cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ekonomi : OPTIMAL
ISSN : 19782586     EISSN : 25974823     DOI : -
Core Subject : Economy,
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan adalah jurnal ilmiah yang bertujuan memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan. Artikel yang dimuat berasal dari hasil penelitian adaptasi ilmu dan hasil pemikiran dari perkembangan ilmu yang dimaksud. Jurnal ini ditujukan kepada para pelaku ekonomi, mahasiswa , dan dosen. Jurnal ini terbit setiap dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2007 dan mengalami tidak terbit dari tahun 2012-2015. Terbit kembali tahun 2016 hingga sekarang.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan" : 12 Documents clear
PENGARUH BEBAN KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH KELELAHAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI Nisa, Nurul Hidayatin
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1077.013 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1843

Abstract

  Lingkungan bisnis yang kompetitif membuat perusahaan memaksimalkan kinerja karyawan dengan standart kerja yang tinggi. Hal ini berdampak buruk ketika tekanan yang terjadi membuat karyawan merasa beban kerja yang dilakukan melebihi kapasitasnya (work overload), Hal ini patut diwaspadai karena dapat mengakibatkan kelelahan kerja (work exhaustion) dan keinginan untuk berpindah (turnover intention). Dalam penelitian ini, industri dipandang sebagai pekerjaan yang memberikan tekanan yang tinggi terhadap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh antara beban kerja terhadap turnover intention yang dimediasi oleh kelelahan kerja  pada karyawan bagian produksi di PT. Alas Petala Makmur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 119 responden. Penelitian ini menggunakan software AMOS (Analysis Moment of Structure) versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara langsung beban kerja tidak mempengaruhi turnover intention namun beban kerja mempengaruhi kelelahan kerja dan kelelahan kerja mempengaruhi turnover intention dan memediasi beeban kerja terhadap turnover intention.
MEMBANGUN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI HARGA DAN KEPERCAYAAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BISNIS SMARTPHONE Salim, Emil
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1114.585 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1844

Abstract

Di era globalisasi seperti sekarang ini khususnya di Indonesia, padatnya penduduk diiringi dengansemakin kompleksnya kebutuhan dan berbagai aktivitas manusia dalam melakukan mobilitas baikmelakukan pekerjaan, sekolah, pariwisata, penelitian maupun traveling. Sehingga smartphoneperangkat tambahan hingga aksesoris menjadi salah satu kebutuhan yang penting sehari hari. Keadaanini yang pada akhirnya menyebabkan semakin ketatnya persaingan antar gerai dan perusahaan yangmemproduksi, mendistribusikan dan menjual perangkat dan aksesoris smartphone sebagai eksistensiperusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik dalam menarik minat konsumen. Penelitian inibertujuan untuk membangun loyalitas pelanggan melalui harga dan kepercayaan denganmenggunakan variabel mediating, yaitu kepuasan pelanggan. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sampel 85 orang responden. Metode analisisdata dengan analisis regresi linear berganda dan path analysis dengan aplikasi Statistical Package forSocial Sciences (SPSS 21.00). Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan tidak langsung lebihkecil nilainya dari hubungan langsung, berarti loyalitas tidak memediasi hubungan harga dengankepuasan pelanggan dan hubungan tidak langsung lebih kecil nilainya dari hubungan langsung, berartiloyalitas tidak memediasi hubungan kepercayaa dengan kepuasan pelanggan.
PENGARUH KEBIJAKAN PERBERASAN, PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KEBIJAKAN FISKAL TERHADAP KEMISKINAN DI INDONESIA Septiadi, Dudi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.244 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1850

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang mendesak untuk segera diatasi karena tidak hanya meliputimasalah ekonomi semata, namun juga masalah sosial dan instabilitas politik dalam negeri. Pendudukmiskin yaitu penduduk yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar minimum makanan dannonmakanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhikemiskinan di Indonesia dan menganalisis kebijakan perberasan, pertumbuhan ekonomi, dankebijakan fiskal terhadap pengentasan kemiskinan di Indonesia. Metode yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan data time series dari tahun1988 ? 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik, nilai koefisien determinasi (R2)cukup tinggi. Berdasarkan uji F-statistik, secara bersama-sama seluruh variabel bebas berpengaruhnyata terhadap variabel terikat. Berdasarkan uji signifikansi secara parsial, variabel produksi berasIndonesia, variabel jumlah impor beras Indonesia, variabel harga pokok pembelian pemerintah padakomoditi beras dan variabel pertumbuhan ekonomi masing-masing berpengaruh signifikan terhadapvariabel kemiskinan. Nilai elastisitas variabel produksi beras Indonesia, variabel jumlah impor berasIndonesia, variabel harga pokok pembelian pemerintah pada komoditi beras dan variabel pertumbuhanekonomi masing-masing memilikia nilai elastisitas yang bersifan inelastis. Sedangkan variabelpengeluaran pemerintah untuk infrastruktur tidak berpengaruh terfadap variabel kemiskinan.
OVERPRICING PADA PERUSAHAAN NONKEUANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA Pranyoto, Edi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (707.627 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1853

Abstract

There are 213 non-financial companies conduct IPOs from 2010 to 2018, and 23 companies experience Overpricing. This study examined the effect of market conditions, financial leverage, profitability and allocation of IPO to overpricing in non-financial companies. The population of the study used non-financial companies for 8 years amounted to 213 companies with sample selection using purposive sampling method and selected as many as 20 companies. The analysis technique used multiple linear regression. The results showed that market conditions, financial leverage and allocation of IPO funds did not affect overpricing, while profitability variables affected overpricing. This means that the higher the profitability of the company shows the high ability of the company to generate profits so that investors can see it as a profitable company. This can reduce the uncertainty of an IPO in determining a fair stock price to reduce the level of overpricing.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SAGU RASA PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI TAGAFURA DI KELURAHAN JAYA KOTA TIDORE KEPULAUAN sangadji, suwandi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1064.827 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1862

