cover
Contact Name
Muhammad Rizky Nur Prakoso
Contact Email
muh.rizkynp@gmail.com
Phone
+6285647337639
Journal Mail Official
medikons.bkunisri@gmail.com
Editorial Address
muh.rizkynp@gmail.com ahmadjawandi@gmail.com
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
MEDI KONS: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling UNISRI Surakarta
ISSN : 2528424X     EISSN : 2686651X     DOI : 10.33061
Core Subject : Education,
Medikons, publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling. Every submitted manuscript will be reviewed by at least peer-reviewers using blind review method. Medikons publishes articles on practice, theory, and research in all areas of Guidance and Counseling also education related to Guidance and Counseling which includes, but is not limited to : Personal Guidance and Counseling Social Guidance and Counseling Career Guidance and Counseling Academic Guidance and Counseling School Guidance and Counseling Guidance and Counseling in Higher Education Assessment in Guidance and Counseling Group Guidance Group Counseling Individual Counseling Multicultural Counseling Behavior Analysis and Modification Guidance and Counseling for Disabled Evaluation and Supervision in Guidance and Counseling Guidance and Counseling Management Career Planning Psychological Assessment Communication Techniques Mental Hygiene Media of Guidance and Counseling Information Technology in Guidance and Counseling Family Counseling
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 11 Documents clear
PENGARUH LAYANAN INFORMASI ETIKA KOMUNIKASI TERHADAP SIKAP SOPAN SANTUN PESERTA DIDIK KELAS VII C DI SMP NEGERI 2 TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Suryanti, Hera Heru Sri; Harjanti, Titik
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.308 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi etika komunikasi terhadap sikap sopan santun peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII C SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Sedangkan sampel yang di gunakan berjumlah 32 siswa. Teknik sampling yang di gunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulan data tentang sikap sopan santun peserta didik, dokumentasi digunakan untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian, sedangkan observasi digunakan untukmengumpulkan data dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Teknik analisi data yang digunakan t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan ttes diperoleh hasil nilai t sebesar 9,387. Selanjutnya nilai thitung tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan db = (N-1) = (32-1) = 31 pada taraf signifikansi 5% = 2,045. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil = 9,387 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% = 2,045, dengan demikian Hipotesis yang berbunyi ?Ada Pengaruh Layanan Informasi Etika Komunikasi Terhadap Sikap Sopan Santun Peserta Didik Kelas VII C Di SMP Negeri 2 Tasikmadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2018/2019? diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.  Kata Kunci : Layanan Informasi, Etika Komunikasi, Sikap Sopan Santun
PENGARUH LAYANAN INFORMASI TENTANG MANAJEMEN WAKTU TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA FULL DAY SCHOOL KELAS X TKJ SMK BATIK 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Septiana, Winda; Kusumaningtyas, Lydia Ersta
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.604 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan desain penelitiannya adalah non eksperimental. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket, observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji t (ttest). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta yang berjumlah 93 siswa dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa (kelas X TKJ) dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling secara acak mengambil 10 anak dari setiap kelas X TKJ 1, X TKJ 2 dan X TKJ 3. Dari data yang terkumpul, setelah dianalisis diperoleh thitung sebesar 13,5577   kemudian dibandingkan dengan ttabel2,048 dalam taraf signifikansi 5% dan d.b = (N-1) = (30-1) diperoleh angka 29. Dengan demikian thitung> ttabel(13,5577 > 2,048). Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi tentang manajemen waktu meningkatkan kemandirian siswa Full Day School kelas X TKJ SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian tersebut mengarahkan rekomendasi diharapkan guru bimbingan dan konseling di SMK Batik 1 Surakarta hendaknya dapat memberikan pelayanan yang menarik terhadap siswa terutama yang berkaitan dengan kemandirian siswa agar tidak lelah dalam pembelajaran walaupun Full Day School. Hal itu dapat dilakukan, salah satunya melalui informasi tentang Manajemen Waktu. . Kata kunci : Layanan informasi tentang manajemen waktu terhadap kemandirian siswa full day school.
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP PENINGKATAN KERJASAMA SISWA PADA KELAS X IPS 3 DI MAN 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Qodriyatun, Isnaini Rahmah; Suryanti, Hera Heru Sri
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.798 KB)

Abstract

 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Film Terhadap Peningkatan Kerjasama Siswa Pada Kelas X IPS 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.  Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, populasinya adalah kelas X IPS 3 MAN 1 Surakarta yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X IPS 3 MAN 1 Surakarta dengan jumlah 37 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan jumlah 37 siswa di kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk memperoleh data mengenai tingkat kerjasama siswa sebelum dan setelah diberikan layanan. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data-data tentang siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus t-tes.  Berdasarkan dari analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan klasikal menggunakan media film terhadap peningkatan kerjasama siswa pada kelas X IPS 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil  nilai thitung sebesar 10,889 yang kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dengan d.b = (N-1). Jadi (37-1) = 36 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,030. Jadi dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel atau 10,889 > 2,030. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan  bahwa ?Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Film Terhadap Peningkatan Kerjasama Siswa Pada Kelas X IPS 3 di MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019? dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.  Kata Kunci : Layanan Bimbingan Klasikal, Media Film, Kerjasama.  
