cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 02856911     EISSN : 25281518     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July).
Arjuna Subject : -
Articles 36 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2020)" : 36 Documents clear
Pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja aparatur desa Tarjo, Tarjo
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7961

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja aparatur desa. Metode penelitian menggunakan crossecsional dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh perangkat aparat desa di kabupaten Bungo. Sampel dalam penelitian sebanyak 137 responden dari 150 kuesioner yang didistribusikan. Teknik pengambilan sampel dengan convinance sampling yaitu pengambilan sampel dengan cara kemudahan, dengan pertimbangan karena luasnya wilayah kabupaten Bungo, maka diambil wilayah yang lebih mudah dalam pengumpulan data. Tehnik analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda untuk uji t maupun uji f dengan sotfware SPSS versi. 20. Hasil penelitian H1: diterima pengaruh kompetensi sumber daya manusia terhadap kinerja aparatur desa nilai thitung > ttabel (4.246 > 1.977) dengan sig < 0.05. H2: diterima pengaruh pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja aparatur desa, nilai thitung > ttabel (5.479 > 1.977) dan sig < 0.05 sedangkan H3: diterima secara simultan pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kinerja aparatur desa nilai fhitung > ftabel (49.168 > 3,06) dan sig < 0.05.
Analisa dampak ekspor, impor, nilai tukar dan inflasi terhadap cadangan devisa indonesia 1990-2019 Widiyanto, Suhud; Suryono, Agus
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7482

Abstract

Salah satu alat dan sumber pembayaran yang sangat penting dalam perdagangan internasional adalah cadangan devisa. Cadangan devisa dapat menjadi indikator yang penting guna mengetahui suatu negara dalam melakukan transaksi perdagangan internasionalnya serta mengetahui lemah atau kuatnya struktur perekonomian negara. Kecil atau besarnya cadangan devisa suatu  negara dipengaruhi beberapa faktor, misalnya ekspor, impor, nilai tukar dan inflasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang didapat dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Bank Indonesia (BI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa dampak perkembangan ekspor, impor, nilai tukar dan inflasi terhadap posisi cadangan devisa baik secara bersamaan maupun terpisah selama 1990-2019. Analisa yang digunakan adalah Error Correction Model (ECM) yang diolah dengan EVIEWS10. Hasil penelitian diperoleh bahwa secara bersama perkembangan ekspor, impor, nilai tukar dan inflasi signifikan berpengaruh terhadap cadangan devisa, tetapi secara terpisah ekspor berdampak signifikan positif terhadap cadangan devisa sedangkan impor, nilai tukar dan inflasi berdampak signifikan negatif terhadap cadangan devisa. Nilai R-squared sebesar 94,94 persen menunjukkan bahwa semua variabel berpengaruh terhadap cadangan devisa dan sisanya sebesar 5,06 persen dipengaruhi oleh variabel-variabel lain diluar model.
Kinerja tugas pada rumah sakit Agustina, Lia; Sari, Rahmi Hamda; Sefnedi, Sefnedi; Zaitul, Zaitul; Akmal, Akmal
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7713

