cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 24 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2: Juni 2021" : 24 Documents clear
PENGARUH SIKAP ORANG TUA YANG OVERPROTEKTIVE TERHADAP PERKEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK Nisa, Nurul; Lestari, Triana
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4747

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari sikap orang orang tua yang overprotective akan berdampak baik atau buruk bagi perkembangan kemandirian anaknya. Adapun metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan (library search) dan studi kasus. Dimana pembahasan dan teori yang diperoleh berdasarkan hasil wawancara yang kemudian hasilnya dianalisis dan mengkaji beberapa artikel dan jurnal. Yang dimana diperoleh hasil bahwa sikap overprotective orang tua ini berpengaruh negatif terhadap perkembangan kemandirian anaknya. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulan bahwa adanya sikap overprotective akan ada kemungkinan menjadikan anaknya sebagai orang yang terus bergantung kepada orang lain dan kurangnya kemandirian.
Analisis Motivasi Belajar Siswa SD Bidang Studi IPA Di Tengah Pandemi Covid-19 Melalui Praktikum Berorientasikan Lingkungan Sekitar Rumah Darmayanti, N W.S; Wisnu Budi Wijaya, I. K.M.; Haifaturrahmah, Haifaturrahmah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.5344

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa SD bidang studi IPA di tengah pandemi covid-19 dengan pembelajaran daring melalui praktikum berorientasikan lingkungan sekitar rumah. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif, di mana kelas V SD Negeri 1 Tampaksiring sebagai subyek penelitian. Data motivasi belajar IPA siswa dikumpulkan dengan teknik non-tes menggunakan angket ssebanyak 30 item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan skala likert dengan gradulasi penilaian, yaitu sangat baik (5), baik (4), kurang baik (3), tidak baik (2) dan sangat tidak baik (1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi belajar siswa SD pada bidang studi IPA secara keseluruhan berkreteria cukup baik. Dari 30 orang siswa SD kelas V, 8 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria baik dengan persentase 27% dan 22 orang siswa memiliki motivasi belajar IPA berkriteria cukup baik dengan persentase 73%.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Nofriana, Mia; Lena, Mai Sri
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4402

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan penerapan model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) di kelas V SDN 10 Lubuk Begalung Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian berupa observasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V yang berjumlah 29 orang. Hasil penelitian RPP siklus 1 80% dengan kategori baik (B), siklus 2 menjadi 95% dengan kategori (A). Pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus 1 82,28% (B), siklus 2 menjadi  95,83% (A). Aspek siswa siklus 1 80,20% (B), siklus 2 93,75% (A). Aktivitas belajar siswa siklus 1 Aktivitas visual 81% (B), Aktivitas Oral 76,5% (C), Aktivitas Emosional 77% (C), Aktivitas Menulis 76,5% (C). Siklus 2 Aktivitas visual 94% (A), Aktivitas Oral 93% (A), Aktivitas Emosional 89% (A), Aktivitas Menulis 91% (A). Berdasarkan hasil dan persentase yang didapatkan dari penelitian ini maka disimpulkan bahwa model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
PENGEMBANGAN PERANGKAT PRAKTIKUM ONLINE IPA SD BERBASIS HOME MATERIALS DIMASA PANDEMI COVID 19 Rahman, M.Pd, Nanang; Haifaturrahmah, Haifaturrahmah; Sari, Nursina
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4991

