cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Jalan Jembatan
ISSN : 19070284     EISSN : 25278681     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Jalan-Jembatan adalah wadah informasi bidang Jalan dan Jembatan berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait yang meliputi Bidang Bahan dan Perkerasan Jalan, Geoteknik Jalan, Transportasi dan Teknik Lalu-Lintas serta Lingkungan Jalan, Jembatan dan Bangunan Pelengkap Jalan. Terbit pertama kali tahun 1984, dengan frekuensi terbit tiga kali setahun pada bulan April, Agustus, dan Desember. Mulai tahun 2016 terbit dengan frekuensi dua kali setahun, edisi Januari - Juni dan edisi Juli - Desember, dalam versi cetak dan versi elektronik.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 4 (1999)" : 4 Documents clear
CAMPURAN STONE MASTIC ASPHALT DAN PENGARUH KANDUNGAN AGREGAT HALUSNYA Affandi, Furqon
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 15 No 4 (1999)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan campuran beraspal jenis Stone Mastic Asphalt (SMA) telah berkembang dengan cepat sejak tahun 90 dan banyak dipergunakan di Jerman, Amerika, Canada, Inggris, Sehubungan dengan kemampuannya untuk menahan air, retak serta mempunyai keawetan yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan oleh prosentase agregat kasar dalam komposisi SMA yang membentuk rangka dan memberikan kontak antar agregat kasar serta dipengaruhi oleh jumlah agregat halus yang ada pada campurannya. Jumlah agregat halus pada campuran yang masih memberikan kontak antar agregat kasar bisa ditentukan dengan menggunakan indikator Void in Mineral Aggregate (VMA) dan Void in Coarse Aggregate (VCA) serta metoda"fry rodded"sebagai mana teredapat pada ASTM C 29. Hasil percobaan yang tela dilakukakan pada gradasi tertentu memberikan batasan jumlah maksimum dari agregat halus yang masih memberikan kontak antar agegat kasar, yaitu agregat halus sebesar 30%, lebih dari itu SMA tidak bisa terwujud. Diuraikan pula pengaruh rongga dalam campuran terhadap sensivitas dan stabilias dimana stabilitas sampuran akan menurun sesuai dengan penurunan jumlah agregat halus dalam campuran.
PENGGUNAAN KARET ALAM LATEKS UNTUK MENINGKATKAN MUTU CAMPURAN BERASPALDI INDONESIA Daclan, A Tatang
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 15 No 4 (1999)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkerasan jalan di Indonesia pada tahun 1980-an banyak mengalami kerusakan dini berupa retak.Spesifikasi kemudian diubah mejadi campuran yang lebih lentur, namun setelah pelaksanaan timbul kerusakan dini berupa deformasi plastis. Perubahan lebih lanjut dilakukan lagi terhadap Spesifikasi yang ada untuk menjamin tidak terjadi pelelehan plastis tanpa terjadi retak. Perubahan ini dilakukan melalui penelitian meningkatkan keawetan aspal untuk campuran beraspal.Penelitian ini merupakan bagian dari pengembangan modifikasi aspal menggunakan bahan tambah aspal. Aspal yang dijual secara komersial menggunakan polimer sintetis terlalu mahal untuk sejumlah negara sedang berkembang seperti Indonesia. Namun di Indonesia, keuntungan dapat diperoleh dengan menggunakan bahan lokal misalnya karet Lateks ke dalam aspal minyak. Penelitian meliputi pengujian laboratorium dan percobaan lapangan.
ACCIDENT INVESTIGATION IN NORTH CORRIDOR WEST JAVA INDONESIA Idris, Muhammad
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 15 No 4 (1999)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecelakaan lalu-lintas pada Jalan Raya Nasioanl sepanjang jalur pantai utara (pantura) Jawa merupakan salah satu penyumbang terbesar angka kecelakaan di Indonesia. Berdasarkan pemberitahuan media massa, mengindikasaikan bahwa faktor kesalahan manusia merupakan penyebab utama kecelakaan. Tulisan ini akan mencoba menjelaskan persoalan utama serta tingkat keseriusan kecelakaan laluu-lintas pada lokasi terpilih pada jalur pantura Jawa Barat, khusunya di Wilayah Kepolisian Cirebon. Lebih lanjut, tulisan ini juga akan memberikan beberapa saran penanganan lokasi rawan kecelakaan guna mengurangi angka kecelakaan. Metoda penyelidikan kecelakaan yang sistematik telah digunakan untuk mengientifikasi ruas terburuk menggunakan tingkat kecelakaan dilakukan dengan menerapkan teknik statistik "NORM" serta teknik EAN (Equitment Accident Number). Kecelakaan secara umum. Uji statistik yaitu Uji Normal serta Uji Chi-Kuadrat juga telah dimanfaatkan untuk menetapkan tipe kecelakaan dominannya pada lokasi terpilih tersebut. Hasil analis ini kemudian dimanfaatkan pada penyelidikan lapangan guna mencari problem lokal yang mungkin dan untuk mengidentifikasi serta mengembangkan teknik penanganan yang tepat.
