cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS
ISSN : -     EISSN : 26141353     DOI : -
Core Subject : Science,
This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: (1) Strategic Management; (2) Financial Management; (3) Human Resource Management, and (4) Marketing Management. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis (JDMB) is published twice a year, in April and September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis" : 10 Documents clear
Pengaruh Kepuasan Kerja, Keterlibatan Kerja, dan Perceived Organizational Support Terhadap Komitmen Organisasional Pada Bank Syariah Mandiri Aisyah Pia Asrunputri
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1242.473 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.01

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh kepuasan kerja, keterlibatan kerja, dan perceived organizational support terhadap komitmen organisasional pada Bank Syariah Mandiri kantor pusat di Jakarta. Yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah dikarenakan adanya penurunan presentase dalam kenaikan nilai aset perbankan yang disebabkan oleh kurang berkomitmen dan kurangnya keterlibatan karyawan didalam organisasi. POS yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri kepada karyawan juga dinilai kurang mencukupi kebutuhan sosio-emosional karyawan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif yang memfokuskan pada 60 responden yakni karyawan di Bank Syariah Mandiri Kantor Pusat Jakarta. Berdasarkan temuan didalam penelitian ini membuktikan bahwa tidak ditemukannya hubungan positif antara kepuasan kerja dan komitmen organisasional serta POS dan komitmen organisasional. Namun ditemukan hubungan positif dan signifikan antara keterlibatan kerja dan komitmen organisasional.
Pengaruh Service Quality, Customer Satisfaction, dan Brand Trust di Mediasi Oleh Customer Commitment Terhadap Customer Loyalty Penumpang Maskapai Low Cost Carrier Di Bali dewa ayu alit lakhsmidevy
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.457 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.03

Abstract

Kebutuhan masyarakat Indonesia atas layanan transportasi terus meningkat sesuai dengan meningkatnya pembangunan nasional. Jenis layanan transportasi udara juga terus berkembang, salah satu adalah dengan beroperasinya model penerbangan unik yaitu melalui strategi penurunan operating cost di semua lini yang mengakibatkan harga tiket dapat ditekan. Model penerbangan ini disebut low cost carrier (LCC). Kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh maskapai penerbangan di Indonesia sangat berpengaruh terhadap seberapa besar tingkat kualitas pelayanan dari sebuah maskapai penerbangan. Berbagai pelayanan yang mempengaruhi, kepuasan konsumen adalah keramahan seluruh awak kabin, fasilitas fisik yang ada, tarif penerbangan, ketepatan waktu keberangkatan kemudahan akses dan juga keselamatan penerbangan. Berdasarkan jajak pendapat dari 2.674 orang responden mengenai apa yang diinginkan dari sebuah maskapai penerbangan didapatkan hasil sebanyak 9,6% menginginkan pelayanan ramah dari awak kabin, 16,9% penerbangan yang tepat waktu, armada yang baru 18,3%, 55,2% tarif yang murah (Indopos. 2015). Maskapai penerbangan di Indonesia sering mengalami keterlambatan waktu pada saat akan terbang atau dengan kata lain sering mengalami delay. Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia yang sering mengalami keterlambatan dalam pemberangkatan pesawat adalah penerbangan low cost carriers. Secara garis besar tujuan penelitian ini adalah : menguji pengaruh service quality, customer satisfaction, brand trust terhadap costumer commitment serta dampaknya kepada customer loyalty pada penerbangan domestik maskapai low cost carrier di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Dengan unit observasi sebanyak 250 responden yang terdiri dari beberapa kriteria responden. Metode penelitian adalah explanatory survey. Hasil pengujian menunjukkan total indirect effect paling tinggi adalah pengaruh service quality terhadap customer loyalty dengan nilai t value sebesar 4,074, selanjutnya service quality terhadap customer commitment dengan nilai t value sebesar 3,243 di ikuti dengan sisa variabel lainnya. Hasil ini menunjukkan bahwa service quality merupakan variabel yang mendominasi pada hasil penelitian yang dilakukan. Semakin baik service quality yang diberikan maskapai kepada penumpang maka akan meninggkatkan komitmen penumpang dan selanjutnya akan menggiring penumapng untuk semakin loyal kepada maskapai.
Sistem Evaluasi Pasca Pelatihan di Rumah Sakit X Malang Sri Suprapti; Tuti Haryanto; Agung Putra Jaya; Kurnia Widyaningrum
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.093 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.10

