cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology fields.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2018)" : 8 Documents clear
Produksi Ujaran Siswa Autis Albab, Suhfi
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.861 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produksi ujaran pada siswa autis di SMA Lazuardi GIS Depok. Penelitian ini berpendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi langsung mengamati aktivitas produksi ujaran siswa autis di lapangan. Selain itu, dilakukan wawancara kepada guru, teman, dan keluarga siswa autis untuk melengkapi data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa, ujaran yang dihasilkan siswa autis sudah memenuhi syarat untuk menjadi sebuah kalimat dengan terdiri atas subjek dan predikat. Selain itu, ditemukan ujaran yang tidak memiliki unsur predikat sebagai bentuk kalimat tak lengkap. Dari 59 ujaran yang berhasil dihimpun, paling banyak ditemukan adalah ujaran direktif, sebanyak 32 ujaran. Sementara ujaran representatif sebanyak 20 ujaran, dan ujaran komisif sebanyak 7 ujaran. Selain itu tidak ditemukan ujaran yang berbentuk ekspresif dan deklaratif. Secara keseluruhan, ujaran yang dihasilkan siswa autis dengan usia 18 tahun telah menjadi sebuah ujaran yang komunikatif, di mana pesan yang terkandung bisa dipahami oleh lawan bicara walaupun dengan kalimat yang tak utuh.
Tema dan Gaya Bahasa Puisi Siswa SMP: Kajian Struktural Hidayatullah, Ahmad
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (710.113 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan data tentang tema serta gaya bahasa yang terdapat dalam sejumlah puisi karya siswa kelas VIII SMP Islam Daar El Arqam Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik struktural. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, bahwa tema dalam puisi siswa kelas VIII SMP Islam Daar El Arqam meliputi tema tingkat fisik sebanyak 2 buah, tema tingkat organik sebanyak 1 buah, tema tingkat sosial sebanyak 12 buah, tema tingkat egoik sebanyak 5 buah, dan tema tingkat divine sebanyak 7 buah. Gaya bahasa dalam puisi puisi siswa kelas VIII SMP Islam Daar El Arqam yang meliputi gaya bahasa metafora sebanyak 1 buah, gaya bahasa simile sebanyak 7 buah, gaya bahasa personifikasi sebanyak 4 buah, gaya bahasa metonimi sebanyak 1 buah, gaya bahasa sinekdos sebanyak 1 buah, gaya bahasa hiperbola sebanyak 18 buah, gaya bahasa retoris sebanyak 4 buah, gaya bahasa repetisi sebanyak 8 buah, gaya bahasa paralelisme sebanyak 20 buah, dan gaya bahasa paradoks sebanyak 3 buah. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran tentang apresiasi puisi untuk siswa SMP.
Teachers’ Atttitudes toward the Use of L1 in the EFL Classroom Suhayati, Lisa
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.491 KB)

Abstract

This study aims to determine the attitudes and beliefs of teachers regarding the use of L1 in EFL (English as a foreign language) and to describe the functions for which L1 was employed by the teachers. The participants of this study were 15 EFL teachers teaching at several schools in three provinces: Banten, West Java, and Jakarta (Indonesia). To collect data, the writer conducted Likert-scale survey and semi-structured interview to two teachers. The results showed that even though there were few of them were in doubt whether the use of L1 might negatively affect students? English learning, their attitudes were positive toward the use of L1 in the English classroom. The results also indicated that the teachers employed L1 in the classrooms as a teaching tool and as part of classroom management to maximize the learning outcomes.
Alih Kode dalam Tuturan Penyiar Radio Swasta Tarmini, Wini
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (902.578 KB)

Abstract

Penelitian ini membahas  alih kode tuturan penyiar radio swasta.  Tujuan penelitian  mendeskripsikan bentuk alih kode yang terjadi dalam tuturan penyiar radio swasta beserta penyebab yang melatarbelakanginya. Penelitian ini  menggunakan desain deskriptif kualitatif.  Sumber data dalam penelitian ini adalah tuturan penyiar radio swasta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peristiwa alih kode yang terjadi dalam tuturan penyiar radio swasta terdiri atas tiga jenis alih kode yang ditemukan yaitu jenis tag switching, intrasentential switching, dan intersentential switching Alih kode jenis tag switching disebabkan oleh beralihnya suasana, terpengaruh lawan bicara, dan perpindahan topik. Jenis alih kode intrasentential switching disebabkan oleh mengutip pembicaraan orang lain, perpindahan topik, ingin dianggap ?terpelajar?, terpengaruh lawan bicara yang beralih ke bahasa Inggris, dan menghindari adanya penggunaan bentuk kasar. Alih kode jenis intersentential switching disebabkan oleh mengutip pembicaraan orang lain, beralihnya media/sarana, ingin dianggap ?terpelajar?, terpengaruh lawan bicara yang beralih ke bahasa Inggris, perpindahan topik, dan kehadiran orang ketiga.
High Order Thinking Skills: Strategies for Raising Student’s Thinking Processes and Children’s Cognitive Development in Reading Comprehension Anggraeni, Reni
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (783.923 KB)

