cover
Contact Name
Susilo
Contact Email
neo.meld@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalsolma@uhamka.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal SOLMA
ISSN : 2252584x     EISSN : 26141531     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dari berbagai disiplin ilmu. Jurnal SOLMA dikelola dan diterbitkan oleh LPPM UHAMKA.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 3 (2021)" : 26 Documents clear
Psikoedukasi Kader Jiwa: MELADENI Gangguan Jiwa di Masyarakat Dusun Jogonalan Kidul, Desa Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul Ririn Nur Abdiah Bahar; Martaria Rizky Rinaldi
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.5462

Abstract

Gangguan jiwa di masyarakat Dusun Jogonalan Kidul, Desa Tirtonirmolo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta terus mengalami peningkatan. Kurangnya pengetahuan kader jiwa terhadap pengenalan gejala gangguan jiwa dan cara mendeteksi dini gangguan jiwa tersebut menyebabkan semakin tingginya angka gangguan jiwa di masyarakat yang tidak terdeteksi. Melalui Psikoedukasi MELADENI kepada kader jiwa, diharapkan kader jiwa dapat meningkatkan peran dan fungsinya terkait mengenali gejala gangguan jiwa serta mampu meningkatkan kemampuan untuk dapat mendeteksi lebih dini gangguan jiwa yang ada di masyarakat. Hasil dari intervensi ini menunjukkan bahwa sebagian besar kader jiwa memahami pentingnya kesehatan jiwa, mampu membedakan setiap gangguan jiwa, serta mampu meningkatkan peran dan fungsinya sebagai kader jiwa.
Gadgets: Positives and Negatives for Millennials Muhaiminah Akib; Hasanudin Hasanudin; Rezkiah Hartanti
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.5606

Abstract

Background: Artikel ini merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk seminar dengan tema “Gawai dan Generasi Milenial untuk Siswa SMA/SMK dan SMP di Kelurahan Malagusa Distrik Aimas Kabupaten Sorong” yang bertujuan untuk menciptakan generasi bijak dalam penggunana gawai dan mampu menciptakan peluang-peluang baru. Metode: Teknik yang digunakan untuk mendukung keberhasilan program yaitu ceramah dan diskusi grup. Pendekatan ini dipilih untuk memberikan pemahaman mengenai dampak penggunaan gawai dan mengidentifikasi permasalahan siswa ketika proses tanya jawab kemudian mencoba memberikan solusi. Hasil: Adapun hasil kegiatan pelaksanaan seminar kepada siswa-siswa SMP dan SMA/SMK di lingkungan kelurahan Malagusa menghasilkan beberapa poin yang menjadi indikator capaian pada aspek pengetahuan yang diharapkan pemateri pada saat sebelum dan sesudah melakukan penyuluhan, diantaranya: (1) Pengetahuan Dampak Positif; (2) Pengetahuan Dampak Negatif; (3) Pengendalian Diri Penggunaan Gawai, terlihat terdapat peningkatan signifikan pemahaman 50% lebih terhadap materi yang diberikan tim. Kesimpulan: serta pentingnya kesinambungan kegiatan serupa yang lebih besar sehingga pengoptimalan penggunaan gawai dalam membantu kegiatan belajar-mengajar siswa akan lebih efektif.
Pemberdayaan Masyarakat Desa Karangsong dalam Pemanfaatan Ikan Tongkol dan Limbah Kulit Udang Lesy Luzyawati; Idah Hamidah
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.6464

Abstract

Besarnya potensi sumber daya alam ini tidak diimbangi dengan pemanfaatan yang optimal oleh masyarakat lokal yang ditandai dengan rendahnya nilai jual produk olahan perikanan non ekonomi. Hal ini disebabkan rendahnya pengetahuan masyarakat lokal dalam meningkatkan nilai jual dari produk perikanan. Selain itu, jumlah limbah udang yang tinggi merupakan masalah yang perlu di carikan upaya pemanfaatannya yang bernilai jual. Oleh sebab itu perlu diadakannya penyampaian edukasi kepada masyarakat di Desa Karangsong mengenai pentingnya pemanfaatan ikan tongkol menjadi sosis ikan dan mengolah kepala, kulit, ekor udang sebagai bahan penyedap masakan untuk meningkatkan nilai ekonomi. Metode yang dilakukan adalah pendidikan masyarakat berupa sosialisasi pemanfaatan ikan tongkol dan kulit serta kepala udang. Sosialisasi pemnfaatan ikan tongkol dan kulit serta kepala udang diolah menjadi olahan makanan dan penyedap rasa. Sosialisasi ini dilakukan di Desa Karangsong Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan dapat disimpulkam bahwa masayarat menjadi memiliki pemahaman cara pemanfaatan asil periksnsn nonekonomis menjadi memiliki nilai ekonomi, dan masyarakat dapat memahami pengelolaan limbah udah menjadi produk yang bernilai ekonomi.
Development of Management and Legality of Processed Business "Sambal Kacang" Typical of Kediri Novie Astuti Setianingsih; Wiwiek Kusumaning Asmoro; Hadi Rahmad
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.6950

