cover
Contact Name
Tri Kurniawati
Contact Email
-
Phone
+62811313559
Journal Mail Official
pedagogi@um-surabaya.ac.id
Editorial Address
Jl. Sutorejo No. 59 Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PEDAGOGI
ISSN : 25990438     EISSN : 2599042X     DOI : -
Core Subject : Education,
PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS" : 11 Documents clear
Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini Vivi Anggraini; Yulsyofriend Yulsyofriend; Indra Yeni
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Abstract

Abstrak : Perkembangan bahasa sangatlah penting dikembangkan karena bahasa alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu  yang menyatakan pikiran, perasaan, dan keiinginannya. Berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan individu tentang adat dan sopan santun. Pada tahapan perkembangan bahasa anak usia dini diawali dengan proses mendengar atau menyimak. Dengan mengajak anak bernyanyi lagu minangkabau bersama, kita memberi anak pengalaman yang berharga lagi menyenangkan, yang dilakukan bersama-sama. Adapun perolehan bernyanyi yang diharapkan, adalah agar anak: (1) mendengar dan menikmati lagu; (2) mengalami rasa senang bernyanyi bersama; (3) mengungkapkan pikiran, perasaan, dan suasana hatinya; (4) merasa senang bernyanyi, dan anak dapat belajar bagaimana mengendalikan suara; (5) menambah perbendaharaan kosa-kata melalui lagu.Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Lagu Kreasi Minangkabau, Anak Usia DiniAbstrak :Language development is very important to be developed because of the language of the interface or communication between members of the community consisting of individuals who express their thoughts, feelings, and desires. Speaking means using language based on individual knowledge about customs and manners. In the early childhood language development stage begins with the process of hearing or listening. By inviting children to sing Minangkabau songs together, we give children a valuable and enjoyable experience, which is done together. As for the expected singing, is for children: (1) to hear and enjoy the song; (2) experience the feeling of singing together; (3) expressing thoughts, feelings, and moods; (4) feel like singing, and children can learn how to control sound; (5) adding vocabulary vocabulary through songs.Keywords: Language Development, Minangkabau Creation Song, Early Childhood.
Pengaruh Penggunaan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islam Budi Mulia Padang Ciptadi, Fita Rahma
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.2754

Abstract

Pengetahuan tentang huruf bagi anak 4-5 tahunsangat penting untuk proses belajar membaca dan menulis, oleh karena itu untuk merealisasikan pembelajaran mengenal huruf di perlukan media yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sandpaper letter  terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasi eksperiment. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak pada kelass eksperimen yang menggunakan media sandpaper letter memiliki hasil rata-rata yang tinggi di bandingkan dengan anak pada kelas control yang menggunakan media konvensional. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media sandpaper letter besar pengaruhnya terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun.Kata kunci: Sandpaper Letter, kemampuan mengenal huruf
Stimulasi Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Menyanyi Bagi Guru-Guru Paud Di Kecamatan Canduang Kabupaten Agam Yeni, Indra; Putra, Irdhan Epria Dharma; anggraini, vivi
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3351

Abstract

Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini biasanya menggunakan kegiatan bernyanyi untuk pengembangan seni pada anak. Ketersediaan lagu untuk kegiatan belajar-mengajar di Pendidikan Anak Usia Dini sangat banyak. Namun karena keterbatasan guru membaca notasi lagu berdampak pada minimnya perbendaharaan lagu yang dimiliki oleh guru. Hal ini mengakibatkan tidak terstimulasinya semua aspek-aspek perkembangan pada anak melalui lagu. Salahsatunya yaitu aspek perkembangan motorik kasar.  Beberapa penyebab terjadinya fenomena ini, antara lain : (1) pembelajaran lebih difokuskan kepada aspek pengembangan pada anak usia dini; (2) ketersediaan sarana dan prasarana yang tidak memadai, sesuai permasalahan yang sudah dikemukakan.  Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas ini adalah melalui pemberian pelatihan pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul “ Pelatihan Stimulasi Motorik Kasar Anak melalui Kegiatan Menyanyi bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam. Hal ini sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan bersama ketua IGTKI Canduang, Kabupaten Agam. Kegiatan ini memiliki beberapa tahapan antara lain : (1) pembuatan Modul dalam menstimulasi motorik kasar anak melalui Kegiatan Menyanyi, dan (2) Melaksanakan Praktek Stimulasi motorik kasar Anak melalui Kegiatan Menyanyi bagi Guru-Guru Pendidikan Anak Usia Dini.
Singing As An Effective Approach For Learning English On Early Childhood Ro'ifah Ro'ifah
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.501 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3484

