cover
Contact Name
nafiudin
Contact Email
nafiuddin08@gmail.com
Phone
+6285710308285
Journal Mail Official
sainsmanajemen08@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Sains Manajemen:Jurnal Manajemen UNSERA
ISSN : 26220377     EISSN : 24430064     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera" : 7 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee Martina Rahmawati Masitoh; Hermansyah Andi Wibowo; Khairul Ikhsan
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.535 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1515

Abstract

E-commerce di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat saat ini.  Loyalitas pelanggan dalam bisnis online menjadi variabel yang dapat mempertahankan keberlangsungan hidup bisnis online khususnya pada e-commerce. Berbagai literatur ilmiah memperlihatkan beberapa faktor yang menjadi penentu loyalitas pelanggan diantaranya adalah kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan, kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Survei dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung pada pelanggan Aplikasi mobile Shopee di Banten. Jumlah sampel 200 pelanggan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi dengan bantuan software SPSS versi 23.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan merek. Kepercayaan merek berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Dengan demikian, agar dapat bertahan atau bahkan memenangkan persaingan dalam pasar online, setiap aplikasi mobile e-commerce harus dapat menjamin kualitas pelayanan, kepuasan dan kepercayaan pelanggan untuk dapat mempertahankan atau bahkan meningkatkan loyalitas pelanggan mereka. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan, Kepercayaan merek,                                 Loyalitas Pelanggan, Aplikasi mobile E-commerce
Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja Serta Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Ediral tritunggal Perkasa Kantor Cikande Serang Syamsudin Syamsudin; Ratu Erlina Gentari; Suhartini Suhartini
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (753.723 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1516

Abstract

Dalam meningkatkan kinerja karyawan, perusahaan menempuh beberapa cara misalnya melalui peningkatan budaya organisasi, peningkatan disiplin kerja, serta peningkatan semangat kerja yang lebih biak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, didiplin kerja, dan semangat kerja terhadap kinerja karyawan PT. Ediral Tritunggal Perkasa Kantor Cikande. Beberapa masalah yang timbul pada PT. Ediral Tritunggal Perkasa yaitu banyaknya karyawan yang masih terlambat untuk masuk kerja, kurangnya mematuhi peraturan yaang ada pada perusahaan, serta terjadinya penurunan semangat kerja yang diakibatkan faktor usia pada karyawan yang bekerja di perusahaaan tersebut. Penelitian ini menggunakan Budaya Organisasi, Disiplin Kerja dan Semangat Kerja sebagai variabel independen serta Kinerja Karyawan sebagai variabel dependen. Sampel yang digunakan adalah Karyawan PT. Ediral Tritunggal Perkasa sebanyak 80 responden, dengan metode sampel jenuh. Analisis yang digunakan meliputi uji reabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, Analisis regresi berganda, dan Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, disiplin kerja serta semangat kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Berdasarkan hasil pengolahan data bahwa angka Adjusted R square sebesar 0,778 menunjukkan bahwa kinerja karyawan di PT. Ediral Tritunggal Perkasa berhubungan erat dengan ketiga variabel bebas. Variabel budaya organisasi memiliki t hitung 13,720 dengan signifikasi 0,000, variabel disiplin kerja memiliki t hitung sebesar 2,482 dengan signifikasi 0,015 dan variabel semangat kerja memiliki t hitung 3,951 dengan signifikasi 0,000.Kata Kunci : Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Semangat Kerja, Kinerja
Pengaruh Non-Debt Tax Shield, Firm Size, Business Risk Dan Growth Opportunity Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sub-Sektor Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2014-2018 Saeful Fachri; Yoga Adiyanto
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.653 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non-Debt Tax Shield, Firm Size, Business Risk dan Growth Opportunity terhadap Struktur Modal pada perusahaan Sub-Sektor Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018.Analisis ini menggunakan variabel bebas yaitu Non-Debt Tax Shield, Firm Size, Business Risk dan Growth Opportunity . Variabel terikat yang digunakan adalah struktur modal.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan data sekunder berupa data time series. Sampel penelitian ini adalah perusahan otomotif yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode 2014-2018 yang mempublikasikan laporan keuangan tahunan secara lengkap sesuai yang dibutuhkan peneliti. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa non-debt tax shield dan business risk tidak berpengaruh terhadap struktur modal. Sedangkan firm size dan growth opportunity berpengaruh terhadap struktur modal.Kata Kunci: Struktur Modal, Non-Debt Tax Shield, Firm Size, Business Risk dan Growth Opportunity.
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kinerja Keuangan Sebelum Dan Sesudah Merger Dan Akuisisi (Studi Kasus pada PT XL Axiata Tbk periode 2010-2018) Raga Aquino
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.074 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1518

