstract

Zonasi bencana keretakan rumah tangga di permukiman kumuh Kota Palembang sangat diperlukan sering terjadinya perselingkuhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis kondisi dan mendeskripsikan secara spasial bencana keretakan rumah tangga di permukiman kumuh Kota Palembang. Adapun objek dan lokasi penelitian ini yaitu setiap rumah tangga pada masyarakat yang ada di permukiman kumuh Kota Palembang. Metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui pembagian kuesioner dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan melihat deskriptif frekuensi pada IBM SPSS 23 dan analisis spasial pada ArcGis 10.3. Hasil penelitian ini yaitu kondisi tingkat bencana sedang yang mendominasi di permukiman kumuh Kota Palembang sebesar 39%. Zonasi bencana keretakan rumah tangga pada permukiman kumuh Kota Palembang berada pada tingkat tinggi menempati wilayah dekat pusat kota yang berada di sekitar pinggiran Sungai Musi.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2023): PUBLIKAUMA , JUNI 2023 Vol. 10 No. 2 (2022): PUBLIKAUMA, DESEMBER 2022 Vol. 10 No. 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022 Vol 10, No 1 (2022): PUBLIKAUMA, JUNI 2022 Vol 9, No 2 (2021): PUBLIKAUMA, Desember 2021 Vol. 9 No. 1 (2021): PUBLIKAUMA JUNI 2021 Vol 9, No 1 (2021): PUBLIKAUMA JUNI 2021 Vol 8, No 2 (2020): Desember 2020 Vol 8, No 1 (2020): PUBLIKAUMA JUNI 2020 Vol 8, No 1 (2020): PUBLIKAUMA JUNI Vol 7, No 2 (2019): PUBLIKAUMA DESEMBER 2019 Vol 7, No 1 (2019): PUBLIKAUMA JUNI Vol 7, No 1 (2019): PUBLIKAUMA JUNI Vol 7, No 1 (2019): List Of Accepted Vol 6, No 2 (2018): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 6, No 2 (2018): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 6, No 1 (2018): PUBLIKAUMA JUNI Vol 6, No 1 (2018): PUBLIKAUMA JUNI Vol 5, No 2 (2017): PUBLIKAUMA: DESEMBER Vol 5, No 2 (2017): PUBLIKAUMA: DESEMBER Vol 5, No 1 (2017): PUBLIKAUMA: JUNI Vol 5, No 1 (2017): PUBLIKAUMA: JUNI Vol 4, No 2 (2016): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 4, No 2 (2016): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI Vol 4, No 1 (2016): PUBLIKAUMA JUNI Vol 3, No 2 (2015): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 3, No 2 (2015): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 3, No 1 (2015): PUBLIKAUMA JUNI Vol 3, No 1 (2015): PUBLIKAUMA JUNI Vol 2, No 2 (2014): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 2, No 2 (2014): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 2, No 1 (2014): PUBLIKAUMA JUNI Vol 2, No 1 (2014): PUBLIKAUMA JUNI Vol 1, No 2 (2013): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 1, No 2 (2013): PUBLIKAUMA DESEMBER Vol 1, No 1 (2013): PUBLIKAUMA JUNI Vol 1, No 1 (2013): PUBLIKAUMA JUNI More Issue