cover
Contact Name
Zulkarnain
Contact Email
dzul9787@gmail.com
Phone
+6287832631987
Journal Mail Official
orbita.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.1, Pagesangan, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat 83115
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika
ISSN : 24609587     EISSN : 26147017     DOI : https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10197
Core Subject : Science, Education,
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika invites and welcomes the submission of advanced research and review papers, innovations and developed selected conference papers that have never been previously publicized. This journal provides publications and a forum to the academics, scholars and advanced level students for exchanging significant information and productive ideas associated with all these disciplines. The relevant topics of the latest progressive findings or developments will be taken seriously into consideration, the topics covered by the journals include: Physics Education : Physics learning innovation; Physics learning methods, models, and approaches; Physics learning media; ICT in Physics learning; Physics learning evaluation and assesment; Etnophysics. Ecophysics Applied Physics : Theoretical and computational physics; Instrumentation physics; Geophysics; Material Physics; Biophysics and Medical Physics.
Articles 196 Documents
PENGARUH SPEKTRUM DAN INTENSITAS CAHAYA LED TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN MICROGREENS PAKCOY (Brassica Rapa L. subsp.chinensis (L)) Adellia Sartika Putri; Yushardi Yushardi; Supeno Supeno
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 7, No 2 (2021): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.47 KB)

Abstract

ABSTRAKSpektrum dan intensitas cahaya sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan tanaman, karena spektrum warna dan intensitas cahaya membantu proses fotosintesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh spektrum warna merah dan biru serta intensitas lampu LED dengan daya 3 watt, 9 watt, dan 15 watt terhadap pertumbuhan tanaman microreens yang meliputi banyak batang, banyak daun, dan tinggi. Microgreens adalah tanaman kecil dan lunak yang dapat dipanen dalam waktu singkat yaitu 7 – 14 hari setelah tanam biji. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Ada dua kelompok dalam penelitian ini, yaitu kelompok eksperimen kontrol yang hanya menggunakan cahaya langsung matahari tanpa bantuan LED dan kelompok eksperimen yang diberi spektrum LED dan pemaparan intensitas cahaya LED. Sampel yang digunakan sebanyak 140 sampel biji pakcoy yang dibagi menjadi 20 sampel untuk kelompok kontrol dan 120 sampel untuk kelompok eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan SPSS 23 dengan uji Two Way Anova. Hasil dari teknik analisis data tersebut yaitu spektrum dan intensitas cahaya LED berpengaruh terhadap pertumbuhan microreens pakcoy. Kata kunci: spektrum cahaya; Light Emitting Diode (LED); intensitas cahaya; microreens. ABSTRACTThe spectrum and intensity of light are very influential in the process of plant growth, because the spectrum of color and intensity of light helps the process of photosynthesis. This study aims to examine the effect of the red and blue color spectrum and the intensity of LED lamps with 3 watts, 9 watts, and 15 watts of power on the growth of microreens which include many stems, many leaves, and height. Microgreens are small and soft plants that can be harvested in a short time of 7-14 days after planting seeds. This study uses the type of experimental research. There were two groups in this study, namely the control experimental group which only used direct sunlight without the aid of LEDs and the experimental group which was given the LED spectrum and LED light intensity exposure. The samples used were 140 samples of pakcoy seeds which were divided into 20 samples for the control group and 120 samples for the experimental group. The data analysis technique used was SPSS 23 with Two Way Anova test. The results of the data analysis technique, namely the spectrum and intensity of LED light affect the growth of microreens pakcoy. Keywords: light spectrum; Light Emitting Diode (LED); light intensity; microreens.
SINTESIS LAPISAN TIPIS TiO2:(F+In) PADA SUBSTRAT KACA DENGAN METODE SPIN-COATING SEBAGAI BAHAN SEL SURYA Dedi Riyan Rizaldi; Aris Doyan; Susilawati Susilawati
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 7, No 1 (2021): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.528 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v%vi%i.4655

