cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
ISSN : 25985175     EISSN : 25982877     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This journal is for academics, practitioners, and educational stakeholders who want to publish and develop research results and thoughts for the progress of education.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022" : 20 Documents clear
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi CTL terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMAN 3 Kota Blitar Ericha Dwi Putri; Minto Santoso
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran yang digunakan saat ini hanya menggunakan satu metode, metode yang digunakan adalah metode ceramah atau konvensional dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru. Siswa merasa bosan dan bosan jika hanya menggunakan satu metode saja, hal ini akan mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi CTL terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMAN 3 Kota Blitar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dimana data berisi statistic (angka). Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi CTL dimana dengandibentuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pembelajaran berpusat pada siswa agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yang lebih baik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji hesteroskedasitistas, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan sebagai berikut (1) Motivasi siswa yang mengikuti pembelajaran STAD berorientasi CTL memiliki nilai signifikasi (0,045 > 0,005) ; (2) Terdapat hasil belajar yang meningkat dengan mengikuti pembelajaran STAD berorientasi CTL dengan nilai signifikansi (0,029 > 0,005).
Pendidikan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Entikong Perbatasan Kalimantan Barat Alvira Pranata
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.552

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagiamana model pembelajaran berbasis kearifan lokal di Entikong perbatasan kalimantan Barat dan bagaimana strategi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk menggali nilai-nilai yang ada diantaranya pemanfaatan media dan sumber belajar dan penciptaan atmosfir belajar yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan mewancarai guru-guru yang ada di kawasan perbatasan Kalimantan Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis kearifan lokal sangat penting diadakan untuk meningkatkan semangat dan jiwa nasionalisme kepada anak-anak di daerah perbatasan dengan melestarikan kearifan lokal yang ada di daerah dari segi pembelajaran maupun segi keterampilan yang ada pada diri siswa, karena peningkatan kualitas pendidikan di kawasan perbatasan Entikong merupakan suatu langkah penting untuk mengkokohkan sistem pertahanan nasional di beranda terdepan negara melalui pendidikan dan budaya dengan terus melestarikan kearifan lokal.
Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek Darmanun Darmanun; Mustaji Mustaji; I Wayan Arsana
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.603

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan Tahapan pengembangan penelitian ini akan mengacu pada pengembangan yang disarankan oleh Borg & Gall. Bahan ajar yang dikembangkan kemudian melalui uji kelayakan dari ahli, uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan dimana dalam implementasinya juga dilakukan revisi produk sebelum akhirnya betul-betul digunakan di lapangan. Berdasarkan hasil pengembangan diperoleh bahwa 1) Pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran bahasa Indonesia siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek telah melalui tahapan-tahapan yang telah ditentukan sebelumnya, dimana bahan ajar berupa modul melalui uji kelayakan dari ahli, pengujian perorangan, pengujian kelompok kecil dan implementasi di lapangan dimana disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki kategori cukup baik dan dapat diterapkan, dan 2) Efektifitas modul pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan terhadap siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek dapat dikategorikan sebagai bahan ajar berupa modul yang efektif yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siswa yang menerima perlakuan atau penggunaan modul pembelajaran bahasa Indonesia yang dikembangkan tersebut
Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Listrik Statis Menggunakan Four Tier Diagnostic Test Gita Safitri; Stepanus Sahala Sitompul; Hamdani Hamdani
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.579

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik di kelas XII IPA SMA Bina Utama Pontianak pada pelajaran fisika. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengidentifikasi profil kesalah pahaman peserta didik, serta melihat antara peserta didik kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah apakah terjadi perbedaan miskonsepsi. Penelitian ini berupa deskriptif jenis survey. Dengan sampel sebanyak 48 peserta didik diperoleh melalui metode pengambilan sampling jenuh. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes diagnostik 4 tingkat dengan 3 alternatif jawaban bermodel pilihan ganda disertai alasan tertutup dan telah diuji reliabilitasnya, sebesar 0,472 serta validitas isi sebesar 0,671 dan validitas bahasa sebesar 0,656. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peserta didik mengalami miskonsepsi terkait konsep listrik statis. Bentuk-bentuk miskonsepsi yang sering dilakukan peserta didik seperti: jumlah proton dan electron yang dimiliki dua buah benda yang diam berbeda, arah medan listrik selalu menjauhi sumber muatan negatif dan mendekati sumber positif, besar gaya tarik atau tolak antara dua muatan berbanding lurus dengan kuadrat jarak. Pada hasil analisis chi-square diantara kelompok tinggi, kelompok sedang, dan kelompok rendah tidak terjadi perbedaan miskonsepsi pada materi listrik statis.
Pengembangan Asesmen Pembelajaran Musikalisasi Puisi dengan Rangsang Puisi Nasionalisme Wevi Lutfitasari; Mega Puspitasari; Maulid Taembo
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.590

Abstract

Asesmen merupakan komponen penting untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Rancangan ini bertujuan untuk menyajikan contoh pengembangan instrumen asesmen dalam pembelajaran musikalisasi puisi dijenjang SMA dengan rangsang puisi nasionalisme. Asesmen yang dikembangkan dalam rancangan ini berupa asesmen proses dan hasil. Asesmen proses mengarah pada kriteria sikap dengan tiga aspek penilaian, yaitu kerjasama, bertanggung jawab, dan jujur. Asesmen hasil mengarah pada hasil unjuk kerja peserta didik yang memiliki empat aspek penilaian, yaitu kreativitas, pembacaan puisi, iringan lagu, dan ekspresi. Kata Kunci : Asesmen, Asesmen hasil, Asesmen proses
Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik pada Materi Gaya di SMA Negeri 5 Singkawang sarizan sarizan; judyanto sirait; hamdani hamdani
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.558

