cover
Contact Name
Susilo
Contact Email
aru_palaca@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
rantimouri@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
BIOEDUSCIENCE
ISSN : 2614154X     EISSN : 26141558     DOI : -
BIOEDUSCIENCE is an open access journal that publishes research in the field of Biology and Biosain Education such as: Applied and implemented in education and learning, Botany, Zoology, Microbiology, Ecology, Biotechnology, Molecular Biology, Genetics, Bioinformatics, Cell and Developmental Biology, Biodiversity and Bioconservation. BIOEDUSCIENCE is published by Biology Education Study Program, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia regularly in June and December. ISSN : 2614-1558; P-ISSN : 2614-154X.
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE" : 21 Documents clear
Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global Yuliani, Yuliani; Nurjhani, Mimin; Suhara, Suhara
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.961 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3141-472159

Abstract

Background: Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan berpikir bagaimana untuk berpikir. Kemmapuan tersebut merupakan salah satu sasaran pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum. Pada kenyataannya, di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, kemmapuan metakognitif siswa jarang dikembangkan padahal kemampuan metakognitif sangat penting dan dapat menunjang kemampuan akademik siswa. Metode Untuk itu, dalam penelitian ini dilaksanakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis predict-observe-explain (POE) yang diharapkan dapat menunjang pencapaian kemampuan metakognitif siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum. Siswa yang terlibat dalam penenlitian ini adalah satu kelas VII B yang dipilih secara acak. Pengukuran kemampuan metakognitif siswa dilakukan dengan menggunakan soal-soal jenis metakognitif yang dibuat oleh penulis sendiri dengan memperhatikan indikator. Pengukuran dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil: Untuk mendukung data hasil penelitian, digunakan angket yang diadopsi dari Schraw & Dennison (1994) yaitu angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang diberikan setelah perlakuan. Kesimpulan: Uji T menunjukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbasis POE.
Hubungan Pengetahuan Mikrobiologi dengan Sikap Peduli terhadap Kesehatan Pada Mahasiswa Pendidikan Biologi Rizqah, Ziyadatu; Setyaningsih, Maryanti; Mayarni, Mayarni
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.211 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/317-133162

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besar koefisien korelasi antara pengetahuan mikrobiologi dengan sikap peduli terhadap kesehatan Mahasiswa Pendidikan Biologi UHAMKA. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA pada bulan April 2016. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 6. Pendidikan Biologi UHAMKA yang telah mengikuti matakuliah mikrobiologi, dengan total populasi sebanyak 108 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah 75 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan studi korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana. Kedua variabel memiliki hubungan linier dengan Ftc < Fkk (2,33 < 2,40) sedangkan persamaan regresi y = 77,25 + 0,429x. Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh rhit > rtab (0,960 > 0,227) yang berarti hipotesis berada di daerah penolakan Ho. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan mikrobiologi dengan sikap peduli terhadap kesehatan pada mahasiswa Pendidikan Biologi UHAMKA. Pengetahuan dalam mikrobiologi yang dimiliki mahasiswa berkontribusi sebesar 92,16% terhadap kepedulian pada kesehatan.
Tetumbuhan Riparian di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Priyanti, Priyanti; Sulistianingsih, Norma; Yunita, Etyn
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.377 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3148-563060