Abstract

ABSTRAKTelah dilakukan penelitian sintesis lapisan tipis TiO2 dengan doping campuran Fluorin dan Indium. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan lapisan tipis yang baik digunakan sebagai salah satu komponen pada sel surya yaitu lapisan absorben. Sintesis lapisan tipis menggunakan metode spin-coating dengan bantuan alat centrifuge yang dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Dasar dan Kimia Organik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan data dianalisis secara deskriptif. Proses sintesis lapisan tipis terdiri dari beberapa tahapan yaitu 1). Persiapan substrat, 2). Pembuatan larutan sol-gel, 3). Deposisi lapisan tipis, dan 4). Pemanasan sampel lapisan tipis. Sampel lapisan tipis diberikan tiga perlakuan berbeda yang terdiri dari 1). Konsentrasi larutan, 2). Jumlah lapisan, dan 3). Variasi suhu pemanasan sampel. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan didapatkan bahwa semakin besar konsentrasi doping yang digunakan maka semakin gelap permukaan sampel lapisan tipis yang dihasilkan. Kata kunci: sintesis lapisan tipis; TiO2:(F+In); metode spin-coating; sel surya. ABSTRACTResearch on the synthesis of TiO2 thin films with doping mixture of Fluorine and Indium has been carried out. The aim of this research is to produce a thin film which is suitable for use as a component of solar cells, namely the absorbent layer. Synthesis of thin films using the spin-coating method with the help of a modified centrifuge. This research was conducted at the Laboratory of Basic Chemistry and Organic Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Mataram University. This type of research is pure experimental research with data analyzed descriptively. The thin layer synthesis process consists of several stages, namely 1). Substrate preparation, 2). Preparation of sol-gel solution, 3). Thin layer deposition, and 4). Heating the thin layer sample. The thin layer sample was given three different treatments consisting of 1). The concentration of the solution, 2). Number of layers, and 3). Variation in sample heating temperature. Based on the research that has been done, it was found that the greater the doping concentration used, the darker the surface of the resulting thin layer sample. Keywords: synthesis thin film; TiO2:(F+In); spin-coating method; solar cells
PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BERBANTUKAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI MTS NEGERI 3 MATARAM Julaiha Julaiha; Islahudin Islahudin; Johri Sabaryati
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.379 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1001

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataramyang berjumlah 90 siswa yang terbagi atas 3 kelas. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII B sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t polled varians. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes awal dan tes akhir. Hasil tes awal diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 41, sedangkan untuk kelas kontrol 44. Hasil tes akhir diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen 74 sedangkan untuk kelas kontrol 64. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,021 sedangkan ttabel sebesar 1,696 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat  peraga berbantukan kearifan lokal terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII MTs Negeri 3 Mataram.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSBUK (POSTER BUKU) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM NEWTON Nur Ramadhan; Linda Sekar Utami; Johri Sabaryati
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.716 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1002

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan PosBuk (Poster Buku) pada pokok bahasan hukum newton, untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswaSMA Muhamadiyah Mataram Kelas X. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa PosBuk (Poster Buku). Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis datayang digunakan adalah mengunakan rumus N-gain untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif ke kuantitatif untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkanberupa PosBuk (Poster Buku) memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media PosBuk (Poster Buku) yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sangat baik untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai gain 0,679. Denganketuntasan belajar klasikal diperoleh peningkatan 84,37 %. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PosBuk (Poster Buku) dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas X MAN 1 Mataram.
PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESSMENT KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI MAN I MATARAM Ramlah Ramlah; M. Isnaini; Ni Wayan Sri Darmayanti
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.678 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1003

