cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. tanah laut,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Sains dan Informatika
ISSN : 2460173X     EISSN : 25985841     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika" : 12 Documents clear
Studi Komparatif Penggunaan Mouse, Touchpad, Touchscreen Dalam Permainan PC Petualangan Dua Dimensi Vinza Hedi Satria; Darlis Herumurti
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.311

Abstract

Piranti penunjuk telah berkembang sangat pesat, tidak jarang diciptakan sebuah piranti penunjuk untuk keperluan tertentu seperti gamepad untuk bermain game, namun mendukung penggunaan piranti khusus merupakan pekerjaan lebih untuk pengembang game indie, oleh karena itu dibutuhkan penelitian mengenai penggunaan piranti penunjuk umum seperti mouse untuk bermain game agar dapat membantu pengembang game indie tidak hanya membutuhkan usaha minimum namun juga dapat menarik lebih banyak konsumen, namun penelitian mengenai hal tersebut jarang dilakukan, oleh karena itu dilakukan penelitian dengan total 16 partisipan yang akan diminta untuk menjalankan dua jenis tugas dalam sebuah permainan dengan menggunakan tiga perangkat berbeda, waktu dari kedua tugas dicatat untuk diolah dengan dihitung rata-rata, deviasi dan dianalisis menggunakan ANOVA dan post-hoc. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa mouse memiliki keunggulan pada tugas pertama (navigasi menu), sedangkan touchscreen memiliki keunggulan pada tugas kedua (permainan), namun dengan mempertimbangkan tingkat signifikansi post-hoc dan rata-rata yang tidak jauh berbeda pada tugas dua dimana mouse berada pada 12.57 detik lebih lambat 0.26 detik daripada touchscreen pada 12.31, sedangkan pada tugas satu perbedaan kedua perangkat jauh lebih besar yaitu 3.2 detik, maka ditarik kesimpulan bahwa mouse cocok digunakan pada game adventure dua dimensi.
Implementasi Metode AHP & SMART pada SPK Penerimaan Peserta PBK Berbasis Android Syahrin Ramadandi; Rabiah Adawiyah; Andi Tenri Sumpala
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.312

Abstract

Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) memiliki manfaat besar dalam mengurangi tingkat pengangguran yaitu dengan peningkatan kompetensi. Hal ini menjadikan proses seleksi menjadi tahapan yang sangat penting untuk menghasilkan 16 orang yang paling layak untuk mengikuti pelatihan. Namun, proses seleksi yang berlangsung saat ini hanya mengakumulasikan nilai tanpa menentukan tingkat kepentingan antar kriteria serta proses perhitungan memerlukan waktu cukup lama dan tenaga lebih. Tujuan penelitian ini adalah membangun Sistem Pendukung Keputusan berbasis android dengan implementasi metode Analytical Hierachy Process (AHP) dan Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk membantu proses pengambilan keputusan secara cepat dan akurat. Dalam proses pengambilan keputusan, metode AHP digunakan untuk mengecek konsistentensi kriteria yang digunakan dan metode SMART untuk melakukan perangkingan nilai dari alternatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara langsung kepada pihak UPTD BLK Kolaka terkait kebutuhan sistem dan tingkat kepentingan antar kriteria. Hasil yang diperoleh bahwa dengan implementasi metode AHP dan SMART pada SPK penerimaan peserta pelatihan di UPTD BLK Kolaka dengan sistem berbasis android dapat membantu dalam merekomendasikan peserta yang paling layak untuk mengikuti PBK secara cepat. Penggunaan sistem berbasis android menjadikan pengambilan keputusan menjadi lebih cepat. Dari 25 alternatif yang digunakan dapat menghasilkan nilai dan perangkingannya dimana terdapat 16 alternatif yang berhak mengikuti pelatihan.
Perbandingan Algoritma Klasifikasi untuk Prediksi Cacat Software dengan Pendekatan CRISP-DM Nurtriana Hidayati; Joko Suntoro; Galet Guntoro Setiaji
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.313

Abstract

Proses prediksi cacat software merupakan bagian terpenting dalam sebuah pengujian kuliatas software sering juga disebut dengan software quality yang bertujuan untuk mengetahui mutu software dalam pemenuhan kebutuhan fungsional dan kinerjanya. Metode machine learning mempunyai kinerja lebih baik untuk menemukan cacat software daripada metode manual. Algoritma klasifikasi dalam machine learning yang pernah digunakan untuk prediksi cacat software antara lain k-Nearest Neighbor (k-NN), Naïve Bayes (NB) dan Decision Tree (CART). Dalam penelitian ini akan dibandingkan kinerja antara algoritma - algoritma klasifikiasi yaitu k-NN, NB, dan CART untuk prediksi cacat software dengan pendekatan CRISP-DM. CRISP-DM merupakan model proses data mining dengan 6 tahapan yaitu: Business Understanding, Data Understanding, Data Preparation, Modeling, Evaluation, dan Deployment dalam menentukan perbandingan algoritma klasifikasi dalam memprediksi cacat software. Software Matrix yang digunakan pada penelitian ini adalah tujuh dataset dari NASA MDP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata akurasi algoritma CART lebih baik daripada algoritma k-NN dan NB dengan nilai 0,867. Sedangkan nilai rata-rata akurasi algoritma k-NN dan NB masing-masing 0,859 dan 0,778.
Metode Pose to Pose untuk Membuat Animasi 3 Dimensi Islami "Keutamaan Berbuka Puasa" Mahadir Muhamad Erfin Abdilah; Juniardi Nur Fadila; Fresy Nugroho
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.314