Abstract

Tujuan dari penelitian  adalah sebagai berikut: (1) mengembangkan perangkat praktikum berbasis home materials, (2) mengetahui efektifitas perangkat  praktikum online IPA berbasis home materialspada masa pandemic Covid 19. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan secara prosedural dimana langkah-langkahnya dijelaskan secara kongkrit dan rinci. Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu kepada prosedur yang dikembangkan oleh Borg & Galls. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan: (1) Perangkat praktikum yang dikembangkan mengggunakan prosedur sebagai berikut: pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan, (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,66% yang termasuk dalam kategori valid dan berdasarkan hasil uji coba terbatas didapatkan indormasasi bahwa hasil kepraktisan sebesar 86,2 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) Berdasarkan hasil uji kemampuan hasil praktikum diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 93,75 %.Tujuan dari penelitian  adalah sebagai berikut: (1) mengembangkan perangkat praktikum berbasis home materials, (2) mengetahui efektifitas perangkat  praktikum online IPA berbasis home materials pada masa pandemic Covid 19. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan secara prosedural dimana langkah-langkahnya dijelaskan secara kongkrit dan rinci. Prosedur pengembangan yang dilakukan mengacu kepada prosedur yang dikembangkan oleh Borg & Galls. Berdasarkan hasil peneltian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan: (1) Perangkat praktikum yang dikembangkan mengggunakan prosedur sebagai berikut: pengembangan produk awal, validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan, (2) Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan desain pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebesar 90,66% yang termasuk dalam kategori valid dan berdasarkan hasil uji coba terbatas didapatkan indormasasi bahwa hasil kepraktisan sebesar 86,2 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) Berdasarkan hasil uji kemampuan hasil praktikum diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 93,75 %.
META-ANALISIS: MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STAY TERHADAP HASIL BELAJAR Mansurah, Rakim; Wahyuningsi, Sry; Insani, Nur; Syaharudin, Syaharuddin; Satriawan, Rody; Rosada, Rosada
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4467

Abstract

Abstrak: Two stay two stray yaitu salah satu model  pembelajaran  kooperatif yang memberikan kesempatan kepada kelompok membagikan hasil dan informasi kepada kelompok lain. Hal ini dilakukan karena banyak kegiatan belajar mengajar yang diwarnai dengan kegiatan-kegiatan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah meta-analysis yaitu dengan cara  mengumpulkan data dari hasil-hasil penelitian yang terindeks database pengindeks seperti Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Data yang diambil sesuai kriteria inklusi dan ekslusi penelitian ini untuk kemudian ditentukan nilai effect size (ES) dan standard error (SE). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran two stay two stray terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 57% dengan estimasi dampak sebesar 0,567 yang termasuk kategori sedang. Sedangkan dari variabel moderator yang paling dominan terhadap hasil belajar terdapat pada jenjang SD yakni estimasinya sampai 0,82 atau sebesar 82% pada mata pelajaran IPS yakni 0,60 atau 60% yang termaksud kategori sangat kuat.Abstract:  Two stay two stray is one of the cooperative learning models that gives the group the opportunity to share results and information with other groups. This is done because many teaching and learning activities are colored by individual activities. This study aims to find out the influence of the two stay two stray learning model on student learning outcomes. The research method used is meta-analysis by collecting data from the results of research indexed indexer databases such as Google Scholar, SINTA, and Garuda Portal. The data taken in accordance with the criteria of inclusion and exclusion of this study to then be determined the value of effect size (ES) and standard error (SE). The results of data analysis using JASP software showed that there was a significant influence of two stay two stray learning model on student learning outcomes by 57% with an estimated impact of 0.567 which belongs to the moderate category. While from the most dominant moderator variables on the results of learning is at the elementary level, namely the estimate up to 0.82 or 82% in ips subjects, namely 0.60 or 60% which is referred to as a very strong category.
PENGARUH GAWAI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH Muthmainnah, Anti
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4725

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: (1) Pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa saat PJJ, dan (2) Kendala penggunaan gawai pada siswa SD selama PJJ. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif, dengan data yang dikumpulkan dengan mengajukan beberapa pertanyaan dalam bentuk kuesioner yang disebarkan secara online melalui aplikasi WhatsApp dengan link google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan gawai membawa pengaruh terhadap kemandirian belajar siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, yaitu siswa mencari jawaban yang instan ketika di beri tugas oleh guru, siswa menjadi lebih malas belajar di rumah, dan siswa malah menyalahgunakan penggunaan gawai ketika belajar. Banyak pula kendala yang dihadapi siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh, yaitu siswa kesulitan belajar jika harus memakai gawai orang tua, pengeluaran dana dalam pembelian paket internet meningkat, dan siswa sering mengalami kendala jaringan ketika belajar. Penelitian ini dapat berguna bagi pembaca serta orang tua, guru, dan siswa agar dapat meningkatkan kesadaran pengaruh gawai terhadap kemandirian belajar siswa selama Pembelajaran Jarak Jauh.
Maharah Qira'ah Learning Strategy for Integrated Islamic Elementary School (SDIT) Students During Covid-19 Pandemic Ritonga, Apri Wardana; Fitri, Aulia
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4501

