cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER" : 10 Documents clear
TIK UNTUK AUD: PENGGUNAAN PLATFORM “KAHOOT!” DALAM MENUMBUHKAN JIWA KOMPETITIF DAN KOLABORATIF ANAK Fitri Rofiyarti; Anisa Yunita Sari
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.102 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1066

Abstract

Integrasi teknologi dalam pembelajaran anak harus dilakukan dengan tepat. Pembelajaran berbasis teknologi tetap harus dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak, terutama jika dikaitkan dengan interaksi anak dengan dalam lingkungan sosialnya. Platform “Kahoot!” merupakan salah satu website yang dapat dijadikan salah satu alternatif. Desain permainan dalam “Kahoot!” yang bersifat multiplayer memungkinkan anak untuk dapat berkolaborasi sekaligus berkompetisi melalui permainan yang interaktif. Aktivitas yang dilakukan dengan menggunakan platform ini dapat memfasilitasi interaksi sosial anak sehingga kecenderungan terjadinya kecanduan terhadap teknologi (gadget addict) dapat dikurangiKata Kunci : AUD; kahoot; sosial emosional; TIK 
KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI DENGAN MEDIA MOVING FLASHCARD DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL FALAH LUBUK BUAYA PADANG Yulsyofriend .
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.978 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1071

Abstract

Kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Media Moving Flashcard terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Populasi penelitian adalah seluruh anak Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang, dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster sampling, yaitu kelas B3 dan kelas B4 masing-masingnya berjumlah 12 orang anak. Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan Kuantitatif yang berbentuk kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data menggunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test) Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen yang menggunakan Media Moving Flashcard lebih tinggi (87,5) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan Media Kartu Baca (78,75). Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh bahwa thitung (2,6569) lebih besar dari ttabel (2,074). Maka dapat disimpulkan bahwa Media Moving Flashcard berpengaruh terhadap Kemampuan Membaca Anak di Taman Kanak-kanak Darul Falah Lubuk Buaya Padang. Kata Kunci : Moving Flashcard; Kemampuan Membaca Anak.
PELATIHAN MENCIPTA LAGU ANAK PADA GURU PAUD DI KEC. ABTB KOTA BUKITTINGGI DAN KEC. TILATANG KAMANG KAB. AGAM Indra Yeni; Irdhan Epria Putra
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.042 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1073

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru dalam mencipta lagu anak dan keprihatinan terhadap perkembangan lagu-lagu anak. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan, lagu-lagu yang dinyanyikan saat ini pada kegiatan menyanyi di lembaga PAUD secara umum dapat dikatakan : 1) monoton, 2) tidak berkembang seiring dengan perkembangan lingkungan sosial anak; serta 3) Guru-guru umumnya masih mengajarkan lagu-lagu lama. Dapat dikemukakan bahwa hampir tidak ada lagu baru yang dinyanyikan pada setiap kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD, baik yang diciptakan guru maupun pihak lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh fenomena antara lain : 1) Rendahnya pengetahuan pendidik dalam mencipta Lagu-lagu anak; 2) Materi Musik yang tidak sesuai dengan Usia Anak; dan 3) Sarana dan Prasarana yang tidak memadai. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah guru dapat memiliki keterampilan tentang tata cara dan langkah-langkah mencipta lagu sederhana. Pelatihan ini juga mengulas kembali dan memberi penyegaran kepada guru tentang menggunakan notasi musik untuk mengenalkan lagu anak. Metode pengenalan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan demonstrasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dipusatkan di dua lokasi yaitu PAUD Tunas Bangsa dan PAUD Restu Ibu. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berupa produk lagu hasil karya guru-guru PAUD di Kecamatan ABTB dan Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam.Kata Kunci : Cipta Lagu; Lagu Anak; Musik, PAUD.
PERMAINAN DAKON WRITING THERAPY UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MENULIS ANAK KELOMPOK A TK AISYIYAH 33 SURABAYA Shihiyah Zuhrita; Nidia Mufidati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.407 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1037