Abstract

Berkembangnya teknologi di bidang computer graphics memberikan kemudahan dalam mengolah suatu karya grafis salah satunya adalah animasi 3D. Dalam pembuatan animasi 3D terdapat permasalahan utama yang biasa menjadi tantangan bagi para animator. Permasalahan utama dalam pembuatan animasi 3D adalah kualitas gerakan yang kasar atau tidak terkesan nyata. Untuk membuat gerakan yang halus dan tampak nyata dapat dilakukan melalui banyak metode salah satunya adalah metode pose to pose. Animasi 3D islami berjudul Keutamaan Berbuka Puasa sebagian besar berisi gerakan dalam memperagakan taat cara berbuka puasa yang baik dan benar untuk mendapatkan keutamaan berbuka. Pembuatan animasi ini dibuat melalui software blender dengan menerapkan metode pose to pose. Sebagai hasil pembuatan paper ini, film animasi 3D berjudul Keutamaan Berbuka Puasa diharapkan dapat dibuat dengan kualitas gerakan yang bagus dengan menggunaan metode pose to pose serta dapat memberikan hiburan dan edukasi yang baik.
Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan SMART Pada CV. Hamuas Mandiri Maya Nur Amalia; Maxsi Ary
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.322

Abstract

CV. Hamuas Mandiri merupakan salah satu perusahaan industri yang bergerak di bidang produksi kerajinan yang menjadikan bambu sebagai bahan utamanya, dimana dalam pemilihan supplier pada CV. Hamuas Mandiri masih dijalankan berdasarkan intuisi atau hubungan relasai saja tetapi tidak disertai dengan metode dan kriteria yang tepat, tentu hal tersebut kurang efektif untuk dilakukan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan pada CV. Hamuas Mandiri dalam mengatasi permasalahan dalam menentukan supplier. Dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART), yang diharapkan dengan adanya sistem pendukung keputusan ini dapat membantu perusahaan dalam memberikan rekomendasi supplier terbaik dengan standar kriteria yang sesuai dengan perusahaan inginkan.
Penerapan Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori Pada Poliklinik Penyakit Dalam (Studi Kasus: Rumah Sakit Umum Daerah Bintan) Nola Ritha; Eka Suswaini; Wisnu Pebriadi
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.329

Abstract

Rekam Medis merupakan berkas yang berisi tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan serta pelayanan yang diberikan kepada pasien. Data rekam medis seiring waktu akan terakumulasi setiap hari seiring dengan aktivitas di rumah sakit. Selama ini data rekam medis yang tersedia di Rumah Sakit Umum Daerah Bintan hanya menampilkan informasi berupa data statistik maupun grafik. Sedangkan, pola dan kecenderungan penyakit yang diderita oleh pasien masih belum di gali untuk dijadikan acuan untuk penyuluhan ke masyarakat maupun sebagai pencegahan penyakit, terutama data rekam medis yang berasal dari Poliklinik Penyakit Dalam. Poliklinik Penyakit Dalam merupakan salah satu Poliklinik yang banyak melayani pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Bintan, sehingga data rekam medis yang berasal dari Poliklinik Penyakit Dalam belum bisa digali secara maksimal. Pada penelitian ini penulis melakukan penerapan Algoritma Apriori dalam menentukan aturan asosiasi berdasarkan jenis kelamin, umur, kelurahan, dan kode ICD10. Dengan menggunakan data sebanyak 1668 dan menggunakan minimal support sebesar 6% dan minimal confidence sebesar 50%, kemudian didapatkan hasil aturan asosiasi sebanyak 22 aturan. Aturan asosiasi yang dihasilkan pada penelitian ini dapat digunakan oleh pihak rumah sakit maupun pihak dinas kesehatan untuk melakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
Penerapan Text Mining Analisis Sentimen Mengenai Vaksin Covid - 19 Menggunakan Metode Naive Bayes Fira Fathonah; Asti Herliana
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.331

Abstract

Sejak wabah covid-19 melanda dunia, media sosial merupakan media yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk tetap beraktivitas dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. Selain masyarakat umum, pemerintah utamanya pemerintah Indonesia juga memanfaatkan media ini untuk memberikan berbagai informasi dan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu hal yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial utamanya twitter adalah mengenai vaksin covid-19. Berbagai komentar dilontarkan oleh para pengguna baik positif dan negatif. Dalam rangka mengetahui tanggapan masyarakat terhadap adanya vaksin covid-19 ini, maka pada penelitian kali ini dilakukan analisis sentimen terhadap vaksin covid-19 dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Berdasarkan hasil pengujian terhadap 100 data latih yang kemudian dipilih kembali dengan menggunakan teknik data crawling menjadi 34 data, didapatkan bahwa analisis sentimen dari pengguna twitter untuk vaksin covid-19 ini didapatkan persentase accuracy sebesar 100%
Perancangan Sistem Informasi untuk Pendataan Pembayaran Retribusi Estu Sinduningrum; Yogi Fachriyatul Utama; Mia Kamayani
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.332

