cover
Contact Name
Muhammad Bambang Firdaus
Contact Email
bambangf@fkti.unmul.ac.id
Phone
+6282352158682
Journal Mail Official
jurti.unmul@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
JURNAL REKAYASA TEKNOLOGI INFORMASI
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 2580667X     EISSN : 25798790     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Merupakan sarana bagi peneliti di bidang informatika untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Dengan periode terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Bernaung di bawah Jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FKTI) Universitas Mulawarman, dimana Dewan Redaksi Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) terdiri dari Dosen Teknik Informatika dalam bidang konsentrasi yang beragam antara lain yaitu Kecerdasan Buatan, Rekayasa Perangkat Lunak, Komputasi, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia dan sebagainya yang relevan terhadap disiplin ilmu Teknik Informa
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)" : 12 Documents clear
Perbandingan Karya Foto Menggunakan Kamera Smartphone dan Professional pada Instagram Queenera Dessert Fadli Suandi; Jestika Elisabeth Simatupang
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.6736

Abstract

 Queenera Dessert merupakan salah satu home industry (usaha rumahan) di kota Batam yang memproduksi aneka dessert (makanan penutup). Selama ini foto Instagram produk makanan Queenera Dessert dipotret menggunakan kamera professional, oleh karena itu penulis ingin melakukan perbandingan hasil foto produk menggunakan kamera smartphone. Metode pada penelitian ini mencakup 3 tahapan, yaitu: 1) Metode penciptaan sebagai landasan proses pengambilan gambar. 2) Teknik pengumpulan dataset statistik untuk mengetahui hasil insight pengguna Instagram terhadap foto produk makanan yang dipotret menggunakan kamera smartphone dan kamera profesional. 3) Metode statistik deskriptif agar didapatkan perbandingan ketertarikan pengguna Instagram terhadap hasil foto produk makanan menggunakan kamera smartphone dan kamera profesional. Secara keseluruhan insight dari penelitian ini adalah: (1) Rata-rata reach dari foto menggunakan kamera smartphone memperoleh hasil sebesar 490,6 mengungguli hasil foto menggunakan kamera profesional yang memperoleh rata-rata reach sebesar 457,8; (2) Rata-rata impression dari foto menggunakan kamera smartphone sebesar 603,2 mengungguli hasil foto menggunakan kamera profesional yang memperoleh rata-rata impression sebesar 559,2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kamera smartphone mampu menghasilkan foto produk kuliner yang menarik dan dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk memotret produk makanan sehingga dapat membantu pelaku usaha home industry (usaha rumahan) di bidang kuliner dalam mengenalkan produk usahanya di media sosial. 
Klasifikasi Senjata Tradisional Mandau Suku Dayak Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Berdasarkan Fitur Bentuk dan Tekstur Masna Wati; Edy Budiman; Anindita Septiarini; Evi Wildana
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.7015

Abstract

Mandau adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Mandau memiliki ukiran-ukiran di bagian bilahnya yang tidak tajam. Sering juga dijumpai tambahan lubang-lubang di bilahnya yang ditutup dengan kuningan atau tembaga dengan maksud memperindah bilah Mandau. Mandau memiliki kemiripan serta ciri khas yang membedakan dari masing-masing suku Dayak. Rumpun suku Dayak terbagi menjadi beberapa suku diantaranya Dayak Kenyah, Dayak Tunjung, Dayak Mahah dan Dayak Benuaq. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi jenis Mandau menggunakan metode Naive Bayes Classifier berdasarkan fitur bentuk dan tekstur pada citra Mandau. Pada ektrstraksi fitur bentuk menggunanakan parameter Metric dan Eccentricity. Pada ekstraksi fitur tekstur menggunakan parameter Contrast, Correlation, Energy, dan Homogeneity. Data yang digunakan terdiri atas 4 jenis citra Mandau yaitu Mandau Dayak Kenyah, Mandau Dayak Mahah, Mandau Dayak Benuaq dan Mandau Dayak Tunjung, dimana masing-masing jenis Mandau terdiri 12 citra. Pengujian hasil klasifikasi Mandau menunjukkan bahwa dengan menggunakan rasio data training 70% dan data testing 30% menghasilkan tingkat akurasi terbaik sebesar 87.5%.
Sistem Informasi Geografis Praktek Dokter (Studi Kasus: Kota Samarinda) Andi Tejawati; Andi Muhammad Redha Putra Hanafiah
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.6604

