cover
Contact Name
Romi Cendra
Contact Email
romicendra@edu.uir.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
sportarea@journal.uir.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
JOURNAL SPORT AREA
Published by Universitas Islam Riau
ISSN : 2527760X     EISSN : 2528584X     DOI : -
Core Subject : Education,
Sport Area publishes research journals and critical analysis studies in the areas of Sport Education, Sports Coaching and Sports Science. The theme of the paper covers: Learning Physical Education and Sport, Sport Pedagogy, Sports Sociology, Sport Psychology, Sports Coaching, Sports Science, Sports Management, Sports Biomechanics, Health Sports, Sports Philosophy, Sports Industry, and Sports Physiology.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1 (2018): Juni" : 10 Documents clear
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Novion, Zulvan
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412

Abstract

Setiap pembelajaran yang dilakukan memiliki fokus dan tujuan utama yaitu hasil belajar. Hasil belajar dapat berupa akademik, perilaku, etika sosial. Berdasarkan observasi yang dilakukan terkait pembelajaran penjasorkes SMA kelas X materi teknik Passing masih rendah, ditandai dengan perhatian peserta didik selama pembelajaran yang kurang kondusif yang berpengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu metode pembelajaran yang menciptakan pembelajaran menyenangkan, membuat peserta didik aktif untuk menguasai pengetahauan melalui pembelajaran kooperatif Teams Games Turnament yang mengutamakan kerjasama kelompok dan kompetisi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Metode yang digunakan yaitu Penelitan Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan penelitian, ketuntasan belajar peserta didik pada siklus I menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase 88% sedangkan peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 5 orang dengan persentase 12%. Hasil tes siklus II menunjukkan bahwa seluruh peserta didik tuntas dengan persentase 100% dengan rata-rata klasikal yaitu 93. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk kelas X 1 SMA Negeri 5 Pekanbaru berhasil meningkatkan ketuntasan belajar peserta didik.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Jenis Kelainan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Kuliah Penjas Adaptif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi (GI) Indrawan, Budi; Priana, Ari; Rubiana, Iman
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1575

Abstract

Tujuan penelitian ini secara umum untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigasi terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah penjas adaptif dalam materi pengenalan berbagai macam jenis kelainan anak berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang penulis lakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research) atau penelitian tindakan kelas yang penelitian ini dilakukan pada saat perkuliahan berlangsung.  Hasil penelitian menunjukan pada siklus satu ketuntasan belajar mahasiswa masih berada pada 65% yaitu terdapat 26 orang yang sudah menunjukan ketuntasan belajarnya. Siklus II sudah menunjukan peningkatan yang signifikan yaitu sudah sampai 90% (36 orang ) yang sudah tuntas belajara atau dikatakan lulus. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar mata kuliah penjas adaptif pada mahasiswa kelas E Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi tahun 2016/2017. Hal ini ditunjukan dengan hasil peningkatan belajar yang sudah mencapai kriteria ketuntassan minimal adalah sebanyak 36 orang atau sebesar 90% artinya sudah melebih 75% dari kriteria ketuntassan (kelulusan ) minimal.
Proses Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran Pendidikan Jasmani Anak Tuna Rungu di SMALB Negeri Pembina Pekanbaru Sari, Merlina
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1657

Abstract

Physical education for children with hearing impairment should be implemented by applying appropriate adaptive learning strategies to support the achievement of expected goals, because children with hearing or hearing impairment can not process information as normal children. Thus, in the implementation of learning teachers should be able to build good communication Based on the results of observations that the authors do to students with hearing impaired Private Junior High School (SMPLB) as a city Pekanbaru. Some problems are found, namely the lack of knowledge of students in the field of physical education because when the students' learning tends to be pensive and not pay attention to the teacher, when the assessment begins students can not perform the movement that is taught by the teacher because in the learning process students tend not to notice, and the student body tends to stiff when practicing movements that teachers teach. From the results of data collected and analyzed, although there are teachers who have not conducted a good assessment but the final end of the sample collected is the implementation of assessment in the physical education field of the private junior high school deaf students (SMPLB) in Pekanbaru city well done
Tingkat Kesegaran Jasmani Mahasiswi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Tahun Akademik 2017/2018 Universitas Islam Riau Yulianti, Mimi; Irsyanty, Nesha Putri; Irham, Yoyon
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1571