HUBUNGAN TINGKAT KONSENTRASI NOx DENGAN VOLUME LALU LINTAS DIPERSIMPANGAN TAK BERSINYAL Tatang, Ayi
Jurnal Jalan-Jembatan Vol 15 No 4 (1999)
Publisher : Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini mengemukakan hasil pengamatan kolerasi aktual antara karakteristik lalu lintas dengan tingkat NOx pada ruas jalan yang akan memasuki simpang tiga tanpa diatur traffic light. Tujuan dari pengamatan teersebut adalah untuk dapat mempertimbangkan manfaat tambahan dari penyempurnaan tata laksana lalu lintas di simpang tiga tanpa diatur traffic light, dan mengusulkan penanganannya. Hasil evaluasi dari hubungan karakteristik lalu liintas dengan tingkat kandungan Nox dinyatakan dalam peresamaan Multiple Regression. Nilai R2 yang di peroleh adalah 0.5842. Hal ini meenunjukan adanya pengaruh yang cukup kuat dari karakteristik lalu lintas terhadap konsenterasi NOx di udara pada ruas jalan yang diteliti.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

1999 1999


Filter By Issues
All Issue Vol 39 No 1 (2022) Vol 38 No 2 (2021) Vol 38 No 1 (2021) Vol 37 No 2 (2020) Vol 37 No 1 (2020) Vol 36 No 2 (2019) Vol 36 No 1 (2019) Vol 35 No 2 (2018) Vol 35 No 1 (2018) Vol 34 No 2 (2017) Vol 34 No 1 (2017) Vol 33 No 2 (2016) Vol 33 No 1 (2016) Vol 32 No 3 (2015) Vol 32 No 2 (2015) Vol 32 No 1 (2015) Vol 31 No 3 (2014) Vol 31 No 2 (2014) Vol 31 No 1 (2014) Vol 30 No 3 (2013) Vol 30 No 2 (2013) Vol 30 No 1 (2013) Vol 29 No 3 (2012) Vol 29 No 2 (2012) Vol 29 No 1 (2012) Vol 28 No 3 (2011) Vol 28 No 2 (2011) Vol 28 No 1 (2011) Vol 27 No 3 (2010) Vol 27 No 2 (2010) Vol 27 No 1 (2010) Vol 26 No 3 (2009) Vol 26 No 2 (2009) Vol 26 No 1 (2009) Vol 25 No 3 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 2 (2008) Vol 25 No 1 (2008) Vol 24 No 3 (2007) Vol 24 No 2 (2007) Vol 24 No 1 (2007) Vol 23 No 3 (2006) Vol 23 No 2 (2006) Vol 23 No 1 (2006) Vol 22 No 4 (2005) Vol 22 No 3 (2005) Vol 22 No 2 (2005) Vol 22 No 1 (2005) Vol 21 No 4 (2004) Vol 21 No 3 (2004) Vol 21 No 2 (2004) Vol 21 No 1 (2004) Vol 20 No 4 (2003) Vol 19 No 3 (2002) Vol 19 No 2 (2002) Vol 19 No 1 (2002) Vol 18 No 2 (2001) Vol 18 No 1 (2001) Vol 17 No 2 (2000) Vol 17 No 1 (2000) Vol 16 No 3 (2000) Vol 16 No 2 (1999) Vol 15 No 4 (1999) Vol 15 No 1 (1998) Vol 15 No 3 (1997) Vol 15 No 1 (1997) No 4 (1997) No 2 (1997) Vol 13 No 2 (1996) Vol 13 No 1 (1996) No 4 (1996) No 3 (1996) Vol 12 No 3 (1995) Vol 12 No 2 (1995) Vol 12 No 1 (1995) Vol 11 No 1 (1994) Vol 10 No 3 (1993) Vol 10 No 2 (1993) Vol 10 No 1 (1993) Vol 9 No 4 (1993) Vol 9 No 3 (1992) Vol 9 No 2 (1992) Vol 9 No 1 (1992) Vol 8 No 3 (1992) Vol 7 No 3 (1991) No 2 (1991) No 1 (1991) No 1 (1990) No 2 (1989) No 1 (1989) No 4 (1987) No 2 (1987) No 1 (1987) No 1 (1986) No 3 (1985) No 3 (1984) No 2 (1984) No 1 (1984) More Issue