cover
Contact Name
Misbah
Contact Email
misbah_pfis@ulm.ac.id
Phone
+628975586104
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Brigjen H. Hasan Basry Street, Mail Box 87 Building of Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin 70123
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
ISSN : 25499955     EISSN : 25499963     DOI : http://dx.doi.org/10.20527
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles from research in the field of physics education, which have not been published elsewhere. This Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika is periodically published by the Physics Education Study Program, Mathematics and Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat in collaboration with Physical Society of Indonesia (PSI) published three times a year in February, June, and October. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika publishes articles about the results of research in the field of physics education including: Learning models , Learning methods, Learning media , Assessment, Teaching materials Curriculum
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019" : 5 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Prosedural dan Hasil Belajar Dengan Metode Pemecahan Masalah Melalui Pengajaran Langsung Nur Maya Hanisa; Muhammad Arifuddin; Sarah Miriam
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.77 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i1.1028

Abstract

Keterampilan prosedural dan hasil belajar yang belum sesuai harapan.Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan prosedural dan hasil belajar siswamelalui pengajaran langsung dengan menggunakan metode pemecahan masalah. Tujuan khusus penelitian ini, yaitu mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, keterampilan prosedural, dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas menggunkan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MIPA 4 yang berjumlah 30 orang. Data diperoleh dari tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) keterlaksanaan RPP pada siklus I dan II berkategori sangat baik, 2) keterampilan prosedural pada siklus I berkategori cukup terampil dan pada siklus II berkategori terampil, dan 3) hasil belajar juga meningkat dengan persentase ketuntasan secara klasikal pada siklus I sebesar 46,67% dan pada siklus II sebesar 80%. Disimpulkan bahwa dengan menggunakan  metode pemecahan masalah melalui pengajaran langsung  keterampilan prosedural dan hasil belajar dapat meningkat.
Analisis Komparatif Miskonsepsi dan Kepercayaan Diri Siswa pada Materi Rangkaian Listrik Berdasarkan Gender Yasmine Khairunnisa
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.355 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i1.1024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan miskonsepsi dan kepercayaan diri siswa ditinjau adari gender pada materi rangkaian listrik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen online berisi 20 pertanyaan tentang rangkaian listrik diadaptasi dari EPSE. Sampel dalam penelitian ini adalah 45 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki berumur 16-17 tahun dari tiga sekolah berbeda yang diambil dengan teknik simple random sampling dengan populasi seluruh siswa dari ketiga sekolah tersebut. Data dianalisis dengan menggunakan Spearman’s Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan antara miskonsepsi siswa laki-laki dan perempuan dalam materi rangkaian listrik, 2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah.
Penerapan Model Pembelajaram 5E Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Siva Soraya; Sri Hartini; Sarah Miriam
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.106 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i1.1025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dengan  menggunakan model pembelajaran 5E (Engangement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation). Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) aktivitas dan 3) hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang meliputi perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X B Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 26 orang. Data diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu: 1) keterlaksanaan RPP pada siklus I dan II bergategori sangat baik 2) aktivitas siswa pada siklus I dan II berkategori cukup aktif, cukup aktif, aktif, dan sangat aktif 3) hasil belajar siswa pada siklus I dan II berkategori tuntas. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran 5E dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas X B Multimedia SMK Negeri 1 Banjarmasin. 
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berbasis Strategi Motivasi ARCS Dalam Setting Pengajaran Langsung Diana Lestari; Muhammad Arifuddin; Abdul Salam M
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.599 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i1.1026

Abstract

Tujuannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan. Kelayakan dari perangkat pembelajaran tersebut ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Perangkat yang dikembangkan yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), materi ajar, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP yang berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori valid, kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, dan efektivitas perangkat pembelajaran termasuk pada kategori sedang. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA fisika berbasis strategi motivasi ARCS dalam setting pengajaran langsung yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Cahaya Putri, Febriani; Zainuddin, Zainuddin; Miriam, Sarah
Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 3, No 1 (2019): FEBRUARI 2019
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.624 KB) | DOI: 10.20527/jipf.v3i1.1027

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan proses sains siswa di kelas VIII C SMP Negeri 26 Banjarmasin disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk meningkatkan keterampialn proses sains siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Tujuan khusus penelitian mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, keterampilan proses sains, dan hasil belajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Tagart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus penelitian memiliki tahapan kegiatan yang meliputi perencanaan awal, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui hasil observasi dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian dari siklus I ke siklus II yaitu: 1) Keterlaksanaan RPP pada siklus I ke siklus II dengan kategori baik menjadi sangat baik; 2) Keterampialn proses sains siswa secara keseluruhan pada siklus I dan siklus II memperoleh kriteria sangat baik; dan 3) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 41,46% yang tuntas menjadi 80,48% yang tuntas pada siklus II sehingga dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 26 Banjarmasin.

Page 1 of 1 | Total Record : 5