Abstract

ABSTRAK Efektifitas pelatihan dapat dinilai melalui evaluasi pasca pelatihan dengan menilai perilaku dan kompetensi hasil pelatihan. Rumah Sakit X dalam menilai efektifitas pelatihan didapatkan gap kecenderungan evaluator saat mengevaluasi alumni peserta latih memberikan nilai yang sama. Tingkat kesamaan dalam pemberian nilai kepada alumni peserta latih sebesar 85,53%. Hal tersebut berdampak bias terhadap hasil evaluasi efektifitas pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor penyebab utama, serta mencari alternatif solusi terhadap gap yang terjadi. Metode penelitian secara deskriptif dengan melakukan observasi, wawancara dan telaah dokumen, terhadap proses pelaksanaan dan hasil evaluasi efektifitas pelatihan. Ditindaklanjuti dengan melakukan focus group discussion untuk mengidentifikasi masalah. Beberapa masalah yang didapat diprioritaskan menggunakan metode USG (urgency seriouseness and growth). Hasil prioritas masalah dicari penyebab akar masalahnya menggunakan diagram fishbone. Penyebab utamanya adalah belum adanya sistem dalam melakukan evaluasi pasca pelatihan. Penentuan Solusi menggunakan metode CARL (capability accesability readiness leverage) yaitu membuat pedoman evaluasi pasca pelatihan. Mengatur tentang: kriteria evaluator, tugas dan tanggung jawab evaluator, indikator evaluasi pasca pelatihan, instrumen evaluasi pasca pelatihan, pelaporan hasil dan rekomendasi evaluasi pasca pelatihan. KataKunci: Evaluasi pasca pelatihan; pedoman evaluasi pasca pelatihan; pelatihan. Post –Training Evaluation In X Hospital Malang Abstract The effectiveness of the training will be able to be assessed through post training evaluation by assessing the behavior and competency the outcomes of the training. In X Hospital, in assessing the effectiveness of the training was found that the evaluator's tendency when evaluating the trainee alumni to give the same value to almost all participants who was being evaluated.The level of similarity in the value of trainees' alumni amounted to 85,53%, it has a biased impact on the evaluation of the effectiveness of the training.This study aims to determine and analyze the main causal factors, as well as looking for the alternative solutions to the gap occurred. The research method is descriptive by doing observation, interviews and documents review of the implementation process and evaluation results of the effectiveness of the training. Followed up by focus group discussions to identify the problem. Some problems are found prioritized using USG (urgency seriouseness and growth) method. Result of priority problem search for based on the results of identification of the root cause of the problem by using the fishbone diagram. The main cause is there is not of the system in conducting post training evaluation yet. The solutions using the CARL (capability accesability readiness leverage) method, by making the recommendations of graduate training, in which compose about: criteria evaluator, task and responsibility of the evaluator, post-training evaluation indicators. Keywords: Post-training evaluation; guidelines for post-training evaluation; training.
Financial Analisis Pengaruh Faktor Fundamental dan Teknikal Terhadap Return Saham Bayu Anggara Silvatika; Marlina Widiyanti
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (705.737 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.02

Abstract

This research aims to examine the impact of fundamental and technical factors towards stock returns, and with macroecomoic as moderation variable. The population used in this research is all public companies or issuer listed in Indonesia Stock Exchange from 2008 to 2012. The companies used samples are 23 companies which categorized as LQ-45 that exist from 2008 to 2012 or using Purposive Sampling Method. Analysis of securitas consist of fundamental and technical analysis. In fundamental analysis and technical, analist often uses factors fundamental and technical. Fundamental’s and technical’s factors in Multi-factor Models uses to perform the portfolio with special characteristics. Multi-factor Models are improved from the concept of Arbitrage Pricing Theory (APT). Fundamental factors are consisted Financial Ratio (ROA, DER, EPS, PBV) and macroeconomic (exchange rate, inflations, gdp); than technical factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price). Those are independen variables which towards stock return using Panel’s Data then make analysis using Multiple Regressions. This research shows that partially, several fundamental factors (ROA, DER, and EPS) have not significant influence and positif are toward stock return. However, PBV have significant influence and negatif are toward stock return. Several macro economic’s factors (kurs and GDP) have significant influence and positif are toward stock return, but inflation have significant influence at α = 10%. All of technical’s factors (trading volume, market capitalization, and previous stock price) have not significant influence and positif (market capitalization, and previous stock price), negatif (trading volume) are toward stock return.Simultaneously, fundamental’s factors, macro economic, and technical’s factors have significant influence and positif are toward stock return. Managerial implication of this research are the investors can use fundamentals analysis with focus on PBV ratio, emiten must be more attention macro economic factors, especially exchange rate and GDP. Investors in Indonesia Stock Market more like fundamental’s analysis than technical’s analysis, but investor also can use integrated analysis by combine of fundamental and technical’s analysis.
Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Dengan Menggunakan Metode Lrfm Analysis Nurdin Lubis
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.647 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.06

