cover
Contact Name
Haqiqi Rafsanjani
Contact Email
rafsanjanihaqiqi@gmail.com
Phone
+6281250614657
Journal Mail Official
jurnalmasharifal-syariah@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya Jl. Sutorejo No. 59, Surabaya – Jawa Timur – Indonesia. Telp (031) 381-1966 Email: jurnalmasharifal-syariah@um-surabaya.ac.id, Website: www.um-surabaya.ac.id
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah
ISSN : 25276344     EISSN : 25805800     DOI : http://dx.doi.org/10.30651/jms.v6i3.7248
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah (e-ISSN: 2580-5800; p-ISSN: 2527-6344) is a journal that is managed by the Islamic Banking Study Program, Muhammadiyah University of Surabaya and in collaboration with professional organizations, namely Ikatan Ahli Ekonomi Islam. This journal is published three times a year (April, August and December). This journal focuses on the publication of research results and scientific articles on islamic banking, islamic finance, islamic microfinance institutions, non-bank financial institutions, islamic capital market, islamic economic and other themes related to Islamic finance.
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2022)" : 21 Documents clear
Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Jasa Pada Fintech Syariah (Studi pada Erahn.Id) Diva Syavira Permata Putri; Yayuk Sri Rahayu
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.371 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.14725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website, kualitas iklan dan kualitas social media sebagai digital marketing terhadap keputusan pembelian .Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan mengunakan rumus  Slovin sehingga jumlah sampel penelitian yang didapatkan sebanyak 270 sampel. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas website berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. variabel kualitas iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. kemudian variabel kualitas sosial media berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian nasabah Erahn.Id. 
Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah dan Musyarakah terhadap Profitabilitas (Pada Bank Panin Dubai Syariah Periode Maret 2019 - September 2020) Siti Humayah; Wirman Wirman
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.667 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12602

Abstract

This study aims to find out the influence of Mudharabah and Musyarakah on the profitability of Sharia banks projected with Return on Assets (ROA). The data used is derived from the quarterly financial statements of Bank Panin Dubai Syariah for the period March 2019-September 2020. The research method used in this study is to use multiple linear, regression, and test the classical assumption of normality test, multikoloniaritas, heteroksidasitas, and autokorolation, while proving the hypothesis of determination R2, F statistical test, and the test T statistic. The results showed that mudharabah financing variable (X1) is negative value and has no influence on ROA (Y). While musyarakah financing variable (X2) is positive value and has no influence on ROA (Y).
Analisis Putusan Majelis Tarjih Muhammadiyah tentang Dana Zakat untuk Korban Bencana Perspektif Maqashid Syariah Abdul Haris
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.614 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.15792

Abstract

AbstrakZakat sebagai ibadah yang bersifat maliyyah ijtima’iyyah, harus dikelola dengan cara yang profesional. Karena pengelolaan yang profesional akan meningkatkan peluang membaiknya pelayanan bagi masyarakat dalam menunaikan zakat sesuai dengan tuntunan agama. Apalagi zakat memiliki fungsi dan peran perwujudan kesejahteraan masyarakat dan keadilan sosial sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan hasil guna dan guna zakat. Dalam buku Fikih Zakat Kontemporer yang telah dibahas di Munas Tarjih ke-31 tahun 2020 disebutkan bahwa al-Fuqara’ adalah orang-orang yang tidak memiliki kekayaan dan penghasilan atau orang melarat yang tidak dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer/dasar (pangan, sandang, papan, kesehatan dan pendidikan). Dalam buku tersebut juga disebutkan bahwa salah satu kriteria yang relevan disebut orang fakir ialah orang yang kehilangan harta benda karena bencana. Kata Kunci: Zakat, maqashid syariah, majelis tarjih muhammadiyah
Analisis Penyebab Tunggakan Pembayaran Rekening Air pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota Helen Sartika; Kusmilawaty Kusmilawaty
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.753 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12870

