cover
Contact Name
Kiki Fatmawati
Contact Email
kikifatmawati86@uinjambi.ac.id
Phone
+6282281174070
Journal Mail Official
pej.pgmi.ftk@uinjambi.ac.id
Editorial Address
Jl. Jambi - Muara Bulian Km.16, Muara Jambi-Jambi Telp/Faks. (0741)583183 / 082177191704
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
(PEJ) Primary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 25982206     DOI : https://doi.org/10.30631/pej
Core Subject : Education, Social,
Naskah-naskah yang dimuat dalam jurnal ini berasal hasil penelitian maupun kajian kritis dari para peneliti maupun akademisi yang mencakup bidang pendidikan dasar/madrasah ibtidaiyah baik berupa kajian tentang kurikulum, pendekatan, strategi, metode, media ataupun teori pendidikan. Primary Education Jurnal (PEJ): Jurnal Program Studi PGMI berisi tulisan ilmiah tentang pendidikan di Madrasah atau Sekolah, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2019)" : 9 Documents clear
Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun Dan Hubungannya Dalam Konteks Pendidikan Modern mus musyaffa abdullah ali
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ibnu Khaldun adalah salah satu tokoh pendidikan Islam, ide-idenya tentang pendidikan tertuangkan dalam bukunya yang berjudul “Muqaddimah”. Pemikiran Ibnu Khaldun tentang konsep pendidikan Islam masih relevan hingga saat ini. Konsep tersebut meliputi: pengembangan sumber daya manusia, perumusan tujuan pendidikan yang idealis dan realistis, penyusunan kurikulum sesuai dengan tahap perke mbangan peserta didik, metode pengajaran yang dimulai deng an proses belajar mengajar tentang masalah yang sederhana sam pai kepada masalah yang lebih komplek serta mengedepankan pendidikan karakter atau akhlakul karimah. Seperti pendidikan saat ini Ibnu Khaldun memperingatkan bahwa dalam proses belajar hubungan interaktif antara pendidik dan siswa mu tlak dibutuhkan demi tercapainya tujuan pendidikan yang diharap kan.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POKOK PERMASALAHAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 28 DOMPU Mujiono Sang Putra
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.166 KB)

Abstract

Abstrak Keberagaman sumber belajar yang ada, tidak menjamin keberagaman sumber belajar yang digunakan. Hal ini dikarenakan melihat kenyataan yang ada bahwa penggunaan sumber belajar itu masih minim digunakan oleh guru, dengan asumsi efisiensi waktu dan materi yang disampaikan. Apabila sumber belajar dipilih secara benar dan tepat, justru akan mempermudah dan memperkaya pengetahuan siswa. Kondisi sekolah SD Negeri 28 DOMPU yang berlokasi di Desa Katua Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, di lingkungan yang sebenarnya nyaman untuk proses pembelajaran karena suasananya tenang dan siswanya juga tidak terlalu banyak jadi proses belajar mengajarnya jadi kondusif. Salah satu sumber belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran terpadu adalah modul. Modul pembelajaran terpadu dapat membantu guru membelajarkan keterpaduan IPS, selain itu juga dapat digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri. Bahan ajar berorientasi kepada kegiatan belajar siswa sehingga bahan ajar disusun berdasarkan kebutuhan dan motivasi siswa. Hal itu bertujuan agar siswa lebih antusias dan semangat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah R&D (Research and Development) dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan Model Dick & Carey. Produk yang dikembangkan adalah buku siswa beserta buku panduan guru IPS terpadu yang berorientasi integrated sosial science dengan IPS sebagai landasan pokok untuk kelas IV. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahan ajar hasil pengembangan ini dari validasi ahli memperoleh skor 73% dari guru (pengguna) diperoleh skor sebesar 84% dan dari audiens (siswa) diperoleh skor sebesar 81%. Berdasarkan penilaian kriteria kategori maka dapat dinyatakan bahwa bahan ajar hasil pengembangan mendapat penilaian kategori cukup valid. Kata kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Permasalahan Sosial.
EKSISTENSI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Sri Yulia Sari
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.92 KB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga merupakan benih akal penyusunan kematangan individu struktur kepribadian dan karakter anak usia dini. Anak usia dini mengikuti orang tua dari berbagai kebiasaan dan perilaku dengan demikian keluarga adalah elemen pendidikan lain yang paling nyata, tepat dan amat besar. Keluarga adalah salah satu elemen pokok pendidikan, menciptakan proses naturalisasi sosial, membentuk karakter dan kepribadian anak usia dini serta memberi berbagai kebiasaan baik. Keluarga sebagai tempat bernaung, merupakan wadah penempaan karakter individu anak usia dini
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KARAKTER KOTA JAMBI: KASUS PEMERINTAH DAERAH KOTA JAMBI, DINAS PENDIDIKAN KOTA JAMBI DAN SMA DI KOTA JAMBI Mahluddin Mahluddin
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.19 KB)