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah untuk memahami siklus emosional hubungan karyawan danpelanggan menggunakan model interaksi sosial. Survei dilakukan dengan kuesioner yang dibagikankepada 54 karyawan Rumah Sakit Siti Rahmah.Studi ini menemukan bahwa orientasi dan emosikaryawan layanan sangat penting untuk memprediksi tampilan emosi dan kinerja tugas pelanggan.Melalui penelitian, untuk mengatasi karyawan yang emosional, penelitian ini menunjukkan bahwajawaban dapat terletak pada hubungan antara hasil bisnis dan emosi positif karyawan. Manajer harusmenciptakan lingkungan yang baik bagi karyawauntuk bekerja dalam suasana yang menyenangkan.Kontribusi penting dari penelitian ini adalah yang memberikan dukungan empiris awal untuk modelinteraksi sosial dalam pengaturan layanan karyawan dan pelanggan di bidang rumah sakit. Studi inimenemukan bahwa orientasi dan emosi karyawanpadalayanan sangat penting untuk memprediksitampilan emosi dan kinerja tugaskaryawan. Selain itu, emosi karyawan memiliki hubungan positifdengan suasana hati karyawan, dan suasana hati karyawan memiliki hubungan positif dengan tampilanemosi pelanggan, tetapi emosi karyawan memiliki hubungan signifikan positif dengan tampilanpelanggan. Tampilan emosi pelanggan memiliki hubungan positif dansignifikan dengan kinerja tugas.
Pengaruh kolektibilitas kredit (npl) terhadap peningkatan laba Mulyanto, Imam; Huda, Nurul
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kolektibilitas kredit (NPL) dan peningkatan laba pada Bank BPR NTB BIMA Kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah data laporan keuangan Neraca selama 8 tahun (2010-2018) dan sampel penelitian selama 5 tahun dengan sampling yang digunakan yaitu Purposive sampling. Metode Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang terdiri dari data sekunder. Proses pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis menggunakan uji t-statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa kolektibilitas kredit (NPL) tidak berpengaruh terhadap peningkatan laba pada Bank BPR NTB BIMA.
Analisis pengaruh kepemimpinan dan disiplin serta kompetensi terhadap kepuasan kerja pegawai dan komitmen organisasional Ramadhan, Rahmat; Pongtuluran, Yonathan; Wahyuni, Sri
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.8035

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Membuktikan dan menganalisis apakah variabel kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, apakah variabel kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional, apakah variabel disiplin berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, apakah variabel disiplin berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pegawai, apakah variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai, apakah variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pegawai, apakah variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasional pegawai Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur. Dalam rangka menguji analisis hipotesis penulis menggunakan alat analisis Struktural Equation Modelling dengan SmartPLS. Responden penelitian ini adalah pegawai Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur dengan jumlah sampel sebanyak 59 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, Disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, Kepemimpinan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap komitmen organisasional, Disiplin kerja berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap komitmen organisasional, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional, Kepuasan kerja berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap komitmen organisasional pegawai pada Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Timur.
Menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat generasi millennial menggunakan e-money Fatonah, Fani; Hendratmoko, Christiawan
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh fitur layanan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan kepercayaan terhadap minat menggunakan E-Money di Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini didapat dengan penyebaran kuesioner online kepada 100 responden yaitu generasi millennial di Kabupaten Klaten yang berminat menggunakan E-Money. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda yang didahului dengan uji instrumen data dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, persepsi risiko, dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dari ketiga variabel tersebut dimana nilai t hitung > t tabel, sedangkan variabel persepsi manfaat tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menggunakan E-Money, hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dimana nilai t hitung < t tabel.
Identifikasi persepsi konsumen menggunakan customer profile terhadap linkaja Firmansyah, Firmansyah; Moeliono, Nadya Novandriani Karina
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7865

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen yang merupakan pengguna aplikasi mobile payment mengenai produk LinkAja di Kota Bandung dengan menggunakan Customer Profile. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa persepsi konsumen terhadap LinkAja berdasarkan alat identifikasi Customer Profile yang terbagi menjadi tiga blok yaitu: customer jobs, customer pains dan customer gains. Pertama yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment dengan jumlah penggunaan oleh konsumennya dalam sebulan berkisar antara satu sampai 10 kali dan paling banyak digunakan oleh konsumennya untuk melakukan pembelian pulsa, dapat membuat konsumennya merasa lebih baik setelah menggunakannya dan dapat memberikan rasa puas kepada konsumennya. Kedua yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang memberikan harga yang relatif lebih murah kepada konsumennya, tidak menghabiskan banyak waktu dalam penggunaannya, mudah digunakan oleh konsumennya, jarang terjadi gangguan pada saat penggunaannya namun disamping itu masih memiliki beberapa risiko yang dikhawatirkan terjadi saat penggunaannya. Ketiga yaitu LinkAja adalah suatu aplikasi mobile payment yang disenangi konsumen karena kemudahannya, dengan fitur beli pulsa pada LinkAja adalah fitur yang paling dinikmati oleh konsumen.
Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai Irma, Ade; Yusuf, Muhammad
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7376

