cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah POTENSIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25279270     EISSN : 26212382     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, mahasiswa S1 PAUD, peneliti, pengamat dan pemerhati seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2023): JANUARI" : 20 Documents clear
Pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Oktarina Dwi Handayani; M. Syarif Sumantri; Nurbiana Dhieni
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.1-11

Abstract

Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi peserta pelaksanaan pendidikan profesi guru yang dilaksanakan bagi yang dilaksanakan pada Mapel PAUD di UHAMKA. Melalui pelaksanaan PPG yang diselengarakan bagi pendidik PAUD bertujuan dalam upaya peningkatan mutu kompetensi pedagogik dengan latar belakang aplikasi model pembelajaran yang berbeda. Melalui pendekatan kuantitatif penelitian ini mengukur persepsi peserta terhadap pelaksanaan PPG. Melalui data yang diperoleh akan didapatkan gambaran pelaksanaan PPG bagi peningkatan kompetensi pedagogik pada pendidik PAUD. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan didapatkan data bahwa peaksanaan PPG dapat membawa dampak positif dalam peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD. Peningkatan kompetensi pedagogik yaitu dalam bentuk pengelolaan kelas, pengembangan kurikulum, penyelenggaraan pembelajaran di dalam kelas, penguasaan teori pembelajaran, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi pembelajaran, memanfaatkan teknologi di dalam pembelajaran.
P Pengembangan Permainan Magic Box Kolaboratif Berbasis Konsep Tri Hita Karana : Pengembangan Permainan Magic Box Kolaboratif Berbasis Konsep Tri Hita Karana I Made Lestiawati; I Gusti Lanang Agung Wiranata; Ayu Tri Astuti
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.35-48

Abstract

Sulitnya guru PAUD mengembangkan permainan yang dapat membantu anak menerapkan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan permainan “Magic Box Kolaboratif” berbasis Konsep Tri Hita Karana pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk, dan (2) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan permainan “Magic Box Kolaboratif” berbasis Konsep Tri Hita Karana pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan, menggunakan model ADDIE, adapun tahapannya: 1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sampel penelitian adalah TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk pada anak usia 4-5 tahun yang berada di desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dan menggunakan rumus validasi isi Lawshe yaitu Content Validity Ratio (CVR). Hasil analisis data penelitian dengan CVR menunjukkan penilaian dari ahli media diperoleh 0,8 dan nilai CVI sebesar 0,975. Selanjutnya diperoleh nilai CVR dari ahli materi sebesar 1 (0,99) dan nilai CVI sebesar 1 (0,99). Berdasarkan hal tersebut maka dapat dinyatakan bahwa media Magic Box Kolaboratif valid dan layak untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran anak usia dini
Evektifitas Metode Inkuiri Terhadap Keterampilan Proses Sains Anak di RA Bakti Ibu Bukitsari Jambi Heni Sintia Nur Wati; Delfi Eliza; Trisna Mulyeni
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.49-62

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya keterampilan proses sains pada anak di RA Bakti Ibu Bukitsari Jambi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana efektifitas pemakaian metode inkuiri terhadap keterampilan proses sains melalui sifat air. Treatment dilakukan pada dua kelas yang berbeda, tetapi dengan jumlah anak yang sama sebanyak 10 disetiap kelas baik B1 atau B2. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pernyataan yang berupa indikator-indikator sebanyak 7 butir item, dengan menggunakan tes perbuatan, yang mengembangkan keterampilan proses sains anak yaitu: aspek mengamati (observation), aspek mengelompokkan (classifying), aspek mengukur (measuring), aspek memprediksi (predicting), dan mengkomunikasikan (communicating). Sedangkan dalam proses menganalisis data menggunakan pengujian normalitas, homogenitas dan hipotesis yang dilanjutkan dengan perhitungan effect size. Penelitian dilaksanakan selama 8 kali pertmuan yang diperoleh hasil kegiatan rata-rata pre-test serta post-test kelas eksperimen 12,4  serta 17,3 sedangkan kelas kontrol 10,1 dan 13,0 serta memiliki pengaruh 1,25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri terhadap perkembangan keterampilan proses sains anak sangat efektif digunakan di RA Bakti Ibu Bukitsari Jambi
Pemerolehan Semantik Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Buku Cerita: sematik usia 4-5 tahun melalui buku cerita Delfi Eliza; Tri Kumala Dewi; Suryana Sari; Sisri Melina
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.63-71