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen assessment keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian dan pengembangan Risearch and Development (R&D) sampai tahap revisi produk dengan tujuanmendeskripsikan kelayakan instrun assessment keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika berupa soal pilihan ganda dengan memperhatikan reliabilitas, validitas, dan tingkat kesukaran. Penelitian ini menggunakan instrumen angket, instrumen validasi ahli, daninstrumen tanggapan guru. Karakteristik instrumen assessment ini adalah instrumen assessmen yang mengukur keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh presentase assessmen pada aspek kesesuian isi, konstruk, dan keterbacaan sebesar 100%, 80%,100%. Presentase tanggapan guru pada aspek uji kesesuaian isi, keterbacaan dankonstruk adalah sebesar 80%, 80% dan 80%. Jadi, instrumen assesment yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi dengan rata-rata presentase sebesar 80%.
PENGEMBANGAN KARTU PINTAR FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN BENDA TEGAR Misdawati Misdawati; Islahudin Islahudin; M. Isnaini
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.143 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1004

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan Kartu Pintar Fisika pada pokok pembahasan Kesetimbangan Benda Tegar, untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D). Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Muhammadiyah Mataram dan Kelas XI.TSM sebagai sampel.Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postets desine. Model pengembangan yang digunakkan adalah Dick & Cary yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa Kartu Pintar Fisika. Data diperoleh melalui wawancara, lembar observasi, angket dan dokumentasi teknik analisis data yang digunakkan adalah deskriptifkualitatif untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Media Kartu Pintar Fisika yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sagat baik untuk meningkatka keterampilan proses sains dengan presentase sebesar 82% bila dibandingkan sebelum menggunakkan Kartu Pintar Fisika yaitu sebesar 63%. Peningkatan keterampilan proses sains secara klasikal jugaberada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,48. Berdasarkan taraf kesalahan 5% dari jumlah 17 siswa, maka diperoleh harga Chi Kuadrat Tabel =27,587. Ternyata harga Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Harga Chi Kuadrat tabel yaitu (649>27,587). Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kartu Pintar Fisika dapat meningkatkan keterampilan proses sains kelas XI.TSM SMK Muhammadiyah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.
PENGARUH PEMANFAATAN ALAT PERAGA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII DI MTS NURUL IMAN NW KEMBANG KERANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Islahudin Islahudin; Ni Wayan Sri Darmayanti; Zulkarnain Zulkarnain
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.906 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1005

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan ini tentang pengaruh pemanfaatan alat peraga berbasis kearifan lokal terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan alat peraga berbasis kearifan lokalterhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan model One-Group Pretest- Posttes Design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan rumus uji pengaruh atau uji t, sebelum data dianalisis menggunakan uji t terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas.Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap analisis data dengan menggunakan uji t. Jika t hitung < t tabel maka perbedaan test tidak signifikan atau bisa dikatakan tidak memiliki pengaruh, sebaliknya jikathitung > ttabel maka perbedaan tes signifikan atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (6,11) lebih besar dari ttabel (2,04). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alatperaga alam terhadap peningkatan hasil belajar fisika pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.
ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA MENYEDERHANAKAN RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN TEOREMA THEVENIN Roziana Roziana; Islahudin Islahudin; Johri Sabaryati
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 3, No 2 (2017): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (139.813 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v3i2.1006

