cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of Education and Learning
Published by Universitas Tidar
ISSN : 25985116     EISSN : 25985108     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING" : 7 Documents clear
DISCOVERY LEARNING BERBASIS ASSESSMENT LEARNING BERBASIS ASESMENT TINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V MEMAHAMI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG Isna Khotimah
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.812 KB) | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.1869

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar khususnya di SDN 1 Tegalsari Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, dianggap sebagai pelajaran yang paling sulit. Dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, sehingga menjadikan siswa  kurang aktif, siswa hanya menjadi pembelajar yang cenderung pasif sehingga situasi belajar menjadi membosankan, tidak menyenangkan, dan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Hal ini pun berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning berbasis assessment  learning berbasis assessment terhadap prestasi belajar matematika materi sifat bangun ruang dan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery learning berbasis assessment  learning berbasis assessment pada siswa kelas V SDN 1 Tegalsari. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai pedoman dan bahan pertimbangan dalam menerapkan metode discovery learning berbasis assessment  learning berbasis assessment dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif dan efektif dalam proses belajar matematika. Metode penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menginterpretasikan data dan membandingkan hasil penelitian tiap siklus dengan pendekatan persentase untuk mengukur capaian dari hasil  tindakan yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode discovery learning berbasis assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Tegalsari. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata-rata siswa yang selalu meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan metode discovery learning berbasis assessment  adalah rata-rata siswa pada pra siklus 61,29 dengan jumlah siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 10 anak dengan persentase 71%, sedangkan siswa yang tuntas ada 4 anak dengan persentase 29%. Pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 73,21, jumlah siswa yang belum mencapai KKM menurun menjadi 6 anak dengan persentase 43%, dan jumlah siswa yang tuntas KKM meningkat menjadi 8 anak dengan persentase 57%. Pada siklus II rata-rata siswa meningkat lagi menjadi 89,93, siswa yang belum tuntas KKM menurun menjadi 1 anak dengan persentase 7%, sedangkan siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 anak dengan persentase 93%.
PENANAMAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM INTEGRASI LITERASI DENGAN MEDIA KARTU KWARTET UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN BAGI SISWA MI MAARIF ARROSYIDIN Agnira Rekha; Firstya Evi Dianastiti; Riva Ismawati
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.331 KB) | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.2344

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu (a) mendeskripsi best practice program integrasi literasi dengan media kartu kwartet untuk meningkatkan pemahaman dan karakter cinta lingkungan bagi siswa, serta (b) mendeskripsi peningkatan pemahaman siswa ihwal literasi lingkungan. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif dengan tradisi studi naratif. Subjek penelitian yakni siswa kelas tiga MI Ma’arif Arrosyidin sejumlah 44 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2019. Integrasi pembelajaran dilaksanakan pada jam mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Muatan Lokal/Bahasa Asing. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, evaluasi hasil penilaian dan perubahan motivasi siswa, serta didukung dengan teknik wawancara.  Berdasarkan implementasi pembelajaran dan best practice yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penanaman pendidikan karakter cinta lingkungan dapat dilakukan dengan program integrasi literasi dengan media kartu kwartet. Kartu kwartet cinta lingkungan yang digunakan sebagai media pembelajaran memiliki lima seri, yaitu (1) ayo, cintai tanaman, (2) ayo, pelihara udara, (3) ayo, kenali sampah, (4) ayo, jaga air, dan (5) ayo, sayangi fauna. Selain adanya peningkatan ketertarikan siswa untuk belajar memahami lingkungan hidup,  terjadi pula meningkatkan kesadaran anak tentang fenomena kerusakan lingkungan dan aksi nyata yang dapat mereka lakukan untuk menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA PADA KOMPETENSI PERTIDAKSAMAAN RASIONAL DAN IRASIONAL Sugiyanto Sugiyanto; Arief Budi Wicaksono
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.215 KB) | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.2337

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada kompetensi pertidaksamaan rasional dan irasional melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS-1 SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yaitu siklus I terdiri atas 3 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes objektif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika dengan penerapan model discovery learning dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPS-1 SMA Negeri 4 Magelang pada kompetensi pertidaksamaan rasional dan irasional satu variabel. Hal ini berdasarkan data yang diperoleh melalui hasil tes siklus I dan tes siklus II. Berdasarkan analisis hasil tes siklus I dan tes siklus II, rata-rata persentase pemahaman konsep matematika siswa mengalami peningkatan sebesar 15,67% yaitu pada siklus I sebesar 66,28% dan meningkat menjadi 77,81% pada siklus II.
INOVASI METODE DEBAT ALA INGGRIS (British Style Debat) SEBAGAI PEMBEKALAN LITERASI KEWARGANEGARAAN CALON GURU SEKOLAH DASAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Fatahillah Fatahillah
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (419.396 KB) | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.2033

