cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022" : 25 Documents clear
Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Buku Siswa dan LKS Matematika SMP Berbasis Kebudayaan Masyarakat Pendalungan Ervin Oktavianingtyas
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.003 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.473

Abstract

Buku sebagai bahan penyajian ilmu pengetahuan buah pikiran dari hasil analisis terhadap kurikulum di padukan dengan LKS sebagai alat panduan siswa melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah merupakan perpaduan apik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Buku Siswa dan LKS pembelajaran matematika yang berorientasi pada peningkatan keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa SMP dengan pendekatan kontekstual bertemakan kearifan lokal masyarakan Pendalungan pada materi matematika bidang analisis untuk kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, meliputi define, design, develop, dan disseminate dengan menggunakan instrumen lembar validasi dan angket.. Dari penelitian ini didapatkan buku siswa dan LKS matematika yang berbasis HOTS dengan pendekatan kontekstual bertema kearifan lokal masyarakat Pendalungan dengan tingkat kevalidan 3,4 dan efektifitas 97,27%.
Pengembangan Ensiklopedi Pembelajaran PKn Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar Mohamad Fatih; Cindya Alfi; Ekbal Santoso; Rizki Dwi Novianti
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.347 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.467

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran, dengan demikian, peneliti mengembangkan bahan ajar ensiklopedi. yang menggunakan model ADDIE. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket. Hasil validasi ahli materi diperoleh 100% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. Hasil validasi ahli bahasa, diperoleh 92,5% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. Hasil validasi ahli media, diperoleh 100% dengan kriteria sangat valid tanpa revisi. Uji coba kemenarikan siswa mendapatkan 98,48% dengan kriteria sangat menarik. Hasil uji coba guru mendapatkan 100% dengan kriteria sangat efektif tanpa revisi. Pada aspek kemenarikan mendapatkan nilai 100% dengan kriteria sangat efektif tanpa revisi. Berdasarkan hasil presentase dari ahli materi, ahli bahasa, ahli media, uji coba siswa, uji coba guru maka produk ensiklopedi layak digunakan pada pembelajaran.
Model-Model Evaluasi Pendidikan Dasar (Scriven Model, Tyler Model, dan Goal Free Evaluation) Helda Kusuma Wardani; Fajarsih Darusuprapti; Mami Hajaroh
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.49 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.446

Abstract

Microsoft Office Translator Program evaluation becomes important for educators to understand and do, because every educator must be able to become an evaluator. Program evaluation models are wide variety and their function depends on the type of program evaluated. In education there are at least three types of programs, namely processing programs, services, and general. Evaluation of suitable processing programs is evaluated with the Formative-Summative Evaluation Model or Scriven Model, GOE or Tyler Model, and GFE Model. Two program evaluation models namely Scriven model and Tyler model are used in Indonesia. Both of these models are often used by teachers when designing, implementing, and evaluating their learning programs.
Pengambangan Buku Ajar matematika berbasis soal terbuka menumbuh kembangkan kreatifitas siswa SMP Irfan Arsid; Asmaul Husnah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.019 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.441