Abstract

Membantu dan memudahkan masyarakat di Samarinda menemukan tempat praktek dokter yang mereka butuhkan diperlukan suatu sistem yang dapat mempermudah dalam mencarinya. Sistem tersebut adalah Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter di Samarinda Berbasis Web. Tujuan Penelitian ini adalah membuat Sistem Informasi Geografis untuk mempermudah masyarakat menemukan tempat praktek dokter yang ada di Samarinda. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi literature dan observasi dalam pengumpulan data. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan framework laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan database server MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian black-box. Setelah mengumpulkan data yang dibutuhkan, melakukan analisis, perancangan, pembuatan serta pengujian Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter di Kota Samarinda, dibuatlah sebuah sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter di Kota Samarinda yang didalamnya dapat dilakukan proses input, ubah dan hapus data dokter, tempat praktek dan data Admin. Sistem Informasi Geografis Tempat Praktek Dokter di Kota Samarinda ini juga dapat menampilkan detail lokasi tempat praktek dengan akurat melalui Peta digital yang dapat membantu user untuk melakukan pencarian lokasi tempat praktek berdasarkan lokasi kelurahan dan nama tempat praktek.
Pembelajaran Dalam Jaringan Berbasis Web pada MAN 1 Pasewaran Lampung Lathifah Lathifah
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.6716

Abstract

            Maraknya penyebaran virus covid-19 menyebabkan aktifitas mobile seluruh masyarakat terhentikan, masyarakat dipaksa untuk beradaptasi dengan seluruh kegiatan online guna membatasi penyebaran virus covid-19. Dunia pendidkan ikut terkena imbas dari kegiatan online, semula kegiatan belajar mengajar dilakukan dengan carat atap muka bertemu langsung, saat ini hanya bisa dilakukan tatap muka didunia maya saja. Tujuan dilakukan penelitian ini agar mempermudah para guru serta siswa dalam mengakses materi, absensi, kuis, ujian, serta menampilkan nilai secara langsung menggunakan perangkat lunak MOODLE sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan lancar tanpa ada kendala. Adapun metode penelitian yang dilakukan disini menggunakan data kualitatif, kemudian diolah serta diterapkan dalam pembuatan perangkat lunak MOODLE. Metode pengujiannya menggunakan ISO 25010 yang mengacu pada aspek Functionality Suitability memiliki 3 bagian yaitu functional Comletness 85%, functional Apporpriatness 90%, functional Correctness 90% sehingga bisa kita lihat hasil tersebut semuanya telah sesuai dengan aspek yang ada. Pada aspek Usability memiliki 6 bagian yaitu Appropriatness recognizability 64,8%, operability 64%, learnability 76%, user interfaces aesthetic 76%, user error protection 88%, accessibility 74,6%. Hasil dari persentasi keseluruhan bisa kita lihat bahwa aplikasi pembelajaran dalam jaringan berbasis web menggunakan aplikasi perangkat lunak MOODLE rata-rata telah sesuai dengan standar ISO 25010.
Implementasi Internet of Things Pada Sistem Pencarian Parkir Berbasis Mikrokontroller Node-MCU Aqmarina Nur Alifiani Subingat; Nataniel Dengen; Anton Prafanto; Medi Taruk
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.7070

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan pengguna yang sedang mencari parkir untuk melakukan pencarian parkir dari luar lokasi pada berbagai lokasi yang ingin dituju. Tujuan penelitian tersebut dapat dicapai dengan mengimplementasikan Internet of Things pada sistem pencarian parkir berbasis NodeMCU yang nantinya sistem yang di hasilkan berupa website untuk monitoring dari berbagai lokasi yang terdaftar. Untuk membangun sistem pencarian parkir berbasis NodeMCU ini perlu menyambungkan antara perangkat yang berupa rangkaian sensor dan mikrokontroller dengan perangkat lunak yang dibangun menggunakan Web-server yang mendukung. Web-server yang digunakan adalah Thinger.io dimana model implementasi yang digunakan adalah REST API. Perangkat keras nantinya akan mengirim data ke Web-server menggunakan wi-fi yang terdapat pada NodeMCU dan sistem nantinya mendapatkan data dari Web-server dengan mendaftarkan Api dan memasukkan token. Pada penelitian ini objek akan terdeteksi jika objek berjarak 5 cm dari sensor dan objek diam selama 5 detik. Sementara dari hasil pengujian dan implementasi Internet of Things yang telah di lakukan mikrokontroller NodeMCU dapat di implementasi kan dengan baik dan mampu memudahkan pengguna yang sedang mencari parkir karena sistem akan selalu diperbarui selama 5 detik sekali dan perangkat akan membaca adanya objek dalam waktu 5 detik sekali dan sistem dapat diakses dari luar lokasi (online).
Pengaruh Iklan Dewasa Pada Gadget Terhadap Anak Saat Pandemi Covid-19 Zeki Kurniadi; Diky Daryanto; Esi Tri Emerlada; M. Khairul Anam
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.6755

