cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2021)" : 10 Documents clear
PERAN HUBUNGAN TEMAN SEBAYA DAN KONTROL DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Windi Yunita; Afifatus Sholihah
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.94-107

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat hubungan teman sebaya dan kontrol diri dengan penyesuaian diri. Desain penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 250 orang, sampel penelitian yang diambil 153 orang, dan teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya terhadap penyesuaian diri dengan nilai (rx1y) sebesar 0,889, adanya hubungan yang signifikan antara kontrol diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai (rx2y) sebesar 0,850, dan adanya hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya dan kontrol diri terhadap penyesuaian diri dengan nilai (Rx1x2y) sebesar 0,903. Jadi ada hubungan yang signifikan antara hubungan teman sebaya dan kontrol diri dengan penyesuaian diri siswa.Kata Kunci: Kontrol Diri, Penyesuaian Diri, Teman Sebaya.THE ROLE OF PEER RELATIONS AND SELF-CONTROL WITH THE SELF ADJUSTMENT OF THE EIGHT GRADE  STUDENTS IN SMP NEGERI 11 BENGKULU CITYABSTRACTThis study aims to determine the relationship between the level of peer relations and self-control with the self adjustment. This research design is a quantitative descriptive method with correlation techniquess. The population in this study were all eight grade students of SMP Negeri 11 Bengkulu City totaling 250 people, the research sample was taken only 153 people, and the sampling technique used was simple random sampling. The data collection technique used was a questionnaire. The data analysis technique was performed using the product moment correlation formula and multiple correlation. The result of this research is that there is a significant relationship between peer relations and the self-adjustment with value (rx1y) of 0,889, there is a significant relationship between self-control and self-adjustment with value (rx2y) of 0,850, and there is a significant relationship between peer relations and self-control towards self-adjustment to value (Rx1x2y) of 0,903. So there is a significant relationship between peer relations and self-control with students’ self adjustment.Keywords: Self Control, Self Adjustment, Peers.
KEMATANGAN SOSIAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 KABUPATEN SIJUNJUNG Desi Yasmita
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.15-25

Abstract

Skripsi ini atas nama Desi Yasmita, Nim 2615.150 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang berjudul “Kematangan Sosial Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Kabupaten Sinjunjung”. Latar belakang penulis mengangkat judul skripsi ini adalah dikarenakan penulis melihat adanya siswa yang tidak bias menyesuaikan dirinya untuk bersosialisasi diantara teman kelompoknya. Yang selalu menggagu teman dalam proses belajar berlangsung, suka menyendiri dibandingkan bersama teman-temannya, ada yang tidur saat proses belajar berlangsung, diantara mereka ada yang menjadi bahan ejekan teman sebayanya dan diantra mereka ada yang kurang pandai dalam berkomunikasi dengan teman sebayanya dan pada jam istirahat sering berada di dalam kelas sedangkan teman-teman yang lain pergi ke kantin dan sering keluar masuk ketika proses belajar berlangsung. Adanya permasalahan tersebut penulis tertarik untuk melekukan penelitian ini. Oleh karena itu, yang menjadi permasalahan adalah bagaimana bentuk kematangan sosial siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Analisis data yang digunakan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber yaitu dari observasi,wawancara, dan dokumentasi, deduksi data, display data. Dalam penelitian ini penilis melakukan wawancara kepada guru BK sebagai informan kunci dan siswa sebagai informan pendukung.Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat mengembangkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mewujudkan sikap yang baik, walaupun hal itu belum sepenuhnya sempurna masih ada yang harus diperbaiki agar kematangan social siswa tersebut menjadi lebih baik lagi sehingga mengarah kepada kesempurnaan serta kemandirian sosial agar bias menjadi patokan dan gambaran untuk meningkatkan kematangan socials iswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung ke arah yang lebih baik lagi. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara dan hasil instumentasi sosimetri. Jadi dapat disimpulkan bahwa kematangan social siswa di SMPN 14 Kabupaten Sijunjung sudah mulai membaik dan mengarah kepada kesempurnaan sehingga menjadi patokan untuk meningkatkan kematangan social siswa.
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN MEDIA FILM TERHADAP PERILAKU NARSISME PADA REMAJA DI DESA PELALO Ria Ayu Fransiska; Wasidi Wasidi; Rita Sinthia
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.84-93