Abstract

Banyak terjadi pada peserta didik kita saat ini menganggap matematika itu hanya akan berputar pada berhitung semata. Sebagaimana hasil penelusuran awal kami di smp negeri 2 bangkala barat, peserta didik menganggap matematika itu adalah hitungan, dan menyelesaikan soal matematika cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan oleh guru sampai mendapatkan jawabannya. Dengan mengikuti satu langkah saja tidak akan menumbuhkan kreativitas pada peserta didik. Untuk menjawab masalah-masalah di atas maka kami bermaksud membuat sebuah pengembangan buku ajar berbasis soal terbuka pada peserta didik. Karena dengan buku ajar berbasis soal terbuka ini akan menumbuh kembangkan kreatifitas siswa. Pembuatan buku ajar matematika berbasis soal terbuka merupakan langkah untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menjawab soal matematika ataupun kreativitas dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika yang berbasis soal terbuka untuk menumbuh kembangkan kreatifitas siswa SMP. Proses pengembangan buku ajar ini mengikuti model pengambangan Plomp, yaitu: (1) Fase Investigasi awal, (2) Fase Perancangan, (3) Fase Realisasi (4) Fase Tes, Evaluasi dan Revisi. Berdasarkan nilai rata-rata total hasil validasi dengan hasil rata-rata total sebesar 3,32 sehingga dan dinyatakan valid berdasarkan kriteria kevalidan (2,5<M<3,5). Sedangkan untuk kepraktisan buku diperoleh nilai rata-rata total sebesar 1,52 sehingga dikatakan terlaksana seluruhnya berdasarkan kriteria kepraktisan (1,5<M<2,0). Buku ajar yang dikembangkan juga efektif karena telah memenuhi ketuntasan klasikal siswa, dan siswa juga masuk dalam kategori kreatif dalam mengerjakan soal-soal yang diberikan.
Penegakan Kedisiplinan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19: Literature Review Delvina Alifah Rahma; Abdul Muhid
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.689 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.458

Abstract

Pandemi covid-19 membawa banyak dampak di berbagai bidang kehidupan tak terkecuali pendidikan. Sebagian siswa baik dari tingkat SD hingga SMA mempunyai motivasi belajar yang rendah. Pada penelitian ini, peneliti memilih penegakan disiplin dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode literature review di mana data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, e-book, dan referensi yang relevan sesuai dengan topik yang diangkat. Hasil menunjukkan bahwa terdapat banyak cara dalam penerapan penegakkan disiplin untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yang perlu menyertakan keterlibatan tidak hanya oleh satu pihak, namun juga harus melibatkan kerjasama dan sinergi antara guru, orang tua dan berbagai pihak sekolah. Beberapa layanan bimbingan konseling juga dapat diterapkan sebagai bentuk penegakan disiplin dan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Motivasi Siswa dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Jatisari Rizki Aminudin; Subagyo Heri; Tedi Purbangkara
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.359 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.431

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Jatisari Kabupaten Karawang. Deskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian ini dan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Jatisari. Dengan menggunakan angket sebagai instrumen penelitian dan sampling jenuh sebagai teknik samplingnya diharapkan data didapat secara maksimal. Sampling jenuh artinya sampel dari penelitian ini adalah semua populasi siswa yang mengikuti ekstrkurikuler di SMA Negeri 1 Jatisari sebanyak 25 siswa. Penggunaan teknik statistik deskriptif pada analisis data dengan bentuk persentase sebagai penjelasan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler futsal di SMA Negeri 1 Jatisari, secara terperinci memiliki kriteria yang sangat tinggi dengan presentase sebesar 87%, serta memiliki beberapa faktor yaitu faktor internal memiliki presentse sebesar 89%, sedangkan faktor eksternal memiliki kriteria sangat tinggi dengan presentase sebesar 85%.
Analisis Perbandingan Biaya dan Waktu Pemasangan Dinding Batu Bata Merah dan Batako Pada Pembangunan Gedung Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Wates Kabupaten Blitar Jawa Timur Muhammad Nur Rochim; Rahayu Isnin Astuti; Risma Dwi Atmajayani; Yuniar Alam
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.132 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.483