PENGARUH LAYANAN MEDIASI TERHADAP PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 GONDANGREJO TAHUN PELAJARAN 2015-2016 nugroho, wahyu
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.047 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan mediasi terhadap perilaku bullying pada kelas IX SMP N 2 Gondangrejo tahun pelajaran 2015/2016.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian  kualitatif,  dengan  strategi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan sumber data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer berupa hasil wawancara dengan klien yang sedang berkonflik. Data sekunder berupa buku catatan kenakalan siswa, dokumen Guru BK, dan melalui wawancara dengan Guru BK dan teman sekelas. Subjek penelitian adalah kelas IX A SMP N 2 Gondangrejo yang berjumlah 2 siswa, 1 orang sebagai pelaku dan 1 orang sebagai korban bullying. Sementara obyek penelitian berupa perilaku bullying melalui layanan mediasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data kemudian kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan mediasi dapat mengurangi perilaku bullying. Keberhasilan ini dapat dilihat melalui indikator keberhasilan yang menunjukan berkurangnya perilaku bullying. Berdasarkan perubahan yang terjadi antara pelaku dan korban bullying maka telah membuktikan bahwa pada penelitian dengan menggunakan layanan mediasi efektif untuk mengurangi perilaku bullying siswa kelas IX A SMP N 2 Gondangrejo tahun ajaran 2015/2016  Kata kunci : layanan mediasi, perilaku bullying  
HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN GURU BK DENGAN PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 1 COLOMADU TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Afriyanto, Fery; Suryanti, Hera Heru Sri
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.811 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ?Untuk mengetahui Ada tidaknya Hubungan antara Keteladanan Guru BK dengan Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019?.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Dari jumlah anggota populasi tersebut 31 siswa digunakan sebagai sampel penelitian secara keseluruhan karena teknik yang digunakan peneliti adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Angket keteladanan guru BK sebanyak 34 butir soal dan angket perilaku sopan santun sebanyak 36 butir soal. Teknik analisis data dengan korelasi product moment.  Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh rhitung sebesar 0,627. kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan harga rtabel dengan N = 31 diperoleh angka sebesar 0,355 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian rhitung> rtabel, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ?adahubungan antara keteladanan guru BK dengan perilaku sopan santun siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Pelajaran 2018/2019? dapat diterima kebenarannya.  Kata Kunci :Keteladanan Guru BK, Perilaku Sopan Santun.  
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP BELAJAR EFEKTIF (Penelitian Pada Siswa Kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019) Yulianti, Fina; Kusumaningtyas, Lydia Ersta
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dengan media audio visual terhadap belajar efektif pada siswa kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta TahunPelajaran 2018/2019.  Bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 30 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas X AKL 1 dan X AKL 2 SMK Batik 1 Surakrta dengan teknik proporsional random Sampling, sehingga penulis mengambil sampel masing-masing 15 siswa dari kelas tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, dan observasi sebagai metode bantu. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data mengenai belajar efektif siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi dengan media audio visual, teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data-data siswa kelas X AKL. Sedangkan metode observasi digunakan untuk memperkuat data informasi dari pihak sekolah. Teknikanalisis data dalampenelitianinimenggunakanrumus t-test.  Berdasarkan analisis data dengan menggunakan t-test diperoleh nilai t sebesar 11,393. Selanjutnya t hitung tersebut dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N ? 1), maka d.b = (30 ? 1) = 29 dalam taraf signifikansi 5% yaitu 2,048. Sehingga dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel  atau 2,048 < 11,393. Dengan demikian hipotesis kerja yang berbunyi ?Ada Pengaruh Layanan Informasi dengan Media Audio Visual terhadap Belajar Efektif Pada Siswa Kelas X  AKL SMK Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019?. Diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.  Kata Kunci : Layanan Informasi dengan Media Audio Visual Terhadap Belajar Efektif
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA FILM TERHADAP KEWASPADAAN SISWA TENTANG PELECEHAN SEKSUAL DI KELAS VIII-C SMP N 1 MATESIH TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Fahmi, Fahreza Ali; Suryanti, Hera Heru Sri
