cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika)
ISSN : 25977512     EISSN : 26141175     DOI : 10.31764/jtam
Core Subject : Education,
Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika (JTAM) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram dengan ISSN (Cetak) 2597-7512 dan ISSN (Online) 2614-1175. Tim Redaksi menerima hasil penelitian, pemikiran, dan kajian tentang (1) Pengembangan metode atau model pembelajaran matematika di sekolah dasar sampai perguruan tinggi berbasis pendekatan konstruktivis (PMRI/RME, PBL, CTL, dan sebagainya), (2) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis ICT dan Non-ICT, dan (3) Penelitian atau pengembangan/design research di bidang pendidikan matematika, statistika, analisis matematika, komputasi matematika, dan matematika terapan.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): October" : 13 Documents clear
Faktorisasi Polinomial Square-Free dan bukan Square-Free atas Lapangan Hingga Zp Juli Loisiana Butar-butar; Ferdinand Sinuhaji
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4410.084 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1079

Abstract

Abstrak: Faktorisasi polinomial merupakan suatu proses penguraian suatu  polinomial berderajat n menjadi polinomial-polinomial lain yang berderajat lebih kecil dari n.  Faktorisasi polinomial atas lapangan hingga  merupakan suatu proses pengerjaan yang relative tidak mudah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang berupa algoritma untuk memproses faktorisasi polinomial. Algoritma Faktorisasi Berlekamp merupakan salah satu metode terbaik dalam memfaktorisasi polinomial atas lapangan hingga . Polinomial atas lapangan terbagi dua kategori berdasarkan faktorisasinya, yaitu polinomial square-free dan bukan square-free. Polinomial square-free adalah polinomial dimana setiap faktorisasi tak tereduksi tunggal. Sedangkan bukan square-free adalah sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu algoritma untuk menfaktorkan polinomial square-free dan bukan square-free atas lapangan hingga. Adapun (Divasὀn, Joosten, Thiemann, & Yamada, 2017) yang menjadi referensi utama dalam penelitian ini adalah berdasarkan. Namun, dibatasi hanya untuk polinomial square-free saja. Untuk itulah dengan menggunakan konsep polinomial faktorisasi ganda. Pada bagian akhir penelitian akan mengimplementasikan algoritma baru yang telah disusun. Abstract:  Polynomial factorization is a decomposition of a polynomial of degree n into other polynomials whose degree is less than n. Polynomial factorization over finite field  is a relatively easy in process. Therefore, it’s needed a method in the form of an algorithm to process polynomial factorization. Algorithm Factorization Berlekamp is one of the best methods in factoring polynomials over a finite field  . Polynomials over field are divided into two category based on its factorization, namely square-free and not square-free polynomials. Square-free polynomials are polynomials in which each irreducible factorization is single. When non square-free is the opposite. This research aims to set an algorithm for factoring square-free polynomials and non square-free polynomials over a finite field   . The main reference in this research is based on (Divasὀn, Joosten, Thiemann, & Yamada, 2017) (Saropah, 2012). However, it is restricted only  to square-free polynomials. For this reason, this research will use the concept of repeated factorization polynomials. At the end of the research will implement a new algorithm that has been set.
Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Ignatius Jodi Kusfabianto; Firosalia Kristin; Indri Anugraheni
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.442 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.992

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantu kartu dominika pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Bejalen AMB. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD sebanyak 26 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan instrumen pengumpulan data soal pilihan ganda, rubrik keaktifan siswa, dan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay berbantu kartu dominika. Hasil ini dibuktikan dengan peningkatan persentase keaktifan siswa dari pra siklus sejumlah 38,46% yang aktif meningkat di siklus I sejumlah 50,00% yang aktif kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,62% yang aktif. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pra siklus yaitu 34,64% yang tuntas, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 73,08% yang tuntas, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 92,31% yang tuntas.Abstract: This research aims to improve students ' activity and student learning outcomes by applying cooperative learning model Course Review Horay by clicking the Dominican card in 4th-grade students of Elementary School. Types of research using Classroom Action Research (CAR). The research subject is a grade IV student in elementary school 26 people. This method of research uses quantitative and qualitative research methods with multiple-choice data collection instruments, student-active sections, and observation guidelines. The results showed increased student activity and learning outcomes of 4th-grade students after implementing a cooperative learning model Course Review Horay. This result is evidenced by the increased percentage of activity of students from the pre-cycle of 38.46% which is an active increase in the first cycle of 50.00% which is active then increase again in the second cycle to be 84.62% active. Student learning results have also increased from a pre-cycle of 34.64% that is complete, and then increased in the first cycle to 73.08% that is complete, and increased again in the second cycle to 92.31% complete.
Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship Ahmad Fadillah; Ni’mah Ni’mah
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.857 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1035