Abstract

Abstrak Masalah yang akan di teliti adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Kota jambi tentang pendidikan karakter di SMA di kota jambi, serta tentang implementasi kebijakan pendidikan karakter pemerintah kota jambi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang didasari oleh filsafat positivesme yang memandang setiap realitas/gejala/fenomena itu dapat diklasifikasikan, relative tetap, konkrit, teramati, terukur, dan hubungan gejala bersifat sebab akibat. Pendekatan yang yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sosiologis dengan menggunakan metode scientific.Kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah di dinas pendidikan Kota Jambi adalah kebijakan tentang pelaksanaan KTSP di setiap sekolah, ini mengikutui kebijakan pusat.Masalah kebijakan yang ditungkan pemerintah dalam KTSP yaitu masalah MUlOG, tetapi belum ada dari dinas pendidikan..Kebijakan yang dibuat oleh dinas kota yaitu permen 59 tentang lintas minat dari jurusan IPA ke jurusan IPS atau sebaliknya.Kebijakan tentang permen no 53, tentang sikap siswa sangat menentukan untuk naik kelas atau kelulusan.Kebijakan tentang kurikulum yang digunakan sekarang adalah k13.Kebijakan pemerintah dinas pendidikan kota Jambi tentang waktu isterahar selama 40 menit saja.Kebijakan dinas kota Jambi tentang jadwal ujian mulai tanggal 20-30 Mei.Kebijakan pemerintah kota menetapkan penerimaan siswa baru melalui onlene pemkot 80 % dan kepala sekolah 20%.Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kota tentang pakaian yang dipakai oleh guru setiap hari yaitu mengikuti aturan pemerintah pusat, senin selasa rabu berpakaian putih hitam kamis pakai baju batikbatik jum,at pakai baju melayu.Pemerintah melakukan kebijakan sesuai dengan peraturan pemerintah pusat tentang ujian akhir dengan menggunakan onlene.Kebijakan pemerintah dinas kota tidak boleh memungut uang dari siswa dan wali murid.
FREEABLE EDUCATION (Efforts in Contruction the Goal of Characterized) Syahran Jailani
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.841 KB)

Abstract

Abstract The education is an important instrument for human being in order to be free from foolery. The failure of the education system will affect the educational process faced by learners, the history has recorded in many countries; the involvement of a state in determining education policy did not focus on the learners, it will give birth the artificial generation and does not have quality. The education liberates and gives the learners the space is solutif offering in achieving educational excellence and intelligent character to be new Indonesia. Keyword: Freeable education, children characterized..
The Effect Of Students Motivation Toward Students Achievement Grade V At Elementary School Kecamatan Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu Riau Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.543 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to reveal the effect of learning motivation on learning outcomes in grade V elementary school District of Rambah Hilir District, Rokan Hulu Riau Regency. The hypothesis in this study, learning motivation has an effect on learning outcomes. This type of research is correlation and regression. The research method used is correlational quantitative methods. The study population was all fifth grade students of State Elementary Schools in Cluster IV in Rambah Hilir Subdistrict, Rokan Hulu Regency, totaling 207 people. 67 results were determined using thetechnique Stratified Proportional Random Sampling. The data was collected with a Likert scale model questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results of the questionnaire trial obtained by the variable X 0.859> 0.396 by comparing r count greater than r table, the variable is said to be reliable / valid. Data were analyzed by correlation and regression techniques. The results of the analysis showed that the magnitude of the influence of motivation on learning outcomes was 11.7%.
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA KULIAH BAHASA INDONESIA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK PENGUATAN KARAKTER MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN STS JAMBI Mursyid Mursyid
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan untuk produk pengembangan buku ajar mata kuliah bahasa indonesia berbasis pembelajaran kooperatif untuk penguatan karakter mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN STS JAMBI disusun kedalam bentuk buku ajar. Langkah – langkah yang dilakukan dalam penelitian ini mengikuti langkah – langkah Model Dick, Carrey & Carrey (2009) yang disederhanakan menjadi sembilan dari sepuluh langkah yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahlim angket kepraktisan dari teman sejawat dan uji kemenarikan dari mahasiswa. Dari hasil uji kelayakan produk pengembangan pada hasil uji validasi ahli mendapat skor presentase sebesar 84,62%, produk yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Uji kepraktisan berdasarkan hasil tanggapan dosen terhadap modul belajar sebesar 91 %, produk yang dikembangkan masuk dalan kategori kriteria digunakan tanpa revisi. Pada uji kepraktisan melalui tanggapan perserta didik diperoleh hasil dengan presentase rata-rata sebesar 75,16%, hasil tersebut berada pada tingkat kualifikasi layak.
Kerjasama Orang Tua dan Guru di MI Hijriyah IVPalembang Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Smartphone: Kerjasama, Orang Tua, Guru, Smartphone Tutut Handayani; Endah Permatasari; Amir Hamzah
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.275 KB)

