cover
Contact Name
Jurnal Sinektik
Contact Email
sinektik.pgsd@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
butsinegara@gmail.com
Editorial Address
Sumpah Pemuda Street, No.18, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57136
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL SINEKTIK
ISSN : 26206560     EISSN : 2620746X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Jurnal Sinektik published by Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education (FKIP), Universitas Slamet Riyadi. This Journal aimed as media communications and informations around teaching practice and elementary education implementations from various aspect. Target readers of the journal are students, teachers, practitioners of basic science education. Jurnal Sinektik has ISSN: 2620-6560 (Print) and ISSN: 2620-746X (Online) .
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021" : 10 Documents clear
HOME VISIT SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 Adhi Prabowo, Rizqi Pambudi; Soegeng Ysh, A.Y.; Purnamasari, Iin
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.5644

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor guru dalam menjalankan perannya pada proses pembelajaran home visit selama masa pandemi covid-19 SDN 02 Sukorejo Kabupaten Grobogan. Desain Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa home visit sebagai metode pembelajaran di SDN 02 Sukorejo terlaksana dengan baik, dilakukan secara bergantian dengan rombel 4-5 siswa, sebagai bentuk kepedulian pendidikan guna mempermudah kesulitan siswa, dengan materi yang sederhana dan praktis. Faktor pendukung berupa adanya dukungan dari semua pihak baik kepala sekolah guru, orangtua, komite sekolah dan pengawas sekolah, serta ketersediaan rumah siswa yang luas, serta jarak rumah tinggal antar siswa mudah dijangkau. Adapun hambatan home visit berupa keterbatasan kelengkapan media dan waktu pembelajaran.
PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR DARING MATERI PERKALIAN MATEMATIKA KELAS II SDN KRAMATSAMPANG 01 Restianingsih, Anis; Rofian, Rofian; Baedowi, Sunan
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.5351

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika yang ada pada kelas II SDN Kramatsampang 01. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menyajikan data bentuk deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua dari peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Sampel yang diambil adalah lima orang tua peserta didik kelas II SDN Kramatsampang 01. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peran dari orang tua dalam pendampingan belajar daring pada materi perkalian matematika kelas II SDN Kramatsampang 01 sangat penting, peran pendampingan tersebut diantaranya: orang tua berperan sebagai guru atau pendamping belajar, orang tua berperan sebagai fasilitator dan orang tua berperan sebagai motivator bagi peserta didik.
ANALISIS PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA PESERTA DIDIK KELAS IIIA Fitrianingsih, Dewi; Suryanti, Hera Heru Sri; Handini, Oktiana
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.5296

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan model role paying, 2). Untuk mengetahui ke efektivitas penerapan model role playing, 3). Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi model pembelajaran role playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disumpulkan bahwa: 1) Kelebihan dalam penggunaan model role playing yaitu peserta didik bisa langsung ikut aktif dalam bemain, sedangkan dalam kekurangan model role playing yaitu peserta didik masih kurang diri, 2) penerapan model role paying sudah cukup baik, 3) adanya hambatan dan kendala yang terjadi mampu di atasi oleh guru yang bersangkutan.
ANALISIS KARAKTER PEDULI SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN SAMBIREJO SURAKARTA Nur Anggraini, Putri Melati; Suryanti, Hera Heru Sri; Widyaningrum, Ratna
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.4005

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Karakter peduli sosial pada peserta didik, 2) Strategi guru dalam menanamkan karakter peduli sosial, 3) Solusi yang digunakan untuk mengatasi peserta didik yang karakter peduli sosialnya kurang baik. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif strategi studi kasus karakter peduli sosial peserta didik. Hasil penelitian: (1) Terdapat peserta didik yang sudah baik dalam menerapkan karakter peduli sosial yaitu 29 atau 78.4%. Sedangkan peserta didik yang kurang baik dalam menerapkan karakter peduli sosial yaitu 8 atau 21.6%. (2) Strategi yang dilakukan oleh guru kelas dalam penanaman karakter peduli sosial yaitu melalui pendekatan pendidikan karakter dengan strategi keteladanan, pembelajaran, pembudayaan,dan penguatan. (3) Untuk mengatasi karakter peduli sosial peserta didik yang masih kurang baik, guru dapat melakukan strategi penanaman pendidikan karakter peduli sosial dengan memberikan teguran, hukuman, serta pengkondisian lingkungan.
IMPLEMENTASI MICROSOFT OFFICE 365 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI TEMA 1 SUB TEMA 3 Lestari, Dian Puji
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.5560