Abstract

This article presents various strategies for raising student?s high order thinking skills (HOTS) in reading comprehension. Basically, to be able to raise the capability of HOTS, a student is encouraged to have better thinking processes so that varied strategies to implement HOTS will work out properly and accordingly. Just like children? cognitive development, HOTS is best put into practice since early childhood. The strategies to improve the student?s critical thinking skills in reading comprehension are described thoroughly in three different ways: 1) seven strategies proposed by the National Reading Panel, 2) word reading skills proposed by Mellard et al. (2010), and 3) Vocabulary knowledge proposed by Wise et al. (2007). This article is developed based on the importance of 21st century skills proposed by National Commission on Excellence in Education, Common Core State Standards Initiative, Partnership for 21 Century Skills, and Secretary?s Commission on Achieving Necessary Skills to be included in today?s curriculum. According to the one of the organisations proposing the 21st century skills, students and young generation are demanded to be able to acquire specific soft skills pertaining to critical thinking.
Campur Kode dan Alih Kode pada Proses Belajar Mengajar Mualimah, Eka Nurul
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.757 KB)

Abstract

Penelitian ini berkenaan dengan adanya perkembangan bahasa yang terjadi pada masyarakat khususnya Mahasiswa STKIP setia Budhi Rangkasbitung yang bilingual, mengakibatkan adanya campur kode dan peralihan kode. Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini berkenaan dengan, (1) bentuk campur kode, (2) bentuk alih kode, dan (3) faktor penyebab terjadinya campur kode dan alih kode. Metode yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode yang menginterprestasikan fenomena-fenomena yang terjadi pada tuturan Mahasiswa. Hasil peneltian  menunjukan, bahwa dalam proses pembelajaran ditemukan 4 pencampuran kode dengan bentuk campur kode internal dan campur kode eksternal. Campur kode yang dilakukan Mahasiswa semester 1 dalam kegiatan belajar di temukan 11 serpihan kata. Faktor yang mempengaruhi campur kode dan alih kode yang dilakukan mahasiswa dan dosen kesulitan mencari padanan kata, kebiasaan, kesombongan, topik pembicaraan, hadirnya pihak ketiga, dan menghormati.
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Jejaring Sosial Facebook Sugiarti, Eni
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (768.136 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IXA MTs Negeri 14 Jakarta melalui media jejaring sosial facebook. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang berlangsung 2 siklus. Siklus 1 dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Siklus kedua memberikan kegiatan tambahan sebagai perbaikan perlakuan berdasarkan hasil refleksi siklus pertama. Hasil tes awal (pretes) kemampuan menulis narasi siswa rata-rata 63.4. Hasil tes akhir siklus I nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,4 menjadi 68, dari 36 siswa siklus l hanya 11 siswa yang berhasil mencapai skor 70. Tes akhir siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata siswa 74,2. Seluruh subjek penelitian sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Dengan demikian, media jejaring sosial facebook dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi siswa Kelas IXA MTs Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.
The Effect of Teaching Techniques and Learning Styles to Improve Students’ Speaking Skill Yulyani, Rani Dewi
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1029.841 KB)

Abstract

This research aims, firstly, to analyze the significant effect of role-play and discussion techniques on the students? speaking skill. Secondly, to analyze the significant difference of the students who are holistic learners with those who are sequential learners regarding their speaking skill. Thirdly, to discuss the interaction regarding the teaching techniques and learning style concerning the students? speaking skill. The objects of the research were two classes of English department students, Universitas Pamulang (UNPAM). The instruments used were the speaking test and questionnaires. The method of the data analysis was quantitative using SPSS 20. The result of the research shows, firstly, there was a significant effect of the role-play technique and discussion on the students? speaking skill. Secondly, there was no significant difference concerning the students who are holistic learners with those who are sequential learners, regarding the speaking skill. Thirdly, there was no interaction between teaching techniques and learning styles in relation with students? speaking skill.

Page 1 of 1 | Total Record : 8