cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR)
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
BIOEDUSCIENCE is a scientific journal in collaboration with the Association of Lecturer in Biology, Biology Education in Indonesia and Biology Association of Indonesia. This journal encompasses original research articles and short communications in the major of biology education and biology fields.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2022)" : 5 Documents clear
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS IV SDN MEKARWANGI 02 KABUPATEN BEKASI Siti Maesaroh
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v5i2.8612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran yaitu youtube dan media gambar serta motivasi belajar dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada siswa kelas IV SD Negeri Mekarwangi 02 Kabupaten Bekasi. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen murni. Efektifitas penggunaan media youtube dan motivasi belajar terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes. Dari analisis data X1 dan Y yang diperoleh angka kritik r product moment pada taraf signifikansi 0,05 dan N 50 diperoleh r tabel sebesar 0,297. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel 0,729 > 0,297. Ini berarti terdapat hubungan positif antara variabel X1 dan Y, karena berhasil menolak H0 dan diterima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas penggunaan media youtube terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes. Analisis data X2 dan Y diperoleh angka kritik r product moment pada taraf signifikansi 0,05 dan N = 50 diperoleh r tabel sebesar 0,297. Dengan demikian r hitung lebih besar dari r tabel 0,782 > 0,297. Ini berarti terdapat hubungan positif antara variabel X2 dan Y, karena berhasil menolak H0 dan diterima H1. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas motivasi belajar terhadap kemampuan menyimak cerita melalui hasil tes akhir atau postes.
TEKS IKLAN DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VIII SMP KURIKULUM 2013 : ANALISIS KESESUAIAN SERTA KETIDAKSESUAIAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN Arlin Nur Apriyatin
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v5i2.8901

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis mengenai kesesuaian dan ketidaksesuaian struktur maupun kaidah kebahasaan teks iklan yang terdapat dalam buku teks BSE Bahasa Indonesia kelas VIII SMP dengan standar kompetensi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis konten deskriptif, yaitu dengan menganalisis serta mengkaji kesesuaian teks iklan dengan struktur dan kaidah bahasa yang tepat. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan teks iklan yang terdapat pada materi teks iklan dalam buku sekolah elektronik bahasa Indonesia SMP kelas VIII. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa tingkat kesesuaian struktur teks iklan yaitu pada pengenalan produk sebesar 88%, pernyataan perusatif 68%, slogan 64%, gambar – gambar produk 72%, nama dan logo perusahaan sebesar 68%. Sedangkan pada kaidah kebahasan bagian persuasif 72%, imperatif 48%, berirama 8%, berkesan positif 76%, ringkas 84%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk mengetahui mengenai tingkat kualitas kesesuaian struktur dan kaidah kebahasaan teks iklan yang terdapat dalam BSE Bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013.
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 229 JAKARTA Gita Rosi Wulandari
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v5i2.8902

Abstract

Kurikulum 2013 yang dicanangkan pemerintah mengandung nilai karakter yang harus dipenuhi. Nilai karakter ini bukan hanya terdapat dalam dua pelajaran seperti Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan saja, tapi juga di semua pelajaran terutama Bahasa Indonesia. Namun, kenyataannya saat ini sungguh memperihatinkan dengan karakter para remaja. Hal ini terbukti dengan meningkatnya kasus kriminalitas dikalangan pelajar. Oleh sebab itu, pemerintah memasukkan nilai karakter di semua pelajaran. fokus dalam penelitian ini nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan subfokus terbagi menjadi implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP Bahasa Indonesia, proses pembelajaran Bahasa Indonesia, serta instrumen evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam RPP Bahasa Indonesia, proses pembelajaran Bahasa Indonesia, dan instrumen evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) guru sudah mulai menerapkan nilai pendidikan karakter yang dituangkan secara tersirat di dalam RPP, (2) untuk proses pembelajaran pun guru dapat menerapkan nilai pendidikan karakter meskipun terdapat penyesuaian langkah pembelajaran di saat pandemi dari RPP yang sudah dibuat, (3) untuk instrumen evaluasi yang dibuat guru sudah mulai terlihat nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam soal-soal yang dibuat namun masih kurang bervariasi.
KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DAN PERAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS SISWA KELAS V MI AL-ISLAMIYAH DEPOK Lisa Fauziyah
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v5i2.8903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok. (2) untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa. (3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas V MI Al-islamiyah Depok. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V A dan B yang berjumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis korelasi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan kemampuan membaca kritis, di mana sebesar 0,610, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana sebesar 0,708, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan peran orang tua dengan kemampuan membaca kritis siswa, di mana sebesar 0,783, sedangkan dengan N= 39 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,316.
STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN TEKS TANGGAPAN DALAM BUKU TEKS WAHANA PENGETAHUAN BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX Miftahunnajah
Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Vol 5 No 2 (2022)
Publisher : Department of Indonesian Language Education, Graduate School, University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/jollar.v5i2.8904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan ketidak sesuaian struktur dan kaidah kebahasaan teks tanggapan yang ada didalam buku teks wahana pengetahuan Bahasa Indonesia SMP kelas IX kurikulum 2013.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi, penelitian kualitatif yaitu yang mengkhususkan keakuratan data yang diperoleh bukan hanya banyak data yang didapat. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian yang difokuskan pada teks tanggapan dalam buku teks wahana pengetahuan Bahasa Indonesia SMP kelas IX kurikulum 2013, diperoleh 6 teks tanggapan dan Kesesuaian struktur teks yang ditemukan dengan presentase terkait 3 bagian Struktur tanggapan yang terdiri dari evaluasi 100%, deskriptif 100% dan penegasan ulang 66%. Sedangkan ketidak sesuaian yang ditemukan hanya ada pada bagian struktur penegasan ulang dengan presentase 34%. Selanjutnya Kesesuaian kaidah kebahasaan yang ditemukan yaitu dengan presentase terkait 4 bagian kaidah kebahasaan yang ada dalam teks tanggapan meliputi kalimat kompleks 100%, konjungsi 100%, kata rujukan 66% dan juga pilihan kata 100%.Dengan ketidak sesuaian yang ditemukan hanya ada pada bagian kata rujukan yang presentase sebesar 34%.

Page 1 of 1 | Total Record : 5