cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 19073011     EISSN : 25281127     DOI : -
Core Subject : Economy,
KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 2 (2023): Mei" : 17 Documents clear
Pengaruh pemasaran digital dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian fried chicken home delivery Rd. Roro Anggraini Soemadi
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13182

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada KFC taman palem cengkareng. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 100 pelanggan KFC taman palem. Pengumpulan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data sekunder diperoleh dari perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel digital marketing (X1) berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian (Y), Hal ini ditunjukkan dengan thitung ttabel yakni 6,9821,660. Kualitas produk (X2) berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian (Y), Hal ini ditunjukkan dengan thitung ttabel yakni 2,7371,986. Dan nilai signifikan regresi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan secara simultan variabel digital marketing (X1) dan kualitasproduk (X2) berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y) yakni fhitung ftabel sebesar 31,488 3,09. Dengan nilai persamaan regresi berganda Y = 6.818+- 0,330X1 + 0,473X2. Koefisien determinasi sebesar 62,7%, yang sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti.
Memilih karier sebagai akuntan publik: motivasi dan pengambilan keputusan oleh mahasiswa Diah Febriyanti; Pratidina Ekanesia; Asti Nur Aryanti; Deni Hamdani
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis mahasiswa terhadap minat menjadi akuntan publik. Hal ini dilakukan karena pilihan karir mahasiswa akuntansi berpengaruh terhadap pertumbuhan akuntan publik di Indonesia. Sedangkan saat ini pertumbuhan jumlah akuntan publik di indonesia jika ditinjau dari segi kuantitas bisa dikatakan tergolong rendah, masih jauh dari kebutuhan dunia usaha.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi di kota Bandung. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data primer. Data primer diperoleh melalui hasil survey pada mahasiswa program studi akuntansi di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi dan pengambilan keputusan keseluruhannya menunjukan gambaran yang positif. Untuk motivasi akan aktualisasi diri, kebutuhan akan keamanan dan kebutuhan akan memiliki menjadi tiga hal yang paling berpengaruh dalam memilih karir sebagai akuntan publik. Sedangkan untuk pengambilan keputusan ditemukan pengaruh  lingkungan keluarga, lingkungan belajar dan lingkungan teknologi memiliki hasil yang sama positifnya dalam penentuan pemilihan karir sebagai akuntan publik oleh mahasiswa.
Analisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan perbankan indonesia Novaria Handayani; Jumirin Asyikin; Sri Ernawati; Soelistijono Boedi
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh loan to deposit ratio, capital adequancy ratio, return on assets, non performing loan, beban operasional pendapatan operasional terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada Perbankan Buku III dan IV pada tahun 2019-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan data skunder di ambil melalui laporan keuangan yang diambil secara purposive sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 33 data. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa LDR, ROA dan BOPO berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, sedangkan CAR dan NPL berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan
Analisa peranan resepsionis dalam memberikan pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan Isti Prabawani; Mada Aditya
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13215