Abstract

Dimasa pandemi banyak pembelajaran dilakukan secara daring sejak masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) pada tahun 2020 untuk menjaga penyebaran Covid-19. Pembalajaran daring identik dengan gadget sebagai teknologi yang banyak dipakai untuk mengakses materi pembelajaran dari internet. Pengunaan internet oleh anak ketika sedang belajar terkadang tidak selalu mendapat pengawasan orang tua, sehingga ketika anak mencari referensi melalui situs atau aplikasi untuk mencari jawaban pembelajaran terkadang muncul iklan yang mengandung konten dewasa, hal ini dapat menimbulkan dampak buruk pada anak diantaranya menjadikan anak tertarik untuk melihat iklan konten dewasa tersebut, dikhawatirkan anak kedepannya juga tertarik untuk mencontoh apa yang dilihat pada iklan konten dewasa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan gadget dengan dampak yang ditimbulkan pada anak usia Sekolah Dasar di Pekanbaru, menggunakan metode Cross Sectional untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan gadget dengan dampak negatif yang ditimbulkan dari iklan yang mengandung konten dewasa. Uji hipotesis pada pengujian (H3) diketahui nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 120,091 > F tabel 3,04 sehingga diketahui terdapat pengaruh H1 dan H2 secara simultan terhadap H1a dan H1b, ini menandakan bahwa ada keterkaitan antara penggunaan gadget dengan pengaruh iklan dewasa pada gadget yang digunakan anak.
Analisis Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Metode Unified Theory of Acceptance And Use of Technology (UTAUT) Rosmasari Rosmasari; Fahrul Agus; Ismail Ismail
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.7071

Abstract

Teknologi informasi menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan saat ini. Dengan adanya teknologi bisa mempermudah dalam melakukan tugas sehari-hari, apalagi dalam masa pandemi seperti ini masyarakat dianjurkan untuk mengurangi aktifitas diluar rumah, namun pekerjaan atau tanggung jawab mereka harus tetap berjalan. Electronic Learning atau E-learning bertujuan untuk mempermudah seseorang dalam proses belajar mengajar. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat penerimaan mahasiswa terhadap Mulawarman Online Learning Sistem yang baru digunakan pada bulan Januari menggunakan metode Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Pengambilan sampel yang digunakan adalah seluruh mahasiswa Informatika angkatan 2017,2018 dan 2019 yang melakukan pembelajaran online menggunakan MOLS, dan diperoleh sebanyak 170 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan sotfware Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Versi 25. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) Performance Expectancy memiliki pengaruh terhadap User Acceptance; (2) Effort Expectancy memiliki pengaruh terhadap User Acceptance; (3) Social Influence memiliki pengaruh terhadap User Acceptance; (4) Facilitating Conditions memiliki pengaruh terhadap User Acceptance; (5) Social Influence memiliki pengaruh terhadap User Acceptance yang di moderasi oleh Gender. Dari hasil analisis dapat disimpulan bahwa tingkat penerimaan E-learning cukup tinggi.
Penerapan Sistem Pendukung Keputusan pada Penerimaan Santri Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada MTS Al Mahsyar Nurul Iman Tenggarong Aji Sudjai Aswar; Nathaniel Dengen; Pohny Pohny; Herman Santoso Pakpahan
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.868

