cover
Contact Name
La Ili
Contact Email
job.pgsd@uho.ac.id
Phone
+6285232535473
Journal Mail Official
job.pgsd@uho.ac.id
Editorial Address
Ruangan Jurusan PGSD, Lantai 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridharma, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kendari, Kota Kendari-Suawesi Tenggara. Kode Pos 93132
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 25812998     EISSN : 25812629     DOI : http://dx.doi.org/10.36709/jobpgsd
Core Subject : Education, Social,
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media dan Teknologi Pembelajaran di SD dan SMP; Evaluasi Pembelajaran di SD dan SMP; Psikologi Pendidikan di SD dan SMP; Pengembangan Kurikulum di SD dan SMP; serta Manajemen Sekolah di SD dan SMP
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2018)" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 LELEWAWO Ajid, Ajid
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v1i3.14373

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I Tahun Ajaran 2016/2017 bertempat di kelas IV SD Negeri 1 Lelewawo. Prosedur penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi.  Hasil analisis data dapat dijelaskan satu-persatu berikut ini: Hasil observasi skenario pembelajaran aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 sebesar 63,63% dan pertemuan 2 sebesar 72,72%, hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 55,55% dan pertemuan 2 sebesar 66,66%. Hasil tes siklus I diperoleh sebesar 60% Tuntas dan 40% tidak tuntas. Kemudian hasil observasi skenario pembelajaran aktivitas mengajar guru siklus II pertemuan 1 sebesar 81,81% dan pertemuan 2 sebesar 90,90%, hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus II pertemuan 1 sebesar 77,77% dan pertemuan 2 sebesar 88,88%. Hasil tes siklus II diperoleh sebesar 90% Tuntas dan 10% tidak tuntas. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada materi pokok keliling dan luas bangun datar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat ditingkatkan khususnya di SD Negeri 1 Lelewawo Tahun pelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; Numbered Head Together; Hasil Belajar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS IV SDN 2 PUUNDOHO Yuspitalia, Andi Sri; Jamiludin, Jamiludin
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v1i3.14374

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Sumber Daya Alam melalui penerapan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN 2 Puundoho. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian yaitu pada siklus I kegiatan guru pada tindakan pertama 66,7% dari rencana pembelajaran yang dapay terlaksana. Sedangkan pada pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan menjadi 80% rencana pembelajaran yang terlaksana. Kegiatan siswa pada tindakan pertama 66,7% saja yang dilakukan oleh siswa. Pada pertemuan menjadi 80%. Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 66,7% atau sebanyak 12 siswa dari 18 siswa telah memperoleh nilai  70 dengan nilai rata-rata kelas 70,3. Pada siklus II kegiatan siswa pada tindakan pertama berdasarkan pengamatan observer mencapai 86,7% sudah terlaksana. Pada pertemuan kedua siklus II 100% sudah terlaksana secara maksimal. kegiatan guru pada tindakan pertama mencapai 93,3%. Pada pertemuan kedua siklus II rencana pembelajaran 100% sudah terlaksana secara maksimal. Ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,4% atau sebanyak sebanyak 17 siswa dari 18 siswa telah memperoleh nilai 70 dengan nilai rata-rata kelas 80,6.Kata kunci: Model pembelajaran, pembelajaran langsung, hasil belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 1 WATULIWU Ani, Ani; Anse, La
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v1i3.14375

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi Kerja sama siswa Kelas III SDN 1 Watuliwu dengan penerapan model pembelajaran interaktif. Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Hasil penelitian yaitu skor aktivitas guru dalam proses pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama terlaksana sebesar 60%  sedangkan padapertemuan kedua terlaksana sebesar 80%. Skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I pertemuan pertama terlaksana sebesar 60% sedangkan pertemuan kedua terlaksana sebesar 80%. pada pembelajaran siklus I, siswa yang memperoleh nilai dibawah 70 berjumlah 8 orang (32%), siswa yang memperoleh skor rentang 70-100 berjumlah 17 orang (68%). Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 68% sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar adalah 32% dengan nilai rata-rata 70. skor aktivitas guru dalam proses pembelajaran siklus II pertemuan pertama terlaksana 80% dan pertemuan kedua terlaksana 100%. skor aktivitas siswa dalam proses pembelajaran siklus II pertemuan pertama terlaksana 80% sedangkan pada pertemuan kedua terlaksana 100%. pada pembelajaran siklus II, siswa telah memperoleh skor nilai 70 ke atas melebihi standar KKM karena mencapai 84%. Skor rata-rata yang diperoleh adalah 82,2.Kata kunci: Model pembelajaran, interaktif, hasil belajar
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS V SD NEGERI 2 OLO-OLOHO Asriani, Asriani; Yasin, Muhammad
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v1i3.14376

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian ini mengikuti tahapan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Indikator keberhasilan penelitian ini ditinjau dari dua segi yaitu dari segi proses dan hasil. Dari segi proses yaitu aktivitas guru dan siswa serta dari segi hasil yaitu hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Olo-Oloho pada materi pokok volume kubus dan balok. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian indikator keberhasilan baik dari segi proses maupun hasil dalam penelitian ini. Dari segi proses, aktivitas guru dalam pembelajara siklus I pertemuan pertama sebesar 56,25%, pada pertemuan kedua sebesar 67,75%. Aktivitas guru meningkat pada siklus II menjadi 81,25% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua sedangkan aktivitas siswa pada proses pembelajaran siklus I sebesar 62,5% pada pertemuan pertama dan 70,83% pada pertemuan kedua. Aktivitas siswa meningkat pada siklus II menjadi 87,5% pada pertemuan pertama dan 91,66% pada pertemuan kedua. Dari segi hasil yaitu hasil belajar siswa, pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 55% dengan rata-rata nilai 60 meningkat pada siklus II menjadi 90% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai siswa 69,75.Kata Kunci: pembelajaran kontekstual; hasil belajar siswa
PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BATUGANDA Ahman, Ahman; Rabani, La
Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 1, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jobpgsd.v1i3.14372

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Batuganda pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan Jumlah siswa 18 orang, yang terdiri dari 9 orang laki-laki  dan 9 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari tes unjuk kerja untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah penggunaan metode diskusi.  Observasi bagi guru dan siswa untuk melihat kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara, peningkatan aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata hasil tes sebelum tindakan, Siklus I, dan siklus II.  Pada siklus I ketuntasan kemampuan berbicara adalah 55,56% atau hanya 10 siswa yang tuntas dari 18 siswa, dengan nilai rata-rata 62,96, dan pada siklus II kemampuan berbicara  telah mencapai 88,89% atau sudah 16 siswa yang tuntas dari 18 siswa, dengan nilai rata-rata 76,67. Disamping itu, terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II sebesar 25%.Kata Kunci: Metode Diskusi; Kemampuan Berbicara

Page 1 of 1 | Total Record : 5