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerjapegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif.Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner dengan skala likert. Populasi yang digunakanyaituseluruh pegawai Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima sebanyak 47 orang pegawaidengan sampel penelitian yaitu seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) Dinas Koperasi dan UMKMKabupaten Bima sebanyak 31 orang pegawai dengan sampling yang digunakan yaitu purposivesampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) observasi, (2) kuesioner, (3) wawancaradan (4) studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, regresisederhana, korelasi sederhana, uji determinasi dan uji t (uji t dua pihak). Berdasarkan hasil penelitianmaka dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerjapegawai pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima.
Pengaruh struktur kepemilikan terhadap intellectual capital disclosure pada perusahaan property real estate Satria, Muhammad Reza; F. Defung, F. Defung; Anwar, Hairul
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.8034

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, konsentrasi kepemilikan, dan kepemilikan institusional terhadap pengungkapan modal intelektual pada perusahaan properti real estate. Data yang di ambil merupakan data sekunder, berupa laporan tahunan perusahaan properti selamat empat tahun, dari tahun 2014 hingga tahun 2017. Populasi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti real estate yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia dengan total populasi 48 perusahaan. Dengan berdasarkan teknik pengambilan sampel, purposive sampling sehingga sample yang dapat digunakan sebanyak 14 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang di dapat dari laporan tahunan yang dipublikasikan di website resmi Bursa Efek Indonesia yakni www.idx.co.id. Hasil yang didapat menunjukan bahwa (1) Kepemilikan Manajerial berdampak negatif signifikan terhadap ICD. (2) Konsentrasi Kepemilikan berdampak negatif dan tidak signifikan terhadap ICD. (3) Kepemilikan Institusional berdampak negatif dan tidak signifikan terhadap ICD.
Hubungan motivasi kerja dengan produktivitas pegawai Araffah, M. Riszky; Purnama, Ita
JURNAL MANAJEMEN Vol 12, No 2 (2020)
Publisher : Faculty of Economics and Business Mulawarman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29264/jmmn.v12i2.7518

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa hubungan antara motivasikerja dengan produktivitas kerjapegawai pada Kantor Setda KabupatenBima. Teknik analisa datayang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis Regresi Linear Sederhana, KoefisienKorelasi, Determinasi, dan Uji t.Hasil dari analisa data diperoleh persamaan regresi Y =19,891+0,607(x), persamaan tersebut menunjukkan bahwa, apabilamotivasi kerja= 0 makaproduktivitaspegawaisebesar19,891. Apabilamotivasi kerjadinaikkan sebesar 1, maka akan mempengaruhiproduktivitas pegawaisebesar 0,607. Korelasi (r) = 0,594, berarti hubungan antaramotivasi kerjadenganproduktivitas pegawaisebesar 0,594dan dikategorikan sebagai korelasisedangsesuai denganpedoman untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi. Nilai thitung=5,533dikomparasikandengan nilai ttabel pada taraf kesalahan 5% untuk uji dua pihak dengan derajat kebebasan(dk) = n–2= 58–2 = 56. Karena pada tabel distribusi t tidak ada nilai dk56, makadilakukan interpolasi dk = 40dan dk = 60 (2,021+2,000):2 = 2,0105. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa bahwa terdapathubungan yang signifikan antaramotivasi kerjadenganproduktivitas pegawaipadaKantor SetdaKabupatenBimadapat diterima sesuai dengan ketentuan pengujian hipotesisjika thitung lebih kecildari ttabel (thitung < ttabel), maka Ho diterima dan Ha ditolak. Sebaliknya jika thitung lebih besar darittabel (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Page 1 of 4 | Total Record : 36