cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
pendekar.ummat@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1, Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
ISSN : -     EISSN : 26151421     DOI : 10.31764/pendekar
Core Subject : Education,
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah lainnya di bidang pendidikan. Adapun cakupannya meliputi hasil penelitian di bidang matematika dan ilmu alam, teknologi informasi dalam pembelajaran, sosio geografis, agama dan budaya, bahasa dan sastra, serta humaniora. Terbit dua kali setahun yakni bulan April dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Juli" : 11 Documents clear
Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Kelas VII C pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model Project Based Learning Wanda Wijaya; Urwatil Wusqo; Zedi Muttaqin; Sumiati Sumiati; Zohriah Zohriah; Rohana Rohana
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.14640

Abstract

Abstrak: Pembelajaran berbasis proyek menekankan kegiatan pembelajaran dengan menjadikan proyek atau kegiatan sebagai media dalam belajar. Melalui kegiatan pembelajaran bebasis proyek siswa dituntun mampu melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar. Adapun tujuan implementasi model pembelajaran project based learning yaitu meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII C semester ganjil yakni pada materi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan tindakan. Sasaran dalam penelitian ditujukan pada subjek penelitian siswa kelas VIII C sebanyak 40 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi (lembar pedoman observasi) dan dokumentasi (foto/video). Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning yang telah diterapkan berhasil membuat peningkatan terhadap kreativitas belajar siswa selama proses pembelajaran.Abstract: Project-based learning emphasizes learning activities by making projects or activities as media in learning. Through project-based learning activities students are guided to be able to explore, assess, interpret, synthesize, and information to produce various forms of learning outcomes. The purpose of implementing the project based learning learning model is to increase student learning creativity in the Civics class VIII C subject in the odd semester, namely on the material of the laws and regulations that apply in Indonesia. The method used in this study is a qualitative method with a descriptive and action approach. The target in the research was aimed at the research subjects of class VIII C students as many as 40 students. Methods of data collection using observation (observation guide sheets) and documentation (photos/videos). Data analysis used descriptive data analysis. The results of the study can be concluded that the application of the project based learning learning model that has been implemented has succeeded in making an increase in student learning creativity during the learning process. 
Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar Melati Khosi Lestari; Arina Restian; Arif Supradana
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.15346

Abstract

Abstrak: Pembelajaran matematika dianggap sulit bagi siswa khususnya kelas 1 sekolah dasar. Media Wordwall Gameshow merupakan teknik pembelajaran inovatif untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Implementasi Media Wordwall Gameshow untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika kelas 1 dalam Merdeka Belajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel penelitian yaitu 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan evaluasi Wordwall Gameshow pada mata pelajaran matematika Kurikulum Merdeka terhadap hasil belajar peserta didik kelas 1 yang dilihat dari siklus I menunjukan nilai ketuntasan belajar mencapai 51,72%, pada siklus II hasil penilaian siswa menunjukan ketuntasan belajar mencapai 69,48%, dan siklus III hasil penilaian menunjukan ketuntasan belajar mecapai 100,0% atau seluruh siswa tuntas belajar.Abstract: Learning mathematics is considered difficult for students, especially grade 1 elementary school. Wordwall Gameshow media is an innovative learning technique to improve learning outcomes in grade 1 mathematics in Merdeka Learning. The purpose of this study was to analyze the influence of the Wordwall Gameshow Media Implementation to Improve Student Learning Outcomes in Grade 1 Mathematics in Merdeka Learning. This research method is Classroom Action Research. The research sample is 29 students. Data collection techniques using the method of observation, documentation, and tests. While the data analysis technique uses descriptive qualitative. The results showed that there was an increase in the teacher's ability to apply the Wordwall Gameshow evaluation in the Mathematics subject of the Independent Curriculum to the learning outcomes of class 1 students. As seen from cycle I, the learning completeness score reached 51.72%, in cycle II, the student assessment results showed that the learning mastery reached 69.48%, and cycle III the results of the assessment show that learning completeness reaches 100.0% or all students complete learning. 
Peranan Psikologi dalam Pengembangan Sikap Positif Belajar Peserta Didik Friska Nur Fatimah; Sekar Ayu Larasati; Sinta Affrilliana Sari; Fauziah Nasution
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.12945

