cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
ISSN : 23551356     EISSN : 25795015     DOI : -
Core Subject : Education,
The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on language, literature and learning. This journal is published twice a year: February and August; first published in February 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023" : 7 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN GAGASAN UTAMA DI KELAS IV SDN SIMOMULYO I SURABAYA Dea Selvi Tri Anggraini
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4716

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan tidak mampunya siswa dalam menentukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sebelum diterapkannya model pembelajaran STAD, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sesudah diterapkannya model pembelajaran STAD, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I Surabaya yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menentukan gagasan utama sebelum menggunakan model pembelajaran STAD tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 40. Kedua, kemampuan menentukan gagasan utama sesudah menggunakan model pembelajaran STAD tergolong baik karena nilai rata-rata kelas sebesar 80. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan gagasan utama karena nilai signifikansi hasil perhitungan SPSS = 0,000 kurang dari 0,05 dan t hitung = 14,786 lebih besar daripada t tabel = 2,042.
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS WEB WORDWALL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS II SDN BEJI 01 JENU TUBAN Taritsa Nadya Meisavitri
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4717

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pengembangan alat evaluasi, (2) menganalisis tingkat keefektifan alat evaluasi dan (3) menganalisis tingkat kepraktisan alat evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: (1) Analysis (Analisis), (2) Design (Desain), (3) Development (Pengembangan), (4) Implementation (Implementasi), dan (5) Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian terdiri dari 5 peserta didik dari kelas II B SDN Beji 01 yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling, serta 3 orang ahli (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media) sebagai subjek penelitian lainnya. Data penelitian diperoleh melalui instrumen wawancara guru kelas, angket validasi yang dilakukan oleh tiga orang ahli, serta angket respons dari guru dan peserta didik. Hasil validasi menunjukkan persentase kevalidan materi sebesar 93%, kevalidan bahasa sebesar 92%, dan kevalidan media sebesar 92%, yang memenuhi kriteria "sangat valid" atau sangat layak untuk diujicobakan. Selain itu, hasil angket respons siswa menunjukkan persentase sebesar 95%, sedangkan angket respons guru menunjukkan persentase sebesar 93%, yang memenuhi kriteria "sangat efektif" dan menunjukkan kepraktisan alat evaluasi. Pendapat guru juga menunjukkan penggunaan alat evaluasi ini dianggap praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis web Wordwall ini layak digunakan dan diketahui valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik kelas II SDN Beji 01.
HUBUNGAN KETERAMPILAN MEMAINKAN INSTRUMEN MUSIK DENGAN APRESIASI MUSIK SENI BUDAYA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KEMBANGBAHU LAMONGAN Choridatu Zuhriyah Jannah
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik seni budaya Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 6 (enam) kelas yang berjumlah 179 siswa. Teknik penentuan ukuran sampel menggunakan teknik slovin yang didapatkan sebanyak 124 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes keterampilan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment pearson dengan bantuan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data menggunakan uji korelasi product moment pearson diketahui bahwa hasil perhitungan koefisien korelasi pearson sebesar .376**. Artinya, besar korelasi antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik sebesar 0,376 atau korelasi cukup. Nilai signifikan yang didapatkan sebesar 0,000, kriteria keputusannya kurang dari 0,05 berarti terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan memainkan instrumen musik dengan apresiasi musik. Angka korelasi hasilnya positif, yaitu 0,376 maka kedua variabel bersifat searah. Dengan demikian, maka hipotesis yang diajukan “Ada hubungan yang Signifikan antara Keterampilan Memainkan Instrumen Musik dengan Apresiasi musik Seni Budaya Kelas VIII SMP Negeri 1 Kembangbahu Lamongan.”. dapat dibuktikan kebenarannya
PEMBELAJARAN VOKAL BERBASIS MASALAH PADA ANAK USIA DINI DI TIRANDO MUSIC EDUCATION SURABAYA Zakiyyah Ajeng Widiastuti
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4739