Abstract

Abstrak,Tunggakan rekening air sudah menjadi trend dalam kehidupan sehari hari. Setiap bulannya tunggakan pada pelanggan terus-menerus mengalami peningkatan dan mengakibatkan proses penagihan kerumah-rumah penunggak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apa saja hal yang menyebabkan tunggakan dalam pembayaran rekening air pada PDAM Tirtanadi Cabang Medan Kota. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, dan sumber data primer yang diperoleh dari informan yaitu pada Bagian Keuangan dan para pelanggan yang menunggak dalam pembayaran air. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa banyak hal yang menyebabkan tunggakan rekening air yaitu: faktor ekonomi pada pelanggan, kepuasan pelanggan, kualitas pendistribusian air bersih, serta proses & sistem dalam pembayaran dan juga kesengajaan dalam menunda atau kurangnya rasa kesadaran yang tinggi dalam membayar rekening air. Kata Kunci: Tunggakan Rekening Air, Hal-hal yang Menyebabkan Tunggakan Rekening
Optimalisasi Pendistribusian Dana Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Asahan Fitria Intan Sri Dewi; Azhari Akmal Tarigan
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.438 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12747

Abstract

ABSTRAKZakat merupakan salah satu kewajiban bagi penganut agama Islam dan juga merupakan salah satu dari nilai instrumental yag strategis dan sangat berpengaruh terhadap prilaku yang melaksanakan zakat, implementasi rasa syukur kepada sang Khalik, dan menumpuhkembkan rasa kepedulian sosial sesame. Pengoptimalisasi adalah usaha memaksimalkan kegiatan pendistribusian hasil zakat, infaq dan sedekah yang telah terkumpul untuk dibagikan kepada yang berhak menerimanya.Menunaikan zakat adalah upaya seseorang yang bersedia membantu kaum yang lemah, membawa yang membutuhkan, mendukung dan memenuhi kewajiban seorang muslim kepada Allah SWT dalam pemenuhan tauhid dan ibadah. Zakat juga membantu tercapainya pembangunan sosial masyarakat.Metode perolehan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu obeservasi, wawancara, dan survei atau dokumentasi. Jenis studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini adalah historis (sejarah) yang berfokus pada organisasi tertentu pada titik waktu tertentu dan menegaskan bagaimana organisasi tersebut telah berkembang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  optimalisasi penghimpunan zakat mencakup segala upaya yang dilakukan untuk meningkatkan zakat sebagai sal alternatif pengembangan ekonomi umat Islam. Pentingnya ruang lingkup fungsi zakat dalam ajaran islam, dan masalah kemiskinan yang belum terselesaikan di masyarakat kuhussnya umat islam adalah motif, pendekatan dan solusi yang kredibel untuk masalah nasional.Oleh karena itu, BAZNAS Kabupaten Asahan dalam program ekonomi Asahan hendaknya menambah nominal bantuan modal kepada para UKM yang disalurkan oleh BAZNAS Asahan dalam rangka mengembangkan usaha mustahik secara signifikan dan meningkatkan kesejahteraan mustahik. Kata Kunci : Optimalisasi,  Pendistribusian, Zakat
Analisis Penggunaan E - Payment dalam Meningkatkan Minat Belanja Konsumen di Lazada Purnama Ramadani Silalahi; Azizah Mudrikah; Aula Maulida; Fadia Salsabila
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.558 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.14038

Abstract

      Sistem pembayaran ialah unsur penting dalam perekonomian paling utama buat menjamin terlaksananya bisnis pembayaran yang dicoba masyarakat tiap harinya. Dengan memakai bisnis pembayaran non kas terdapat keunggulan ataupun profit yang diserahkan bagus untuk masyarakat, Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan melakukan observasi dan  wawancara. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pengguna e-payment yang menjadi informan penelitian penulis ini menggunakan e-payment yang beragam. Dari hasil wawancara penulis menyimpulkan dengan adanya e-payment membuat masyarat memiliki minat belanja di lazada
Analisis Sistem Informasi Akuntansi dan Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Laporan Keuangan pada Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah I Medan Batrisyia Alfaini Syabri; Kusmilawaty Kusmilawaty
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.392 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12750