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana psikologi berkontribusi terhadap sikap belajar siswa yang positif. Sikap belajar seseorang dipengaruhi oleh beberapa komponen psikologis. Memahami bagaimana komponen ini saling berinteraksi dan mempengaruhi sikap belajar dapat membantu pendidik meningkatkan motivasi sikap positif belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian kepustakaan, penelitian ini berbasis literature dari perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah menganalisis isi informasi yang dikumpulkan dan diambil dari beberapa sumber serta referensi yang relevan dengan judul penelitian. Penelitian menunjukkan bahwa motivasi adalah komponen penting dalam pengembangan sikap positif belajar. Pemberian motivasi yang efektif dapat memberi penguatan sikap positif belajar peserta didik.Abstract: The purpose of this study is to find out how psychology contributes to positive student learning attitudes. A person's learning attitude is influenced by several psychological components. Understanding how these components interact with each other and influence learning attitudes can help educators increase motivation for positive learning attitudes in students. This research uses a qualitative method, namely library research, this research is based on literature from the library. The data analysis technique used is to analyze the content of information collected and taken from several sources and references relevant to the research title. The research shows that motivation is an important component in developing a positive attitude to learning. Providing effective motivation can strengthen the positive attitude of learners.
Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar Wina Mustikaati; Kartika Sari; Novia Ramanda; Ummyatul Salsabila; Yesi Agustia
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.15540

Abstract

Abstrak: Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentignya seorang guru dan calon guru dalam memahami perkembangan peserta didik khususnya di sekolah dasar. Pendidikan merupakan faktor penting dalam mengembangkan potensi peserta didik, dan keberhasilan program pendidikan di sekolah formal dipengaruhi oleh peserta didik, tenaga pengajar, kurikulum, sarana prasarana, dan lingkungan. Tenaga kependidikan harus memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidikan, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki tekad untuk mewujudkan pendidikan nasional. Penelitian ini menggunakan penelitian yang berfokus pada model pendekatan isi kajian, pembahasan, dan informasi yang dikumpulkan melalui media cetak dan teknologi. Ini juga berfokus pada penelitian perpustakaan atau kajian pustaka. Hasil dan pembahasan menjelaskan bahwa memahami perkembangan peserta didik dapat membantu guru memilih lingkungan belajar terbaik dan mengenal kepribadian siswanya dengan lebih baik. Ada dua manfaat dalam memahami perkembangan siswa: bagi pendidik, memberikan gambaran umum tentang bagaimana manusia atau individu berkembang sepanjang hidupnya dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan itu, dan bagi siswa, memberikan gambaran umum tentang bagaimana prosedur pembelajaran yang cocok untuk tahap perkembangan anak.Abstract: This paper aims to find out how important teachers and prospective teachers are in understanding the development of students, especially in elementary schools. Education is an important factor in developing the potential of students, and the success of education programs in formal schools is influenced by students, teaching staff, curriculum, infrastructure, and the environment. Education personnel must have academic qualifications, competencies, and educational certificates, be physically and mentally healthy, and have the determination to realize national education. This study uses research that focuses on the study content approach model, discussion, and information collected through print media and technology. It also focuses on library research or literature reviews. The results and discussion explain that understanding student development can help teachers choose the best learning environment and get to know their students' personalities better. There are two benefits to understanding student development: for educators, it provides an overview of how humans or individuals develop throughout their lives and the factors that influence that development, and for students, it provides an overview of how learning procedures are appropriate for a child's developmental stage.
Pengembangan E-Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, and Society) Berbantuan Flip Pdf Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Hajar Sahana Putri; Sri Wahyuni; Rusdianto Rusdianto
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.13080