Abstract

There are so many native languages in Indonesia that makes English as a foreign language following Indonesian as the L2. This leads to the development of simultaneous bilinguals. However, there have been some contradictory opinions on whether learning English for early childhood is effective as it can inhibit a child’s L1 and L2 development. This may lead to the phenomenon of subtractive bilingualism resulting in a major dilemma for the government and parents. However, this notion can be debated through the critical period hypothesis. This study presents a literature review on ‘rhymes, songs, and chant’s as the effective media for learning English and its implication for early childhood through ‘singing’ approach.
Pengaruh Permainan Ular Tangga Kata Besar Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Anak Di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah Padang Sri Nanda Amelia Putri
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.2758

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga kata besar modifikasi terhadap kemampuan membaca anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk pendekatan quasy eksperimen. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil pada kelas eksperimen yang menggunakan permainan ular tangga kata besar modifikasi mendapatkan rata-rata nilai yang tinggi dimana dapat dibandingkan dengan nilai yang didapati oleh anak-anak yang berada di kelas kontrol yang menggunakan media papan  tulis. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 79,16 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 70,31. Dari hasil analisis data yang sudah dilakukan bahwa thitung > ttabel,  yaitu  (2,93046 > 2,07387). Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa permainan ular tangga kata besar modifikasi berpengaruh terhadap kemampuan membaca anak  di Taman  Kanak-kanak  Islam Khaira Ummah  Padang.Kata Kunci : ular tangga kata besar modifikasi , kemampuan membaca anak
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Metode Outdoor Learning Untuk Mengembangkan Perilaku Sosial Anak Usia Dini Retno Dwi Astuti
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.64 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3378

Abstract

ABSTRACT               This research to describe the development of outdoor learning method learning devices through miniature outbound activities in Early Childhood Education, describing the results of the validation of outdoor learning methods through miniature outbound activities. The design of this research is research and development (R&D). The learning device development model used in this study is to use the 4D instructional development design proposed by Thiagarajan which consists of 4 stages of development namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The findings of this research and development are in the form of learning tools that have previously been tested, evaluated, until they meet the desired criteria. Learning tools developed include the Semester Program (Prosem), Weekly Learning Implementation Plan (RPPM) and Daily Learning Implementation Plan (RPPH).               The validation results show that the learning tool of outdoor learning methods through miniature outbound activities has a material validity level of 93%, language validity of 85.71%, and validity of learning experts 94.64%.Keywords : learning media, outdoor learning method, social behavior  ABSTRAK       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound pada Pendidikan Anak Usia Dini, mendeskripsikan hasil validasi perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound. Desain pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain instructional development model 4D yang dikemukakan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Adapun temuan pada penelitian dan pengembangan ini berupa perangkat pembelajaran yang sebelumnya sudah diujicoba, dievaluasi, sampai memenuhi kriteria yang diinginkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Progam Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH).       Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran metode outdoor learning melalui miniatur kegiatan outbound memiliki tingkat kevalidan materi 93%,kevalidan bahasa 85,71%, dan kevalidan ahli pembelajaran 94,64%. Kate Kunci : perangkat pembelajaran, metode outdoor learning, perilaku sosial
PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK KELAUTAN TERHADAP PENANAMAN KARAKTER KEBAHARIAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANG TUAH 12 SURABAYA Wardani, Candra
Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pegi.v5i2.3116

Abstract

ABSTRACT This study is to determine the effect of marine thematic learning on children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Kindergarten and explain the character of children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Surabaya Kindergarten before and after marine thematic learning so that from this learning applicable education can be applied with the marine environment in instilling a sense of marine love from an early age. Data collection techniques used in this study were observation and documentation. Data analysis in the study used the Wilcoxon Match Pairs Test to test the difference test of two related samples. This test involved a study population of group B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Based on the results of data analysis that thematic marine learning has an influence in the cultivation of maritime character in children aged 5-6 years at kindergarten Hang Tuah 12 Surabaya. The results of data analysis obtained T count of 0 and T table of 16, because 0
Kelekatan Anak Dengan Ibu Bekerja Di Era Digital Sriyanti Rahmatunnisa
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3379

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa ada kelekatan antara anak dengan ibu yang bekerja, siapa yang mengasuh anaknya dan bagaimana cara ibu menjalin kelekatan dengan anak. Metode yang digunakan  dalam penelitian adalah kualitatif single case dengan teknik analisis data Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan walaupun ibu bekerja penuh waktu, tapi tetap menjalin kelekatan  dengan cara video call, kelekatan anak dengan ibu menjadikan anak memiliki perkembangan yang baik ditinjau dari perkembangan aspek fisik- motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan spiritual. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada orang tua agar dapat menjalin kelekatan dengan anak, dengan menggunakan berbagai cara, sehingga ibu dapat tetap menghadirkan diri di hadapan anak untuk memenuhi kebutuhan psikologis dan sosiologs anak sehingga anak.Kata Kunci: Kelekatan, Anak, Ibu bekerja, Era Digital.
Pengaruh Pembelajaran Tematik Kelautan Terhadap Penanaman Karakter Kebaharian Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Hang Tuah 12 Surabaya Candra Wardani; Naili Sa'ida; Ratno Abidin
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.606 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3619