Abstract

Abstrak Kerjasama merupakan kegiatan yang dilakukan bersama lebih dari satu orang, yang diarahkan kepada suatu target atau tujuan tertentu.Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak-anak mereka. Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Smartphone dibuat dalam upaya memudahkan manusia dalam mengelola serta mengembangkan pemikirannya melalui berbagai fitur yang disediakan. Penggunaan smartphone pada anak saat ini menjadi hal biasa. Untuk itu dibutuhkan kerjasama orang tua dan guru dalam upaya pencegahan penyalahgunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penggunaan smartphone siswa di MI Hijriyah II Palembang, bentuk kerjasama orang tua dan guru dalam upaya pencegahan penyalahgunaan smartphone serta faktor pendukung dan penghambat kerjasama orang tua dan guru di MI Hijriyah dalam upaya pencegahan penyalahgunaan smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru, dua orangtua siswa dan dua orang siswa MI Hijriyah II Palembang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan smartphone yaitu: Rata-rata siswa hampir setiap hari menggunaan smartphone ketika berada di rumah, adanya aturan dilarangnya membawa smartphone sehinggahanya0,2% yang pernah ketahuan membawa smartphone, aplikasi yang siswa antara lain: games online, youtube, whattshap, tiktok, google maupun facebook serta durasi anak ketika menggunakan smartphone lebih dari 1 jam. Bentuk kerjasama orang tua dan guru yaitu: adanya surat panggilan kepada, adanya komunikasi langsung antara guru dan orang tua, adanya pengarahan dari kepala sekolah baik itu kepada guru maupun orang tua siswa dan guru selalu memberi tahu tentang dampak negatif dari penggunaan smartphone baik dalam proses pembelajaran maupun ketika upacara bendera berlangsung, serta orang tua selalu membatasi anaknya ketika menggunakan smartphone. Faktor pendukungnya yaitu: Adanya handphone, pengetahuan orang tua tentang dampak negatif dari penggunaan smartphoneserta respon positif dari orang tua siswa. Sedangkan, faktor penghambatnya yaitu: kesibukan orang tua dalam bekerja, jarak yang cukup jauh dari sekolah ke rumah, membuat orang tua terkadang tidak bersedia datang ke sekolah. Kata Kunci: Kerjasama, Orang Tua, Guru, Smartphone Abstract Collaboration is an activity carried out with more than one person, which is directed to a specific target or goal. Parents are the main and first educators for their children. Teachers are professional educators with the main task of educating, teaching, guiding, directing, training, evaluating, and evaluating students. Smartphones are made in an effort to facilitate humans in managing and developing their thoughts through the various features provided. The use of smartphones in children is now commonplace. For this reason, cooperation between parents and teachers is needed in an effort to prevent smartphone abuse. The purpose of this study was to find out smartphone use of students at MI Hijriyah II Palembang, a form of collaboration between parents and teachers in an effort to prevent smartphone misuse as well as supporting and inhibiting factors for parent and teacher cooperation in MI Hijri in preventing smartphone abuse. This study uses a qualitative descriptive approach, with data collection techniques carried out by observation, interviews, documentation and triangulation. The subjects of this study were the deputy headmaster, teacher, two parents of students and two students of MI Hijriyah II Palembang. Based on the results of the study it can be concluded that the use of smartphones is: The average student almost every day uses a smartphone while at home, the prohibition rules bring a smartphone so that only 0.2% have ever been caught carrying smartphones, student applications include: online games, youtube, whattshap, tiktok, google or facebook and the duration of the child when using a smartphone more than 1 hour. The form of parent and teacher cooperation is: the existence of summons to, the direct communication between the teacher and parents, the direction of the principal to both the teacher and parents of students and the teacher always tells about the negative effects of smartphone use both in the learning process and when the flag ceremony takes place, and parents always limit their children when using a smartphone. The supporting factors are: The existence of cellphones, parents' knowledge about the negative effects of smartphone use and positive responses from parents of students. Meanwhile, the inhibiting factor is: busyness of the parents in work, the distance is quite far from school to home, making parents sometimes not willing to come to school. Keywords: Cooperation, parents, teachers, smartphones
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOLASE BERBASIS PEMANFAATAN DAUR ULANG SAMPAH PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MIS NURUL YAQIN SUNGAI Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; Shalahuddin Shalahuddin
PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ) Vol. 3 No. 1 (2019)
Publisher : Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (128.749 KB)

Abstract

Abstrak: Skripsi ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang berlangsung pada mata pembelajaran tematik kurang menarik, membosankan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajran dan belum dapat mengatasi kesulitan siswa belajar tematik sehingga berpengaruh terhadap kreativitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mengambil objek penelitian di sekolah MIS Nurul Yaqin Simpang Sungai Duren. Penelitian ini menggunakan desain model Jhon Elliot, Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Kolase Berbasis Pemanfaatan Daur Ulang Sampah dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di diukur dari evaluasi siklus I, dan siklus II. dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,7% dan siklus II 88,6%. Sedangkan peningkatan hasil kreativitas siswa dapat diukur dari setiap siklusnya, kreativitas siswa pada siklus I sebesar 70,8% dengan kategori ‘’Mendekati Kreatif ’’ dan kreativitas siswa pada siklus II sebesar 90,1% dengan kategori ‘’ Sangat Kreatif’’. Dengan demikian hasil penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Yaqin telah tercapai dengan baik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Kolase, Tematik, Kreativitas Belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 9