Abstract

Meningkatkan minat belajar siswa untuk mengikuti kegiatan belajar dan tetap fokus dengan apa yang telah dipelajari sangatlah sulit perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yang baru dan menarik maka pengunaan microsoft office 365 digunakan untuk mengatasi masalah yang dialami siswa misalnya siswa mudah merasa bosan dan sering mengantuk ketika pembelajaran berlangsung. Dengan pengunaan microsoft office 365 apakah dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitin ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SDN 1 Kedungwaru, dengan mengambil sampel siswa kelas VI. Hasil dari pada penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VI mendapatkan kriteria “Baik”. Pada hasil wawancara, observasi, dan angket didapatkan hasil siswa lebih minat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan aplikasi microsoft office 365. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru kedepanya diharapkan mampu menciptakan inovasi yang baru dalam dunia pendidikan agar siswa tidak merasa bosan.Kedepanya siswa diharapkan lebih rajin belajar.
ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III PADA MATERI PENGUKURAN WAKTU SD NEGERI TLOGOSARI WETAN 02 SEMARANG Karimah, Cikal Damayanti; Cahyadi, Fajar; Subekti, Ervina Eka
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.4634

Abstract

Analysis of Mathematics Learning Difficulties for Class III Students on Time Measurement Material at SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. This study aims to describe learning difficulties and the factors that affect the learning difficulties of mathematics in the time measurement material. This type of research is descriptive qualitative. The research subjects were 40 grade III students of SD Negeri Wetan 02 Semarang. The instruments used were questions, interviews, documentation, questionnaires and observations. The results obtained in this study are: (a) Difficulties in learning mathematics in the material of time measurement include: difficulty in determining time units, calculating skills and difficulties in understanding the concept of time measurement. (b) Factors affecting the difficulty of learning mathematics in the time measurement material are internal factors including student attitudes, physical health, and motivation to learn mathematics. Meanwhile, external factors include teaching variations, use of media and infrastructure.
IMPLEMENTASI METODE MULTISENSORI UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA DI SD NEGERI KESTALAN Sulistyanti, Antika Dian; Yusuf, Yusuf; Sarafuddin, Sarafuddin
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.4032

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 3) kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran jarak jauh belum terlaksana dengan optimal. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran secara langsung pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata 80, aspek psikomotorik menunjukkan nilai rata-rata 84, dan aspek afektif menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh hasil belajar peserta didik meningkat, rata-rata aspek kognitif menjadi 83, rata-rata aspek psikomotorik menjadi 82, penilaian afektif menunjukan hasil yang bagus. (3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI SD NEGERI BANYUANYAR 3 SURAKARTA Halimah, Noer; Sutoyo, Sutoyo; Prihastari, Ema Butsi
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.4048

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) sejauh mana kemampuan menganalisis pemecahan masalah pada soal cerita peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta, 2) faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika peserta didik di SD Negeri Banyuanyar 3 Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Peserta didik dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. Peserta didik dengan kategori sedang peserta didik mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik, namun masih salah dalam menghitung pada penyelesaiannya. Sedangkan peserta didik dengan kategori rendah belum mampu menyelesaikan tes soal cerita dengan indikator pemecahan masalah dengan baik. (2) Faktor yang mempengarui kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika adalah faktor pemahaman peserta didik dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika.
ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK Fatmawati, Lina Widya; Suryanti, Hera Heru Sri; Widyaningrum, Ratna
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.4067

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 2) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19, 3) kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik sebelum dan sesudah masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan pembelajaran secara langsung yang dilakukan oleh guru sudah berjalan dengan baik, namun pada pembelajaran jarak jauh belum terlaksana dengan optimal. (2) Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran secara langsung pada aspek kognitif menunjukkan nilai rata-rata 80, aspek psikomotorik menunjukkan nilai rata-rata 84, dan aspek afektif menunjukkan hasil yang bagus. Sedangkan pada pembelajaran jarak jauh hasil belajar peserta didik meningkat, rata-rata aspek kognitif menjadi 83, rata-rata aspek psikomotorik menjadi 82, penilaian afektif menunjukan hasil yang bagus. (3) Faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN GALANG PERSAHABATAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR Chasanah, Fitrotul; Purnamasari, Iin; Rais, Rahmat
Jurnal Sinektik Vol 4, No 1 (2021): JURNAL SINEKTIK: JUNI-2021
Publisher : Elementary School Teacher and Education (PGSD), Faculty of Teacher Training and Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33061/js.v4i1.5281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan Galang Persahabatan, menemukan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan Galang Persahabatan dan mendiskripsikan pola pendidikan karakter dalam kegiatan Galang Persahabatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang dilakukan di Sekolah Dasar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan Galang Persahabatan di Kecamatan Gaayamsari dilakukan sebagai upaya menumbuhkan karakter anak untuk menghindari adanya kenakalan dan tindakan kekerasan sesama anak. 2) nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam kegiatan Galang Persahabatan antara lain: religius, disiplin, jujur, kreatif, kerja keras/gotong royong, cinta tanah air, cinta damai, tanggung jawab dan bersahabat/berkomunikasi. 3) pola pendidikan karakter dalam Galang Persahabatan melalui olahraga, seni, cerdas cermat, pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

Page 1 of 1 | Total Record : 10