cover
Contact Name
Moh Salimi
Contact Email
salimi_guru@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldwijacendekia@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Kampus PGSD Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang No. 67A Kebumen Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
ISSN : 25811843     EISSN : 25811835     DOI : -
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu sosial dan humaniora, dan pendidikan matematika dan ilmu alam. Pengajuan artikel, serta proses peninjauan, tidak dikenakan biaya (gratis). Jurnal ini juga telah menjadi anggota CrossRef. Oleh karena itu, Semua artikel yang diterbitkan oleh jurnal ini akan memiliki nomor DOI.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik" : 17 Documents clear
Solusi Pencemaran Air Menggunakan Teknik Fitoremediasi Sebagai Bentuk Penerapan Model Project Based Learning di Masa Pandemi Covid-19 Vera Septi Andrini; Imega Syahlita Dewi; Hendrik Pratama
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.629 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.53580

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning dimasa pandemi Covid-19. Konsep pembelajaran berbasis proyek ini diterapkan dalam upaya memantik keaktifan dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis eksperimental. Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Nganjuk dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa instrumen  tes, angket, dan observasi. Kegiatan mahasiswa dilakukan dalam bentuk proyek praktikum dengan tema “Solusi Pencemaran Air Melalui Teknik Fitoremediasi”. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Data menunjukkan peningkatan jika sebelum perlakuan atau pretest sebesar 0,24 (kriteria rendah) menjadi 0,41 (kriteria sedang). Hasil data praktikum juga menunjukkan bahwa fitoremediasi menggunakan fitoremediator eceng gondok terbukti efektif dalam menekan pencemaran air.
Perspektif Minat Orang Tua Siswa dalam Memilih Sekolah Dasar (SD) Berbasis Zonasi di Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah Azamul Fadhly Noor Muhammad
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.431 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.46493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua dalam memilih SD untuk anaknya. Subyek penelitian ini adalah orang tua yang mempunyai anak berusia sekitar 6 – 7 tahun atau usia anak masuk kelas 1 sekolah dasar di beberapa desa di Kec. Majenang Kab. Cilacap Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) berbasis Zonasi di wilayah Kec. Majenang Kab. Cilacap. persepsi minat orang tua dalam memilih Sekolah Dasar (SD) berbasis zonasi: (a) proses pelaksanaan PPDB dilakukan secara prosedural dan terstruktur berdasarkan sistem yang ada. (2) persepsi minat orang tua siswa dalam memilih SD berbasis Zonasi: (a) Pemahaman orang tua siswa dalam memilih SD berbasis zonasi. (b) dampak kebijakan zonasi menurut orang tua siswa dalam memilih SD. (c) persepsi minat orang tua siswa dalam memilih SD berbasis Zonasi. (d) persepsi minat orang tua siswa mengenai solusi dalam memilih SD berbasis Zonasi. Solusi yang diinginkan oleh orang tua siswa : kebijakan ini harap dikaji ulang oleh pemerintah, ketentuan jarak diperluas, diadakan sosialisasi dan presentase kuota penerimaan peserta didik lebih seimbang.
Transformasi Karakter Anak Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Melalui Tarian Tradisional: Pendekatan Bootstrap Umi Mahmudah; Syifa Ulwiyah; Siti Fatimah; Abdul Hamid
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.456 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.51598

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas pelatihan tari tradisional terhadap pengembangan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal anak-anak di Pekalongan. Nilai-nilai kearifan lokal menjadi identitas suatu daerah. Nilai ini terkandung dalam banyak bidang, salah satunya tarian tradisional yang dapat membentuk karakter anak yang ramah terhadap nilai-nilai kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed-method dengan menitikberatkan pada pendekatan kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan pendekatan bootstrap pada paired sample t-test untuk memberikan hasil yang lebih akurat. Sedangkan hasil kualitatif berdasarkan observasi dan wawancara. Sebanyak 30 anak-anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama mengikuti pelatihan tari tradisional. Pelatihan dipimpin oleh seorang instruktur tari. Ada empat tarian tradisional yang dikenalkan, yaitu tari ampar-ampar pisang, tari cublak-cublak suweng, tari manuk dadali, dan tari payung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini, peserta berhasil meningkatkan pengetahuan dan kesadaran nilai budaya lokal. Hasil ini dibuktikan dengan analisis bootstrap yaitu menghasilkan nilai p-value 0,00. Diantara karakter berbasis kearifan lokal yang terbentuk adalah kejujuran, tidak menuruti hawa nafsu, peduli, suka menolong, kegotongroyongan, rasa nasionalisme dan kebangsaan, toleransi, kesiapan, kehati-hatian, dan kewaspadaan. Implikasinya, praktek tarian tradisional pada anak dapat dijadikan sebagai alternatif strategi untuk membentuk karakter anak-anak yang mencintai budaya lokal yang ada di masyarakat.
Development of MIPO Module Based on the CIRC Model on Non-fiction Stories in VB Class of Sempu Elementary School Windi Indriyani; Rina Yuliana; Istinganatul Ngulwiyah
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.713 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.51113