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan mahasiswa menyederhanakan rangkaian listrik menggunakan Teorema Thevenin di Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun Akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester I, semester III, semester V dan semester VII yang berjumlah 60 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Akademik 2016/2017. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III (angkatan 2015) dan semester V (angkatan 2014) Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UniversitasMuhammadiyah Mataram Tahun 2017 yang sudah menempuh mata kuliah Elektronika Dasar I. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu Distribusi Frekuensi dan Indeks Prestasi Kelompok (IPK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua bentuk tes, yaitu bentuk tes soal I menganalisisgambar rangkaian listrik dan menuliskan persamaan Rth yang berjumlah 20 soal dan bentuk tes soal II merubah persamaan hambatan Teorema Thevenin menjadi rangkaian listrik yang terdiri dari 20 soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa menganalisis gambar rangkaian listrik dan menuliskan persamaan Rth (Instrumen I) MencapaiIPK 47,85 yang tergolong dalam kategori kemampuan sangat rendah, sedangkan IPK semester III (angkatan 2015) mencapai IPK 48,75 yang tergolong dalam kategori sangat rendah dan IPK semester V (angkatan 2014) mencapai IPK 47,03 yang tergolong dalam kategori sangat rendah, sedangkan kemampuan mahasiswa merubah persamaan hambatanTeorema Thevenin menjadi rangkaian listrik (Instrumen II) mencapai IPK 38,2 tergolong kategori sangat rendah, sedangkan IPK semester III (angkatan 2015) mencapai IPK 38,95 yang tergolong dalam kategori sangat rendah dan IPK semester V (angkatan 2014) mencapaiIPK 37,5 yang tergolong dalam kategori sangat rendah.
DAMPAK FRAKSINASI DOSIS PAPARAN RADIASI TERHADAP INSULIN LEVELS PANKREAS PASCA IRADIASI SINAR GAMMA Zulkarnain, Zulkarnain; Sabaryati, Johri; Utami, Linda Sekar
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.714 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.1650

Abstract

ABSTRAKPaparan radiasi gamma pada sel dapat membahayakan materi biologis atau komponen-komponen penyusun sel seperti DNA, membran protein dan lipid, dimana hal ini dapat menyebabkan kerusakan bahkan kematian sel. Kerusakan sel akibat paparan radiasi berkaitan erat dengan adanya interaksi sel dengan radikal bebas yang dihasilkan akibat daya ionisasi sinar gamma. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui dampak fraksinasi dosis paparan radiasi terhadap insulin levels pankreas pasca iradiasi sinar gamma. Sebanyak 30 ekor mencit jantan digunakan dalam penelitian ini dan dibagi menjadi 3 kelompok ; kontrol sehat (K0), kontrol negatif (K-) dan kontrol positif (K+).  Pemberian paparan radiasi dilakukan secara fraksinasi dengan 100 rad per fraksi hingga dosis maksimal dari kelompok perlakuan. Pengukuran level insulin dilakukan dengan menggunakan metode ELISA indirect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fraksinasi dosis paparan radiasi mampu menurunkan level insulin, dimana level insulin cenderung mengalami penurunan seiring dengan penambahan dosis radiasi. Kata kunci : Radiasi Gamma, Radikal Bebas, Level Insulin. ABSTRACTExposure to gamma radiation on cell harmfull biological material or constituent components of cells such as DNA, proteins and lipid membranes. If this was happened, it can lead to damage and cell death. Cells damage was caused by radiation exposure related to free radicals as a product when the interaction was happened. The objectives of this research were to determine effects of gamma radiation dose fractination in insulin levels after exposured.  Thirty fives mice were used in this research.  They were divided into three group : normal (K0), control (K-) and radiation (K+). Exposure of gamma radiation is given fractionally with 100 rad per fraction up to the maximum dose of the treatment group. Insulin levels was measured by indirect ELISA methods. The results showed that fractionation of radiation dose can reducing an insulin levels, in which insulin levels tended to decrease with the addition of radiation dose.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POHON PINTAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMPN 19 MATARAM. M. Isnaini; Atika Puspita; Linda Sekar Utami; N.W.S Darmayanti
ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika Vol 4, No 1 (2018): Mei
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (125.658 KB) | DOI: 10.31764/orbita.v4i1.3113

Abstract

Tujuan penelitian untuk:  (1)  mengembangkan media pembelajaran pohon pintar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP 19 Mataram kelas VII, (2) mengetahui  peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pohon pintar. Penelitian ini merupakan jenis  penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, untuk mengukur kualitas media yang dikembangkan. Angket minat belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa pohon pintar memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media pohon pintar  yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang sangat baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 86% bila dibandingkan sebelum menggunakan pohon pintar yaitu sebesar 53%. Peningkatan motivasi belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,70. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis pohon pintar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

Page 1 of 20 | Total Record : 196