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi siswa SMA dalam memecahkan soal matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini berupa deskripsi mengenai literasi matematika siswa yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interpret) dalam menyelesaikan soal Programme for International Students Assesment (PISA). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan  bahwa literasi matematika dalam menyelesaiakan soal PISA mendapat nilai rata-rata sebesar 63,28% secara keseluruhan dari skor ideal. Literasi matematis siswa kategori rendah 31,24% (kurang), kategori sedang 72,39% (cukup), kategori tinggi 92,7% (baik). Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal PISA secara umum terdapat pada indikator interpret (menafsirkan) dengan pencapaian sebesar 57,29%.Abstract:  This study aims to analyze the literacy of students of Senior  High School n solving math problems. This type of research is descriptive qualitative research. The results of this study are in the form of descriptions of students' mathematical literacy, namely formulating, applying, and interpreting in solving PISA questions. Based on the results of the study concluded that the mathematical literacy in solving PISA questions got an average value of 63.28% overall of the ideal score. Mathematical literacy of students in the low category 31.24% (less), the moderate category 72.39% (enough), the high category 92.7% (good). Student mistakes in working on PISA questions are generally found in the interpret indicator with an achievement of 57.29%.
Analisa Kestabilan dan Solusi Pendekatan Pada Persamaan Van der Pol Yuni Yulida; Muhammad Ahsar Karim
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2719.307 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1084

Abstract

Abstrak: Di dalam tulisan ini disajikan analisa kestabilan, diselidiki eksistensi dan kestabilan limit cycle, dan ditentukan solusi pendekatan dengan menggunakan metode multiple scale dari persamaan Van der Pol. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahapan metode. Pertama, menganalisa perilaku dinamik persamaan Van der Pol di sekitar ekuilibrium, meliputi transformasi persamaan ke sistem persamaan, analisa kestabilan persamaan melalui linearisasi, dan analisa kemungkinan terjadinya bifukasi pada persamaan. Kedua, membuktikan eksistensi dan kestabilan limit cycle dari persamaan Van der Pol dengan menggunakan teorema Lienard. Ketiga, menentukan solusi pendekatan dari persamaan Van der Pol dengan menggunakan metode multiple scale. Hasil penelitian adalah, berdasarkan variasi nilai parameter kekuatan redaman, daerah kestabilan dari persamaan Van der Pol terbagi menjadi tiga. Untuk parameter kekuatan redaman bernilai positif mengakibatkan ekuilibrium tidak stabil, dan sebaliknya, untuk parameter kekuatan redaman bernilai negatif mengakibatkan ekuilibrium stabil asimtotik, serta tanpa kekuatan redaman mengakibatkan ekuilibrium stabil. Pada kondisi tanpa kekuatan redaman, persamaan Van der Pol memiliki solusi periodik dan mengalami bifurkasi hopf. Selain itu, dengan menggunakan teorema Lienard dapat dibuktikan bahwa solusi periodik dari persamaan Van der Pol berupa limit cycle yang stabil. Pada akhirnya, dengan menggunakan metode multiple scale dan memberikan variasi nilai amplitudo awal dapat ditunjukkan bahwa solusi persamaan Van der Pol konvergen ke solusi periodik dengan periode dua. Abstract: In this paper, the stability analysis is given, the existence and stability of the limit cycle are investigated, and the approach solution is determined using the multiple scale method of the Van der Pol equation. This research was conducted in three stages of method. First, analyzing the dynamic behavior of the equation around the equilibrium, including the transformation of equations into a system of equations, analysis of the stability of equations through linearization, and analysis of the possibility of bifurcation of the equations. Second, the existence and stability of the limit cycle of the equation are proved using the Lienard theorem. Third, the approach solution of the Van der Pol equation is determined using the multiple scale method. Our results, based on variations in the values of the damping strength parameters, the stability region of the Van der Pol equation is divided into three types. For the positive value, it is resulting in unstable equilibrium, and contrary, for the negative value, it is resulting in asymptotic stable equilibrium, and without the damping force, it is resulting in stable equilibrium. In conditions without damping force, the Van der Pol equation has a periodic solution and has hopf bifurcation. In addition, by using the Lienard theorem, it is proven that the periodic solution is a stable limit cycle. Finally, by using the multiple scale method with varying the initial amplitude values, it is shown that the solution of the Van der Pol equation is converge to a periodic solution with a period of two.
Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Klasifikasi Naïve Bayes untuk Memprediksi Partisipasi Pemilihan Gubernur Arif Senja Fitriani
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.397 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.995