Abstract

Mendeskripsikan profil kemampuan multirepresentasi merupakan tujuan penelitian ini. Jenis penelitian survei yang digunakan dalam penelitian ini, melibatkan 33 peserta didik kelas X dan XI IPA SMA Negeri 5 Singkawang untuk menjawab 4 soal esai tes multirepresentasi gaya yang terdiri dari 3 jawaban yaitu menentukan gaya-gaya, menggambarkan diagram gaya serta menuliskan persamaan matematis. Hasil analisis data tingkat kemampuan multirepresentasi peserta didik tergolong sedang (56,27%). Selain itu, kemampuan tiap format representasi peserta didik adalah representasi verbal sebesar 70,65%; representasi diagram (59,55%) dan representasi matematis sebesar (38,62%).
Pengaruh Pelatihan dan Kemampuan Awal terhadap Pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi Tenaga Kependidikan di SMAN 1 dan SMKN 1 Panggul Trenggalek Setyani Setyani; Mustaji Mustaji; Suhari Suhari
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.604

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Panggul kabupaten Trenggalek, dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Instrumen yang dugunakan untuk mengumpulkan data memapauan awal dan tingkat pemahaman TIK mengunakan tes. Berdasarkan perhitungan diperoleh bahwa untuk variabel pelatihan (X1) dengan uji t nilai t hitung = 4,914 dengan nilai t tabel = 2,000 sehingga t hitung > t tabel (4,914 > 2,00), sehingga H0 ditolak yang artinya bahwa pelatihan TIK berpengaruh terhadap pemahaman tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Panggul kabupaten Trenggalek; Untuk variabel kemampuan awal (X2) diperoleh nilai t hitung = 4,339 dengan nilai t tabel = 2,000 dan t hitung > t tabel (4,339 > 2,00), sehingga H0 ditolak yang artinya bahwa kemampuan awal berpengaruh terhadap pemahaman tenaga kependidikan di SMA Negeri 1 dan SMK Negeri 1 Panggul kabupaten Trenggalek; berdasarkan nilai F hiitung lebih besar dari F tabel (315,207 > 3,10) sehingga dapat dijelaskan bahwa terdapat pengaruh dan interaksi pelatihan dan kemampuan awal terhadap pemahaman tenaga kependidikan.
Pengembangan Aplikasi Permainan Jelajah Tempat Tinggalku untuk Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar Kelas IV Nurul Hidayanti; Ida Putri Rarasati; Ervika Dewi Wahyuni
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.580

Abstract

Berdasarkan wawancara menunjukkan bahwa pembelajaran tematik guru belum memiliki kemampuan mengembangkan media berbasis komputer, masih terbatas pada video yang di unduh dari youtube, sedangkan siswa merasa jenuh dan belum sepenuhnya memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan hasil uji keterbacaan terhadap penggunaan aplikasi permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dibatasi sampai tujuh langkah yaitu (1) mencari potensi dan masalah di SDN Srengat I, SDN Kepanjenlor I, SDN Sumberdiren II, dan SDN Sidodadi II, (2) melakukan penelitian dan pengumpulan data dengan melakukan wawancara guru dan siswa kelas IV, (3) desain produk dilakukan dengan menganalisis pembelajaran serta merencanakan isi produk, (4) validasi desain dilakukan oleh 9 validator yang terdiri dari masing-masing 3 validator materi, 3 validator media, dan 3 validator bahasa, (5) revisi desain dilakukan berdasarkan saran ahli, (6) uji coba terbatas dilakukan oleh 5 guru kelas IV dan 10 siswa kelas IV, (7) revisi produk berdasarkan saran guru dan siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah angket. Hasil kelayakan dari validator ahli materi 88%, ahli media 92,70%, dan ahli bahasa 89%. Hasil angket keterbacaan guru terhadap aplikasi permainan memperoleh presentase 87,5% dan hasil angket keterbacaan siswa memperoleh presentase 94,1%.
Antropologi Representasi Sebatas Angan Rindu Fina Af’idatussofa-Upik Lestari Lestariningsih Lestariningsih; Saptono Hadi; Siti Karomah; Agus Hermawan; Redhitya Wempi Ansori
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.592

Abstract

Literary work is the result of human thought that is conveyed through the medium of language. In this case, literary works not only contain the author's ideas, but literature is a representative of a created civilization. In this study, literary works are seen based on their relationship to reality, the extent to which literary works reflect those that describe life from social reality. One form of literary work that is the result of the author's expression is poetry. This study objectively describes the imagery of poetry in poetry anthologies, in terms of the attractiveness and uniqueness of poetry.
Peningkatan Penguasaan Memahami Bacaan Bahasa Inggris Menggunakan Metode Students Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa MTs NU Slorok Kabupaten Blitar Siti Rofiah
Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual Vol 6 No 4 (2022): Volume 6, Nomor 4, Oktober 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/riset_konseptual.v6i4.563

Abstract

Peneliti melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menguasai bacaan bahasa inggris pada siswa kelas IX MTs melalui penggunaan metode pembelajaran Students Team Achievement Divisions (STAD). Dalam pelaksanaan penelitan menggunakan dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa tes kemampuan memahami bacaan dan angket motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dan motivasi siswa meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran Students Team Achievement Divisions (STAD. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran yang dapat dilihat dari hasil angket motivasi yang telah diberikan dan observasi dalam kegiatan pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 20