cover
Contact Name
Yessy Elita
Contact Email
Yessyelita@unib.ac.id
Phone
+6281215322175
Journal Mail Official
Yessyelita@unib.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
CONSILIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25991221     EISSN : 26205343     DOI : https://doi.org/10.33369/consilia
Core Subject : Education,
Consilia merupakan jurnal yang diterbitkan oleh program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal Consilia menerima artikel hasil penelitian di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan dan psikologi. Consilia diterbitkan tiga kali dalam setahun pada bulan Januari, Mei dan November dalam versi cetak dengan p-ISSN 2599-1221 dan versi online dengan nomor e-ISSN 2620-5343.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2022): Vol. 5 No. 3 (2022)" : 4 Documents clear
Manfaat Media TikTok sebagai Strategi dalam Layanan Bimbingan Konseling: Fitur-Fitur TikTok ; Pemanfaatan Media TikTok sebagai Strategi Layanan Bimbingan Konseling Rakhmat Amir Anggeraja; Agus Supriyanto; Bambang Suprihatin; Izna Faizarahma Sajidulloh
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 3 (2022): Vol. 5 No. 3 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.3.5.197-206

Abstract

Guru bimbingan konseling dalam menghadapi perkembangan zaman haruslah mempersiapkan diri sehingga mampu untuk mendidik siswa/peserta didik generasi Z sehingga mampu melaksanakan proses layanan bimbingan konseling secara maksimal. Salah satunya dengan memanfaatkan platform berupa TikTok sebagai media dalam layanan bimbingan konseling. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi manfaat dari penggunaan media TikTok dalam layanan bimbingan konseling. Peneliti menggunakan metode studi literatur jenis descriptive review yang mana prosesnya dilakukan dengan cara mengidentifikasi, menilai, dan menginterpretasi. Beberapa sumber studi literatur yang digunakan berasal dari artikel, skripsi/thesis, dan jurnal-jurnal penelitian. Dalam mencari literatur tersebut, peneliti menggunakan database google scholar dengan kriteria berupa artikel berbahasa indonesia dengan menggunakan kata kunci manfaatTikTok sebagai media layanan bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan manfaat TikTok sebagai media dalam layanan bimbingan konseling dapat membantu siswa untuk menafsirkan suatu materi layanan dengan pemahaman yang sama, membuat layanan menjadi lebih jelas dan menarik, proses layanan menjadi lebih interaktif, mengefisienkan waktu dan tenaga guru bimbingan konseling, hasil belajar siswa lebih berkualitas, media yang digunakan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, menumbuhkan sikap positif pada siswa, guru menjadi lebih produktif, materi dapat dijelaskan secara konkret, dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, dan mengatasi keterbatasan indera manusia. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media TikTok sebagai layanan dalam bimbingan konseling sangat memungkinkan untuk digunakan karena memiliki banyak manfaat sehingga dapat menciptakan layanan yang menarik dan menyenangkan serta proses layanan dapat berjalan lebih efektif dan efisien.
PENGARUH LAYANAN INFORMASI FORMAT KLASIKAL DENGAN TEKNIK MODELING SIMBOLIK TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR SISWA KELAS X MIPA 1 DI SMAN 3 KOTA BENGKULU Novri Hemdi Saputra; Yessy Elita; Sri Saparayuningsih
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 3 (2022): Vol. 5 No. 3 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.5.3.207-215

Abstract

Abstract This study aims to describe the effect of classical information services with symbolic modeling techniques on learning time management. The method used is an experiment with a one-group design, pre test-post test design. The population taken was 148 class X MIPA and the sample in this study was class X MIPA 1 SMA Negeri 3 Bengkulu City totaling 32 students. The sampling procedure used purposive sampling. The data collection technique uses a questionnaire with a Likert model scale. Data analysis techniques using the t test. The results of this study proved that student learning time management increased after being given information services. The results of the pre-test and post-test differences with a t value of -29.254 and a significance level of 0.000 (p <0.005) so that the hypothesis (Ho) is rejected and (Ha) is accepted. The average student learning time management before being given treatment is in the low category and after being given treatment the average value becomes in the high category. This study also proves that information services using symbolic modeling techniques are effective for improving student time management in class X MIPA 1 students at SMA Negeri 3 Bengkulu City. Based on the results of this study, it is suggested that counseling teachers to overcome the problem of learning time management can use classical format information services with symbolic modeling techniques. Keywords: Learning Time Management, Information Service, Symbolic Modeling
The THE ROLE OF GUIDANCE AND COUNSELING TEACHERS IN ALLEVIATING BULLYING BEHAVIOR OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: Bullying, Student, School, Guidance and Counseling Adif Jawadi Saputra Adif Jawadi Saputra; Sri Saparahayuningsih
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 3 (2022): Vol. 5 No. 3 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.5.3.216-227

Abstract

Bullying adalah suatu keadaan dimana terjadi penyalahgunaan kekuasaan/kekuasaan oleh seseorang/kelompok orang yang lebih kuat atau lebih berkuasa terhadap orang lain, dengan tujuan menimbulkan kerugian dan dilakukan secara terus menerus. Perilaku bullying merupakan salah satu bentuk kekerasan dan perilaku agresif siswa di sekolah. Jenis perilaku bullying yang sering terjadi adalah menyakiti secara verbal, menyakiti secara fisik, dan menyakiti secara mental dengan faktor keluarga. Faktor teman sebaya juga merupakan faktor yang lebih sering terjadi sebagai penyebab perilaku bullying siswa. Bullying di sekolah merupakan salah satu perilaku destruktif dan moral yang harus diselesaikan oleh guru Bimbingan Konseling. Karena bullying dapat mempengaruhi kegiatan belajar mengajar, bersifat patologis yang mendarah daging di kalangan remaja di sekolah, maka guru BK memiliki peran penting sesuai dengan tugas dan fungsinya sebagai guru BK/konselor di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku bullying siswa pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah seorang guru bimbingan konseling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Secara umum guru bimbingan konseling/konselor memiliki peran yang memadai dalam mengatasi perilaku bullying dengan memberikan layanan informasi sebagai layanan yang lebih dominan, diikuti dengan layanan bimbingan kelompok dan konseling kelompok serta memberikan layanan konseling individu. Kata Kunci: Guru Bimbingan dan Konseling, Bullying, Sekolah Menengah Pertama
STRATEGI PARENTING DI ERA DIGITAL: ORANGTUA SEBAGAI MEDIATOR DALAM PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL MAYANG T. AFRIWILDA; Indrajati Kunwijaya
Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling Vol 5 No 3 (2022): Vol. 5 No. 3 (2022)
Publisher : UNIVERSITAS BENGKULU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/consilia.5.3.228-235

Abstract

Technological developments are unavoidable. In this digital era, technology has become an integral part of our daily life. This brings changes in many ways, one of which is the life experience of early childhood in the present era. The digital era has both positive and negative impacts. As a step so that children do not get the negative impact of this technological development, parents as the closest people must be able to apply appropriate parenting strategies in the digital era. There are several strategies that parents can apply in early childhood education in the digital era which will be discussed in this article. It is hoped that parents can implement this strategy in order to minimize the negative impact of using digital media.

Page 1 of 1 | Total Record : 4