Abstract

Penguasaan bahasa pada anak yang berusia empat sampai lima tahun dimana anak sudah mampu mengucapkan kata dan mengetahui makna kata yang benar serta sudah mampu mengatakan yang diinginkannya. Permasalahan yang sering terjadi pada anak belum mengetahui arti dari kata atau kalimat yang diucapkannya, permasalahan yang terjadi ini karena pemberian stimulus pada anak kurang dalam pemerolehan bahasa semantik. Penelitihan ini menggambarkan pemerolehan semantik anak usia empat sampai lima tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitataif deskriptif dengan subjek penelitian anak kelompok A dan lokasi penelitihan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Kabupaten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa penggunaan media buku cerita mampu membuat anak lebih memahami arti dari sebuah kata atau kalimat yang membuat anak lebih mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada kehidupan anak.
MEDIA BERBASIS TIK SEBAGAI MEDIA PENGGANTI REALITAS PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID-19 Ririn Hunafa Lestari; Sharina Munggaraning Westhisi; Ghina Wulansuci
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.26-34

Abstract

Dengan mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh virus corona-19, mengakibatkan dampak terhadap sistem pendidikan yang dilaksanakan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran dari rumah. Hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran salah satunya pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini yang memerlukan pembelajaran yang bersifat hands on experience. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media TIK sebagai media pembelajaran yang bersifat nyata arau real pada saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi berdasarkan hasil wawancara kepada guru PAUD sebagai teknik pengumpulan data dengan teknik analisis data grounded theory. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triagulasi sumber untuk membandingkan pengalaman pendidik PAUD terhadap media digital sebagai media pembelajaran yang digunakan selama pandemi covid-19. Setelah diperoleh data wawancara, data dianalisis dengan teknik analisis grounded theory. Berdasarkan hasil coding yang diperoleh sebanyak 26 yang disimpulkan bahwa media pembelajaran TIK sebagai media pengganti realitas dimasa pandemi Covid-19 menjadi salah satu solusi guru dalam mentransformasikan pengetahuan yang dibuat dalam bentuk menarik dan konkrit ketika anak belajar di rumah
Implementasi Pendidikan Lingkungan Hidup di Raudhatul Athfal Nisa Fadhliyah Rahmani; Maila D.H. Rahiem
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.12-25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan guru terhadap implementasi pendidikan lingkungan hidup (PLH) di Raudhatul Athfal (RA). Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara 20 orang guru RA di Jakarta Utara, observasi 2 RA di Jakarta, dan pengumpulan dokumen. Data menunjukkan bahwa PLH di RA diimplementasikan dengan cara: 1) menciptakan suasana dan lingkungan belajar untuk anak belajar langsung dari lingkungannya, 2) melakukan kegiatan pembiasaan menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan RA, 3) merencanakan program kegiatan pembelajaran lingkungan dengan ditulis dalam Program Tahunan (Prota) dan Program Semester (Promes), serta 4)  memasukkan nilai melestarikan lingkungan ke dalam pembelajaran. Perilaku peduli lingkungan penting ditanamkan sejak dini. Namun pelaksanaannya perlu perencanaan dan pemahaman yang komprehensif agar strategi yang digunakan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Penelitian ini menjadi masukan untuk pengembangan lebih lanjut dari PLH di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini.
TRADITIONAL GAME BOYBOYAN: ANAYLISIS OF CHARACTER VALUES AND THE PROCESS OF CHARACTER BUILDING FOR EARLY CHILDHOOD Ari Putra; Elwan Stiadi; Dwi Ismawati; Dayat Hidayat
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.72-85

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan nilai dan karakter anak usia dini melalui permainan tradisional boyboyan yang diadakan di lembaga pendidikan nonformal ECO Bambu Cipaku Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah peserta kegiatan literasi budaya yang melakukan kunjungan belajar melalui kegiatan rekreasi edukatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi subjek dengan mengklarifikasi informasi pada informan sehingga memperoleh data jenuh dan dijadikan hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter dalam permainan tradisional boyboyan. Berdasarkan temuan, nilai karakter dapat dilihat dari kegiatan bermain yang dilakukan secara spontan dan berulang-ulang oleh para peserta sehingga terjadi pembentukan nilai dari sikap dan tindakan para peserta. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan ini adalah nilai-nilai disiplin, kerja keras, kreatif, kebangsaan, rasa ingin tahu, kejujuran, tanggung jawab, menghargai prestasi, religius, toleransi, kemandirian, demokrasi, bersahabat/komunikatif, dan peduli sosial. Permainan tradisional bukan hanya permainan sederhana yang dapat memberikan kesenangan bagi pemainnya tetapi tidak kita sadari bahwa kegiatan permainan tradisional memiliki banyak nilai karakter dan memiliki filosofi yang kuat bagi pembentukan jati diri peserta permainan. Penemuan nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional boyboyan dapat dijadikan sebagai media dalam pembentukan karakter khususnya untuk kegiatan pembelajaran baik secara formal maupun informal. Keberlanjutan dalam inventarisasi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional harus terus digali sehingga dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran dan upaya pelestarian budaya lokal.
The Relationship Between Information Access and Parental Understanding of Early Childhood Sexual Education Bayu Pradikto; Achmad Hufad; Viena Rusmiati Hasanah
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.86-94

