cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 19073011     EISSN : 25281127     DOI : -
Core Subject : Economy,
KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2020)" : 36 Documents clear
Pengaruh karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha pada UMKM fashion di kota cimahi Eka Ludiya; Aam Rachmat Maulana
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (237.397 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6528

Abstract

Untuk mempertahankan suatu bisnis tidak hanya aspek manajerial saja yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Karakteristik wirausaha merupakan faktor internal dari diri seseorang yang harus dimiliki dalam menjalankan suatu usaha. Hal ini menjadi penting karena sifat-sifat inilah yang mendasari seseorang mencari suatu ide yang membedakan usahanya dengan pesaingnya. Inovasi adalah salah satu wujud dari ide yang dimiliki oleh seorang pengusaha. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh dari karakteristik wirausaha dan inovasi yang sudah dilakukan oleh pelaku usaha fesyen di Kota Cimahi terhadap kinerja usaha. Sehingga, perlu diketahui karakteristik wirausaha dan inovasi yang baik dalam menjalankan suatu bisnis. Penelitian ini mengambil objek UMKM bidang fesyen muslim di Kota Cimahi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan menyebar kuesioner. Metode penelitian yang digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan model regresi berganda. Sehingga dapat mengetahui keterkaitan antara karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara karakteristik wirausaha dan inovasi terhadap kinerja usaha baik secara simultan maupun parsial.
Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada pt. telkom kota tomohon Nesmi Seo; Joost L. Rumampuk; Michel J J.N. Potolau
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.987 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6414

Abstract

Kinerja suatu perusahaan tergantung pada kerja karyawannya, tinggi rendahnya kinerja pekerja berkaitan erat dengan pemberian motivasi dari pimpinan kepada pekerja/karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Kota Tomohon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian ini adalah Y= 12,408+0,716X, hasil uji t sebesar 3,636 dan t tabel sebesar 2,17881 dengan nilai signifikan 0,03 < 0,05 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Kota Tomohon.
Strategy with duty drawback to help developing boost exports in central javanese Fika Ahmad; Qristin Violinda; Ika Indriasari
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.401 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6232

Abstract

This study aims to analyze the use of duty drawback by using IKM KITE facilities in the Central Java region. Qualitative research methods are used to explore in depth the questions in this study using the Atlas.ti analysis tool. Researchers conducted semi-structured interviews with providers and target duty drawback users of the KITE IKM facility. Based on the results of the interviews showed that the factors that hindered the use of KITE IKM KITE facility duty drawback were the high dependence of the IKM on distributors, the inability to meet the export period, the lack of confidence in the IKM, and the absence of synergy between related agencies. Several solutions are offered to improve the smooth use of the IKM KITE facility. This research contributes both practical and theoretical.
Peran kepuasan kerja sebagai mediasi antara kepemimpinan transformasional, stres kerja dan komitmen organisasi Sefnedi Sefnedi; Antoni Antoni; Doni Adrian Riza
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.857 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.7210

Abstract

Kepuasan kerja merupakan variabel penting dan telah mendapatkan perhatian besar baik bagi akademisi maupun praktisi. Namun, faktor-faktor penentu dan konsekuensi kepuasan kerja masih dalam perdebatan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kepuasan kerja sebagai mediasi antara kepemimpinan transformastional, stres kerja dan komitmen organisasi. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari survei yang menggunakan 127 kuesioner di biro organisasi sekretariat daerah, Sumatera Barat yang menghasilkan sampel sebanyak 104 responden. Hasil analisis mengungkapkan bahwa kepemimpinan transformasional dan stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasi. Selain itu, kepuasan kerja juga ditemukan memiliki efek positif terhadap komitmen organisasi. Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa kepuasan kerja memediasi hubungan antara kepemimpinan transformasional, stres kerja dan komitmen organisasi.
Analisis penyebab kemiskinan petani sektor perkebunan rakyat di provinsi aceh, berdasarkan faktor individu dan rumah tangga Ridha Mutia
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.914 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6517