Abstract

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau ASEAN Economic Community telah dibuka. hal ini tak hanya membuka peluang, namun menjadi tantangan pula bagi sektor industri, termasuk industri farmasi nasional. Peningkatan kemampuan industri farmasi nasional dapat dilakukan melalui riset dan peningkatan kemampuanPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai karakteristik pelanggan dari PT Phapros Tbk, sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang farmasi. Data yang digunakan yakni data pelanggan dan data transaksi penjualan historikal. Data tersebut kemudian akan diolah dengan LRFM model (Length, Recency, Frequency, Monetary), dan dua tahapan clustering (two stage clustering) yaitu metode ward’s untuk mengetahui jumlah cluster terbaik dan algoritma k-means yang merupakan distance-based cluster analysis untuk melakukan proses operasional clustering. Setelah proses operasional clustering dilakukan, hasil cluster akan dipetakan dengan customer value matrix dan customer loyalty matrix untuk mengetahui karakteristik tiap segmen pelanggan.Hasil yang didapatkan dari studi kasus PT Phapros Tbk menunjukkan bahwa segmen atau grup pelanggan yang terbentuk semuanya memiliki perbedaan statistik yang signifikan, dan dapat dijelaskan dalam konteks strategi marketing. Oleh karena itu, penelitian ini berguna untuk menentukan strategi pengelolaan pelanggan tiap segmen.Key Words: Clustering Analysis, Customer Relationship Management, Data mining, LRFM model.
Analisa Strategi Bisnis PT. Wijaya Karya (Persero) tbk. Dalam Industri Pembangkit Listrik Nasional Arpan Fadly Harahap; Ernie Hendrawati
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.35 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.07

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari penyebab kurang bersaingnya perusahaan pada industri pembangkit listrik dengan melakukan analisa strategi bisnis yang sesuai dengan situasi perusahaan. Analisis tersebut menggunakan pendekatan audit strategis dari wheelan. Peneliti melakukan analisis lingkungan eksternal dan lingkungan internal perusahaan kemudian menyusun perumusan strategi. Tujuan melakukan analisis lingkungan eksternal tersebut untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan meliputi tingkat persaingan dalam industri, ancaman masuknya pendatang baru, daya tawar pembeli / konsumen, daya tawar pemasok, dan ancaman produk subtitusi. Tujuan analisis lingkungan internal dilakukan untuk mengetahui kinerja perusahaan meliputi aspek pemasaran, aspek keuangan, aspek penelitian dan pengembangan, aspek produksi-operasi -logistik, aspek sumber daya manusia dan aspek sistem informasi manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kelemahan sumberdaya manusia pada bidang operasi-pemeliharaan, pemasaran-estimasi, manajemen risiko dan administrasi kontrak perjanjian. Selain itu, perlu diperhatikan bawah beragamnya merk mesin dan peralatan digunakan, kepemilikan sumber daya peralatan pemeliharaan mesin pembangkit, penerapan sistem manajemen pengendalian operasional pembangkit dengan sistem pengendalian konstruksi menjadi faktor yang harus diperbaiki. Untuk itu, perusahaan menyusun ulang strategi bisnis dengan peningkatan kompentensi sumberdaya manusia, pemilihan mesin dan teknologi yang sejenis dan penetrasi pasar serta fokus pada pembentukan unit usaha yang tersendiri. Kata kunci : Strategi Bisnis, Audit Strategis Whelan, Analisa Lingkungan Industri, Analisa Lingkungan Fungsional
Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Bis Transjakarta di Terminal Kampung Melayu Elfian Elfian; Prasetio Ariwibowo
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.605 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.05

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atas pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen bis Transjakarta di Terminal Kampung Melayu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di Terminal Kampung Melayu dengan metode purpossive sampling berjumlah 100 orang pada penumpang bis Transjakarta secara acak, baik ketika jam-jam sibuk pada pagi dan sore hari, maupun saat-saat sepi penumpang pada menjelang siang hari. Pengumpulan data melalui wawancara, angket kuisioner, pengumpulan ujian (tes), dokumentasi dan lainnya. Pada penelitian ini data diolah menggunakan tabulasi korelasi regresi sederhana, korelasi product moment, dan analisa koefisien determinasi pada software microsoft excel 2010 terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen adalah sebesar 12,496 dan b sebesar 0,520, artinya setiap kenaikan per satu satuan pada kualitas pelayanan maka akan naik kepuasan konsumen sebesar 0,520. Kemudian nilai r = 0,533, ini menunjukkan ada hubungan yang sedang atau cukup signifikan antara variabel X (kualitas pelayanan) dengan variabel Y (kepuasan konsumen). Dan nilai determinasi 28,41% menunjukan bahwa kontribusi variabel X (kualitas pelayanan) terhadap variabel Y (kepuasan konsumen) sebesar 28,41% dan sisanya sebesar 71,59% ditentukan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis yang dilakukan dapat memperkuat penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar dari ttabel yaitu 6,140 > 1,9855 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen.
Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Program Pelatihan terhadap Employee Engagement Serta Dampaknya terhadap Kinerja Karyawan Di PT Angkasa Pura II (Persero) Muhamad Ferdiansyah
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.242 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.09