Abstract

Abstract The Cikaret lake is one of the areas in Cibinong District, which is the most widely around 16.90 Ha. This study aimed to inventory and identify plants in the riparian area where Cikaret had undergone land conversion to residential and tourist areas. Land conversion in riparian areas would have an impact on the presence of surrounding plants that played an important role in the conservation of soil, water, and living things around them. The study used line transect method to follow the edge or riparian. Observations are made by exploring the riparian land which is limited to a distance of about 5 m away from the edge. Identification of plants is carried out directly at the observation site. Stature of various plants observed was recorded directly at the observation site. The results of the study obtained 45 species of plants belonging to 42 genera and 21 families. The most members are Euphorbiaceae with their species, namely Acalypha siamensis, Celosia argentea, Euphorbia hirta, Manihot esculenta, M. glaziovii, and Phyllantus urinaria. Other tribes consist of 1 to 5 species. The highest percentage of plant stature is occupied by herbs as much as 50%, while other plant stature is shrubs as much as 7%, shrubs as much as 9%, and trees as much as 36%. Plants that lived in the Cikariet Situ riparian area in Cibinong District, Bogor Regency are classified as weeds, agricultural crops, and invasive species.
Keanekaragaman Jenis Keong Darat di Kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna, Bogor, Jawa Barat Wijaya, Widia Andiani; Sukandar, Paskal; Meitiyani, Meitiyani
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.365 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3114-223161

Abstract

Background: Keong darat memiliki peranan yang penting dalam sebuah ekosistem tanah. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung keanekaragaman jenis keong darat di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna Puncak Bogor Jawa Barat. Metode: Purposive sampling digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan lokasi penelitian, dengan memasang transek garis dan memasang kuadrat. Lokasi penelitian yaitu hutan primer, hutan sekunder dan sekitar danau di Kawasan Taman Wisata Alam Telaga Warna (TWA). Hasil: Hasil penelitian menunjukan keaneakaragaman jenis keong darat tertinggi pada waktu malam hari dari ketiga lokasi berada di lokasi hutan primer dengan nilai H’ = 1.76, E = 0.90 dan memiliki dominansi terendah C = 0.15. Sedangkan keanekaragaman terendah berada di lokasi sekitar danau H’ = 0.55, E = 0.50 dan memiliki dominansi tertinggi C = 0.64. Keanekaragaman jenis pada waktu pagi hari yang tertinggi dari ketiga lokasi dekat danau dengan nilai H’ = 0.94, E = 0.85 dan memiliki dominansi terendah C = 0.44. Sedangkan keanekaragaman terendah di lokasi hutan sekunder dengan nilai H’= 0.52, E= 0.37 dan memiliki dominansi tertinggi C = 0.72. Kesimpulan: Pola sebaran pada waktu malam hari di ketiga lokasi memiliki pola sebaran seragam yaitu hutan primer, hutan sekunder, sedangkan dekat danau pola sebaran jenis individu acak dan pola sebaran pada pagi hari di ketiga lokasi yaitu hutan primer dan dekat danau seragam sedangkan pada hutan sekunder pola sebaran mengelompok. keanekaragaman jenis keong darat di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna tergolong sedang.
Akumulasi Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) pada Eclipta prostrata, Synedrella nodiflora, dan Tridax procumbens yang Tumbuh Liar Di Sisi Jalan Raya Bogor Rahmadina, Amara; Yuniati, Ratna; Salamah, Andi
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (580.132 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3123-323399

Abstract

Eclipta prostrata, Synedrella nodiflora, dan Tridax procumbens ditemukan tumbuh liar di sisi Jalan Raya Bogor. Penelitian dilakukan untuk mengetahui konsentrasi Pb dan Cd pada tanah, akar, dan tunas (aerial parts) E. prostrata, S. nodiflora, dan T. procumbens yang tumbuh liar di sisi Jalan Raya Bogor, serta untuk mengetahui mekanisme fitoremediasi pada ketiga tanaman tersebut sebagai kandidat fitoremediator. Analisis kandungan Pb dan Cd pada tanah dan tanaman dilakukan dengan Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Konsentrasi Pb dan Cd di tanah berkisar dari 2,72-103,38 mg/kg untuk Pb dan tidak terdeteksi hingga 0,08 mg/kg untuk Cd. Konsentrasi Pb tertinggi pada akar E. prostrata, S. nodiflora dan, T. procumbens berturut-turut 17,79 mg/kg, 14,53 mg/kg, dan 62,14 mg/kg, sedangkan pada tunas berturut-turut 4,91 mg/kg, 8,84 mg/kg, dan 6,08 mg/kg. Konsentrasi Cd tertinggi pada akar E. prostrata, S. nodiflora dan, T. procumbens berturut-turut 0,56 mg/kg, 0,23 mg/kg, dan 0,26 mg/kg, sedangkan pada tunas berturut-turut 0,29 mg/kg, 0,25 mg/kg, dan 0,45 mg/kg. Berdasarkan nilai Translocation Factor (TF), Bioconcentration Factor (BCF) dan Bioaccumulation Factor (BAF) pada ketiga tanaman tersebut, mekanisme yang cenderung digunakan E. prostrata, S. nodiflora, dan T. procumbens untuk penyerapan Pb, serta E. prostrata dan S. nodiflora untuk penyerapan Cd adalah fitostabilisasi, sedangkan  T. procumbens terhadap logam Cd berpotensi digunakan untuk fitoekstraksi
Content Representation (CoRe) Calon Guru Biologi pada Konsep Genetika Elvianasti, Mega
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.04 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3133-403375