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja di Desa Pelalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampel pada penelitian ini adalah 9 orang remaja di Desa Pelalo. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan yang signifikan efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengujian hipotetis dengan hasil uji t 12.072 nilai sig sebesar 0,000 (<0,005) maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan media film terhadap perilaku narsisme remaja di Desa Pelalo.Kata kunci : layanan bimbingan kelompok, media film, perilaku narsisme ABSTRACTThe aim of this research was to descripted the effectiveness of group counseling services with using film media on narsism behavior in adolescents in Pelalo Village . This research was an experimental research and used one group pretest and posttest research’s design. The sampling technique used in this research was purposive sampling, the participant of this research were 9 teenagers in Pelalo Village. The result obtained from this research showed that there was a significant decrease of the effectivity of group counseling to reduced adolescent narcissism. This result could be seen from t test result 12.072, the sig value of 0.000 (<0.005) so Ho was rejected. Then it could be concluded that there was an effectiveness of group guidance services with using film media on narsism behavior in adolescents in Pelalo VillageKeywords : group counseling, film media, narsism behavior
PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE THERAPY DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA BROKEN HOME DI SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU nurmarisyah luciana; Syahriman Syahriman; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.64-72

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy di SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Sampel dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari kelas VIII 2 yang memiliki tingkat minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan minat belajar siswa menjadi meningkat diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy, hal ini terlihat dari hasil pre-test dan post-test p = .027 maka p < 0.05, sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rational emotive therapy.Kata kunci: minat belajar, layanan konseling kelompok, broken home
PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI SENI BUDAYA TRADISIONAL sukadari sukadari
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.34-44

Abstract

Dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin pesat pada setiap segi kehidupan berdampak luas pola hidup secara universal. Dalam hal ini dunia anak juga sangat terpengaruh permainan atau dolanan anak telah tergerus dengan majunya teknologi. Melalui seni budaya tradisional mampu membentuk karakter anak oleh karena itu seni budaya yang turun temurun dan memiliki nilai karakter yang tinggi harus diupayakan kembali agar kelak sebagai generasi penerus tidak kehilangan jati diri bangsa sehingga dapat mempertahankan seni budaya bangsa yang bermartabat. Untuk itu peran orang tua, masyarakat dan pemerintah bersinergi untuk memberikan pengertian dan bimbingan kepada anak pentingnya seni budaya tradisional yang syarat dengan nilai karakter. 
Pengaruh Konseling Kelompok dengan Teknik Rasional Emotif terapi Terhadap Penerimaan Sosial Anak Binaan LPKA Kelas II Bengkulu Rosila Sinta; Illawati Sulian
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.55-63

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik rasional emotif terapi terhadap penerimaan sosial narapidana anak. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah anak binaan LPKA kelas II Bengkulu berjumlah 7 orang anak. Prosedur pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala model Likert. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan sosial anak binaan sebelum diberikan layanan memiliki skor rata-rata 66,71 dengan kategori rendah. Nilai setelah diberikan layanan memiliki skor rata-rata 111,85 dengan kategori tinggi. Hasil uji t = -11,955 dan p=0,000 maka p < 0,05, sehingga hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan sosial sebelum dan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik rasional emotif terapi.
HUBUNGAN ANTARA PENALARAN MORAL DENGAN PERILAKU AGRESIF SISWA PADA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU atika tri agustia; Hadiwinarto Hadiwinarto
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.45-54

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Responden yang dibutuhkan dalam penelitian ini untuk populasi 146 siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu adalah 116 yang diambil dari 4 kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Kemudian, teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku agresif dengan penalaran moral kelas XI IPS di SMA N 4 Kota Bengkulu. Hasil korelasi berdasarkan perhitungan SPSS 16 adalah senilai -0,337. Angka mnegatif menunjukkan adanya hubungan yang negatif, maksudnya ketika penalaran moral tinggi perilaku agresif rendah. Begitu juga sebaliknya. Kata Kunci: perilaku agresif, penalaran moral
HUBUNGAN ANTARA INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA MINANGKABAU DAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI DENGAN PENGELOLAAN EMOSI SISWA SMAN 1 PANCUNG SOAL Andika Darma Putra; Arsyadani Mishbahuddin
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.73-83

