cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02167786     EISSN : 25281097     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & October).
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2020): November" : 20 Documents clear
Faktor determinan financial distress pada perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia Sri Fitri Wahyuni; Salman Farisi; Jufrizen Jufrizen
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara parsial dan simultan Current Ratio, Debt To Equity Ratio,  Return On Equity terhadap Financial Distress pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian inilah dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI) khusus perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017 dengan mengumpulkan data laporan keuangan yang tersedia disitus resmi www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 20 perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2013-2017.  Dan yang menjadi sampel dalam penelitiaan ini berjumlah 10 dari 20 perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Current Ratio berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress. Secara parsial Debt To Equity Ratio dan Return On Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan, secara simultah hasil Current Ratio, Debt To Equity dan Return On Equity berpengaruh signifikan terhadap Financial Distress pada Perusahaan Sektor Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Ipo underpricing di bursa efek indonesia Ardhiani Fadila; Kery Utami
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7975

Abstract

Studi ini dilakukan dengan tujuan menguji fenomena underpricing emiten yang melakukan penawaran umum perdana untuk mengetahui faktor penentu underpricing IPO saham. Sampel penelitian ini diambil dari 204 emiten yang melaksanakan IPO selama periode 2010-2019. Pengujian dilakukan dengan metode analisa regresi data panel. Dengan menggunakan beberapa proxy data keuangan dan data non-keuangan, hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan IPO saham di Indonesia mengalami fenomena underpricing. Hasil studi menunjukan yaitu data keuangan; ROA (return on assets) memiliki dampak negatif dan signifikan dan financial leverage (debt to equity/DER) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap IPO underpricing. Sedangkan, data non-keuangan yaitu pengaruh variabel underwriter’s reputation memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap IPO underpricing.
Pengaruh belanja pendidikan, belanja kesehatan, dan ump terhadap ipm di indonesia tahun 2014 – 2018 Janitra Trieska Harjunadhi; Farida Rahmawati
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7272

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan pengaruh belanja pendidikan, belanja kesehatan, dan upah minimum provinsi terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di 34 Provinsi Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel, dengan model yang terpilih adalah fixed effect model (FEM). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara parsial terdapat 2 variabel yang berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di 34 Provinsi di Indonesia, yaitu belanja pendidikan dan upah minimum provinsi. Selain itu, pengaruh secara simultan terjadi pada variabel belanja pendidikan, belanja kesehatan, dan upah minimum provinsi terhadap Indeks pembangunan manusia (IPM) di 34 Provinsi Indonesia. 
Strategi kinerja layanan rumah sakit umum di samarinda Tetra Hidayati; Syarifah Hudayah
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.8343

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis kesenjangan antara kinerja dan harapan pada Rumah sakit  di samarinda. Penelitian ini menggunakan  Important performance Analysis (IPA). Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung  dari 5(lima)  rumah sakit umum yang ada di samarinda yaitu Rumah sakit dirgahayu, Rumah sakit Samarinda Medica Citra (SMC), Rumah sakit H. Darjad,  Rumah sakit Rumah sakit AW syahranie dan RS A, Muis dengan jumlah sampel sebanyak 250 orang untuk layanan rawat jalan. Kinerja layanan dianalisis dengan  SERQUAL yang menggunakan lima dimensi yaitu keandalan, keresponsifan, empati, jaminan dan bukti fisik. Hasil analisis menunjukkan bahwa  kesesuaian antara kinerja layanan  dan harapan pelanggan  rumaj sakit di samarinda adalah sebesar pelanggan dengan tingkat kesesuaian85%, kesesuaian antara kinerja dan harapan pelanggan untuk rumah sakit umum daeah sebesar 87% dan kesesuaian kinerja dan harapan pelanggan untuk rumah sakit swasta adalah 84 %.
Mengukur kinerja apbd kota surabaya analisis value for money Tito Aditya Perdana; Risanda A. Budiantoro; Febrianur Ibnu Fitroh Sukono Putra
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7320

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan pengukuran kinerja keuangan dari Pemerintah Kota Surabaya berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis value for money dengan indikator rasio ekonomi, rasio efektifitas dan rasio efisiensi. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari dokumen alokasi dan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah Kota Surabaya selama 2014-2018. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) ketiga rasio yang diujikan  menunjukkan performa yang baik.; (2) perhitungan rasio ekonomis menunjukkan performa keuangan dari Pemerintah Kota Surabaya pada kategori ekonomis, dimana hasilnya konsisten dan cenderung mengalami peningkatan pada rentang 80,71 persen – 88,21 persen; (3) perhitungan rasio efisiensi menunjukkan performa keuangan Pemerintah Kota Surabaya berada pada kategori sangat efisien, yang dibuktikan dengan rentang penilaian 110,24 persen – 119,19 persen; (4) perhitungan rasio efektivitas menunjukkan performa keuangan Pemerintah Kota Surabaya berada pada kategori efektif hingga sangat efektif, yang dibuktikan dengan rentang penilaian 89,82 persen hingga 103,51 persen
Kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pengaruh antara komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan dengan kinerja pegawai di sekretariat daerah kabupaten pasuruan Nyla Karmila; Kadarusman Kadarusman
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.8106