Abstract

Background: Permasalahan dalam produk yang telah dikemas adalah tidak adanya desain dan nama merk, serta tidak terdaftar ke dalam P-IRT yang menyulitkan mitra dalam mengembangkan pemasarannya melalui e-commerce. Selama ini Bu Erni Novitawati sebagai owner Sambal Kacang E Novita tidak pernah melakukan pencatatan pembelian dan penjualan sehingga tidak bisa mengetahui berapa keuntungan penjualan dari sambal kacang. Tujuan dari PKM ini adalah untuk meningkatkan manajemen dan legalitas usaha olahan sambal kacang khas Kediri. Metode: Mitra dalam PKM ini adalah UMKM Sambal Kacang E Novita khas Kediri. Metode yang digunakan adalah survey, pendampingan desain dan nama merk, serta pendaftaran P-IRT sebagai bentuk legalitas produk, pemasaran berbasis e-commerce (whatsapp, facebook dan instagram) dan pencatatan laporan keuangan sederhana. Hasil: Pendampingan desain dan nama merk, serta pendaftaran P-IRT sebagai bentuk legalitas produk, pemasaran berbasis e-commerce (whatsapp, facebook dan instagram) dan pencatatan laporan keuangan sederhana sehingga dapat mengetahui peningkatan penjualannya. Kesimpulan: UMKM Sambal Kacang E Novita mengalami peningkatan manajemen dan legalitas.
Manajemen Edukasi Preventif dan Penatalaksanaan Covid-19 Berbasis Home Learning System Pada Remaja Nian Afrian Nuari; Didit Damayanti; Sony Susanto
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7204

Abstract

Background: The high number of Novel Coronavirus Diseases (Covid-19) cases in Indonesia has caused the public to need proper education regarding the prevention and management of Covid-19, especially teenagers. Teenagers are part of the community who need to know about Covid management to maintain healthy living behaviours. This preventive management education using the home learning system method is very suitable for use during the pandemic. The purpose of this community service was to increase the knowledge and skills of adolescents in taking preventive measures and the management of Covid-19. Methods: This activity includes two stages of providing education and demonstration using online media. Results: Based on the post-test results, it was found that almost all teenagers had scores of knowledge scores at 8-10 intervals after a preventive education and Covid-19 management based on a home learning system. The results of the skills indicator show that almost all teenagers can knowledge again with a score of 8-10. Conclusion: The application of the Home Learning System is very suitable for students to increase their knowledge and abilities in taking preventive and curative actions independently.
Strategi Manajemen Kepemimpinan Kepala Desa Melalui Pendampingan Berkelanjutan Peran SDGs Desa Dalam Peningkatan Pemberdayaan Tipologi Desa di Kawasan Pesisir Novianty Djafri; Apriyanto A. J Pauweni; Syamsu Qamar Badu
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7233

Abstract

Background: Regional development is an issue and problem that is always interesting to study in the design and strategy of sustainable development, including human development, echoed in the concept of the Millennium Development Goals or known as the MDGs, the COVID-19 pandemic period disturbed the situation from various aspects of life in the region. A special area in Sukadamai village, precisely in the coastal zone. This service aims at Sustainable Assistance through Management of the Utilization of Village SDGs in Empowering Increasing Economic Income of MSME Groups in Coastal Areas. Method: Method with lectures, discussions and hands-on practice conducted jointly by students, along with target groups, communities and government (stakeholders). Results: Empowerment of the synergy of Increasing Economic Income with villages without poverty through MSME groups in coastal areas; as well as finding the leadership management model for the Creative Village Head; MSMEs/Entrepreneurship Based on SDGs. Conclusion: Getting a creative leadership model to improve the Village Head Leadership Management Strategy so that the Sustainable Assistance of the SDGs Role of Bilato Village can increase the Empowerment of Village Typology in the Coastal Area of ​​Bilato Village, Bilato District, Gorontalo Regency.
Pemanfaatan LRTMJ (Limbah Rumah Tangga Minyak Jelantah) Melalui Kepul Online di Aisyiyah Ranting Pasar VII Tembung Rahmayati; Siti Mujiatun; Maya Sari
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7257