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hubungan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert yang menggunakan rentang 1 sampai 4. Sampel penelitian adalah siswa Kelas XI SMAN 1 Pancung Soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasi dengan desain korelasi ganda. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi ganda rX12Y = 0,988 dengan p=0,000 < ? (0,05) maka kesimpulannya terdapat hubungan yang signifikan antara internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau dan kemampuan bersosialisasi dengan pengelolaan emosi, dengan nilai positif yang artinya jika internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau baik dan kemampuan bersosialisasi baik maka pengelolaan emosi baik.Kata kunci: Internalisasi nilai-nilai budaya minangkabau, kemampuan bersosialisasi, pengelolaan emosiTHE RELATIONSHIP BETWEEN INTERNALIZATION OF MINANGKABAU CULTURAL VALUES AND THE ABILITY TO SOCIALIZE WITH EMOTIONAL MANAGEMENT OF STUNDENT OF SMAN 1 PANCUNG SOALABSTRACTThis study aims to determine the relationship between the internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with the emotional management. The data collection method uses a Likert scale that uses a range of 1 to 4. The research sample is Class XI students of SMAN 1 Pancung Problem. The sampling technique uses random sampling. The method used in this study is the quantitative correlation method with multiple correlation designs. Based on the analysis, it is obtained that the double correlation value of rX12Y = 0.988 with p = 0.000 <? (0.05), the conclusion is that there is a significant relationship between internalization of Minangkabau cultural values and the ability to socialize with emotional management, with positive values, which means if internalizing values good Minangkabau culture and good social skills then good emotional management.Keywords: Internalization of Minangkabau Cultural Values, The Ability To Socialisze, Emotional Management.
EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN FORMAT KELOMPOK MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA (THE EFFECTIVENESS OF CONTENT MASTERY SERVICES WITH A GROUP FORMAT USING INTERACTIVE MULTIMEDIA TO IMPROVE STUDENTS' CAREER PLANNING SKILLS) Nurhayati Ramadhania; Yessy Elita; Vira Afriyati
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.1-14

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interkatif untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa. Penelitian ini menggunakan model pre-eksperimental one-group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kabupaten Kepahiang. Prosedur pengambilan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil uji t-30,706, nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05), maka Ho ditolak. Dapat disimpulkan, bahwa layanan penguasaan konten dengan format kelompok menggunakan multimedia interaktif dapat meningkatkan kemampuan perencanaan karier siswa.Kata Kunci: Layanan Penguasaan Konten, Kemampuan Perencanaan Karier Siswa, Multimedia InteraktifABSTRACTThe purpose of this study was to describe the effectiveness of content mastery services in a group format using interactive multimedia to improve students' career planning skills. This study used a pre-experimental model one-group pre-test and post-test design. The population in this study were students of class VIII SMP Negeri 2 Seberang Musi, Kepahiang Regency. The procedure for taking the research subjects used purposive sampling technique. The sample in this study amounted to 8 students. The data from this study were analyzed using the t test.. The results of hypothesis testing obtained t-test results of 30,706, the sig (2-tailed) value of 0,000 (<0.05), then Ho is rejected. It can be concluded that content mastery services in a group format using interactive multimedia can improve students' career planning skills.Keywords: Content Mastery Services, Students’ Career Planning skills, Interactive Multimedia
MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK MENGGUNAKAN LITERASI BELAJAR DARI RUMAH DALAM LAYANAN RESPONSIF DENGAN FORMAT INDIVIDUAL DI SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU Rocky Farenza; I Wayan Dharmayana
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 4, No 1 (2021)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.4.1.26-33

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh aktivitas literasi belajar dari rumah terhadap keterampilan sosial anak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitianya yaitu penelitian eksperimen dengan cara memberikan aktivitas literasi kepada kelompok eksperimen. Subjek penelitian ini adalah 10 anak.  Proses penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan jenis desain one group pre-test and post-test design. Penelitian ini dilaksanakan di rumah siswa masing-masing dan diskusi bersama. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai skor Z adalah -3. 921 dengan taraf signifikasi 0. 000 (p<0. 05), artinya uji hipotesis nol yang berbunyi “ Tidak ada perbedaan keterampilan sosial antara anak yang diberikan aktivitas literasi dengan anak yang tidak diberikan aktivitas literasi Ditolak”. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan sosial sebelum dan setelah diberikan perlakukan. Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Literasi ABSTRACT          This research aims to describe the effect of the activity home learning literacy on children's social skills.The method of the research uses quantitative research with the type of experimental research by providing literacy activities to the experimental group. The Subjects of this research were 10 Children. The research process carried out in this research was a pre-experimental design with one group pre-test and post-test design. This research was conducted in each student's house and the researcher had discussion together.The result of this research shows that score Z is -3. 92b  significance 0. 000 (p<0. 05) it means null hypothesis test that show “No difference social skill between by giving literature activity with children who are not given literature activity rejection”. This means , there is significance difference between social skill before and after giving treatment.Keywords : Social Skill, Literacy

Page 1 of 1 | Total Record : 10