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung Komitmen afektif dan berkelanjutan  terhadap kinerja pegawai dan kepuasan kerja. Penelitian ini menggunaan sensus karena seluruh pegawai Sekretariat Daerah Kabuaten Pasuruan berjumlah 100 pegawai dijadikan sampel. Uji statistik menggunkan Partial Least Square (PLS). Komitmen afektif dan komitmen berkelanjutan sebagai variabel eksogen ; kepuasan kerja sebagai variabel inervening dan kinerja sebagai variabel endogen. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) komitmen afektif berpengaruh signifiikan  terhadap kepuasan kerja dan kinerja; (2) komitmen berkelanjutan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja; (3) komitmen berkelanjutan berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja; (4) kepuasan kerja sebagai mediasi berpengaruh signifiikan  terhadap komitmen afektif dengan komitmen berkelanjutan dengan kinerja. Temuan penelitian ini memberikan implikasi baik teori maupun praktik. Penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur manajemen yang ada berkaitan dengan komitmen baik afektif maupun berkelanjutan pada kinerja pegawai dan kepusan kerja. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan bahan pertimbangan bagi Sekretariat Daerah Kabupaten Pasuruan dalam meningkatkan kinerja pegawai dan kepuasan kerja pegawai, salah satunya yaitu perlunya komitmen afektif dan komitmen berkelanjuatan
Apakah compatibility dan reputasi aplikasi menjadi penentu perilaku konsumen untuk menggunakan pembayaran seluler? Femmy Effendy; Ratih Hurriyati; Disman Disman; Heny Hendrayati
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7583

Abstract

Penelitian ini menggabungkan Innovation Diffusion Theory (IDT) dan Trust Building Model Theory , variabel compatibility atau kesesuaian dan reputation atau reputasi digunakan untuk mengukur niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler yang ada di Indonesia. Hasil uji deskriptif menyatakan bahwa OVO, Go-Pay dan Dana menjadi tiga besar pilihan aplikasi para responden yang diteliti. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sample yang digunakan adalah sebanyak 143 responden yang didapatkan  dari berbagai kalangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dengan instrumen angket dan pengukuran menggunakan  skala semantic deferensial. Pendekatan analisis jalur yang diolah dengan persamaan model struktural menggunakan Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa compatibility suatu aplikasi berpengaruh signifikan terhadap niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler sedangkan reputation  dari aplikasi yang digunakan  tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan konsumen akan selalu menjadi produk yang dipilih.
Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia Irwansyah Irwansyah; Yoremia Lestari; Nurul Fauziah Adam
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.8375

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian berjumlah 13 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kemudian 12 perusahaan selama lima tahun pengamatan dipilih sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 60 data pengamatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji kelayakan model (uji F), koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap agency cost dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017. Dengan merujuk pada hasil penelitian ini, perusahaan hendaknya meningkatkan total aset perusahaan dan mengurangi pendanaan melalui hutang agar agency cost dapat berkurang karena agency cost yang rendah merupakan suatu  hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk menarik minat investor dan dianggap akan memberikan feedback yang memuaskan bagi investor.
The impact of altruism on brand attitude when moderated by religiosity: a preliminary study Dedi Muklas; Ma'ruf Ma'ruf
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.7369

Abstract

This study aims to examining the moderating role of religiosity toward causal relationship of altruism on brand attitude in grocery retailing from Muslim customers’ perspective. In this attempt, this study brought the specific context of West Sumatra as known province for religious community. This research adopted a survey approach where 110 questionnaires were obtained from selected grocery shoppers in Padang city, West Sumatra, Indonesia. The measurement of the constructs and their interrelationships were examined based on partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM). Key findings of the research had revealed that religiosity didn't has the moderation effect, notwithstanding it still exert a significant influence over favorable brand attitude. As for altruism found to has significant impact on the generation of positive brand attitude. Based on the theory, egoism has always been the attentions of studies in understanding consumer's motivation in the research of consumer behavior. This study has added sufficient evidence on the area whether other human quality, namely altruism has significances toward consumer's overarching evaluation on a brand. Particularly in regard to consumers who possess a credence on Islamic teachings, referred to as Muslim.
Diversitas dan kinerja keuangan perusahaan bisnis keluarga Basuki Toto Rahmanto; Diyan Lestari
INOVASI Vol 16, No 2 (2020): November
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jinv.v16i2.8209

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah diversitas dalam perusahaan keluarga mempengaruhi kinerja keuangan. Diversitas yang diteliti adalah diversitas proporsi direksi keluarga dengan direksi non anggota keluarga, diversitas usia direksi, dan diversitas level pendidikan direksi. Populasi penelitian adalah perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling perusahaan keluarga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017 sampai dengan 2019. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh diversitas proporsi direksi keluarga dengan direksi non anggota keluarga berpengaruh terhadap kinerja keuangan. Sedangkan diversitas usia direksi dan diversitas level pendidikan direksi tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan.    

Page 1 of 2 | Total Record : 20