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi dan Program Pelatihan terhadap Employee Engagement serta Dampakanya Terhadap Kinerja Karyawan PT Angkasa Pura II (Persero) Populasi pada penelitian ini adalah karyawan kantor pusat PT Angkasa Pura II (Persero). Sedangkan sampel ditentukan dengan metode nonprobability sampling dengan jumlah 100 karyawan yang mengikuti program pelatihan. Metode pengumpulan data adalah dengan cara data primer dan data sekunder yang berasal dari dokumen yang sudah ada, yaitu diperoleh dari responden melalui kuesioner. Dalam melakukan analisis digunakan pooled data selama 4 tahun dari perusahaan yang dijadikan sampel. Selanjutnya data di olah dan dianalisa dengan metode SEM. Penelitian ini menggunakan variabel independent Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, Program Pelatihan dan variable moderasi Employee Engagement. Berdasarkan data-data yang dikumpulkan dan diolah dengan uji analisis konfirmatori serta pengolahan penelitian dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), diperoleh hasil bahwa Gaya Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Employee Engagement dan Kompensasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Employee Engagement. Sedangkan Progrsm Pelatihan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Employee Engagement. Temuan dalam penelitian ini adalah penggunaan Employee Engagement sebagai variabel moderasi terbukti memberikan tingkat signifikansi probabilitas pengaruh variabel Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan. dan variabel moderasi terbukti memberikan efek meningkatkan signifikansi probabilitas variabel Employee Engagement terhadap Kinerja Karyawan. Kata kunci : Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kompensasi, Program Pelatihan, Employee Engagement dan Kinerja Karyawan.
Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Debt to Equity Ratio, Asset Growth terhadap Kinerja Perusahaan Kartika Mirawati Tika Mirawati; Meina Wulansari
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.353 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.08

Abstract

This study aims to determine the effect of the mechanism of Good Corporate Governance, DER, Asset Growth on company performance (empirical studies on mining companies listed on the Indonesia, Thailand, Malaysia Stock Exchange period 2010-2017). This research is a quantitative research which aims to systematically explained about the facts and properties in an object in the study then merged between variables related to it by presenting secondary data from financial reports from mining companies in the countries of Indonesia, Malaysia and Thailand. The population used in this study were mining companies listed on the Indonesia, Malaysia and Thailand Stock Exchanges in the period 2013 to 2017. The samples used in this study were 15 mining companies in the countries of Indonesia, Malaysia and Thailand by using the Purpose Method. Sampling the objectives for obtaining a representative sample that matches the criteria that have been confirmed. In this study, the data analysis method used is the data panel (pooled data) which is a combination of time series data and data between individuals or cross sections in mining companies in Indonesia, Malaysia and Thailand. Research Results for mining companies in Indonesia The R square value of this model is 0.732 percent, meaning that the variation of the profit company's performance can be explained by the independent variables analyzed, namely the mechanism of Good Corporate Governance, DER, the remaining Asset Growth percent of 73.20 the remaining 26.80 percent is explained by other factors not included in this study. Furthermore, the R square value of this model of 0.731 percent means that the variation of the company's profit performance can be explained by the independent variables analyzed, namely the mechanism of Good Corporate Governance, DER, the remaining percent Asset Growth of 73.10 the remaining 26.90 percent is explained by other factors not included in this research .. and thailand country The R square value of this model is 0.849 percent which means that the variation of profit that can be explained by the independent variables analyzed are NIM, BOPO, CAR and NPL of 84.90 percent of the remaining 15.10 percent is explained by other factors that do not included in this study.
Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan Birgitta Amanda Putri; Tetra Hidayati
JURNAL DINAMIKA MANAJEMEN DAN BISNIS Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis
Publisher : LPPM Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.065 KB) | DOI: 10.21009/JDMB.01.2.04

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi PR Kepercayaan dan Citra Merek terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan persamaan regresi berganda dimana data didapat dari konsumen atau pelanggan Brow Studio (perusahaan sulam alis milik Anggie Rassly). Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, peneliti mendapatkan 225 data yang dianalisis dengan menggunakan SPSS sebagai software pengolah datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi PR, kepercayaan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci: persepsi PR, Kepercayaan, citra merek, loyalitas pelanggan

Page 1 of 1 | Total Record : 10