Abstract

Berdasarkan hasil observasi sementara yang penulis lakukan pada mahasisiwi Penjaskesrek TahunAkademik 2017/2018, ditemukan beberapa masalah di antaranya masih lemahnya tingkat kesegaran jasmani mahasiswi. Kesegaran jasmani sangat berperan dalam setiap cabang olahraga, untuk meningkatkan kesegaran jasmani mahasisiwi  di haruskan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan melakukan kegitan yang bisa meningkatkan kesegaran jasmani. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, populasi penelitian ini adalah seluruh mahasisiwi Penjaskesrek tahun Akademik 2017/2018 yang berjumlah 32 orang, kemudian sampel dibatasi oleh mahasiswi  yang berumur 16 - 19 tahun yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kesegaran jasmani.Berdasarkan hasil penelitian dengan melakukan tes kesegaran jasmani pada mahasisiwi Penjaskesrek Tahun Akademik 2017/2018 menunjukkan pencapaian skor 15,5, kemudian dipersentase 78,57 %, lalu dalam klasifikasi norma diperoleh kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani Mahasisiwi Penjaskesrek Tahun Akademik 2017/2018 berada dalam kategori sedang.
Analisis Gerak Teknik Renang Gaya Punggung Pada Mahasiswa Jurusan Kepelatihan Olahraga FIK UNP Surahman, Fadli
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1309

Abstract

Masalah dalam penelitian ini masih terdapat kesalahan-kesalahan pada teknik renang gaya punggung, karena kurangnya jumlah pertemuan dalam proses belajar mengajar renang. Pengulangan latihan yang sedikit di luar proses belajar mengajar renang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat penguasaan dan tingkat kesalahan teknik renang gaya punggung pada mahasiswa Jurusan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan yang sudah lulus mata kuliah renang pendalaman adalah sebanyak 21 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling. Data dalam penelitian ini sesuai dengan variabel test keterampilan teknik renang gaya punggung berdasarkan indikator dan sub indikator (item test) yang terdapat dalam format penilaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini, menggunakan menggunakan statistic Persentatif. Hasil analisis data menunjukkan, sebagai berikut: 1) Tingkat Penguasaan Teknik renang gaya punggung dari indikator posisi tubuh adalah 61,33% tergolong kategori baik, dengan tingkat kesalahan sebesar 38,67%. 2) Tingkat Penguasaan Teknik renang gaya punggung dari indikator gerakan rotasi tangan (Hand Rotation) adalah 60,38% tergolong kategori cukup, dengan tingkat kesalahan sebesar 39,62%. 3) Tingkat Penguasaan Teknik renang gaya punggung dari indikator gerakan kaki (Kicking) adalah 59,81% tergolong kategori cukup, dengan tingkat kesalahan sebesar 40,19%. 4) Tingkat Penguasaan Teknik renang gaya punggung dari indikator pernapasan (Breating) adalah 61,27% tergolong kategori baik, dengan tingkat kesalahan sebesar 38,73%. 5) Tingkat Penguasaan Teknik renang gaya punggung dari indikator koordinasi adalah 61,19% tergolong kategori baik, dengan tingkat kesalahan sebesar 38,81%. Dengan demikian hasil penelitian secara keseluruhan dari 21 orang sampel, diperoleh tingkat penguasaan teknik renang gaya punggung adalah 60,79%, tergolong kategori cukup dengan tingkat kesalahan adalah 39,30%.
Profil Kebugaran Jasmani Mahasiswa Penjaskesrek Semeter I FKIP UIR Tahun 2015/2016 Muspita, Muspita; Kamarudin, Kamarudin; Fernando, Ricky
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1306