Abstract

Background: Penggunaan minyak jelantah lebih dari dua kali tidak baik bagi kesehatan manusia, sehingga diperlukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi sisa pakai penggorengan lebih dari dua kali karena perlu diketahui bahwa ketika minyak terjadi proses oksidasi maka minyak tersebut dapat menjadi radikal bebas dan senyawa berbahaya, dimana dapat memberikan pengaruh saat di konsumsi karena memberikan dampak kepada kesehatan secara cepat maupun lambat dirasakan bagi tubuh. Tujuan PKM ini diharapkan memberikan transfer knowledge untuk tidak menggunakan minyak jelantah, tidak hanya itu saja, para peserta yaitu Ranting Aisyiyah Pasar VII Tembung diberikan pemahaman limbah minyak jelantah dapat didistribusikan kepada perusahaan start-up yaitu Kepul Online. Metode: Identifikasi permasalahan melalui wawancara kepada ibu-ibu rumah tangga agar diketahui bahwa minyak jelantah sebagai limbah dan selanjutnya memberikan edukasi kepada para peserta tentang limbah tersebut dari narasumber dengan capaian agar para peserta tidak lagi menggunakan limbah minyak jelantah, kemudian memberikan transfer knowledge kepada lingkungan para peserta dan pengumpulan limbah minyak jelantah pada Kepul Online. Hasil: Bahwa minyak jelantah dapat didistribusikan kepada Kepul Online sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan sehingga minyak jelantah bernilai ekonomis. Kesimpulan: Para peserta terbuka wawasannya karena sudah memperoleh informasi dan pemahaman dari narasumber dan diuraikan tentang pengumpulan minyak jelantah menjadi peluang bekerja sama dengan Kepul Online dalam hal pemanfaatan nilai ekonomis dari limbah minyak jelantah.
Pengembangan Budaya Organisasi Bisnis Berbasis E-Comers Di Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah Dan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Medan Baru Riyan Pradesyah; AL Bara
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7268

Abstract

The development of information technology is currently experiencing increased renewal, the renewal of information technology can make it easier for people to carry out daily activities. One of the technological developments that touch people's lives is buying and selling. At this time buying and selling touches the point of very sophisticated technology, where buying and selling which is usually done must meet face-to-face, can now be done digitally or not face-to-face. The purpose of this activity is to provide training to strengthen E-Comers-Based Business Organizations at the Muhammadiyah Youth Branch Manager and the Nasyiatul Aisyiyah Branch Manager in Medan Baru, by utilizing technology and internet networks. Partners in the service carried out were the Muhammadiyah Youth Branch Manager and the Nasyiatul Aisyiyah Medan Baru Branch Manager, while the number of participants in the activities carried out was 45 people. The method of implementing this activity is carried out through several stages, including the delivery of material on e-commerce and financing, then followed by training to register products to the market place. Based on the results of the service carried out, that there are still many who do not understand or know how to sell products in the marketplace. From the results of the service carried out, now the new Muhammadiyah and Nasyiatul Aisyiyah Medan Youth Branch Managers can register their business products in the market place, so that their products are widely known by the public, and easy to find.
Pemantapan Tes Minat Bakat Di Kecamatan Medan Johor Mawaddah Nasution
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7273

Abstract

Background: Many teenagers are confused about continuing their education to the next level. This is one of the reasons why this Community Service Activity was carried out. The number of teenagers who drop out of school and are still confused in determining their interests and talents in determining majors at school makes this service important for teenagers in the X neighbourhood of Suka Maju Village, Medan Johor District. The purpose of this Community Service is to help teenagers in the X Suka Maju Village, Medan Johor Subdistrict, in determining their level of intelligence directing their interests and talents in determining majors at school. This service collaborates with two partners, namely the head of the X neighbourhood of Suka Maju sub-district, Medan Johor sub-district and the Youth of the Assyafiiyah Mosque, with a total of 20 participants. Methods: Guide intelligence and talent interests, the relationship between intelligence and talent interests of adolescents, then carry out intelligence and talent interest tests to participants. Results: Teenagers can find out their level of intelligence and their interests and talents. Based on the findings that occurred in the field, almost all of the participants had never taken an intelligence test or an interest-aptitude test. They did not understand where their interests and talents were headed. Conclusion: Teenagers can find out their level of intelligence and the direction of their interests and talents. In addition, they can also determine the majors they will take at the next level (SMA) in school.
TQM Pelatihan TQM Sebagai Upaya Meningkatkan Standar Mutu Sekolah di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta: Pelatihan TQM Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Bunyamin; Muhammad Arifin Rahmanto
Jurnal SOLMA Vol. 10 No. 3 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA Press)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22236/solma.v10i3.7316

Abstract

Background: Kualitas manajemen dalam meningkatkan mutu sekolah tetap harus diperhatikan, baik pada situasi normal maupun new normal. TQM (Total Quality Management) adalah mekanisme formal dan dilembagakan yang memiliki tujuan untuk mencari pemecahan persoalan sehingga dapat meningkatkan mutu sekolah. Metode: Dalam rangka berupaya meningkatkan standar mutu sekolah, maka Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat UHAMKA (LPPM UHAMKA), bekerja sama dengan SMA Muhammadiyah 5 Jakarta mengadakan pelatihan TQM secara daring. Jumlah peserta dari kegiatan ini adalah 28 guru-guru dan pegawai SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Adapun metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan ceramah dan diskusi tanya jawab bersama para peserta. Hasil: Dari pelaksanaan kegiatan ini, ditemukan bahwa SMA Muhammadiyah 5 Jakarta telah menerima siswa baru melebihi target, yang mayoritas berasal dari sekolah negeri dengan nilai yang cukup tinggi, sehingga dapat dikatakan bahwa minat terhadap sekolah ini cukup tinggi karena mutunya. Kesimpulan: Kemudian, simpulan setelah diadakan kegiatan ini ialah para peserta telah mengenal TQM, dan sebelum diadakan kegiatan pun senantiasa berupaya meningkatkan mutu sekolah.

Page 1 of 3 | Total Record : 26