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran tematik kelautan terhadap anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 dan menjelaskan karakter anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 Surabaya sebelum dan sesudah pembelajaran tematik kelautan sehingga dari pembelajaran ini dapat diterapkan pendidikan yang berhubungan dengan lingkungan kelautan dalam menanamkan rasa cinta bahari sejak dini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian menggunakan Uji Wilcoxon Match Pairs untuk menguji uji beda dua sampel yang berhubungan. Uji ini melibatkan satu populasi penelitian kelompok B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Berdasarkan hasil analisis data bahwa pembelajaran tematik kelautan memiliki pengaruh dalam penanaman karakter kebaharian pada anak usia 5-6 tahun di TK Hang Tuah 12 Surabaya. Hasil analisis data diperoleh T hitung sebesar 0 dan T tabel sebesar 16, karena 0<16 maka Hα diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunujukkan bahwa hasil posttest  meningkat sangat baik dibandingkan dengan hasi pretest. Posttest ini mendapat hasil rata-rata 54,6 dari 15 peserta didik yang terlibat dalam kelompok sampel penelitian. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik kelautan mempengaruhi penanaman karakter kebaharian pada anak usia dini. Pembelajaran tematik kelautan merupakan langkah yang tepat dan efektif dalam mengatasi rendahnya semangat dan jiwa bahari bangsa Indonesia. Dengan pembelajaran tematik kelautan peserta didik mendapatkan stimulasi atau informasi terkait dengan lingkungan kelautan sehingga mereka akan peka terhadap lingkungan tersebut. Kata kunci: pembelajaran tematik kelautan; karakter kebaharian; anak usia dini  ABSTRACTThis study is to determine the effect of marine thematic learning on children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Kindergarten and explain the character of children aged 5-6 years at Hang Tuah 12 Surabaya Kindergarten before and after marine thematic learning so that from this learning applicable education can be applied with the marine environment in instilling a sense of marine love from an early age. Data collection techniques used in this study were observation and documentation. Data analysis in the study used the Wilcoxon Match Pairs Test to test the difference test of two related samples. This test involved a study population of group B TK Hang Tuah 12 Surabaya. Based on the results of data analysis that thematic marine learning has an influence in the cultivation of maritime character in children aged 5-6 years at kindergarten Hang Tuah 12 Surabaya. The results of data analysis obtained T count of 0 and T table of 16, because 0 <16 then Hα is accepted and Ho is rejected. The results showed that the posttest results improved very well compared to the results of the pretest. This posttest received an average of 54.6 out of 15 students involved in the study sample group. It can be concluded that marine thematic learning influences the cultivation of maritime character in early childhood. Marine thematic learning is an appropriate and effective step in overcoming the low spirit and maritime spirit of the Indonesian people. With marine thematic learning students get stimulation or information related to the marine environment so that they will be sensitive to the environment.Keywords: marine thematic learning; maritime character; early childhood
Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak Di Kb Aisyiyah 30 Surabaya Siti Sholikhah; Wahono Wahono; Tri Kurniawati
Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Vol 5, No 2 (2019): AGUSTUS
Publisher : Universitas Muhammadiyah Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.45 KB) | DOI: 10.30651/pedagogi.v5i2.3612

Abstract

Latar belakang pemilihan penelitian karena KB Aisyiyah berada di lokasi yang mayoritas penduduknya berfaham Nahdlotul Ulama dan bersuku Madura. Hubungan orang tua dan anaknya sangat mempengaruhi keberhasilan belajar anak, tentu saja pada tahap awal orang tua harus memperhatikan minat anaknya dan sesuai dengan bakat yang dimiliki anaknya. Karena Orang tua memiliki tanggung jawab terhadap pendidikan anaknya maka motivasi orang tua dalam memilih sekolah bagi anaknya pada usia dini menjadi salah satu penentu di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk 1).mengetahui bagaimana alasan orang tua memilih sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya. 2). Untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua terhadap pemilihan sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya. Metodologi Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain case study. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa alasan orang tua termotivasi memilih sekolah untuk anak usia dini di Kelompok Bermain Aisyiyah 30 Surabaya adalah karena dekat dengan rumah, untuk penanaman agama sejak usia dini, dan memperoleh pendidikan terbaik dengan biaya yang terjangkau.

Page 1 of 2 | Total Record : 11