Abstract

ABSTRACTThe quality of financial reports is one the main factors used to show the performance of employees in a company. The purpose of this study is to determine whether accounting information systems and employess performance affect the quality of financia reports.This research uses qualitative methods by collecting theory with research result. The data collection technique used id interview. Analysis using data reduction, verification and conclusion techniques. The result of this study indicate that the accounting information system and employee performance at the Center for Competency Development of PUPR Region 1 Medan have an effect on the quality of financia reports.Keyword: Accounting Information System, Employee Performance, Quality of Financial Reports
Pengaruh Pembiayaan Murabahah dan Musyarakah terhadap Profitabilitas (Studi pada Bank BTPN Syariah Periode Juni 2019-September 2020) Yonaya Salma; Wirman Wirman
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.947 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12656

Abstract

This study aims to examine: (1) The Effect of Murabahah Financing on Profitability (ROE) (2) The Effect of Musyarakah Financing on Profitability (ROE). This study uses secondary data, the population in this study is the BTPN Syariah Bank. The data used is drived from the quarterly financial statements of BTPN Syariah Bank for the period June 2019 – September 2020. The sampling technique in this study is multiple linear, regression, and test the classical assumption of nor- mality test, multikoloniaritas, heteroksidasitas, and autokorolation, while proving the hypothesis of determination R2, F statistical test, and the test T statistic. The result show that murabahah financing variable (X1) is negative value and has no effect on ROE (Y). While musyarakah financing variable (X2) is positive value and has no effect on ROE (Y).
Analisis Implementasi Underwriting dalam Proses Klaim Asuransi Jiwa Syariah pada PT. AJS Bumiputera KPS. Medan Anjani Rizky Amelia; Rahmi Syahriza
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.025 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.12619

Abstract

This study aims to understand how the implementation of underwriting in the claim process on sharia life insurance at PT. AJS Bumiputera KPS. Medan and to understand what factors underwriters can consider in the underwriting process in the claims process at PT. AJS Bumiputera KPS. Medan. The type of research used is descriptive qualitative research. The results of the study show that in general there are four claims processes including notification of claims, proof of claim documents, investigation of claims and settlement of claims. Claims investigation is carried out if at the time of verification, irrelevant data is found. The cause of the delayed claim is the lack of documents provided by the institution on behalf of the participants to the insurance so that the claim is postponed until the file is completed at the specified time. The cause of the rejected claim is the policy status is not active, the participant is not a member, violates the principle of "utmost good faith" and others. 
Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Agen dalam Meningkatkan Penjualan Polis Asuransi Jiwa Syariah pada AJS Bumiputera Cabang Medan Devi Ramadhani; Rahmi Syahriza
Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol 7, No 3 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.151 KB) | DOI: 10.30651/jms.v7i3.15534

Abstract

AbstrackInsurancei is a companyi that hasi growni rapidly, each company also has a marketing strategyi ini offeringi products that exist in the company. The purpose of this study was to determine the agent's marketing strategy in increasing sales of sharia life insurance policies at AJS Bumiputera Medan Branch. This research uses qualitative research. Data collection techniques are carried out by conducting field research: observation, interviews and documentation. The results of the analysis of the implementation of agent marketing strategies in increasing sales of sharia life insurance policies at AJS Bumiputera Medan Branch are the agency system has a very large marketing system. Sales success is highly dependent on the performance of agents because it is from agents that in general sharia insurance products can reach prospective policyholders. In marketing this agent must also provide services in increasing sales of the Life Insurance policy where customers are satisfied with the services provided by the agent because the service provided is very good, and in increasing sales of this policy, it also gains market share, as well as profits, and also has good customer equity. Keywords: Marketing Strategy, Agent, Sales of Life Insurance Policies

Page 1 of 3 | Total Record : 21