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Upaya dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan mengembangkan bahan ajar E-Modul. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan E-Modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology, dan Society) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain pengembangan ADDIE oleh Branch yang tahapannya meliputi analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Perancangan E-Modul memanfaatkan software Flip PDF Professional untuk memperbaiki tampilan E-Modul menjadi lebih menarik dan bervariasi. Hasil kajian pengembangan ini meliputi hasil validitas, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan E-Modul berbasis SETS. Validitas E-Modul memperoleh persentase 82% pada kriteria sangat valid, kepraktisan pembelajaran memperoleh persentase 91,62% pada kategori sangat praktis, hasil N-Gain pada efektivitas tes memperoleh skor 0,77 pada kategori tinggi, serta efektivitas respon siswa mendapat persentase 81,67% pada kategori respon sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data pada validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-Modul berbasis SETS membuktikkan bahwa E-Modul yang dikembangkan tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuann berpikirr kritis siswa SMP pada pembelajaran IPA.Abstract: This research is motivated by the low critical thinking skills of junior high school students in science learning. Efforts to improve critical thinking skills are by developing E-Module teaching materials. The purpose of this study was to describe the validity, practicality, and effectiveness of using SETS (Science, Environment, Technology, and Society)-based E-Modules in improving junior high school students critical thinking skills in science learning. This type of research is development research by ADDIE development design by Branch whose stages include analyze, design, develop, implement, and evaluate. The design of the E-Module utilizes Flip PDF Professional software to improve the appearance of the E-Module to make it more attractive and varied. The results of this development study include the results of the validity, practicality, and effectiveness of using the SETS-based E-Module. The validity of the E-Module gets a percentage of 82% in the very valid criteria, the practicality of learning gets a percentage of 91.62% in the very practical category, and the N-Gainnresults on the effectiveness of the test get a score. 0.77 in the high category, and the effectiveness of student responses got a percentage of 81.67% in the very good response category. The SETS-based E-Module proves that the E-Module developed is valid, practical, and effective for improving the critical thinking skills of high school students in science learning.
Analisis Penyebab Perilaku Anti Sosial pada Anak Usia Dini Purwati Purwati; Siska Amaliyah; Yani Nuraeni
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.15580