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor individu dan rumah tangga dalam mempengaruhi tingkat kemiskinan petani yang bekerja pada sektor perkebunan di Provinsi Aceh dengan menggunakan data Survei Pendapatan Petani (SPP) Tahun 2013. Survei ini merupakan survei lanjutan dari Sensus Pertanian Tahun 2013 yang dilakukan setiap sepuluh tahun sekali. Sampel yang dipilih sebanyak 14.890 petani yang bekerja pada sektor perkebunan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat dinyatakan bahwa petani dengan kelompok umur >25 tahun, berpendidikan ≤SD, jumlah anggota rumah tangga >4 orang serta Kepala Rumah Tangga (KRT) yang berjenis kelamin perempuan memiliki jumlah yang miskin lebih besar dari yang tidak miskin. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik biner diketahui bahwa umur, pendidikan, jumlah anggota rumah tangga, status kegiatan dan jenis kelamin kepala rumah tangga secara statistik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap status kemiskinan petani pada sektor perkebunan di Aceh. Petani sektor perkebunan yang berumur 45-64 tahun, berpendidikan tinggi, berjumlah anggota rumah tangga sedikit, berstatus usaha sendiri, mempunyai KRT berjenis kelamin laki-laki memiliki kecenderungan lebih kecil untuk menjadi miskin. 
Pengaruh kinerja galangan terhadap delivery time pembangunan kri di pt pal indonesia (persero) Rudi Purwanto; Ferdy Hendarto. S
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.819 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6271

Abstract

PT PAL Indonesia (Persero) merupakan BUMN yang ditunjuk menjadi Lead Integrator dalam melaksanakan pengadaan alat utama sistem senjata (Alutsista) KRI bagi TNI Angkatan Laut. Artinya galangan ini dipercaya menjadi pemandu utama untuk menghasilkan alat utama sistem senjata dan/atau mengintegrasikan semua komponen utama, komponen dan bahan baku menjadi alat utama. Saat ini PT PAL menjadi galangan kapal yang paling banyak bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dalam melaksanakan pembangunan KRI dalam berbagai jenis. Dengan fasilitas, kemampuan dan kinerja yang ada PT PAL menampilkan performa penyerahan pekerjaan pembangunan kapal (delivery time) dengan tingkat ketepatan waktu mencapai 80%. Penelitian ini menganalisis pengaruh kinerja PT PAL terhadap performa pencapaian penyerahan pekerjaan pembangunan KRI bagi TNI Angkatan Laut. Hasil penelitian kuantitatif dengan regresi korelasi berganda menunjukkan bahwa kinerja PT PAL Indonesia (Persero) mampu memenuhi delivery time yang ditargetkan dan variabel kinerja dalam aspek keuangan, operasional dan SDM mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel delivery time. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 87,4% yang konsisten dengan data awal mengenai tingkat ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan. Hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa aspek SDM lebih dominan daripada kinerja dalam aspek keuangan dan operasional.
Sertifikasi konstruksi tenaga kerja: antara mengikuti peraturan pemerintah dan membangun kompetensi bisnis Kadek Nita Puri Rahayu; Agus Fredy Maradona
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.193 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6256

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sertifikasi dapat membangun kompetensi bisnis atau hanya mengikuti regulasi m. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu dengan melakukan wawancara terhadap informan dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini, ditentukan dengan metode purposive sampling. Informan yang dimaksud oleh peneliti yaitu informan pertama atau informan kunci yang paling sesuai adalah Tenaga Ahli Manajemen Proyek yang telah mengikuti sertifikasi keahlian kemudian Tenaga Ahli Manajemen Proyek mengarahkan informan berikutnya adalah Tenaga Ahli K3 Konstruksi, Tenaga Ahli K3 Konstruksi kemudian mengarahkan informan berikutnya adalah Mandor yang mengawasi jalannya proyek dan Mandor mengarahkan informan selanjutnya adalah Tukang Bangunan yang dianggap mampu memberikan informasi pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi bukan hanya sekedar mengikuti regulasi dari Pemerintah tetapi mampu meningkatkan kompetensi bisnis dari para tenaga kerja. Hal tersebut dapat dikatakan oleh penulis karena sertifikasi merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kerja mereka. Oleh karena itu untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu menggali informasi lebih spesifik mengenai faktor apa saja yang menyebabkan para tenaga kerja belum mengikuti sertifikasi.
Pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan kebijakan penetapan status unit khusus dan status kepegawaian sebagai variabel moderating Suharman Suharman; Aftoni Sutanto; Abdul Choliq Hidayat
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.444 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6660