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.17 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan informasi dengan media film terhadap kewaspadaan siswa tentang pelecehan seksual di kelas VIII-C SMP N 1 Matesih tahun pelajaran 2018/2019.  Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII-C SMP N 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 siswa.  Sedangkan sampel yang di gunakan sampel total yang berjumlah 33 siswa . teknik sampling yang di gunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Metode angket dipergunakan untuk mengumpulan data tentang kewaspadaan pelecehan seksual, sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data kegiatan selama penelitian. Teknik analisi data dengan t-tes. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan  diperoleh hasil nilai t sebesar 9,75. Selanjutnya nilai tersebut dikonsultasikan dengan dengan db = (N-1) = (33-1) = 32 pada taraf signifikansi 5% = 2,036.  Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil =9,75 lebih besar dari pada taraf signifikansi 5% =2,036, dengan demikian Hipotesis  yang berbunyi ?Ada Ada Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan Seksual di Kelas VIII-C SMP Negeri 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019? diterima kebenarannya, pada taraf signifikansi 5%.  Kata Kunci : Layanan Informasi Dengan Media Film, Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan seksual
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN MEDIA FILM TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JURUSAN KELAS X AKL SMK BATIK 1 SURAKARTA Prasetyo, Dhanu; Kusumaningtyas, Lydia Ersta
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.262 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019?. Surakarta, Mei 2019.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL di SMK Batik I Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 54 siswa dan siswa X AKL SMK Batik 2 Surakarta, dimana siswa X AKL SMK Batik I sebagai kelas penelitian dan siswa X AKL Batik 2 sebagai kelas uji coba tryout angket. Dari jumlah anggota populasi tersebut semua digunakan sebagai sampel penelitian. Dengan demikian teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pokok dan metode bantu. Metode pokok yang terdiri dari angket dan dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan dokumentasi kegiatan selama penelitian, metode bantu yang terdiri dari observasi dan wanwancara dipergunakan untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa dan kendala dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Teknik analisis data dengan t-tes.  Berdasarkan analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa ?Ada Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019?. Ini dibuktikan dengan t hitung = 8,061 dikonsultasikan dengan t tabel dengan d.b = (N-1) = (54-1)  = 53 dalam taraf signifikansi 5% di peroleh =2,006 . Jadi dapat disimpulkan t hitung lebih besar dari t tabel atau 8,061> 2,006. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ?AdaPengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Media Film Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jurusan Kelas X AKL SMK BATIK 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019?, terbukti kebenarannya pada taraf signifikansi 5%.  Kata kunci : Layanan penguasaan konten, Media film, Prestasi belajar  
PERAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK REALITAS DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK PANTI ASUHAN KARUNA PUTRA GENTAN SUKOHARJO TAHUN 2019 Haya, Veronika; Koesdyantho, Agustinus R
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (417.582 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran konseling individu teknik realitas dalam meningkatkan sikap tanggung jawab pada anak panti asuhan Karuna putra Gentan Sukoharjo tahun 2019.  Penelitian ini dilaksanakan di Panti Asuhan Karuna Putra Gentan Sukoharjo tahun 2019. Metode penelitian berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan 3anak  yang menjadi subjek serta beberapa pihak yang menjadi narasumber. Sedang objek penelitian adalah sikap tanggung jawab anak panti. Untuk menguji data digunakanteknik triangulasi data, sedangkan analisis data yang ditempuh dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.   Dari hasil wawancara dan observasi dapat diketahui bahwa dengan  teknik realitas yaitu dengan memberikan motivasi dan penyadaran  akan keberadaan dan potensi diri maka  ada peningkatan  dalam sikap tanggung jawab dari 3 subjek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik realitas cukup efektif untuk meningkatkan sikap tanggung jawab.  Kata kunci : Konseling individu, teknik realitas, tanggung jawab.
EFEKTIFITAS PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR THERAPY DALAM MENGATASI PELANGGARAN TATA TERTIB SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019) PRADANA, DANU PUTRA
Medikons : Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Slamet Riyadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.43 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy dalam mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII  SMP Negeri 2 Gondangrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa siswa kelas VIII, yang perilaku sering melanggar tata tertib sekolah. Sedangkan obyeknya adalah layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavior therapy. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif (interactive model of analysis). Model ini mempunyai tiga komponen yaitu data reduction, data display dan data conclusion drawing.  Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan perilaku tidak mematuhi tata tertib sekolah siswa kelas VIII yang berinisial AIS, LWN dan RAS. AIS yang awalnya sering mengerjakan PR, dan sering bolos  sekolah. Perlahan-lahan perilaku seperti itu mulai berkurang bahkan AIS sekarang lebih rajin dalam mengerjakan PR dan tidak lagi mau bolos sekolah.  Begitu juga dengan LWN dan RAS yang awalnya sering terlambat masuk kelas, pas pelajaran yang tidak disukai selalu minta ijin untuk keluar, dan bolos sekolah. Sekarang, perlahan-lahan kebiasaan LWN dan RAS bisa berkurang bahkan LWN dan RAS bisa lebih awal masuk kelas serta tidak lagi sering keluar kelas saat pelajaran berlangsung. LWN dan RAS juga tidak lagi berani bolos sekolah.   Kata kunci: Konseling  Kelompok  Pendekatan Behavior Therapy, Tata Tertib Sekolah

Page 1 of 2 | Total Record : 11