Abstract

Content Representation (CoRe) is a method used to access the understanding of pre-service teachers about a content or material. CoRe contains a description of concepts or material that are important in teaching a particular topic. This type of research is descriptive research that aims to describe what it is, not modified or treated. The subject of this study was the 6th semester biology teacher candidate students at the Indonesian Education University who were selected using Purposive Sampling techniques. Data in the form of CoRe (Content Representation) compilation documents are analyzed in each major idea in the concept of genetics. In general, biology teacher candidates who are in the upper group research subjects, tend to have big ideas. This can be seen from how the pre-service teacher outlines the answers to each question posed in CoRe, compared to biology teacher candidates who are in the subject of the moderate and low group research.
Pengaruh CAM dengan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep Self-Regulation Siswa pada Pelajaran Biologi Haka, Nukhbatul Bidayati; Selvia, Risa
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.263 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/311-62924

Abstract

Background: Berdasarkan data pra penelitian di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, Proses belajar menggunakan model Jigsaw, Proses pembelajaran berfokus satu arah saja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment dan tehnik mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi siswa dimateri Jaringan. Metode: Quasi Experimental Design. Desain yang diterapkan adalah The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam Penelitian kelas eksperimen (XI MIA 2) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Hasil: Rerata N-gain kelas kontrol 0,47. Dikelas eksperimen didapatkan rerata N-gainnya 0,58. Uji t independent pemahaman konsep memperlihatkan  Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: Terdapat pengaruh CAM dan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi Siswa Kelas XI di Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan uji determinan pada kelas eksperimen CAM Dengan Tehnik Mnemonic berkontribusi 69% terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan pada Self Regulation berdistribusi 42,25% banyak faktor yang mempengaruhi besarnya kontribusi yang diberikan
Pengaruh Metode Demonstrasi Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa pada Materi Pemanasan Global Yuliani Yuliani; Mimin Nurjhani; Suhara Suhara
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.961 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3141-472159

Abstract

Background: Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan berpikir bagaimana untuk berpikir. Kemmapuan tersebut merupakan salah satu sasaran pembelajaran yang dituntut oleh kurikulum. Pada kenyataannya, di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung, kemmapuan metakognitif siswa jarang dikembangkan padahal kemampuan metakognitif sangat penting dan dapat menunjang kemampuan akademik siswa. Metode Untuk itu, dalam penelitian ini dilaksanakan sebuah pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi berbasis predict-observe-explain (POE) yang diharapkan dapat menunjang pencapaian kemampuan metakognitif siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum. Siswa yang terlibat dalam penenlitian ini adalah satu kelas VII B yang dipilih secara acak. Pengukuran kemampuan metakognitif siswa dilakukan dengan menggunakan soal-soal jenis metakognitif yang dibuat oleh penulis sendiri dengan memperhatikan indikator. Pengukuran dilakukan sebelum dan setelah perlakuan. Hasil: Untuk mendukung data hasil penelitian, digunakan angket yang diadopsi dari Schraw & Dennison (1994) yaitu angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI) yang diberikan setelah perlakuan. Kesimpulan: Uji T menunjukan menunjukan bahwa terdapat perbedaan rata-rata secara signifikan sebelum dan setelah perlakuan menggunakan metode demonstrasi berbasis POE.
Pengaruh CAM dengan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep Self-Regulation Siswa pada Pelajaran Biologi Nukhbatul Bidayati Haka; Risa Selvia
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.263 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/311-62924

