cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 3 (2019)" : 10 Documents clear
Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama Siswa Kelas XI Di SMA 9 Kota Bengkulu Obby Anggi Saksana; I Wayan Dharmayana; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.492 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.262-270

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap perilaku prososial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan one group pretest dan posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 30 siswa dari kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 9 kota Bengkulu dan sampel 24 siswa yang memiliki perilaku prososial kategori rendah, sedang dan tinggi pada saat pre-test dilakukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perilaku prososial dengan skala Likert. Hasil penelitian menunjukan perilaku prososial siswa meningkat setelah diberikan layanan pengusaan konten dengan teknik sosiodrama. Hal ini ditunjukan dari hasil uji t (nilai t = -13,625, (p < 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap perilaku prososial siswa di kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.Kata kunci: layanan penguasaan konten, perilaku prososial, teknik sosiodrama
REKONTRUKSI REMAJA PECANDU ZAT ADIKTIF MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI SPIRITUAL OLEH KOMUNITAS COPLER Ahmad Syamsul Muarif
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.715 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.198-211

Abstract

The problem discussed in this study is how the form of planting spiritual values carried out by the copler community in adolescents who habitually spree to addicted addicts. The purpose of this study is to find out how to instill spiritual values so that they are easily accepted by adolescents who have the habit of spree and addicted addicts, from negative things to very positive things. The method used in this study is a qualitative method of phenomenology. Data obtained from interviews, observations, and documentation. The results of research conducted at Ukhsafi Copler Comunity DIY, they carry out spiritual value planting which aims to reconstruct themselves by means of coffee together, drinking together, singing together, participation in the remembrance majors, from copler activities in approaching to instilling the value of religious religiosity through the meaning of the sacred song in the dust, so that some values can be embedded in adolescents namely; the value of faith, moral values, istiqamah values and ukhwah values.
HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU Maelan Tri Yuliani; Syahriman Syahriman; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.488 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.245-253

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial teman sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah siswa sebanyak 76 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial teman sebaya dan skala penerimaan sosial. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dari Pearson, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha cronbach dengan nilai koefisien 0,753 pada interaksi sosial teman sebaya dan 0,908 pada penerimaan sosial. Analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial teman sebaya dengan penerimaan sosial pada siswa kelas XI di SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,91 atau lebih dari 0,05 dan p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besarnya koefisien korelasi bersifat positif, artinya semakin tinggi tingkat interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin tinggi pula tingkat penerimaan sosial, sebaliknya, semakin rendah tingkat interaksi sosial teman sebaya siswa, semakin rendah pula tingkat penerimaan sosial. Kata kunci  : interaksi sosial teman sebaya, penerimaan sosial 
Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu Devri Aprilian; Yessy Elita; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.779 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.220-228

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara penggunaan aplikasi Tiktok dengan perilaku narsisme siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 orang dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kuantitatif dengan teknik korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penggunaan aplikasi Tiktok dan angket perilaku narsisme. Data dianalisis dengan mengunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang signifikansi antara penggunaan aplikasi Tiktok dengan perilaku narsisme yang mempunyai nilai koefisien korelasi sebesar 0,637 dan taraf signifikansi sebesar p=0,000 (p<0,05) yang artinya, semakin tinggi penggunaan aplikasi Tiktok maka akan semakin tinggi perilaku narsisme. Sebaliknya, semakin rendah penggunaan aplikasi Tiktok maka semakin rendah perilaku narsisme siswa. Kata Kunci: penggunaan aplikasi Tiktok, perilaku narsisme
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA DI SMP N 17 KOTA BENGKULU Syahrial Affandi; Hadiwinarto Hadiwinarto; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.859 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.254-261

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 24 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.521adengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa  di SMP N 17 Kota Bengkulu. Kata Kunci: komunikasi interpersonal, siswa, bimbingan kelompok
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECEMASAN MENGIKUTI MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA IV DI SMA NEGERI 2 BENGKULU UTARA Anggun Pratiwi; Syahriman Syahriman; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (196.906 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.212-219