Abstract

Perkembangan teknologi pada era industri 4.0 mulai digalakkan kembali, terutama dalam bidang rekayasa teknik sipil dan konstruksi bangunan. Salah satu struktur bangunan yang berperan penting dalam sebuah konstruksi adalah dinding, di mana dinding berperan sebagai pemisah antar ruang. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Wates Kabupaten Blitar Jawa Timur yang dilakukan selama 130 hari terhitung sejak tanggal 13 Mei sampai 19 September 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu yang dibutuhkan dan banyaknya biaya yang dikeluarkan dalam melakukan pemasangan dinding menggunakan batu bata merah dan batako dalam proyek pembangunan gedung KUA. Metode dalam penelitian ini yaitu deskrptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisa harga satuan pekerjaan dinding menggunakan bata merah yaitu Rp. 59.502,00 dengan waktu pemasangan dinding per m2 00:28:42 menit, plesteran 00:27.40 menit dan pemasangan untuk teras 00:26:25 menit. Sedangkan untuk batako Rp. 65. 764.00 dengan waktu pemasangan dinding per m2 00:24:42 menit, plesteran 00:21.33 menit dan pemasangan untuk teras 00:20:23 menit.
Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Produk Cake melalui Model Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa XII Jasa Boga 5 SMK Negeri 3 Blitar Nina Safitri
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (119.113 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.468

Abstract

penelitian ini memiliki tujuan bagaimana peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar setelah dilakukan proses belajar melalui model proyek (Project Based Learning) pada siswa XII Jasa Boga 5 SMK Negeri 3 Blitar dan bagaimana hasil belajara dari proses belajar melalui model proyek. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang berusaha mengkaji dan merefleksikan secara kolaboratif. Pembelajaran dilakukan dengan tahap pelaksanaan tindakan (dilakukan dengan 2 siklus), observasi dan refleksi. Persentase rata-rata skor dari siklus 1 adalah 74% dengan kreteria terlaksana dengan baik dan pembelajaran dikatakan berhasil. persentase keaktifan guru adalah 92 %, sesuai dengan kriteria keberasilan keterlaksanaan pembelajaran adalah kualifikasi sangat baik dan tingkat keberhasilan dikatakan berhasil.
Penyesuaian Diri Guru terhadap Dunia Anak dalam Proses Bimbingan Berbicara Bahasa Inggris pada Balita (Telaah proses pembelajaran murid les privat) Occe Luciana
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.547 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.451

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pembelajaran bahasa Inggris komunikasi kepada anak usia dini selama kurang lebih 4 semester sejak usia target 3 tahun hingga 4 tahun lebih. Metode yang digunakan adalah menguraikan langsung strategi penulis ketika membimbing anak balita tersebut untuk berbicara bahasa Inggris. Hasil kegiatan Pengabdian berupa konfirmasi dan verifikasi dari orang tua target yang merasa puas melihat anaknya pandai berbicara bahasa Inggris sesuai usianya. Hal ini tercipta atas izin Allah yang maha Kuasa yang telah memudahkan pengajar, target, dan orang tua target bekerjasama, berkontribusi, dan saling memberikan dukungan sehingga ketiga unsur tersebut merasa puas atas hasil yang diraih. Kata kunci: Bahasa Inggris Balita, guru, membimbing
Peningkatan Kompetensi Numerasi Siswa Kelas V SD Durian 3 Kabupaten Sambas Kalimantan Barat melalui Team Games Tournamen (TGT) Agus Yulianto; Ahmad Izzuddin; Moch Rio Pambudi
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 1 (2022): Volume 6, Nomor 1, Januari 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (82.758 KB) | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i1.463

Abstract

Pandemi yang saat ini terjadi menyebabkan terjadinya penurunan kompetensi siswa. Penurunan dapat dilihat dari ranah kognitif siswa yaitu kompetensi numerasi. Permasalahan ini ditemukan ketika observasi awal. Oleh karena itu, perlu tindakan untuk meningkatkan kompetensi numerasi siswa salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Durian, Kalimantan Barat dengan jumlah 10 siswa. Instrument yang digunakan yaitu pilihan ganda terdiri atas 15 soal untuk mengukur kompetensi numerasi siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I nilai rata-rata 46,5 dan siklus II nilai rata-rata 75,5 dengan gain score 0,56 peresentase kenaikan sebesar 56%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT). Dapat meningkatkan kompetensi numerasi siswa kelas V di SDN 3 Durian, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Page 1 of 3 | Total Record : 25