Abstract

Sering terjadinya masalah dalam pembuatan laporan dan pendataan pembayaran retribusi kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangeran. Penggunaan sistem informasi saat ini masih dengan cara manual yaitu, mencatat bukti pembayaran dari 104 petugas retribusi dan 1550 lebih objek retribusi yang ada di Kota Tangerang pada kertas, kemudian baru dimasukkan pada program Excel. Berdasarkan masalah tersebut maka dilakukan penelitian yaitu, membuat sebuah aplikasi sistem informasi, agar data-data pembayaran dapat saling terintegrasi, menghasilkan rincian laporan pembayaran, serta mudah dalam mengawasi penyetoran retribusi sehingga dalam memonitor setoran yang masuk agar lebih akurat dan cepat. Metodelogi penelitian yang dipakai di penelitian ini memakai sistem waterfall. Sistem di tes menggunakan metode black box testing dan dihitung dengan skala likert. Kesimpulan dari data kuesioner terhadap 20 responden, dan 5 pertanyaan, didapatkan rata-rata persentase 79%, dapat dikategorikan bahwa aplikasi ini sangat baik.
Analisis dan Penerapan Algoritma Convolutional Neural Network untuk Klasifikasi Kendaraan Prioritas Rijal Abdulhakim; Carudin; Budi Arif Dermawan
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.335

Abstract

Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia terus menerus meningkat di setiap tahunnya. Hal ini dapat menimbulkan masalah lalu lintas, salah satunya yaitu kemacetan. Dampak yang ditimbulkan dari kemacetan salah satunya yaitu terganggunya arus lalu lintas. Sedangkan menurut UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan pada pasal 134 terdapat 7 kendaraan yang harus mendapatkan prioritas di jalan raya. Karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis model klasifikasi untuk jenis kendaraan pemadam kebakaran, ambulans / mobil jenazah, dan kendaraan non-prioritas dengan menerapkan algoritma CNN menggunakan data video dari CCTV yang dikelola oleh ATCS Kota Bandung. Pada penelitian ini terdapat 5 skenario berbeda dimana skenario tersebut dibedakan dengan menggunakan metode holdout dalam pembagian data dan evaluasi model. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skenario terbaik terdapat pada skenario 2 dengan data training sebesar 60%, data validation sebesar 20%, dan data testing sebesar 20% berhasil mendapatkan validation accuracy sebesar 66,15% dan testing accuracy sebesar 69,231%.
Plagiarsm Checker pada Sistem Manajemen Data Tugas Akhir Made Hanindia Prami Swari; Chrystia Aji Putra; I Putu Susila Handika
Jurnal Sains dan Informatika Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika
Publisher : Teknik Informatika, Politeknik Negeri Tanah Laut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34128/jsi.v7i2.338

Abstract

Plagiarisme merupakan isu yang santer berkembang khususnya di Perguruan Tinggi. Perpustakaan di Fasilkom UPN “Veteran” Jawa Timur telah memiliki sistem pencatatan skripsi mahasiswa yang bernama E-Read, seringkali mahasiswa yang akan menempuh skripsi akan mencari ide topik dan literatur pada perpustakaan. Untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya plagiasi maka sistem E-Read dilengkapi dengan fitur plagiarsm checker yang dibangun pada penelitian ini. Plagiarsm Checker dibuat melalui tahapan pengembangan terstruktur menggunakan metode Waterfall yang terdiri dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian sistem. Algoritma Jaro Winkler dipilih untuk mendeteksi similaritas dokumen abstrak calon skripsi dengan abstrak-abstrak yang telah tersimpan pada basis data E-Read karena berdasarkan penelitian terdahulu dinyatakan memiliki akurasi yang baik dan waktu komputasi yang cepat. Berdasarkan pengujian terhadap akurasi sistem, maka didapatkan plagiarsm checker yang dibangun memiliki akurasi 40% jika dibandingkan dengan pendapat ahli, nilai presisi 33,3%, recall 100%, dan F-Measure 35%. Selain itu berdasarkan analisis terhadap proses komputasi algoritma Jaro Winkler maka didapatkan bahwa algoritma ini berfokus pada pencarian kesamaan karakter sesuai range uji yang ditentukan, hal ini berarti bahwa algoritma ini belum memiliki mekanisme pengecekan makna kata yang seharusnya diperlukan dalam sistem pengecekan plagiasi dokumen. Melalui penelitian ini, mahasiswa dapat melakukan pengecekan awal abstrak dari calon skripsinya untuk meminimalkan terjadinya plagiasi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12