Abstract

Abstrak: Pemilihan Umum (PEMILU) merupakan peristiwa politik yang penting untuk menentukan seorang pemimpin dalam Negara demokrasi. Pemilihan Umum (PEMILU) untuk periode tahun 2019-2024 di Jawa Timur telah dilaksanakan pada 27 Juni 2018 dengan dua pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Melalui Pemilihan Umum (PEMILU) semua pihak bisa terakomodasi apa yang diinginkan dan dicita-citakan sehingga terwujud kehidupan yang lebih baik. Masyarakat merupakan komponen penentu berhasil atau tidaknya suatu pelaksanaan Pemilihan Umum. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti meneliti partisipasi pemilu di Desa Jemirahan Kecamatan Jabon dengan menggunakan metode klasifikasi, yaitu algoritma Naïve Bayes. Data diperoleh dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo. Data tersebut di uji menggunakan metode klasifikasi Naive Bayes dengan Tools Weka dan Websitedengan 6 variabel yang sudah ditentukan. Dataset di ambil sebanyak 300 data dibagi 2 yaitu sebanyak 65% dari 195 data Training dan sebanyak 35%  dari 105 data Testing. Hasil prediksi  partisipasi pemilu dari dataset yang diambil sebanyak 300 data dibagi 2 yaitu sebanyak 65% dari 195 data Training dan sebanyak 35% dari 105 data Testing.Hasil prediksi berdasarkan set atribut kehadiran, untuk kehadiran dengan 105 data diperoleh nilai 97% prediksi kebenarannya dan diperoleh nilai 3% prediksi kesalahannya.Abstract:  General Election (PEMILU) is an important political event to determine a leader in democratic country. General Election (PEMILU) for the period 2019-2024 in East Java was held on June 27, 2018 with two pairs of candidates for governor and deputy governor candidates. Through the General Election (PEMILU) all parties can be accommodated what they want and aspire to so that a better life can be realized. The community is the determining component of the success or failure of a General Election. Therefore, in this study the researchers examined the participation of elections in Jemirahan Village, Jabon District by using a classification method, the Naïve Bayes algorithm. Data obtained from the General Election Commission (KPU) Sidoarjo. The data was tested using the Naive Bayes classification method with Weka Tools and Website with 6 predetermined variables. The dataset was taken as much as 300 data divided by 2, as much as 65% of 195 training data and as much as 35% of 105 Testing data. The results of the prediction of election participation from the dataset taken were 300 data divided by 2, as many as 65% of 195 training data and 35% of 105 data Testing. Prediction results are based on the presence attribute set, for the presence with 105 data, the value of 97% of the truth prediction is obtained and the value of the 3% prediction of error is obtained.
Aplikasi Expert System Berbasis Fuzzy logic untuk Mendiagnosa Gaya Belajar Dominan Mahasiswa Tadris Matematika IAIM Sinjai Hardianto Rahman; Nurjannah Nurjannah; Syarifuddin Syarifuddin
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.667 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1044