Abstract

Abstrak: Anak usia dini adalah pondasi awal penentu perkembangan dimasa dewasa, termasuk membentuk karakter anak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui yang melatarbelakangi perilaku anti sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan studi pustaka dari berbagai artikel dengan kata kunci “anti sosial anak” terbitan 10 tahun terakhir agar memperoleh kebaharuan data. Hasil dari penelitian ini adalah Faktor-faktor internal seperti emosi, intelegensi, kesehatan, jenis kelamin, dan kedudukan dalam keluarga dapat mempengaruhi terjadinya perilaku antisosial pada anak. Sementara itu, faktor eksternal seperti pengaruh media sosial, pola asuh, lingkungan sekolah, dan pergaulan dengan teman sebaya juga berperan dalam membentuk perilaku antisosial.Abstract: Early childhood is the initial foundation for determining development in adulthood, including forming children's character. Therefore this study aims to determine the background of anti-social behavior. The research method used is descriptive qualitative with literature study from various articles with the keyword "anti-social children" published in the last 10 years in order to obtain updated data. The results of this study are internal factors such as emotions, intelligence, health, gender, and position in the family can influence the occurrence of antisocial behavior in children. Meanwhile, external factors such as the influence of social media, parenting style, school environment, and association with peers also play a role in shaping antisocial behavior..
Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Prodi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia Nur Amaliah Akhmad; Sitti Mania; Muhammad Nur Akbar Rasyid
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak: Sejak pandemi Covid-19 mulai meningkat, pembelajaran di sekolah mulai diterapkan dengan sistem baru yaitu pembelajaran jarak jauh, tidak ada kegiatan seperti biasanya karena semua dilakukan dari rumah. Maka perubahan kebijakan terhadap dunia pendidikan di Indonesia tidak dapat dihindari. Kesiapan dalam menghadapi perubahan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi cukup berbeda; ada yang siap, ada yang terpaksa harus siap, dan ada yang tidak siap sama sekali. Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat ketidaksiapan tertinggi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini adalah melihat bagaimana keefektifan pembelajaran jarak jauh di prodi pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia. Penelitian ini akan mengevaluasi pembelajaran jarak jauh di Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Pembangunan Indonesia dengan menggunakan pendekatan CIPP. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang diuji frekuensinya dan uji koefisien korelasi rank Spearman di SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada umumnya banyak pihak yang menyukai pembelajaran jarak jauh, namun banyaknya kendala yang dihadapi menjadi salah satu kendala utama dalam proses PJJ.Abstract: Since the Covid-19 pandemic began to increase, learning at school has already started to be implemented with a new system, namely distance learning, there are no activities as usual because everything is done from home. So policy changes to Indonesia's education world cannot be avoided. Readiness in dealing with changes in learning systems that utilize technology is quite different; some are ready, some are forced to be prepared, and some are not. Indonesia is one of the countries with the highest level of unpreparedness in implementing distance learning. This research aims to determine the effectiveness of distance learning in the Biology education study program STKIP Pembangunan Indonesia. This research will evaluate distance teaching in the Biology Education Study Program STKIP Pembangunan Indonesia using the CIPP approach. The data sources are primary and secondary data, tested for frequency and Spearman's rank correlation coefficient test in SPSS. The study results reveal that, in general, many parties like distance learning, but the many obstacles encountered are one of the main obstacles in the PJJ process.
Penerapan Tata Tertib Sekolah Sebagai Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pasca Pandemi Covid-19 Uswatun Khasanah; Nanang Bustanul Fauzi; Distri Adi Setiawan
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.12383

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah dan distorsi di kalangan siswa selama pendidikan pasca pandemi covid-19. Pendidikan secara daring menjadikan siswa mengalami degradasi pada nilai-nilai karakter seperti karakter relegius, disiplin, dan tanggung jawab. Hal tersebut terbukti dengan banyak pelanggaran yang ditemui oleh peneliti selama observasi lapangan. Penelitian yang termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui konsep tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa pasca pandemi Covid-19 di SMAN 1 Batu, (2) mengetahui hambatan dan upaya yang dilakukan dalam menerapakan tata tertib sebagai strategi pembentukan karakter siswa, dan (3) mengetahui keterlaksanaan penerapan tata tertib sebagai strategi pembentuka karakter siswa. Sesuai dengan jenis penelitianya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tata tertib SMAN 1 Batu memiliki konsep keterikan peraturan yang melahirkan tiga kelompok fokus dalam pelaksaanya yang meliputi pelanggaran, sanksi point, dan pembinaan yaitu kelompok kelakuan, kelompok kerapian, dan kelompok kerajinan. Penerapan tata tertib berhasil membentuk karakter siswa pasca pandemi Covid-19 dibuktikan dengan perubahan tingkah laku, kesadaran, dan menurunnya presentasi pelanggaran.Abstract: This research is motivated by the many problems and distortions among students during post-covid-19 pandemic education. Online education makes students experience degradation of character values such as religious character, discipline, and responsibility. This is proven by the many violations encountered by researchers during field observations. This research, which is included in this descriptive qualitative research, has the objectives of: (1) knowing the concept of discipline as a strategy for building student character after the Covid-19 pandemic at SMAN 1 Batu, (2) knowing the obstacles and efforts made in implementing discipline as a strategy for forming student character, and (3) knowing the implementation of the implementation of the rules as a strategy for building student character. In accordance with the type of research, data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman analysis model, namely through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions (verification). The results of this study indicate that the discipline of SMAN 1 Batu has the concept of regulatory involvement which gave birth to three focus groups in its implementation which include violations, point sanctions, and coaching namely behavior groups, neatness groups, and craft groups. The implementation of the rules has succeeded in shaping the character of students after the Covid-19 pandemic as evidenced by changes in behavior, awareness, and a decrease in the presentation of violations.
Konstruksi Berpikir Kritis Masyarakat Etnik Donggo dalam Tradisi Lisam Mpama Hepe Erwin Erwin
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.13047