Abstract

Kondisi kebugaran jasmani mahasiswa dapat dikembangkan secara maksimal sehingga dapat mencapai prestasi akademis yang maksimal. Tetapi pada kenyataannya, banyak para mahasiswa yang mengabaikan gaya hidup sehat seperti masih banyak begadang, merokok dan aktivitas negatif lainnya. Hal ini biasanya mengakibatkan penurunan kualitas kebugaran jasmani para mahasiswa, sehingga sulit dalam mencapai prestasi akademis yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai tingkat kebugaran jasmani mahasiswa mahasiswa penjaskesrek semester I FKIP UIR. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subyek penelitian Mahasiswa Penjaskesrek Semester I FKIP UIR  sebanyak 55 orang. Instrument penelitian berupa lembar observasi tes kebugaran jasmani. Pada penelitian ini diteliti lima komponen kebugaran jasmani antara lain lari cepat 60 meter, angkat tubu, baring duduk, loncat tegak, lari jarak menengah 1200 meter. Data penelitian diperoleh dari hasil tes dan pengukuran kondisi fisik atlet sepakbola yang meliputi, tes sit up, tes vertical jump, tes bleep test, tes lari cepat 20 meter, tes sit and reach dan tes shuttle run. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan kondisi kebugaran jasmani mahasiswa penjaskesrek semester I FKIP UIR tergolong pada kategori kurang.
Hubungan Kelincahan Dengan Keterampilan Menggiring Bola Basket Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Olahraga STKIP PGRI Bangkalan Hidayatullah, Fajar
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1555

Abstract

Bola basket merupakan cabang olahraga yang cukup kompleks yang melibatkan berbagai aspek kebugaran jasmani di dalamnya. Beberapa penelitian sebelumnya yang membahas tentang aspek kebugaran/fisik yang harus dikuasai secara dominan untuk dapat tampil lebih baik dari lawannya atau sekedar meningkatkan performa terbaiknya. Aspek kelinncahan menjadi salah satu aspek kebugaran jasmani yang dibutuhkan oleh pemain bola basket untuk merespon stimulus yaitu melewati lawannya dengan mudah terutama saat melakukan serangan. Menggiring bola saat melakukan serangan diduga memiliki keterkaitan dengan aspek kelincahan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 44 sampel penelitian yang merupakan mahasiswa baru program studi penddikan olahraga STKIP PGRI Bangkalan. Instrumen tes kelincahan menggunakan tes lari bolak balik. Selain itu instrumen tes keterampilan menggiring bola menggunakan instrumen tes menggiring bola depdikbud. Uji regresi linear sederhana menggunakan SPSS digunakan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh data lolos uji asumsi klasik dengan nilai persamaan regresi Y=1.326+0.671X. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0.000 yang berarti ada pengaruh signifikan secara mutlak oleh kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola basket. Demikian pula dengan membandingkan T-hitung dengan T-tabel dengan nilai T-hitung=4.324 > T-tabel=2.01537 yang menyimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh signifikan kelincahan terhadap keterampilan menggiring bola basket.
Hubungan Motor Educability dan Percaya Diri Dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Siswa Putra Kelas X SMA Budi Mulia Jakarta Pradana, Vian Octrialinanggih; Noval, Aditya
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1316

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan Motor educability(X1) dan Percaya diri(X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas(Y). Sampel penelitian dengan simple random sampling sebanyak 30 siswa putra kelas X SMA Budi Mulia Jakarta. Instrumen penelitian tes motor educability dengan IOWA BRACE TEST, tes percaya diri menggunakan angket percaya diri, tes hasil belajar renang gaya bebas dengan hasil belajar renang gaya bebas. Analisis  data menggunakan teknik korelasi sederhana dan berganda, dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh: (1) nilai korelasi (rx1y) = 0,64 dengan thitung = 4,41 > ttabel = 2,05, yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara (X1) dengan (Y), diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,4096 yang berarti konstribusi (X1) dengan (Y) sebesar 40,96%; (2) diperoleh nilai korelasi (rx2y) = 0,73 dengan thitung = 5,76 > ttabel = 2,05 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif antara (X2) dengan (Y), diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,5329 yang berarti konstribusi (X2) dengan (Y) sebesar 53,29%; (3) dan nilai korelasi (rx1-2y) = 0,88 dengan Fhitung =46,34 > Ftabel = 3,35 yang menyatakan terdapat hubungan positif antara (X1) dan (X2) dengan (Y) diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,7744 yang berarti bahwa konstribusi (X1) dan (X2) dengan (Y) sebesar 75,69%.
Performa Gerak Teknik Lompat Jangkit Pada Mahasiswa Penjaskesrek Semester 4 Universitas Islam Riau Makorohim, M Fransazeli
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1570