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecemasan mengikuti mata pelajaran matematika siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen pola one group pre-test and post-test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara berjumlah 10 orang. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecemasan mengikuti mata pelajaran matematika siswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 165,5 dengan kategori tinggi. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 115,5 kategori rendah. Hasil uji t menunjukkan nilai t= (14.652) dan sig. (2-tailed) 0.000 yang berarti nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kecemasan mengikuti pelajaran matematika siswa sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X IPA IV di SMA Negeri 2 Bengkulu Utara.Kata kunci: kecemasan, layanan bimbingan kelompok, matematika
PENGARUH LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN PERILAKU PERUNDUNGAN SISWA DI SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU Ikhwanul Ikhsan; I Wayan Dharmayana; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (148.137 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.236-244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan informasi  dengan menggunakan media videoterhadap pemahaman perilaku perundungan siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode Quasi Experiment dengan desain one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 17 Kota Bengkulu berjumlah 29siswa.Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman perilaku perundungan siswa sebelum diberikan layanan rata-rata skor 79,34 dengan kategori sedang. Nilai setelah diberikan layanan rata-rata skor 105,51dengan kategori tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-10,247)danp= 0.000 = p<0.05, sehingga dapat disimpulkan. Ada pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pemahaman perilaku perundungansetelah diberi layananinformasidengan menggunakan media video
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERBASIS CYBER-COUNSELING VIA WHATSAPPTERHADAP KETERBUKAAN DIRI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELINGSEMESTER 4A UNIVERSITAS BENGKULU Dinda Puspita; Yessy Elita; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (286.156 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.271-281

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp terhadap keterbukaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A Universitas Bengkulu. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A yang berjumlah 32 orang. Sampel menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel adalah 7 orang mahasiswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterbukaan diri meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp, hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai t = -12.847dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar.000 yang berarti 000<0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pengaruh layanan konseling kelompok berbasis cybercounseling via WhatsApp terhadap keterbukaan diri mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling semester 4A Universitas Bengkulu.Kata kunci:Konseling Kelompok, keterbukaan diri,  cybercounseling, WhatsApp
PENGARUH LAYANAN PENGUASAAN KONTEN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 22 BENGKULU Jun Rianda; Wasidi Wasidi
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.891 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.229-235

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan penguasaan konten terhadap efektivitas belajar siswa di SMP Negeri 22 Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini sebanyak 26 siswa dari kelas VIII B di SMPN 22 Bengkulu dan Sampel 10 yang memiliki efektivitas belajar ketegori rendah dan sedang pada saat pre-test dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkanadanya pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatanefektivitas belajar pada siswa. Hal ini dapat dlihat dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai Z = -2.850 (p<0,05) maka H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan, terdapat pengaruh yang signifikan layanan penguasaan konten terhadap peningkatan efektivitas belajar pada siswa.Kata kunci: penguasaan konten, efektivitas belajar.
PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI SENI TARI DI SANGGAR SENI CIKAK KOTA BENGKULU Anggriwanda Mutika Sandi; Hadiwinarto Hadiwinarto; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 2, No 3 (2019)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.776 KB) | DOI: 10.33369/consilia.2.3.189-197

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendiskripsikan pengaruh bimbingan kelompok berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan nilai-nilai karakter melalui seni tari. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Sanggar Seni Cikak Kota Bengkulu yang berjumlah 40 orang. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 15 orang. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter mengikuti aktivitas bimbingan  kelompok meningkat melaui seni tari, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -3.409b dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.001 yang berarti 0.001 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan nilai-nilai karakter melalui seni tari di Sanggar Seni Cikak Kota Bengkulu.Kata Kunci:Nilai-Nilai Karakter, Bimbingan Kelompok.

Page 1 of 1 | Total Record : 10