Abstract

Mengungkapkan ide gagasan dan perasaan melalui tulisan seringkali menjadi salah satu cara untuk mengkomunikasikannya dengan orang lain. Kemampuan menulis merupakan kemampuan yang memiliki peranan dalam hal komunikasi sehingga menjadi penting untuk dikembangkan dan dilatih sejak anak usia dini sebab pada usia ini manusia mengalami masa yang disebut usia emas dimana tingkat daya ingat dapat bertahan lebih lama jika pengetahuan diberikan pada usia dini dibanding pada usia selanjutnya. Akan tetapi keterampilan menulis bukanlah aspek yang ditekankan di usia prasekolah namun kegiatan pengembangan kemampuan menulis dapat dilakukan dengan mengombinasikan pada salah satu permainan yang menarik bagi anak sehingga tetap tidak menuntut anak untuk berfikir keras dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Dalam mengembangkan kemampuan dasar menulis pada anak, sebaiknya guru terlebih dulu melakukan latihan melalui berbagai macam kegiatan dan permainan yang dapat mengembangkan motorik halusnya seperti meronce, merobek kertas, juga dalam hal ini permainan dakon dirasa memiliki keefektifan karena juga melibatkan otot jari dan fokus pada jari jempol dan telunjuk yang akan digunakan untuk memegang pensil. Kemudian langkah berikutnya guru melatih anak untuk memegang pensil dengan cara yang benar dan mulai mencoret bebas, menebali, menarik dan membuat garis. Dengan demikian anak sudah memiliki pijakan dan menulis akan lebih muda serta menjadi kegiatan yang menyenangkan.  Kata kunci: Anak Usia Dini, Kemampuan Dasar Menulis, Motorik Halus, Permainan 
PELAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TAMAN KANAK-KANAK INKLUSI TIJI SALSABILA KOTA PADANG Hartati, Sri
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.197 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1074

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk layanan yang diberikan Taman Kanak-Kanak (TK) terhadap anak berkebutuhan khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan maka diperolehlah hasil penelitian bahwa layanan yang diberikan guru kelas dan Guru Terapi Pendidikan Khusus terhadap anak berkebutuhan khusus di Taman Kanak-Kanak Tiji Salsabila Padang dengan waktu yang berbeda. Guru Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Padang berperan dalam memberikan layanan yang sama terhadap anak, baik anak normal maupun anak berkebutuhan khusus pada proses pembelajaran di kelas, kecuali terhadap anak yang membutuhkan guru pendamping khusus seperti anak hiperaktif. Guru TK memberikan bantuan terhadap anak berkebutuhan khusus dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan kebutuhannya masing-masing hanya seadanya karena guru TK berlatar belakang pendidikan PGPAUD, sehingga guru TK tidak memiliki pengetahuan dalam melayani anak berkebutuhan khusus sesuai dengan yang seharusnya. Berdasarkan hal tersebut disarankan pada instansi terkait bahwa Guru di TK Inklusi Tiji Salsabila hendaknya diberikan pendidikan dan pelatihan tentang pendidikan inklusi sehingga guru memiliki kemampuan dalam melayani anak berkebutuhan khusus yang ada pada kelas inklusi dan pada perguruan tinggi khususnya pada Jurusan PGPAUD hendaknya ada mata kuliah pendidikan inklusi yang akan memberikan bekal bagi mahasiswa dalam melayani anak berkebutuhan khusus.  Kata Kunci: layanan sekolah; anak berkebutuhan khusus.
PENGARUH BERMAIN TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA RETARDASI MENTAL RINGAN DALAM PEMENUHAN ACTIVITY DAILY LIVING DI TK ABA 58 SURABAYA Abidin, Ratno
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.654 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1061

Abstract

Anak dengan retardasi mental memiliki fungsi intelektual yang bermakna dan   di bawah   rata-rata   sehingga   menyebabkan   gangguan   dalam   perilaku adaptif.  Hal  tersebut  menyebabkan  anak  mulai  mengalami  keterlambatan dalam  berbagai  hal,  diantaranya  keterampilan  merawat  diri  dan  kemandirian dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari. Kemandirian dalam hal aktivitas sehari- hari sangat diperlukan oleh anak dengan retardasi mental agar anak mampu mengurus diri sendiri, sehingga anak tidak menjadi beban bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh aktivitas bermain drama dengan boneka tangan terhadap kemandirian dalam pemenuhan Activity Daily Living (ADL) pada  anak  retardasi  mental  ringan di di TK Aisyiyah 58 Surabaya.Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental,   dengan pendekatan one group pre-test-post test design. Sample yang diteliti adalah 20 anak usia pra sekolah di TK Aisyiyah 58 Surabaya yang diambil dengan teknik Nonprobabiliti purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah media boneka tangan dan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kemaknaan ɑ <0,05.
STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SAINS ANAK TAMAN KANAK-KANAK DI KOTO TANGAH PADANG Nurhafizah Nurhafizah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (477.124 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1067

Abstract

Artikel penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perkembangan ketrampilan sains di Taman Kanak-kanak, khususnya di Kecamatan Koto Tangah, Padang. Karena kawasan ini merupakan wisata agro dan memiliki tampilan alam yang sangat bagus untuk dijadikan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang merupakan hasil observasi awal dalam memperkuat permasalahan penelitian dengan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil observasi pada  tiga sekolah Taman Kanak-kanak yang telah diamati, dapat disimpulkan bahwa strategi  pengembangan ketrampilan sains tidak maksimal. Anak-anak lebih cenderung belajar dalam kegiatan klasik. Dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan, anak-anak hampir tidak pernah belajar di luar kelas, serta pemanfaatan lingkungan alam seperti tumbuhan dan hewan bahkan tidak dijadikan sebagai  sumber belajar. Tidak ada praktik langsung, hanya kegiatan rutin di kelas menggunakan lembar kerja atau  majalah.. Berdasarkan amatan  pengembangan ketrampilan sains belum dikembangkan dengan optimal. Hal ini terlihat mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan evaluasi pengembangan sains anak. Kata Kunci: Strategi; Pengembangan kemampuan sains; Taman Kanak-kanak
PEMANFAATAN MEDIA PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN METAKOGNITIF ANAK USIA DINI Endah Hendarwati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1150