Abstract

The Covid-19 pandemic demands teachers to develop strategies for learning maharah qira'ah well. So that learning has a good impact on the development of student skills. This study aims to describe the maharah qira'ah learning strategy carried out by teachers during the Covid-19 pandemic era. This study used a qualitative approach with the case study method at SDIT Nurul Ikhlas Padang, while data collection was through observation, interviews and document study. The data were analyzed using triangulation of data and data sources, while the data validation stage used Miles and Huberman's theory, namely reducing data, presenting data and verification. This study shows that the maharah qira'ah learning strategy in the pandemic era was carried out using the electronic media Whatsapp, Google Classroom and Youtube through full mentoring from the teacher. This study recommends further research to test the effectiveness of learning maharah qira'ah using online media for elementary school students.
PENGGUNAAN MEDIA MICROSOFT POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR Bay, Rudolfus Ruma; Algiranto, Algiranto; Yampap, Umar
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4539

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi secara maksimal menggunakan media Microsoft Power Point. Penelitian tindakan kelas siklus I dan II. Subjek siswa kelas IV SD Inpres Gudang Arang. Teknik yang digunakan pengumpulan data  tes dan observasi. Hasil belajar siswa pada siklus II terlihat pada diagram. ketuntasan hasil belajar siswa 88% atau 22 siswa mendapat nilai > 70 yang tidak tuntas sebesar 12% 3 siswa memiliki nilai < 70. Rata¬-rata secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 21 dari siklus I yaitu 69 menjadi 78 pada siklus II.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Mubarak, Ichsan; Ariani, Yetti
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4491

Abstract

Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 87,% dengan kualifikasi sangat baik (A) meningkat menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II  dan meningkat menjadi 92,5 % pada siklus  III dengan kualifikasi sangat baik (A). Pada hasil observasi dari aspek guru siklus I rata-rata 73,1% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 87 % dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II dan meningkat menjadi 96 % pada siklus  III dengan kualifikasi sangat baik (A). Pada hasil obsevasi dari aspek peserta didik siklus I rata-rata 64,2% dengan kualifikasi cukup (C) meningkat menjadi 78 % dengan kualifikasi s baik (B) pada siklus II dan meningkat menjadi 88,85 % pada siklus  III dengan kualifikasi sangat baik (A). Sedangkan hasil belajar peserta didik siklus I memperoleh persentase 62,1 % dengan kualifikasi kurang (D) meningkat menjadi 89,2 % dengan kualifikasi sangat baik (A) pada siklus II dan meningkat menjadi 94,6 % pada siklus  III dengan kualifikasi sangat baik (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran keliling dan luas bangun datar dan hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Disekolah Dasar.
MODEL WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DALAM PELAJARAN IPA KONSEP ORGAN PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD INPRES OEBA 2 KUPANG TAHUN AJARAN 2019/2020 Akbari, Ummu Fajariah; Aiman, Ummu; Ahmad, Rizqy Amelia Ramdhaniyah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 4, No 2: Juni 2021
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v4i2.4750

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang dbelajarkan dengan model model pembelajaran word square berbantuan media gambar dan kelas yang pembelajarannya menerapkan metode konvensional pada materi konsep organ pernapasan manusia kelas V SD Inpres  Oeba 2 Kota Kupang. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment)dengan menggunakan rancangan post-test only control group design. Dengan jumlah populasi 46 peserta didik. Nilai posttest dianalis menggunakan uji-T. Hasil diperoleh bahwa thitung = 7,150 dan ttabel = 2.021 taraf 5%. Berati thitung > ttabel, maka adanya perbedaan antara peserta didik yang diajarkan dengan model word square dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvesional. Rerata hasil post-test, berada pada posisi sangat tinggi dengan nilai Mean 68,48 kelompok eksperimen sedangkan kelompok kontrol di kategori sedang dimana hasilnya Mean 61,74. Disimpulkan model pembelajaran word square berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar peserta didik materi organ pernapasan manusia kelas V SD Inpres Oeba 2 kota kupang tahun ajaran 2019/2020

Page 1 of 3 | Total Record : 24