cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kerinci,
Jambi
INDONESIA
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 26156547     EISSN : 18581080     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan (e-ISSN 2615-6547, p-ISSN 1858-1080 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic Institute of Kerinci. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review articles. Jurnal Tarbawi published two editions in one year in July and December.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan" : 9 Documents clear
EFEKTIVITAS DIRASAH PENGEMBANGAN DIRI MELALUI PELAYANAN KONSELING DALAM MEMBENTUK KECERDASAN EMOSI MAHASANTRI MA’HAD AL JAMI’AH IAIN KERINCI Hengki Yandri
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya mahasantri yang belum mampu mengelola emosinya dengan baik, sehingga perlu dilakukan perubahan atau peningkatan kemampuan pengelolaan emosi oleh mahasantri dengan memanfaatkan Dirasah Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektivitas Dirasah Pengembangan Diri melalui Pelayanan Konseling dalam Membentuk Kecerdasan Emosi Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan rancangan pre-experiment: the one group pretest – posttest desing. Kelompok eksperimen dipilih menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 10 Mahasantri.Dirasah Pengembangan Diri yang diterapkan yaitu layanan bimbingan kelompok yang dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan. Data tentang kecerdasan emosi dikumpulkan melalui instrumen kecerdasan emosi dengan menggunakan Skala Likert, kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa Dirasah Pengembangan Diri Melalui Pelayanan Konseling dengan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Sedangkan secara khusus adalah (1) kecerdasan emosi mahasantri sebelum diberikan perlakuan pada tahap pretest rata-rata berada pada kategori rendah, (2) kecerdasan emosi mahasantri setelah diberikan perlakuan pada tahap posttest rata-rata berada pada kategori sedang, dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosi mahasantri setelah diberikan perlakuan dirasah pengembangan diri melalui pelayanan konseling dengan angka probabilitas Asmyp. Sig.(2-tailed) sebesar 0,008 atau probabilitas di bawah alpha 0,05 (0,008 < 0,05).
PENGARUH STRATEGI BELAJAR MURDER DENGAN SETTING BELAJAR KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 KERINCI Muhd Odha Meditamar; Rilla Gina Gunawan; Mesi Oktafia; Nurmailis Nurmailis
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Hal ini terlihat pada hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang diperoleh siswa, dan juga dari pengalaman, hasil observasi, dan wawancara dengan guru-guru matematika SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi belajar MURDER dengan setting belajar kelompok terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci.Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan rancangan Randomized Group Control Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kerinci. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIa sebagai kelas eksperimen dan VIIIb sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes tertulis yang terdiri dari tes awal untuk melihat kemampuan awal siswa dan tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t dan uji Mann Whitney U.Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan Strategi belajar MURDER dengan setting belajar kelompok lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan pembelajaran konvensional
STUDI EKSPERIMENTAL PANDUAN PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH BOTANI PHANEROGAMAE MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN TADRIS BIOLOGI IAIN KERINCITAHUN PELAJARAN 2017/2018 Emayulia Sastria
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam melakukan praktikum tentunya dibutuhkan panduan praktikum. Panduan praktikum yang membantu dalam pengembangan sikap dan kinerja ilmiah mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Metode Campuran (Mixed Methods). Dalam penelitain metode campuran (Mixed Methods) ini akan menggunakan pendekatan Explanatory Sequential Design (Rancangan Sekuensial Eksplanatoris). Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Biologi semester III IAIN Kerinci yang mengontrak matakuliah Botany Phanerogamae yang berjumlah 110 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA yang berjumlah 27 orang. Dari analisis data didapatkan nilai rata-rata kelompok yang tidak menggunakan penuntun sebesar 74,07 dan kelompok yang menggunakan penuntun sebesar 84,93. Berdasarkan analisis data uji-t dengan simpangan baku kedua kelompok 15,46 didapatkan harga thitung sebesar 2,39 dan ttabel pada taraf nyata α=0,05 dan dk=26 didapat sebesar 1,674. Hal ini memperlihatkan bahwa thitung>ttabel. Ini berarti tolak Ho dan terima H1. Artinya Terdapat pengaruh hasil ujian Praktikum mahasiswadengan menggunakan Panduan Praktikum Botany Phanerogamae Jurusan Tadris Biologi IAIN Kerinci Tahun Pelajaran 2017/2018. Berdasarkan data di atas dapat peneliti simpulkan bahwa dengan menggunakan penuntun praktikum nilai mahasiswa menjadi lebih baik dari sebelumnya.
KURIKULUM BERBASIS KARAKTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU SISWA DI MTS NURUL HAQ SEMURUP Usman Yahya
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum adalah acuan atau pedoman yang didesain dan diterapkan guru bersama siswa dalam pembelajaran di kelas agar pembelajaran menjadi sistematis, terintegrated dan terorganisir dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. Kurikulum berbasis karakter merupakan kurikulum yang mempolakan dan memadukan antara aspek material konsep atau teori dengan nilai atau karakter terhadap perubahan perilaku siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia. Perilaku siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan dapat tumbuh dan berkembang baik secara kuantiti maupun kualiti. Siswa memiliki pengetahuan, pemahaman, keyakinan dan dapat melakukan dalam tindakan nyata dengan kebajikan.
MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS KEBIASAAN PADA SDN NO 119/III KOTO MAJIDIN HILIR Wisnarni Wisnarni
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter adalah seluruh kompleksitas cara berpikir, mental dan perilakua individu. Dalam pendidikan karakter pembiasaan merupakan aspek yang sangat penting sebagai bagian dari proses pembentukan sikap dan perilaku yang rel;atif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajarn yang berulang-ulang. Sesuatu yang dibiasakan akan mudah dilaksanakan. Pembentukan karakter cinta tanah air yang dilakukan melalui kegiatan ektrakurikuler yang berlandaskan pembiasaan yang dilakukan secara berkesinambungan sejak dari usia sekolah Dasar diharapakan karakter cinta tanah air terpatri dengan baik pada disi siswa sehingga timbul rasa kebanggaan rasa memiliki, menghargai rasa menghormati dan perilaku membela, menjaga dan melindungi tanah airnya rela berkorban demi kepentingan bangas dan negeranya.
IMPROVING STUDENTS’ READING INTEREST AND PARTICIPATIONTHROUGH METACOGNITIVE STRATEGY Suhaimi Suhaimi
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lack of students’ interest and participation in learning reading at English Department of IAIN Kerinci were caused by two problems. First, low creativity, lack of participation, and low discipline of students in reading. Second, the teacher’s strategy used were lass variety and interactive. So, the students were easy to get bored and reluctant to read. To solve those problems, the researcher conducted the classroom action research by implementing Metacognitive Strategy with fabulous three strategies namely; planning, monitoring, and evaluating. The research results showed that the implementing of Metacognitive Strategy could stimulate students to be participated in reading. Besides that, this strategy increased the students’ interest in reading activities. Based on the result of observation analysis of students reaction, it was found that almost all of students were participated and interested in reading. Those data were also supported by the questionnaire result which was indicated that 80,55% students were interested in reading, and 75,94% students were participated in reading. In conclusion, Metacognitive Strategy could improve students’ interest and participation in reading English text at the third semester students English Department of IAIN Kerinci. Hopefully, the research result could be positive input for other researchers and teachers to conduct the research and teaching program, particularly on reading issue.
MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB DAN INGGRIS (STUDI DI MA’HAD AL-JAMI’AH IAIN KERINCI) Eva Ardinal
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kerinci merupakan program pesantren mahasiswa bilingual dalam naungan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci yang mengajarkan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris kepada mahasantrinya. Lembaga ini mencoba menerapkan penggunaan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari di lingkungan Ma’had. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Pembelajaran Bahasa dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab dan Inggris di Ma’had Al-jami’ah IAIN Kerinci. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan pembelajaran bahasa di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Kerinci dilaksanakan perkelas, dan setiap kelas terdapat tutor/pendamping, metode yang digunakan tutor dalam setiap pembelajaran umumnya metode DRILL dan metode langsung (Direct Method).Dalam meningkatkan ketrampilan bahasa, tutor mempunyai tugas membimbing, mengajarkan, mentransfer ilmu kepada peserta didik serta beberapa ketrampilan seperti pidato bahasa asing, story telling, debat bahasa asing, dll.
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN NILAI KEJUJURAN MAHASISWA BIMBINGAN KONSELING ISLAM (BKI) INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) KERINCI Eko Sujadi
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perubahan sosial yang begitu cepat (rapid social change) secara jelas telah mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Perubahan tersebut juga mengakibatkan terjadinya pergeseran nilai-nilai. Salah satu nilai yang mengalami perubahan adalah kejujuran. Penelitian ini bertujuan mengungkap efektivitas penerapan Pendidikan karakter cerdas format kelompok untuk meningkatkan nilai kejujuran mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan pretest and posttest control group design. Teknik pengambilan data dengan menggunakan purposive sampling. kemudian dianalisis dengan menggunakan Wilcoxson Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Sampel.Temuan dari penelitian ini adalah: 1) terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok eksperimen, sebelum dan sesudah diberi perlakuan; 2) tidak terdapat peningkatan kejujuran mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam sebagai kelompok kontrol pada pretest dan posttest; dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan kejujuran mahasiswa JurusanBKI IAIN Kerinci pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
THE LECTURERS’ PROBLEMS IN APPLYING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING IN TEACHING READING AT STAIN KERINCI Toni Indrayadi
Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2017): Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kerinci

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini ditulis untuk mengetahui masalah yang dihadapi dosen dalam mengaplikasikan communicative language teaching dalam pengajaran reading di STAIN Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif qualitative. Data penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara dengan dosen. Hasil penelitian deskriptif ini menunjukkan bahwa dosen telah menggunakan indikator dari communicative language teaching dalam mengajar reading. Walaupun dosen sudah menggunakan indikator dari communicative language teaching, namun mereka masih menghadapi masalah. Masalah mereka berhubungan dengan masalah dalam menemukan materi dari internet, masalah dalam menggunakan media mengajar, dan perbedaan kemampuan mahasiswa dalam speaking. Jenis masalah yang paling banyak dihadapi oleh dosen adalah perbedaan kemampuan mahasiswa dalam speaking.

Page 1 of 1 | Total Record : 9