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empirik pengaruh komitmen organisasi terhadap kinerja dengan kebijakan penetapan status unit khusus dan status kepegawaian sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan didukung dengan metode kualitatif. Obyek penelitian di Universitas Gadjah Mada Press (UGM Press) dan Wisma Magister Manajemen UGM (Wisma MM UGM). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UGM Press dan Wisma MM UGM. Teknik pengambilan sampel menggunakan sensus. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dengan 4 (empat) tahap uji variabel moderasi. Hasil analisis uji tahap 1: nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, uji tahap 2: nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,926 untuk komitmen organisasi dan 0,599 untuk kebijakan penetapan status unit khusus atau diatas alpha 0,05. Uji tahap 3: nilai signifikansi pada uji t sebesar 0,076 untuk komitmen organisasi dan 0,068 untuk status kepegawaian atau diatas alpha 0,05. Uji tahap 4: nilai signifikansi pada uji t untuk variabel kebijakan penetapan status unit khusus sebesar 0,898, untuk status kepegawaian sebesar 0,148 diatas alpha 0,05.
Indikator penting dalam motivasi, kinerja karyawan, disiplin kerja, mutu pelayanan dan kepuasan kerja Ni Putu Sintya Paramita; Ida Ayu Oka Martini
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.427 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6600

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi, kinerja karyawan, disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan di UPT Puskesmas Badung dan untuk mengetahui pengaruh motiviasi, kinerja karyawan, disiplin kerja dan mutu pelayanan terhadap kepuasan kerja di UPT Puskesmas Badung. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh positif signifikan motivasi terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,421 dan nilai t statistic sebesar 4,225; 2) Pengaruh negative tidak signifikan motivasi terhadap kepuasan kerja  dengan nilai koefisien jalur sebesar -0,030 dan nilai t statistic sebesar 0,374; 3) Pengaruh positif tidak signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 dan nilai t statistic sebesar 1,741; 4) Pengaruh positif signifikan kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,302 dan nilai t statistic sebesar 2,915; 5) Pengaruh positif signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatan dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,184 dan nilai t statistic sebesar 1,741 lebih kecil dari 1,980 artinya ada pengaruh positif yang tidak signifikan disiplin kerja terhadap mutu pelayanan kesehatandi UPT Puskesmas Kuta II Badung; 6) Pengaruh disiplin kerja terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,253 dan nilai t statistic sebesar 2,716; dan 7) Pengaruh positif signifikan mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan kerja dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,417 dan nilai t statistic sebesar 2,985.
Pengaruh marketing mix produk jasa terhadap keputusan berkunjung wisata bahari jawa timur Rudi Santoso; Achmad Yanu Alif Fianto
KINERJA Vol 17, No 1 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.287 KB) | DOI: 10.29264/jkin.v17i1.6191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan berkunjung di wisata Bahari Jawa Timur. Marketing mix dalam penelitian ini menggunakan 7 (tujuh) dimensi yang terdiri atas: produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, bukti fisik. Penelitian ini berfokus kepada pengunjung wisata bahari (pantai dan wisata buatan bertema bahari) khususnya di daerah Pasuruan dan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian ini menggunakan angket untuk kepentingan survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana manajemen yang berdomisili di Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan model CFA. Model ini ini dilengkapi dengan rumus Alpha Cronbach untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil analisa menunjukkan bahwa marketing mix yang terdiri atas 7 (tujuh) dimensi yang menjadi variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh secara parsial terhadap keputusan berkunjung. Penelitian ini juga menemukan bukti bahwa ketujuh variabel yang digunakan menunjukkan pengaruh simultan dalam pengambilan keputusan berkunjung.

Page 1 of 4 | Total Record : 36