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan produk aplikasi expert system yang berbasis fuzzy logic untuk mendiagnosa gaya belajar dominan. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: aplikasi pendiagnosa gaya belajar dominan dinyatakan memenuhi kevalidan dan keefektifan. Hasil ini diperoleh setelah dilakukan uji validitas oleh para ahli yang terdiri dari validasi instrumen berupa pertanyaan tentang indikator masing-masing gaya belajar yang keseluruhan aspek berada pada kategori valid yakni 3,32 untuk aspek visual, 3,18 untuk aspek auditorial dan 3,32 untuk aspek kinestetik. Sementara untuk validasi aplikasi yang berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata validator adalah 3,52. Aplikasi ini dikatakan efektif digunakan berdasarkan penilaian mahasiswa tentang keefesienan aplikasi, tampilan dan penggunaan bahasa yang berada pada kategori sangat efektif dengan rata-rata sebesar 3,57 dengan persentase 89% sehingga aplikasi ini dikatakan layak digunakan untuk mendiagnosa gaya belajar dominan seseorang. Abstract:  The purpose of this research is to develop an expert system application product based on fuzzy logic to diagnose the dominant learning style. This study was designed using the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The result study was obtained: application for diagnosing dominant learning styles is stated to fulfill validity and effectiveness. These results were obtained after the validity test by experts consisted of instrument validation in the form of questions about the indicators of each learning style whose overall aspects were in the valid category namely 3.32 for the visual aspect, 3.18 for the auditory aspects and 3.32 for kinesthetic aspects. While for application validation which is in a very valid category with an average validator value is 3.52. This application is said to be effective to use based on student assessment of application efficiency, display and use of language that is in a very effective category with the average student rating of 3.57 with a percentage of 89% so that this application is can be used to diagnose one's dominant learning style.
Implementasi Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Mengembangkan Penalaran Analogi Mahasiswa Dian Nopitasari
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2730.144 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1011

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan kemampuan penalaran analogi mahasiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran creative problem solving (CPS) dan model pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah 62 orang mahasiswa semester 7 dengan 32 orang kelas eksperimen dan 30 orang kelas kontrol. Metode yang dilakukan adalah metode kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan soal tes uraian kemampuan penalaran analogi matematis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa adanya perbedaan penalaran analogi mahasiswa yang diajarkan dengan model creative probelem solving (CPS) dan model pembelajaran konvensional. Hasil perbedaan ini dapat terlihat dari rata-rata postes kemampuan penalaran analogi mahasiswa yang diajarkan dengan creative problem solving (CPS) sebesar 75,12 dan rata-rata post-test kemampuan penalaran analogi mahasiswa yang diajarkan dengan model konvensional sebesar  63,70.           Abstract:  This study aims to analyze whether there are differences in mathematical analogy reasoning abilities of students who are taught with creative problem solving (CPS) learning models and conventional learning models. The subjects of this study were 62 7th semester students with 32 experimental classes and 30 control classes. The method used in this study is a quasi-experimental method with a non-equivalent control group research design. Determination of the sample is done using cluster random sampling techniques in seventh semester students. Data collection after treatment is carried out using a mathematical analytical reasoning ability test. The results revealed that there were differences in mathematical analogy reasoning abilities of students who were taught with creative problem solving (CPS) models and conventional learning models. This can be seen from the average value (posttest) tests of  analogical reasoning ability of students taught by the creative problem solving (CPS) model of 75,12 and the average value of the results of mathematical reasoning ability tests of students taught with conventional models of 63,70.
Worksheet Persamaan Differensial untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Kiki Riska Ayu Kurniawati; Habib Ratu Perwira Negara
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.229 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1045