Abstract

Penelitian ini adalah Peranan Resepsionis dalam Memberikan Pelayanan pada Universitas Mulia Balikpapan. Resepsionis merupakan orang pertama pada suatu perusahaan yang dituju oleh para tamu sebelum bertemu dengan orang yang dimaksud. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Karena metode kualitatif dinilai lebih mudah dalam pelaksanaannya, dengan pendekatan langsung kepada objek yang akan diteliti. Dalam metode kualitatif ini penulis menggunakan studi wawancara, observasi dan studi kepustakaan serta trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa resepsionis Universitas Mulia Balikpapan memegang peranan sebagai pemberi informasi, penunjang kegiatan akademik, problem solver, public relation. Dan kendala yang dialami yakni penanganan administrasi pendaftaran mahasiswa yang masih kurang efektif, dan keterbatasan jumlah resepsionis yang ada di Universitas Mulia Balikpapan.
Daya saing ekspor produk kakao bernilai tambah tinggi indonesia di sembilan negara Timur Tengah Abi Revyansah Perwira
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.12476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing dan potensi ekspor produk olahan kakao dengan kode HS 1806 Indonesia di sembilan negara-negara Timur Tengah. Metode yang digunakan adalah RSCA, EPD, dan X-Model Potential Export Products pada data sekunder periode 2011–2021. Rata-rata nilai indeks RSCA menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya saing di negara Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Akan tetapi, produk olahan Indonesia tersebut kurang kompetitif di negara Arab Saudi, Iran, Kuwait, Oman, Qatar, dan Yordania. Hasil Analisis EPD mengindikasikan Indonesia berada pada posisi Rising Star pada negara Oman, Qatar, dan Yordania, posisi Lost Opportunity di negara Bahrain dan Yaman, posisi Falling Star di negara Arab Saudi, serta posisi Retreat di negara Iran, Kuwait, dan Uni Emirat Arab. Berdasarkan analisis X-Model, Indonesia masih mempunyai potensi mengembangkan pasar ekspornya di negara Bahrain, Yaman, Oman, Qatar, dan Yordania. Indikasi pengembangan pasar ekspor kurang potensial ditunjukkan di negara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. Pasar negara Iran dan Kuwait tidak menunjukkan potensi untuk dijadikan pengembangan ekspor.
Pengaruh etos kerja, lingkungan kerja dan disiplin terhadap kinerja anggota Polri kepolisian daerah Sulawesi Selatan Angly Haryansyah Dames; Baharuddin Semmaila; Baharuddin Latief
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh etos kerja, lingkungan kerja dan disiplin terhadap kinerja anggota Polri Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Populasi yang dijadikan sasaran penelitian ini adalah pihak-pihak yang terkait dengan Kinerja Anggota Polri Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan yang berjumlah 95 orang, dan seluruhnya merupakan responden dengan menggunakan model analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel, yakni: Etos Kerja, Lingkungan Kerja dan Disiplin memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan terhadap kinerja Anggota Polri Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan. Sedangkan secara parsial ditemukan bahwa faktor lingkungan kerja yang memiliki pengaruh signifikan yang paling dominan terhadap kinerja Anggota Polri Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan.
Peran etos kerja dan komitmen organisasi dalam meningkatkan kinerja karyawan Ivana Tanri Saputri; Rizky Nastiti; Muhammad Maladi; Ibrahim Daud; Antung Noor Asiah
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etos kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Tan’s Houseware di Kota Banjarmasin. Sebanyak 32 orang karyawan Tan’s Houseware dijadikan sampel penelitian kuantitatif ini. Setelah data dikumpulkan memlalui kuesioner, data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa etos kerja dan komitmen organisasi mempunyai pengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja karyawan. Hal ini berarti upaya dari perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan harus diawali dengan peningkatkan etos kerja dan komitmen organisasi karyawan. Peningkatan etos kerja dan komitmen organisasi karyawan juga ditujukan untuk meningkatkan loyalitas karyawan
Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja pelayanan di Universitas Mulia Balikpapan Sari Rahmawati; Ririn Kusumawati
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Universitas Mulia berdasarkan aspek keberwujudan (Tangibles), aspek daya tanggap (Responsiveness), aspek kehandalan (Reliability), aspek empati (Emphaty), dan aspek keyakinan (Assurance). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 di seluruh Universitas Mulia sebanyak 1950. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara propotionate stratified random samplIng. Ukuran sampel sebanyak 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan skala sikap. Teknik analisis data menggunakan uji reabilitas dan validitas distribusi frekuensi tiap aspek kepuasan. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Tangibles secara umum memiliki nilai sebesar 70%, 2) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Responsiveness secara umum memiliki nilai sebesar 69,9%, 3) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Realibility secara umum memiliki nilai sebesar 73,2%, 4) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Empathy secara umum memiliki nilai sebesar 73,2%, 5) Kepuasan Mahasiswa berdasarkan aspek Assurance secara umum memiliki nilai sebesar 72,76%.
Pengaruh Good Corporate Governance dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan - Perusahaan di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2020 Hesi Eka Puteri; Vira Husna
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.12531

Abstract

This study aims to estimate the effect of Good Corporate Governance and Leverage proxied by the board of directors, institutional ownership, audit committee and DAR on financial performance proxied by ROE. The population in this study were companies registered on the Jakarta Islamic Index for the 2016-2020 period, and the sample was taken using a purposive sampling technique, so that a total of 14 companies were determined. The data analysis technique used is the panel data regression method which is a combination of cross section and time series data using E-Views 12. Meanwhile, hypothesis testing uses the GLS model with a probability level of 5%. The findings show that partially the institutional ownership variable has a significant effect on the company's financial performance, while other variables have no significant effect on the financial performance of companies listed on the Jakarta Islamic Index for the 2016-2020 period. Good Corporate Governance and Leverage simultaneously affect the financial performance of companies listed on the Jakarta Islamic Index for the 2016-2020 period.
Analisis perilaku sticky cost biaya penjualan dan biaya administrasi dan umum Ihza Mahendra; Yana Ulfah
KINERJA Vol 20, No 2 (2023): Mei
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jkin.v20i2.13505

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mngetahui apakah ada indikasi perilaku sticky cost biaya penjualan, biaya administrasi dan umum terhadap aktivitas penjualan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari Bursa Efek Indonesia. Data penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan manufaktur pada periode 2017-2021. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 data laporan keuangan pada perusahaan manufaktur. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi liner berganda, uji kelayakan model, serta koefisien determinasi dan pengolahan data dibantu SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menemukan bahwa terjadinya perilaku sticky cost pada biaya penjualan. Ketika penjualan bersih meningkat sebesar 1 persen maka biaya penjualan meningkat 0.147 persen. Sementara pada saat menurun sebesar 1 persen, biaya penjualan hanya menurun sebesar 0,097 persen. Dalam Biaya administrasi dan umum ditemukan adanya perilaku sticky cost, biaya administrasi dan umum perubahannya tidak mengikuti penjualan bersihnya pada periode 2017-2021.

Page 1 of 2 | Total Record : 17