Abstract

The number of sexual violence against children in Indonesia continues to increase yearly, and most incidents of sexual violence occur in households and nearby places. They are perpetrated by people close to the child. So parents need to understand sex education for early childhood in order to prevent sexual violence experienced in early childhood. This study aimed to analyze the relationship between access to information obtained by parents on an understanding of early childhood sexual education. The method used in this research is descriptive with a quantitative approach. Data collection was carried out by observation, interviews, and questionnaires given to parents of early childhood at the Delima PAUD unit, Bengkulu City. The results showed that 57.78% of parents most often access information through social media, 33.33% through television, 4.44% through books, newspapers, and magazines, and 4.44% through radio. The data processing results using SPSS show a reasonably close relationship between access to information obtained by parents and understanding of early childhood sexual education. The more quality access to information obtained, the better understanding parents will have. The coefficient of determinant shows that access to information obtained by parents explains the understanding of early childhood sexual education by 19.9%, and other variables explain the remaining 80.1%.
Bermain Aktif untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini Di Masa New Normal Endang Susilawati; Yaswinda Yaswinda
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.95-102

Abstract

Percaya diri adalah sikap  nyaman menilai orang lain dan memiliki keyakinan yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perkembangan rasa percaya diri anak melalui bermain aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan observasi dan dokumentasi. Rumus persentase = f/n x100% digunakan dalam teknik analisis data. Hasil  penelitian materi menunjukkan peningkatan kepercayaan diri anak melalui bermain aktif, sebelum aktivitas 35% (belum berkembang/BB) dan meningkat  dengan rata-rata peningkatan 54,68 pada kelas MB “Mulai berkembang” pada siklus I. Pada siklus I, BSB  dengan kategori “Sangat Berkembang” tumbuh rata-rata sebesar 81,04%. Sehingga  kreativitas anak meningkat dari semula 35 persen menjadi 81,04 persen pada siklus II yaitu sebesar 46,04 persen.
Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak Nur Cahyati Ngaisah; Muhammad Al Ayyubi; Lati Nurliana Wati Fajzrina; Reza Aulia; Munawarah Munawarah; Chairun Nisa Fadillah; Nailul Padhil Zohro
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 8 No 1 (2023): JANUARI
Publisher : UNIB Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.8.1.103-113

Abstract

Kebebasan anak dalam bermain gadget berdampak buruk dalam kamampuan anak bersosial. Permaian di dalam gadget dianggap sangat canggih dan menarik untuk dimainkan. Hal ini menjadi pengaruh punahnya permainan tradisional yang ada di Indonesia salah satunya permaian tradisional kelereng. Tujuan penelitian ini adalah mengingatkan dalam eksistensi permainan tradisional kelereng dari masa ke masa dan membantu anak mengembangakan kemampuan sosial dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat sekitar secara optimal. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan studi literatur terkait permainan kelereng dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa 1) permainan tradisional kelereng mengalami kelangkaan di salah satu desa Beran Ngawi Jawa Timur, anak usia 4-7 tahun yang terdiri dari 6 orang yang dapat menguasai skill permainan kelereng hanya satu anak laki-laki saja. 2) Peran permainan tradisonal kelereng dapat mengembangkan kemampuan sosial anak yang awalnya bergantung dengan gadget dan mengabaikan lingkungan sekitarnya. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa anak memiliki ketertarikan memainkan permainan tradisional kelereng namun tidak mengetahui cara permainannya sehingga perlu adanya pengenalan permainan tradisional kelereng pada anak yang berpengaruh besar dalam kemampuan sosial anak terhadap kerjasama, menyesuaikan diri, berinteraksi, mengontrol diri, empati, menaati aturan dan menghargai orang lain.

Page 1 of 2 | Total Record : 20