Abstract

Background: Berdasarkan data pra penelitian di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, Proses belajar menggunakan model Jigsaw, Proses pembelajaran berfokus satu arah saja. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Concept Attainment dan tehnik mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi siswa dimateri Jaringan. Metode: Quasi Experimental Design. Desain yang diterapkan adalah The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam Penelitian kelas eksperimen (XI MIA 2) dan kelas kontrol (XI MIA 1). Hasil: Rerata N-gain kelas kontrol 0,47. Dikelas eksperimen didapatkan rerata N-gainnya 0,58. Uji t independent pemahaman konsep memperlihatkan Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan: Terdapat pengaruh CAM dan Tehnik Mnemonic terhadap Pemahaman Konsep dan Self Regulasi Siswa Kelas XI di Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Berdasarkan uji determinan pada kelas eksperimen CAM Dengan Tehnik Mnemonic berkontribusi 69% terhadap pemahaman konsep peserta didik, dan pada Self Regulation berdistribusi 42,25% banyak faktor yang mempengaruhi besarnya kontribusi yang diberikan
Tetumbuhan Riparian di Situ Cikaret, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Priyanti Priyanti; Norma Sulistianingsih; Etyn Yunita
BIOEDUSCIENCE Vol 3 No 1 (2019): BIOEDUSCIENCE
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.377 KB) | DOI: 10.29405/j.bes/3148-563060

Abstract

Background: Tetumbuhan riparian di Situ Cikaret memiliki peran sebagai penahan abrasi tanah disekitarnya, mempertahankan kualitas air didalamnya, dan tempat tinggal makhluk hidup lainnya. Namun saat ini, Situ Cikaret telah mengalami pengalihan fungsi lahan menjadi daerah wisata dan pemukiman penduduk yang akan berdampak pada keanekaragaman tetumbuhan disekelilingnya. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi, identifikasi, dan klasifikasi tetumbuhan di kawasan riparian situ Cikaret serta mengetahui manfaatnya. Metode: Penelitian menggunakan metode line transect yang sejajar dengan tepian situ atau riparian sebanyak 5 titik pengamatan dan inventarisasi tetumbuhan menggunakan jelajah. Tetumbuhan yang dijumpai langsung diidentifikasi nama ilmiah dan perawakannya di lokasi pengamatan. Jenis-jenis tumbuhan lalu diklasifikasi berdasarkan sistem APG (Angiosperm Phylogeny Group) dan pemanfaatannya. Hasil: Hasil penelitian diperoleh 45 jenis tumbuh-tumbuhan dikelompokkan ke dalam klad Monocots berjumlah 10 jenis, 10 marga, dan 5 suku sedangkan klad Eudicots terdiri atas 35 jenis, 31 marga, dan 16 suku. Suku dengan anggota terbanyak adalah Euphorbiaceae dan Poaceae berjumlah 5 jenis. Suku-suku lainnya terdiri atas 1 hingga 4 jenis. Persentase tertinggi untuk perawakan tumbuhan ditempati oleh terna sebanyak 50%, sedangkan perawakan tumbuhan lainnya adalah semak sebanyak 7%, perdu sebanyak 9%, dan pohon sebanyak 36%. Kesimpulan: Tetumbuhan memiliki manfaat sebagai tumbuhan peneduh, sumber pangan, penghias lingkungan, pakan ternak, penutup tanah, dan gulma. Anggota Euphorbiaceae dan Poaceae adalah tetumbuhan yang paling banyak hidup di kawasan riparian Situ Cikaret Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor.

Page 1 of 3 | Total Record : 21