Abstract

Penggunaan Metode Debat Ala Inggris (British Style debate) menjadi salah satu bentuk Inovasi Pembelajaran untuk menanggapi tantangan Disrupsi Revolusi Industri 4.0. yang menuntut Pembekalan Literasi Kewarganegaraan bagi Calon Guru Sekolah Dasar agar kelak mereka dapat memberikan pengajaran Literasi dengan baik, Pertanyaan Penelitian Bagaimana Gambaran Pelaksanaan Debat secara Teoritis dan Praktis? Apakah Metode Debat Ala Inggris memenuhi kebutuhan Literasi Kewarganegaraan di era Revolusi Industri 4.0. pada Mahasiswa sebagai Calon Guru?. Untuk menjawabnya Peneliti mengupasnya melalui perspektif Prinsip Andragogi dan dikaji secara kualitatif melalui Studi Naratif Fenomenologi dengan teknik pengumpulan data berupa: Observasi, Wawancara mendalam, dan Pengukuran Unjuk kemampuan debat, kemudian dianalisis menggunakan analisis domain, hasil dari pengkajiannya menunjukkan secara teoritis dan praksis telah memenuhi Kriteria Prinsip Andragogi yakni kemandirian dalam belajar, Pengalaman belajar sebagai sumber belajar, dan Pembelajaran yang bersifat Student Centered Learning, sedangkan dalam pemenuhan kebutuhan Literasi Mahasiswa Metode Debat telah memenuhi Literasi di bidang penguasaan Digital (digital literacy), Media (Media Literacy), Komunikasi (Communication Literacy).
WORKSHOP ON INQUIRY LEARNING BASED VIRTUAL LABORATORY IN MAGELANG FOR PREPARING NATURAL SCIENCES TEACHER IN 21ST CENTURY: AN EVALUATION OF IMPLEMENTATION’S PROGRAM Siswanto Siswanto; Eli Trisnowati; Fifit Firmadani; Sri Haryati; Dwi Aryanti; H Nosih Andrianto
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.3036

Abstract

In 21st century, the learning process must be adjusted to the worth values developing in the 21st century.  One of the learning process that suitable on the 21st century learning is inquiry learning that collaborated with virtual laboratory.  The aim of this research is to evaluate inquiry-learning workshop based virtual laboratory in Magelang for preparing natural sciences teacher in 21st century. The evaluation has done by using CIPP model (context, input, process, and  product). This evaluation model was chosen because we wanted to know the effectiveness extent of the program. The result, in general shows that the program is well implemented. The goal of inquiry program has been reached. This is indicated by implementation indicator has been reached. Several indicators among them is : (1) The teacher has good skill in making learning program preparation (Rencana Program Pembelajaran/RPP); (2) The teacher is able to create student.s worksheet; (3) The teachers is well in carry out teaching practices in the classroom, which is all accordance with the principle of 21st century learning.
KESALAHAN BERBAHASA DALAM SKRIPSI MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS TIDAR Irsyadi Shalima; Asri Wijayanti
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.3244

Abstract

Students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program (PBSI) should master scientific writing in Indonesian. However, the facts on the ground are different. There are many language errors found in student theses. This study aims to describe the language errors of PBSI students in their thesis. By knowing the types of students' language errors in their thesis, Indonesian language learning, especially writing skills, can be improved in the future. Therefore, this research is beneficial for students, teachers, and lecturers. This research was conducted qualitatively with data sources obtained through population and sampling techniques. The data source is the student's thesis of PBSI, so the data is in the form of written language. Meanwhile, the research data analysis used the agih method with the lesap technique, the ganti technique, and the ubah wujud technique. The results of this study are the existence of language errors at various linguistic levels, namely phonology, morphology, and syntax. Language errors at the morphological level are in the form of errors in the use of punctuation marks. Errors at the morphological level are in the form of errors in the affixation process. Meanwhile, errors at the syntactic level are in the form of errors in the sentence composing process.
STRATEGI KATA UTAMA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DI SMA N 3 MAGELANG Erva Agua Rohmawati; Hari Wahyono
Indonesian Journal of Education and Learning Vol 3, No 2 (2020): VOL 3, NO 2 (2020): INDONESIAN JOURNAL OF EDUCATION AND LEARNING
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31002/ijel.v3i2.2510

Abstract

Menulis merupakan salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh peserta didik. Tulisan yang dihasilakan dapat dijadikan sebagai cerminan kompetensi berbahasa dan penguasaan isi penulis. Oleh karena itu, peserta didik perlu dibekali kemampuan menulis agar gagasan, pikiran, perasaan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Kemampuan menulis peserta didik dapat meningkat apabila metode, teknik, atau strategi menulis baik. Dengan demikian, pembelajaran menulis memiliki peranan yang penting dalam pelajaran bahasa Indonesia. Dalam silabus kurikulum  2013 di SMA kelas X MIPA, terdapat materi tentang menulis teks eksposisi.  Kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam menulis teks eksposisi adalah   membuat dan mengembangkan kalimat. Akar permasalahan adalah tidak dimilikinya strategi yang baik. Pada dasarnya banyak  metode, teknik, atau strategi yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran menulis. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran menulis adalah menggunakan strategi kata utama. Dalam sebuah paragraf hanya memiliki satu gagasan utama. Dalam gagasan utama terdapat kata utama. Kata utama harus selalui ada dalam setiap kalimat dalam satu paragraf. Keberadaan kata utama dalam setiap paragraf merupakan tanda bahwa kalimat yang ada dalam paragraf tersebut satu gagasan. Selain itu kata utama menandakan dalam setiap kalimat menandakan bahwa hubungan antarkalimat menjadi padu. Strategi kata utama dapat dipakai untuk mengatasi kesulitan para peserta didik dalam membuat dan mengembangkan kalimat dalam membuat teks eksposisi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7