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa worksheet Persamaan Differensial (PD) untuk kemandirian belajar mahasiswa. Worksheet yang dikembangkan terdiri dari beberapa subbab yakni (1) PD variable terpisah, (2) PD homogen, (3) PD eksak, dan (4) PD linier. Pengembangan produk ini menggunakan metode desain pengembangan 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yakni Define, Design, Develop, dan Diseminate. Subjek penelitan adalah mahasiswa dengan jumlah responden 7 mahasiswa untuk uji terbatas dan 40 mahasiswa untuk uji coba lapangan. Hasil pengembangkan yang diperoleh, nilai rata-rata persentase dari penilaian ahli adalah 75.33% yang berarti valid dan hasil uji coba terbatas diperoleh rata-rata persentase mahasiswa memberikan respon 84,29% yang berarti sangat baik serta uji coba lapangan diperoleh rata-rata persentase mahasiswa pada kelompok uji coba 1  maupun uji coba 2 memberikan respon 95.4% dan 92.9% yang berarti produk yang sedang dikembangkan berkategori sangat baik dan telah efektif, sedangkan tingkat kemandirian belajar mahasisiwa yang diperoleh dalam menggunakan worksheet persamaan difernsial adalah sedang. Sehingga ini menunjukkan bahwa worksheet yang dikembangkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap kemandiran belajar mahasiswa. Abstract:  This research aims to develop the learning materials in the form of differential equation (PD) Worksheets for students ' independence. The worksheets are developed consisting of several subchapters, namely (1) PD variable separate, (2) PD homogeneous, (3) PD Exact, and (4) PD linear. The development of this product using 4-D development design method is done through 4 stages, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. The research subject is a student with a total of 7 respondents for a limited test and 40 Students for field trials. The results of the development acquired, the average percentage value of the expert rating is 75.33% which means that valid and limited trial results are obtained average percentage of students give a response of 84.29% which means excellent and field trials The average percentage of students in the 1st and 2nd trial groups gave a response of 95.4% and 92.9% which means that the product under development was very good and effective, while the level of self-reliance learned the Obtained in the use of a worksheet is currently being. So this indicates that the developed worksheet can provide a positive impact on student learning.
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Sikap Bersahabat di Kelas IV SD Annisa Luthfiani; Sony Irianto; Ana Andriani
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.409 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.971

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika dan sikap bersahabat di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan desain Nonequivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 42 siswa yang terbagi menjadi 20 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen prestasi belajar siswa melalui pretest dan posttest sedangkan instrumen sikap bersahabat didapatkan dengan angket menggunakan skala Likert. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan, dimana t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar siswa dengan t-hitung = 3,399 ≥ t-tabel = 1,684; (2) terdapat pengaruh antara pendekatan matematika realistik terhadap sikap bersahabat siswa dengan t-hitung = 2,160 ≥ t-tabel = 1,684.Abstract: This research aimed to find out the effect of realistic mathematics approach towards the students' learning achievement and friendly behavior on the fourth grade of Elementary School. This was a quasi-experimental research with Nonequivalent (pre-test and post-test) Control Group Design. The samples of this research were 42 fourth graders of Elementary School taken from two classes consisting of 20 students of the experiment class and 22 students of the control. The data of students'learning achievement were collected using pre-test and post-test, while the data of students' friendly behavior were collected using a questionnaire of Likert scale. To test the hypothesis of this study using the right t-test, where t-count was bigger than t-table so Ho will be rejected and Ha will be accepted. The results showed that: (1) there was an effect between realistic mathematics approach and the students' learning achievement with t-count = 3.399 ≥ t-table = 1.684; (2) there was an effect between realistic mathematics approach and students' friendly behavior with t-count = 2.160 ≥ t-table = 1.684.
Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Geometri Matematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IV SD Enggaringtyas Dewi Nugrahwidi; Stefanus C. Relmasira; Agustina Tyas Asri Hardini
JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika) Vol 3, No 2 (2019): October
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.817 KB) | DOI: 10.31764/jtam.v3i2.1027

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep geometri dan pengukuran mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut teori C. Kemmis dan Mc. Taggart yang telah dilaksanakan selama dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD sebanyak 25 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi guru, siswa dan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian persentase pencapaian penguasaan konsep siswa mengalami peningkatan secara bertahap, yakni pada pra siklus sebesar 12%,  siklus I menjadi 40%, siklus II meningkat menjadi 84%. Dengan demikian, penguasaan konsep yang diharapkan telah mencapai indikator keberhasilan dan dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Bruner dapat meningkatkan penguasaan konsep geometri dan pengukuran.Abstract: This research aims at increasing the comprehension of geometry and measurement concepts of the fourth graders in Public Elementary School. Based on the definition made by C. Kemmis and Mc. Taggart, this research can be classified as Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. The research subjects were the fourth graders in Public Elementary School are 25 students. The results showed that the students' comprehensions were gradually increasing. During the pre-cycle, the percentage was 12% and it increased to 40% at the end of first cycle. It was then increased to 84% at the end of second cycle. Therefore, it can be concluded that the implementation of Bruner's learning theory can help increase student's comprehension of geometry and measurement concepts.

Page 1 of 2 | Total Record : 13