Abstract

Metakognitif mempunyai peran yang sangat penting bagi seseorang dalam mengembangkan kesadaran berpikir.  Vennman, dkk (2006) menyatakan bahwa antara usia 3 dan 5 tahun metamemori dan pengetahuan metakognitif mulai berkembang dan berlangsung seiring perkembangan usia, sedangkan keterampilan metakognitif berkembang antara 8 dan 10 tahun dan berkembang pada saat-saat dibutuhkan. Istomina (1982) mempelajari cara-cara anak-anak yang dilakukan oleh anak dalam berbagai usia, Anak-anak berusia 4 tahun lebih tertarik dengan sesuatu yang harus di lakukan sesuai dengan yang mereka ingat, anak-anak berusia 5 dan 6 tahun mencoba menghafal apa yang telah mereka katakan dengan meminta agar hal itu diulang, anak-anak berusia 7 tahun mencoba membuat beberapa koneksi logis antara item dalam daftar pikiran mereka. Guru berperan besar dalam melatih metakoginif dan membantu anak mengembangkan kesadaran metakognitif, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang meningkatkan perkembangan metakognitif. Permasalahannya pembelajaran selama ini belum melatih anak memiliki kemampuan berpikir, memberdayakan anak berpikir kreatif dan termotivasi materi yang dipelajari. Dalam melatih kemampuan metakoginitiff anak media permaianan dapat digunakan dalam pembelajaran. Media yang digunakan dengan media permainan mencampur warna, balok, bombix, dan pasir.Kata Kunci: Metakognitif Anak, Media Permainan
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS CERITA TRADISIONAL MINANGKABAU UNTUK ANAK USIA DINI Delfi Eliza
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.487 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1072

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangkan model pembelajaran yang berbasis cerita tradisional Minangkabau sebagai kearifan lokal untuk pengembangan karakter anak usia 5-6 tahun. Cerita tradisional Minangkabau masih sangat jarang diperdengarkan khususnya di Taman kanak-kanak melalui penelitian ini dikembangkan sebuah model pembelajaran karakter menggunakan cerita tradisional Minangkabau, sebagai materi untuk pengembangan karakter AUD. Kedua mengintegrasikan cerita tradisional Minangkabau sebagai materi model pembelajaran ke dalam rencana pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Model yang dihasilkan berupa model konseptual pembelajaran karakter yang berbasis kearifan lokal cerita tradisional budaya Minangkabau. Temuan penelitian bahwa nilai-nilai budaya yang terdapat di dalam cerita tradisional dapat diintegrasikan melalui kegiatan pembelajaran yang efektif untuk pengembangan karakter anak usia dini. Dalam artikel ini dijelaskankan bagaimana cerita tradisional Minangkabau merupakan bagian yang penting dalam pengembangan karakter pada pendidikan anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: model pembelajaran, pengembangan karakter, nilai-nilai budaya, cerita tradisionalMinangkabau
PENGUATAN NILAI KARAKTER KREATIF MELALUI BERMAIN KOMPUTER ANAK USIA DINI Syahrul Ismet
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 3, No 3b (2017): DESEMBER
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (281.244 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v3i3b.1070

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh perkembangan komputer yang sangat pesat dan telah dimanfaatkan dalam aktivitas anak usia dini.  Teknologi komputer menjadi pisau dua mata sisi, satu sisi bernilai manfaat, sedangkan sisi lain memberikan dampak negatif.  Fokus penelitian bertujuan mengetahui manfaat pembelajaran komputer yang memberi penguatan kepada nilai karakter kreatif bagi anak usia dini.  Penelitian bersifat kualitatif, pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi.  Analisis data menggunakan model analisis Milles and Hubberman (reduksi data, display data dan verification).  Penelitian dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Al Azhar 13 Rawamangun Jakarta Timur. Temuan penelitian menunjukkan: (1) Nilai karakter kreatif anak usia dini dapat dikembangkan secara terintegrasi dengan bermain komputer untuk berbagai lingkup perkembangan anak; (2) Program pengembangan nilai karakter anak usia dini dalam bentuk keterampilan anak mengakses aplikasi komputer dan membuat hasil karya, (3) Pembelajaran anak abad 21 harus dikembangkan sesuai dengan situasi dan tantangan zaman teknologi, dan ; (4) Pembelajaran komputer anak usia dini akan membimbing anak dapat menghindari dampak negatif media. Kata Kunci: karakter, kreativitas, pembelajaran komputer.

Page 1 of 1 | Total Record : 10