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja gerak teknik lompat jangkit mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR. Selain itu dimaksudkan untuk mengetahui kesalahan gerak teknik lompat jangkit yang sering terjadi. Metode penelitian menggunakan metode survey, polulasi yang digunakan adalah mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR sebanyak 10 orang yang menjadi sampel.  Desain  penelitian  yang  digunakan  deskriptif  dengan  satu  variable,  yaitu:lompat jangkit, instrumen yang digunakan adalah test lompat jangkit. untuk menganalisa   data   yang   sudah   terkumpul,   peneliti   menganalisa   menggunakan perangkat lunak video maker untuk menganalisa gerak teknik lompat jangkit. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja gerak tehnik lompat jangkit pada tahap  gerak  awalan  sudah  baik  dan  efektif  dikarenakan  lutut  diangkat  tinggi, dorongan kaki belakang baik hingga terjadi pelurusan dan posisi badan tetap tegak, pada tahap hop yang sebagian besar masih kurang efektif dikarenakan dari pada saat menumpu posisi badan berada dibelakang kaki tumpu, pada tahap step sebagian besar masih efektif dikarenakan dorongan kaki tumpu sebagian besar masih lurus sehingga sangat efektif dan posisi badan saat menumpu berada lurus dengan kaki tumpu, pada tahap jump hasil dari sebagian besar masih kurang efektif dikarenakan penurunan kaki terlalu cepat sehingga akan mengakibatkan cepat mendarat sehingga kurang efektif. Hasil analisa dari ke-10 mahasiswa penjaskesrek semester 4 UIR menunjukan bahwa masih kurang efektif.
Motivasi Belajar siswa SMK N 1 Payakumbuh dalam Pembelajaran Renang Ahmad, Endi; Tangkudung, James; Karna Wijaya, Yasep Setia; Widiastuti, Widiastuti
Journal Sport Area Vol 3 No 1 (2018): Juni
Publisher : UIR Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1433

Abstract

Penelitian ini bermula dari rendahnya motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Payakumbuh dalam pembelajaran renang. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana motivasi belajar siswa dalam pembelajaran renang di SMK Negeri 1 Payakumbuh, yang dapat kita dilihat berdasarkan beberapa indikator motivasi belajar siswa dalam pembelajaran renang tersebut.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang berarti memaparkan atau menggambarkan sesuatu hal, kondisi, situasi, kegiatan, dan lain-lain,  populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswismk negeri 1 Payakumbuh yang berjumlah 824 orang. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling, didasarkan pada suatu pertimbangan oleh penulis, yaitu didasarkan pada suatu pertimbangan oleh penulis, dimana pengambilan sampel di tetapkan sebanyak 10% dari 824 yang yaitu sebanyak 82 orang. Teknik pengambilan data dengan observasi dan menyebarkan angket kepada siswadan siswi yang telah dipilih menjadi sampel. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan statistik deskriptif dengan tabulasi frekuensi.Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan beberapa hal berikut.Pertama, indikator 1 (hasrat keinginan berhasil) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan baik, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 85,37%. Kedua,indikator 2 (dorongan dan kebutuhan belajar) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan cukup, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 76,49%. Ketiga, indikator 3 (harapan dan cita-cita) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan baik, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 89,35%. Keempat,indikator 4 (penghargaan dalam belajar) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan baik, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 83,78%. Kelima, indikator 5 (kegiatan yang menarik dalam belajar) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan cukup, karena skor rata-rata tingkat capaiannya sebesar 76,29%. Keenam, indikator 6 (lingkungan belajar yang kondusif) dalam pembelajaran renang dapat dikatakan cukup, karena skor rata-rata tingkat capaian sebesar 77,49%. Jadi, kesimpulan motivasi belajar siswa SMK Negeri 1 Payakumbuh dalam pembelajaran renang  dengan skor rata-rata di peroleh tingkat capaian sebesar 82,28%. Artinya, motivasi belajar yang dimiliki siswa dalam pembelajaran renang berada dalam kategori baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 10