Abstract

Abstrak: Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang konstruksi berpikir kritis masyarakat etnik Donggo dalam tradisi lisan mpama hepe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Dalam kegiatan pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipatif, teknik wawancara mendalam, dan disertai dengan teknik merekam. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dijelaskan, bahwa hasil penelitian tentang mpama hepe sabagai tradisi lisan merupakan salah satu unit kebuyaan dan kearifan lokal masyarakat etnik Donggo yang memiliki peran dan kontribusi positif untuk melatih dan menstimulus kemampuan berpikir kritis masyarakat penggunanya. Pada umumnya, masyarakat etnik Donggo menganggap tradisi lisan sebagai pranata sosial yang syarat dengan nilai dan makna, sehingga dalam penelitian ini peneliti menggunakan perspektif kritis dengan memandang tradidi lisan mpama hepe sebagai aktualisasi dari konstruksi berpikir kritis masyarakat penuturnya.Abstract: This paper is the result of research on the critical thinking construction of the Donggo ethnic community in the mpama hepe oral tradition. This study uses a qualitative method with a type of phenomenological research. In data collection activities using participatory observation techniques, in-depth interview techniques, and accompanied by recording techniques. Based on the data obtained, it can be explained that the results of research on mpama hepe as an oral tradition is one of the cultural and local wisdom units of the Donggo ethnic community which has a positive role and contribution to training and stimulating the critical thinking skills of its users. In general, the Donggo ethnic community considers oral traditions as social institutions that are conditional on values and meanings, so that in this study the researchers used a critical perspective by viewing oral traditions like hepe as an actualization of the critical thinking constructs of the speaking community.
Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Dewi Nurjanah; Ahmad Agung Yuwono Putro
Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/pendekar.v6i2.15741

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media pembelajaran pada kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 2 Padokan. Di era saat ini berpikir kritis merupakan hal terpenting yang harus dikembangkan didalam diri siswa. Apabila didalam diri siswa sudah tertanam kemampuan berpikir kritis, dapat dimanfaatkan untuk menggali potensinya dalam melihat, memahami dan menyelesaikan suatu permasalahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan perencanaan pembelajaran meliputi persiapan guru sebelum mengajar, pemilihan media sesuai materi dengan memilih media yang tidak rumit. Pelaksanaan pembelajaran dimulai dari guru menyampaikan tujuan pembelajaran hingga diakhiri dengan evaluasi. Kemampuan berpikir kritis siswa meliputi siswa mampu menganalisis pendapat, mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, memecahkan permasalahan dengan bantuan guru menganalogikan kasus yang mirip/video, membuat kesimpulan dan mengevaluasi/menilai berdasar pengamatan meskipun guru harus memberikan penjelasan tambahan. Kendala yang dialami oleh guru berupa waktu & biaya yang diperlukan dalam membuat media.Abstract: This study aims to describe the implementation of the use of instructional media on the critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 2 Padokan. In the current era, critical thinking is the most important thing that must be developed in students. If students have instilled the ability to think critically, it can be used to explore their potential in seeing, understanding and solving a problem. This type of research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. This study shows that lesson planning includes teacher preparation before teaching, selection of media according to the material by choosing media that is not complicated. The implementation of learning starts from the teacher conveying the learning objectives to ending with an evaluation. Students' critical thinking skills include students being able to analyze opinions, ask questions, answer questions, solve problems with the help of the teacher analogous to similar cases/videos, make conclusions and evaluate/assess based on observations even though the teacher has to provide additional explanations. Constraints experienced by teachers in the form of time & costs required in making media. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11