cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 14111713     EISSN : 2528150X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 24, No 2 (2022): April" : 25 Documents clear
Pengaruh intellectual capital, kepemilikan asing dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar di bursa efek Indonesia Muhammad Jimly Ash Shiddiqie; Maryam Nadir
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10605

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital dan kepemilikan asing serta ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor consumer goods industry yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 33 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data berupa laporan tahunan dan laporan keuangan tahunan perusahaan. Alat analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan: (1) intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan, (2) kepemilikan asing berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja keuangan, dan (3) ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan.
Pengaruh person-organization fit dan motivasi kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi Artika Dwi Puspitasari; Kusuma Chandra Kirana
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10876

Abstract

Tujuan dari penelitian agar dapat mengetahui “Pengaruh Person-Organization Fit dan Motivasi Kerja Terhadap Turnover Intention dengan Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi (Studi Karyawan PT. Green Gloves Indonesia)”. Metode yang dipakai pada penelitian yang akan dilakukan ialah kuantitatif serta diolah memakai data primer melalui kuesioner yang sudah diberikan kepada karyawan PT. Green Gloves Indonesia sejumlah 87 responden. Peneliti memakai skala pengukuran yaitu skala likert. Peneliti mengambil sampel dengan teknik random sampling. Adapun data yang didapatkan pada penelitian ini akan dianalisis memakai bantuan aplikasi SPSS versi 25. Peneliti menggunakan analisis uji validitas, reliabilitas, analisis stastistik deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, Uji f, uji t, dan uji koefisiensi determinasi, serta uji sobel. Penelitian ini menghasilkan beberapa fakta, seperti diantaranya variabel Person-Organization Fit terbukti memberikan pengaruh positif dan signifikan pada Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja berpengaruh signifikan serta positif pada Kepuasan Kerja, Person-organization Fit berpengaruh negatif terhadap Turnover Intention, Motivasi Kerja terbukti tidak mempengaruhi Turnover Intention, Kepuasan Kerja tidak berpengaruh terhadap Turnover Intention.
Pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna jasa ekspedisi j&t express yang dimoderasi oleh garansi Beryl Aleron; Nurhadi Nurhadi
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10815

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa ekspedisi JT Express dengan garansi sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa ekspedisi JT Express di Surabaya Jawa Timur. Sampel sebanyak 385 responden diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data di analisis menggunakan regresi linier berganda ”Moderasi Regresi Analisis”. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. Kualitas layanan dan kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan, 2. Garansi memoderasi pengaruh kualitas layanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan.
Studi komparatif ketimpangan antar pulau di Indonesia Ufit Panggarti; Zumaeroh Zumaeroh; Sodik Dwi Purnomo; Diah Retnowati; Bagus Adhitya
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10988

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Mengidentifikasi indeks williamson berdasarkan kepulauan di indonesia.2) menganalisis hubungan ketimpangan pembangunan terhadap kesempatan kerja, kemiskinan, Indeks Pembangunan Manusia, dan investasi berdasarkan kepulauan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di Indonesia tahun 2016-2020. Metode penelitian ini menggunakan analisis indeks williamson dan analisis  korelasi pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pulau Sumatera, Pulau Nusa Tenggara, dan Pulau Papua masuk kategori dengan ketimpangan tinggi. Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan masuk kategori ketimpangan sangat tinggi. Pulau Sulawesi masukkategori ketimpangan mendekati merata. Pulau Maluku masuk dalam kategori sangat merata. Ketimpangan pembangunan antar pulau di Indonesia memiliki hubungan yang sangat kuat dan signifikan terhadap kesempatan kerja, kemiskinan, indeks pembangunan manusia, dan investasi. Implikasi penelitian  ini adalah pemerintah pusat dan pemerintah daerah menciptakan pembangunan infrastruktur yang merata di Indonesia.
Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian Vanny Febryana Pratamasari; Eman Sulaeman
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10837