Abstract

Penelitian pengembangan ini berdasarkan pada peserta didik usia sekolah dasar yang masih mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok paragraf karena bahan ajar dan model pembelajaran yang diterapkan kurang tepat untuk pembelajaran menemukan ide pokok paragraf, sehingga perlu dikembangkan sebuah modul MIPO berbasis model pembelajaran CIRC. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul MIPO (Menemukan Ide Pokok) berbasis model pembelajaran CIRC pada cerita nonfiksi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (R&D) berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitafif diperoleh berdasarkan hasil uji ahli dan respons peserta didik. Sementara data kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan komentar dari validator ahli media, bahasa, serta materi. Hasil penelitian menghasilkan produk berupa Modul MIPO (Menemukan Ide Pokok) Model Berbasis Pembelajaran CIRC untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar yang dapat memudahkan peserta didik dalam menemukan ide pokok paragraf dan memahami materi / informasi sebuah teks cerita nonfiksi yang dibacanya. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dapat menumbuhkan sikap kemandirian dan kerja sama antar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar: Kajian Praksis Sukarno Sukarno; Sularmi Sularmi; Suharno Suharno; Anesa Surya
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.512 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.53132

Abstract

Keberhasilan pendidikan karakter dalam masa pandemi COVID19 merupakan kunci penting untuk membentuk kepribadian peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifkasi implementasi pendidikan karakter selama masa pandemi COVID-19 di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian meliputi 15 guru Sekolah Dasar Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi.  Teknik pengumpulan data adalah Focus Group Discussion (FGD) dan kuesioner. Teknik uji validitatas data adalah menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan teknik analis interaktif  Milles Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pendidikan karakter selama masa pandemi COVID-19 membutuhkan sinergitas antara lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dengan demikian, penting lingkungan peserta didik mendukung pengembangan pendidikan karakter di sekolah dasar.
Pembelajaran Orang Dewasa: Tutorial Webinar (Tuweb) melalui Microsoft Teams Mahasiswa PGSD Universitas Terbuka di Era Pandemi Alpin Herman Saputra; Hartati Hartati; Steven Anthony
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.564 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.45915

Abstract

Primary Education of Universitas Terbuka students are students of Elementary School Teacher Education (PGSD) and Early Childhood Education (PGPAUD) study programs who have been teachers in schools for at least 1 (one) year of teaching. PGSD students in normal circumstances carry out direct learning through Face-to-Face Tutorials (TTM) but in the pandemic era, they adapt to the Webinar Tutorial (Tuweb) using the Microsoft team. Tuweb is synchronous learning. Adult learning styles (andragogy) in the aspect of self-concept (emotionally stable students, they are adults whose age, cognitive, and development are mature), the concept of experience (the requirement to become a student in the teaching field of at least one year of teaching, is proven with a Decree (SK) from the relevant agency, the concept of learning readiness, time perspective or learning orientation. The average score of the andragogy ability of the students is 84.8 or in the high category
Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Religius Siswa di SD IT Noor Hidayah Intan Nuraeni; Erna Labudasari
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.933 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.51593