Abstract

Dalam menentukan penerimaan santri baru, terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh individu sebagai tolak ukur pertimbangan seleksi yaitu hasil dari beberapa nilai tes diantaranya scholastik, kepondokan dan wawancara. Untuk membantu penyeleksian dalam menentukan calon santri yang akan diterima pada pesantren maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan sebagai alat penunjang yang praktis. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu mencari beberapa alternatif terbaik bedasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting). Penelitian  dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perankingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu calon santri terbaik dari yang terbaik dengan sistem yang praktis.
Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Pengurus OSIS menggunakan Metode Višekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR) Aulia Rahman; Dyna Marisa Khairina; Anindita Septiarini
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.7017

Abstract

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Samarinda selalu merekrut pengurus baru setiap tahunnya seiring dengan naiknya pengurus OSIS dikelas XI menuju kelas XII. Perekrutan pengurus OSIS baru MAN 2 Samarinda masih mengunakan cara manual dengan proses wawancara dan dalam hasil perekrutan yang telah dilakukan dinilai masih kurang objektif. Dalam memilih dan merekrut calon pengurus OSIS baru MAN 2 Samarinda dibutuhkan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) yang mampu memberikan rekomendasi berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan dan diharapkan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan yang tepat untuk masuk ke dalam pengurus OSIS MAN 2 Samarinda. Kriteria yang ditetapkan antara lain tes baca Al-Qur’an, tes tulis ayat Al-Qur’an, tes tertulis, tes fisik, dan tes wawancara. Adapun metode yang diterapkan dalam SPK pemilihan pengurus OSIS baru MAN 2 mengunakan metode Višekriterijumsko Kompromisno Rangiranje (VIKOR). Sistem ini menggunakan single user yaitu admin. Hasil keluaran yang ditampilkan berupa hasil pemeringkatan dari banyaknya data calon pengurus yang telah dimasukkan sebelumnya. Data yang diuji berjumlah 68 data lapangan dan 48 data yang sesuai setelah dibandingkan antara data dari sistem dan data calon pengurus OSIS MAN 2 yang diterima serta yang tidak diterima. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, diperoleh nilai akurasi sebesar 70,59 %.
Implementasi Algoritma Machine Learning Untuk Penentuan Cluster Status Gizi Balita Heni Sulastri; Husni Mubarok; Syifa Sefia Iasha
Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) Vol 5, No 2 (2021): Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI)
Publisher : Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30872/jurti.v5i2.6779

Abstract

Malnutrisi atau kekurangan gizi pada balita mempunyai efek jangka panjang dalam tumbuh kembang balita, baik tumbuh kembang secara fisik maupun secara mental. Balita akan mengalami berbagai hambatan dalam pertumbuhannya seperti terhambatnya pertumbuhan tulang dan tinggi badan, terhambatnya balita untuk belajar berjalan, berbicara hingga menyebabkan cacat sampai menyebabkan kematian. Di Indonesia, stunting atau gangguan kembang tumbuh anak yang disebabkan oleh gizi buruk mencapai 27.7% yang menandakan bahwasanya permasalahan gizi buruk di indonesia masih sangat tinggi. Hal ini menjadi dasar pentingnya pencatatan dan pengelompokan gizi balita untuk mengetahui tumbuh kembang dan gizi balita agar dapat mengurangi tingkat malnutrisi dan melakukan penanganan secara cepat. Pengelompokan gizi balita dapat dilakukan dengan menerapkan algoritma machine learning. K-Means merupakan algoritma machine learning yang bersifat partitional clustering yang banyak digunakan karena kesederhanaan dan efisiensinya. Pengelompokan gizi balita akan dikelompokkan berdasarkan 5 kelompok gizi balita dengan parameter yang digunakan berupa berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Hasil yang didapatkan  dari pengelompokan data gizi balita menggunakan algoritma K-Means clustering yaitu kelompok 1 merupakan balita dengan gizi buruk berjumlah sebanyak 8 data atau 27,59%. kelompok 2 menyatakan gizi kurang berjumlah 1 balita atau 3,45%. Kelompok 3 menyatakan jumlah balita yang termasuk kategori gizi baik berjumlah 6 atau sekitar 20,69. Kelompok 4 menyatakan gizi lebih pada balita berjumlah 8 atau 27,59%. Sedangkan untuk kelompok 5 menyatakan balita berkategori obesitas sebanyak 6 data atau 20,69% dari total data.

Page 1 of 2 | Total Record : 12