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan menjelaskan Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Bullshirt Incorporated Store . Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan verifitatif, yaitu mengetahui, menjelaskan dan menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 183 responden dengan menggunakan metode sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis skala likert dan analisis jalur dengan menggunakan alat bantu Method of Succesive internal (MSI), program komputer Microsoft Excel 2010 dan SPSS Versi 20. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran Brand Awareness dan Brand Image pada Bullshirt Incorporated Store berada pada kriteria setuju. Adapun Keputusan Pembelian  pada Bullshirt Incorporated Store berada pada kriteria setuju. Terbukti dengan adanya pengaruh positif Brand Awareness dan Brand Image terhadap  Keputusan Pembelian Bullshirt Incorporated Store.
Analisis kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan du pont system Nia Saputri; Sri Kantun; Dwi Herlindawati
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan perusahaan dengan menggunakan Du Pont System pada PT. Mayora Indah, Tbk periode 2016-2020. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan PT. Mayora Indah, Tbk periode 2016-2020 dengan menggunakan Du Pont System berada dalam kategori “Kurang Baik” karena nilai ROI yang dihasilkan berada dibawah standar yang telah ditetapkan yaitu 30% dan nilai ROE yang dihasilkan berada dibawah standar yang telah ditetapkan yaitu 40%. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kurang mampunya perusahaan dalam mengelola penjualan dan aktiva untuk menghasilkan laba bersih sehingga nilai ROI yang dihasilkan kurang baik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 10,36%. Selain itu, perusahaan juga kurang optimal dalam mengelola modal untuk mendanai aktiva sehingga nilai ROE yang dihasilkan kurang baik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 20,35%.
Analisis pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi Febri Ismatu Amrina; Wiwin Priana Primandhana
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10885

Abstract

Pembangunan ekonomi merupakan serangkaian usaha untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya suatu perekonomian dalam berbagai segi kehidupan. Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi merupakan dua elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Pertumbuhan ekonomi tentunya dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), modal, dan perkembangan teknologi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan objek penelitian pada Provinsi Jawa Timur pada tahun 2007 – 2020. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel dependen dengan variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial variabel pengguna internet dan pendidikan memiliki pengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi, sedangkan variabel investasi telekomunikasi tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan secara simultan variabel pengguna internet, investasi telekomunikasi, dan pendidikan
Pengaruh search engine optimization, dan media sosial terhadap minat beli melalui e- service quality di e-commerce pada masa pandemic covid-19 Alwi Alwi; Hendra Widyan Rahmatsyah; Nurul Hermina
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10817

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Search Engine Optimization ,Dan  Media Sosial Terhadap Minat Beli Melalui E- Service Quality Di  E-Commerce.Untuk memenuhi tujuan penelitian ini dilakukan pengumpulan data. Sampel penelitian ini adalah 100 orang di kota Bandung dengan menggunakan metode  web survey,data dianalisis dengan menggunakan pemodelan structural equation modeling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan pada Search Engine Optimization terhadap minat beli untuk di JD.ID. Media sosial juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli. , E- Service Quality juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli, E-service Quality memberikan pengaruh paling dominan terhadap  minat beli masyarakat pada E-commerce JD.ID di kota Bandung.
Pengaruh model UTAUT terhadap kinerja auditor di masa pandemi Covid-19 Ignatius Edward Riantono; Dewi Putri
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.11091

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dapat mempengaruhi kinerja auditor di masa pandemi COVID-19. Populasi dalam penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four di Jakarta, sedangkan sampel sebanyak 50 responden diperoleh dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disebar melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS) dan pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS 3 versi 3.3.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa effort expectancy berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor, namun performance expectancy, social influence, dan facilitating conditions tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor.
Pengaruh experiental marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening Henny Welsa; Putri Dwi Cahyani; Riyana Riyana
FORUM EKONOMI Vol 24, No 2 (2022): April
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jfor.v24i2.10848

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh experiental marketing dan brand image terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling purposive dimana teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiental marketing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variabel brand image berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, variabel experiental marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, variabel brand image berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen, dan variabel kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen.

Page 1 of 3 | Total Record : 25