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kelangkaannya budaya sekolah keagaamaan di beberapa sekolah yang berfungsi untuk mencegah degradasi moral. Namun, SD IT Noor Hidayah merupakan salah satu sekolah yang memiliki program khusus pendidikan Islam dan budaya sekolah pada bidang keagamaan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter religius siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya sekolah yang ada di SD IT Noor Hidayah; Mengetahui karakter religius siswa SD IT Noor Hidayah; dan Mengetahui pengaruh antara budaya sekolah terhadap karakter religius siswa di SD IT Noor Hidayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survey. Data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD IT Noor Hidayah yang berjumlah 124 siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah 31 siswa kelas 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya sekolah keagamaan yang terdapat di SD IT Noor Hidayah yaitu meliputi pembacaan do’a bersama di kelas; pembacaan surat-surat pendek Al-Qur’an, dan sholat dhuha dan sholat dzuhur berjamaah. Budaya sekolah berpengaruh sebesar 29,2% terhadap karakter siswa. Budaya sekolah ini berpengaruh cukup signifikan terhadap karakter religius siswa SD IT Noor Hidayah. Hubungan positif antara kedua variabel tersebut yang mengandung makna semakin baik budaya sekolah yang dirancang, maka semakin baik pula karakter warga sekolah terutama karakter siswanya.
Peningkatan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Cililitan 02 melalui Problem Based Learning (PBL) berbasis Contextual Content Septian Mukhlis; Nur Luthfi Rizqa Herianingtyas
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.699 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.50858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Contextual Content (PBLCC). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Cililitan 02 berjumlah 30 siswa, yaitu 11 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis melalui tahapan data reduction, data display, conclusing, verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran PBLCC dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPS pada SDN Cililitan 02 Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini digunakan untuk menunjukan bahwa implementasi PBLCC dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan memberikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini memberikan pengalaman belajar yang berbeda kepada siswa dan dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa lebih out of the box menciptakan ide-ide kreatif dalam pembelajaran.
Kesadaran Mengenai Digital Safety di Kalangan Guru Sekolah Dasar Roy Ardiansyah; Syafni Nur Afifah; Hasan Mahfud
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.435 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.49073

Abstract

This study aims to examine elementary school teachers’ awareness of digital safety. The digital safety in this study are comprised of four competencies as indicator, such as: (1) protecting device; (2) protecting personal data and privacy; (3) protecting health and well-being; (4) protecting environment. This study use triangulation design of mix-method approach, with both quantitative and qualitative data collection. This study is conducted on SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15, a public school in Laweyan, Surakarta. The subjects of this study are 20 teachers of SD Negeri Mangkubumen Lor No. 15.  Quantitative and qualitative data collection both used to explore teacher’s knowledge, attitude and behavior toward digital safety through the use of questionnaire, semi structured interview and secondary data gatheting. The result of this study found that the teachers already have awareness about digital safety in all four indicators of digital safety. However, their guidance regarding student’s digital safety still limited only on protecting health and well-being indicator. The finding also implicate that there’s a need of continuous improvement and transformation regarding teachers’ digital literacy as to welding future digital risk as well as the need of parents’ collaboration.
Learning Obstacle Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling Persegi Revina Putri Hermawan; Epon Nur'aeni; Dindin Abdul Muiz Lidinillah; Ika Fitri Apriani
DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik Vol 5, No 1 (2021): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.724 KB) | DOI: 10.20961/jdc.v5i1.52359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan learning obstacle yang dialami siswa pada materi keliling persegi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, serta instrumen soal tes sebanyak 5 soal yang telah divalidasi oleh ahli. Subjek penelitian yaitu 7 orang siswa dan 1 guru kelas IV di SDN 1 Sindangrasa. Menciptakan proses pembelajaran yang optimal tidak hanya berfokus pada penguasaan materi yang dimiliki guru. Namun, harus juga dapat memperhatikan learning obstacle yang dialami siswa, sehingga siswa mampu memahami materi secara utuh. Berdasarkan hasil penelitian, siswa mengalami 4 tipe learning obstacle pada materi keliling persegi yakni learning obstacle tipe 1 terkait dengan kesulitan siswa dalam memahami konsep bangun datar persegi, learning obstacle tipe 2 terkait ketidakpahaman siswa dalam konsep rumus keliling persegi, learning obstacle tipe 3 terkait kesulitan siswa dalam menghitung keliling persegi dan learning obstacle tipe 4 ketidakpahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan keliling persegi. Terdapat 3 faktor penyebab siswa mengalami learning obstcale diantaranya ontogenic obstacle (kesiapan siswa dalam belajar), didactical obstacle (aspek didaktik guru) dan epsitimologic obstacle (pengetahuan siswa yang memiliki konteks terbatas).

Page 1 of 2 | Total Record : 17