Abstract

Merger adalah penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu perusahaan. Sedangkan akuisisi merupakan pengambilan kontrol modal atas perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan yang diukur dengan Current Ratio (CR), Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM),Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi pada PT XL Axiata Tbk. periode 2010-2018.Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling, diperoleh perusahaan sebagai sampel penelitian yaitu : PT XL Axiata Tbk periode 2010-2018. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi melalui www.xlaxiata.co.id dan www.idx.com berupa laporan keuangan perusahaan. Alat analisis yang digunakan  untuk pengujian hipotesis adalah SPSS 24.Hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja perusahaan yang diukur dengan menggunakan Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM),Earning Per Share (EPS), dan Debt to Equity Ratio (DER) terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Sedangkan Current Ratio (CR) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Kata Kunci : Merger, Akuisisi, Current Ratio, Return On Asset, Return On Equity, Net Profit Margin, Earning Per Share, Debt to Equity Ratio 
Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2018) Dian Maulita; Deni Sunaryo
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.231 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dividend per share, return on equity dan net profit margin terhadap harga saham perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2018.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dan diperoleh 6 perusahaan. Data yang dikumpulkan merupakan data sekunder dengan metode dokumentasi melalui www.idx.com berupa annual report perusahaan. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPPS 23.Hasil dari penelitian ini adalah (1) Dividend per share berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan. (2) Return on equity tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan. (3) Net Profit Margin berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan.Kata kunci: Harga saham perusahaan, Dividend per share, Return on equity dan Net profit margin. 
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dan Motivasi Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Cilegon Ratu Erlina Gentari; Sumiati Sumiati
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1041.41 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1520

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Semangat Kerja Pegawai, untuk mengetahui pengaruh Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai dan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon sebanyak 50 Pegawai dengan menggunakan sampel jenuh diperoleh sebanyak 50 Pegawai. Hasil penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan Gaya Kepemimpinan Partisipatif terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon dengan ketentuan t-hitung > t-tabel (3,260 > 2,011) pada tingkat signifikansi sebesar (0,02 < 0,05) dengan demikian Hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara Gaya Kepemimpinan Partisipatif (X1) terhadap Semangat Kerja Pegawai (Y) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi (X1) terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon dengan ketentuan t-hitung > t-tabel (2,056 > 2,011) pada tingkat signifikansi sebesar (0,045 < 0,05) dengan demikian Hipotesis terdapat pengaruh yang positif dan signifikansi antara Motivasi (X1) terhadap Semangat Kerja Pegawai (Y)., sedangkan pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon dengan keputusan F-hitung > F-tabel (6,925 > 3,19) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Motivasi terhadap Semangat Kerja Pegawai pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Motivasi, Semangat Kerja
Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Profitabilitas Dengan Loan To Deposit Ratio (LDR) Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Sektor Perbankan Bank BUMN Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2009 – 2018) Suhandi Suhandi
Sains Manajemen : Jurnal Manajemen UNSERA Vol. 5 No. 1 (2019): Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera
Publisher : Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Serang Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (936.48 KB) | DOI: 10.30656/sm.v5i1.1521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh terhadap Profitabilitas dengan menggunakan Loan to Deposit Ratio (LDR) sebagai variabel intervening. Dalam penelitian ini, Profitabilitas diukur dengan Return On Assets (ROA).Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan bank BUMN yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)  periode 2009-2018 sebanyak 4 perusahaan, kemudian sampel ditentukan dengan metode sampling jenuh atau metode sensus yaitu dengan mengambil seluruh populasi yang terdiri dari 4 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji parsial (uji t), analisis jalur (path analysis), dan uji sobel.Hasil uji hipotesis dan uji sobel menunjukkan bahwa: 1) CAR tidak berpengaruh terhadap Profitabilitas. 2) CAR tidak berpengaruh terhadap LDR. 3) LDR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas. 4) LDR tidak mampu memediasi hubungan CAR terhadap Profitabilitas.Kata Kunci :  Capital Aadequacy Ratio (CAR), Loan to Deposit Ratio (LDR),                        Profitabilitas.

Page 1 of 1 | Total Record : 7