Abstract

Tirando Music Education merupakan lembaga kursus musik yang berada di Surabaya. Tirando memiliki pengajar yang ahli di bidangnya dikarenakan semua pengajar di Tirando diharuskan untuk memiliki latar belakang pendidikan Musik. Program belajar di Tirando Music Education terdiri berbagai instrumen seperti piano, keyboard, saxophone, gitar, trumpet, violin, drum dan juga vokal. Semua program pembelajaran diperuntukkan bagi seluruh kalangan usia. Salah satu rentang usia yang menjadi mayoritas peserta didik di Tirando Music Education, adalah anak usia dini. Anak usia dini adalah anak – anak dengan rentang usia 0 – 8 tahun yang masih berada dalam proses tumbuh kembang, serta memiliki karakteristik sifat yang khusus dan unik sehingga memerlukan perhatian khusus saat proses pembelajaran. Sebagian besar peserta didik usia dini di Tirando, mengambil instrumen vokal dikarenakan dianggap paling praktis, dapat langsung dipraktekkan, sesuai dengan keadaan fisik, dan tidak perlu memiliki alat musik terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran berbasis masalah di Tirando Music Education beserta hasil pembelajarannya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara terstrukur, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan menyatakan bahwa pembelajaran vokal berbasis masalah dinilai efektif dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masing – masing peserta didik (mood, konsentrasi, kurang percaya diri, intonasi, artikulasi, power, tempo, pernapasan, dinamika, dan hafalan lirik). Hal ini dikarenakan beragam cara dan solusi yang diterapkan membuat pengajar tidak menggeneralisir permasalahan peserta didik dan lebih fokus kepada masing – masing individu yang kemudian berdampak pada meningkatnya hasil pembelajaran peserta didik pada setiap pertemuan dengan berbagai indikator meliputi (postur badan, teknik nafas, pemenggalan kata, ketepatan nada, artikulasi/pengucapan, dinamika, membaca notasi angka/balok, ekspresi/penjiwaan, tempo dan power). Penilaian dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata peningkatan pada anak dari penilaian awal hingga penilaian akhir adalah 4,4 dan tiap pertemuan kedua adalah 4,7 dan pertemuan ketiga adalah 4,1. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran vokal pada anak usia dini di Tirando Music Education memiliki kualitas yang baik dan pengajar berhasil menerapkan solusi – solusi bagi setiap permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik mereka.
REDUPLIKASI SELURUH DALAM SURAT KABAR ONLINE LIPUTAN6.COM Yunita Suryani
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4778

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengulangan seluruh dalam surat kabar online liputan6.com edisi Maret 2023. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata reduplikasi dari surat kabar online liputan6.com edisi Maret 2023. Menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan membaca, dokumentasai, dan mencatat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik padan dan agih. Hasil penelitian ini terdapat 26 kata reduplikasi seluruh dengan 8 kata yang digunakan dalam penelitian. Pada penelitian ini kata reduplikasi seluruh terbagi 3 sesuai dengan fungsi dan makna kata yaitu: dapat mengubah bentuk kata benda menjadi kata kerja, dapat mengubah kata sifat menjadi kata keterangan, dan mengubah bentuk tunggal menjadi jamak.
MAKNA MANTRA TRADISI KOLEMAN DI KABUPATEN TUBAN Yunita Suryani
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4779

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna mantra tradisi koleman di Desa Pucangan Kecamatan Montong dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan mengaitkan dengan pengaruh kehidupan masyarakat setempat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni, observasi, wawancara, rekam dan catat. Metode analisis menggunakan bagan semiologi Roland Barthes dan disertai dengan metode kualitatif deskriptif (menerjemahkan, identifikasi, klasifikasi dan interpretasi). Mantra yang digunakan ada dua jenis yakni mantra dalam bentuk bahasa Jawa dan dalam bentuk Bahasa Arab. Sehingga penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, dalam mantra tradisi koleman memiliki tanda-tanda yang memiliki makna sendiri-sendiri. Kedua jenis mantra yang sudah dikelompokkan, mantra tradisi koleman berfungsi sebagai sarana komunikasi dengan Tuhan dan makhluk gaib (Dewi Sri dan Sunan Kali Jaga).
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT SAMPIRIL TAURUS TAMAJI
EDU-KATA Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023
Publisher : Program Pascasarjana Universitas Islam Darul `Ulum Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52166/kata.v9i2.4948

Abstract

ABSTRAK Artikel ilmiah ini adalah hasil penelitian studi pustaka (library research), yang berjudul media pembelajaran berbasis IT. Penelitian untuk menjelaskan tentang pengertian media pembelajaran dan pengertian komputer sebagai media pembelajaran Data penelitian ini diperoleh dari beberapa kitab atau buku literatur yang mengungkapkan tentang evaluasi pembelajaran Bahasa arab berbasis hots. Penelitian tersebut di analisis menggunakan Teknik deskriptif analitis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwasannya Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi. Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert) saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga Pendidikan jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang segera kepada pemakainya. Media berbasis komputer memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam pendidikan dan pelatihan. Peran komputer sebagai pembantu dalam tambahan belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan atau keduannya dikenal sebagai modus CAI (Computer Assisted Instruction). Kata kunci: Media Pembelajaran Berbasis IT

Page 1 of 1 | Total Record : 7