Abstract

Besarnya permintaan pasar akan olahan sagu kasbi yang dalam hal ini berdampak pada ekonomi desa di Kelurahan Jaya menunjukan bahwa jumlah permintaan sagu rasa dan atau keputusan konsumen untuk membeli sagu rasa dapat dikatakan tinggi. Tingginya keputusan pembelian sagu rasa diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor bauran pemasaran yang diterapkan oleh Gabungan Kelompok tani (Gapoktan) Tagafura Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura, Lokasi penelitian dipilih secara purposive, yaitu di Kelurahan Jaya Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-Desember 2018. Data primer yang diperoleh menggunakan kuesioner pada 30 responden yang ditentukan dengan metode sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, koefisien korelasi, determinasi, regresi liniear sederhana dan uji hipotesis dengan t-test. Hasil analisis menunjukan faktor-faktor bauran pemasaran atau marketing mix yang diterapkan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian sagu rasa pada Gapoktan Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan.
PENGARUH KOMPENSASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN Widiyanto, Tiyan
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.326 KB) | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1938

Abstract

Kepuasan karyawan dapat meningkatkan kinerja organisasi. Terdapat berbagai faktor yang dapat memengaruhi kepuasan karyawan, seperti kompensasi dan disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kompensasi dan disiplin kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi. Populasi pada penelitian ini adalah karyawan tetap PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi yang berjumlah 150 orang dengan sampel sebanyak 109 orang. Analisis data menggunakan uji statistik dan model penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 23. Hasil uji penelitian statistik menunjukkan bahwa diperoleh kompensasi dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT Pos Indonesia (Persero), Kota Bekasi.
Pengaruh Beban Kerja terhadap Turnover Intention yang Dimediasi oleh Kelelahan Kerja pada Karyawan Bagian Produksi Nurul Hidayatin Nisa; Ayu Febriyanti; Fauziah Fauziah
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1843

Abstract

A competitive business environment makes the company maximize employee performance with high work standards. This has a bad impact when the pressure that occurs makes employees feel the workload carried out exceeds their capacity (work overload). This should be watched out because it can result in work exhaustion and a desire to move. In this study, the industry is seen as a job that puts high pressure on employees. This study aims to examine whether there is an influence between workload on turnover intention which is mediated by work exhaustion in production section employees at PT. Alas Petala Makmur. The sampling technique uses proportionate stratified random sampling technique with a sample of 119 respondents. This study uses AMOS (Analysi Moment of Structure) software version 16.0 for windows. The results showed that workload does not directly affect turnover intention but workload affects work fatigue and work fatigue affects turnover intention and mediates work load against turnover intention.
Membangun Loyalitas Pelanggan melalui Harga dan Kepercayaan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada Bisnis Smartphone Emil Salim; Andri Andri; Mondra Neldi
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1844

Abstract

Nowadays in the globalization era, particularry in Indonesia, the dense population is accompanied byincreasingly complex needs and various human activities in carrying out mobility whether doingwork, school, tourism, research or traveling. Thus, smartphone enhancements to accessories becomeone of the important daily needs. This situation eventually led to increasingly fierce competitionbetween outlets and companies that manufacture, distribute, and sell smartphone devices oraccessories in the existence of competing companies providing the best service to attract consumers.This study aims to build customer loyalty through price and trust using mediating variables, namelycustomer satisfaction. The research method used in this study is a quantitative method with a sampleof 85 respondents. Data analysis method used multiple linear regression analysis and path analysiswith the application of Statistical Package for Social Sciences (SPSS 21.00). The study result showedthere is an indirect relationship smaller in value than a direct relationship, meaning that loyalty doesnot mediate the relationship between price and customer satisfaction and indirect relationships are lessvaluable than a direct relationship, meaning loyalty does not mediate the relationship of trust withcustomer satisfaction
Pengaruh Kebijakan Perberasan, Pertumbuhan Ekonomi dan Kebijakan Fiskal terhadap Kemiskinan di Indonesia Dudi Septiadi; Pande Komang Suparyana
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v0iNo. 2.1850

Abstract

Poverty is an urgent problem to be overcome immediately because not only includes economicproblems but also social problems and domestic political instability. Poor population is the populationwho are unable to meet the minimum basic food and non-food needs. This study aims to analyze thefactors that affect poverty in Indonesia and analyze rice policy, economic growth and fiscal policy onpoverty alleviation in Indonesia. This research method used multiple regression analysis with timeseries data from 1988 - 2017. The results showed that statistically, the coefficient of determination(R2) was quite high. Based on the F-statistic test, all independent variables simultaneously have asignificant effect on the dependent variable. Based on partial siginification test, Indonesian riceproduction variable, Indonesian total rice import variable, government purchase price variable on ricecommodity and economic growth variables respectively have a significant effect on poverty variable.The elasticity values of Indonesian rice production variable, Indonesian total rice import variable,government purchase price variable on rice commodity and economic growth variable has elasticityvalues that are inelastic. While the variable government spending on infrastructure has no effect on thepoverty variable.
Overpricing pada Perusahaan Nonkeuangan di Bursa Efek Indonesia Edi Pranyoto; Susanti Susanti; Intan Kartika Sari
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 13 No 2 (2019): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v13i2.1853

Abstract

Terdapat 213 perusahaan nonkeuangan yang melakukan IPO mulai tahun 2010 sampai tahun 2018, dan perusahaan yang mengalami Overpricing terdapat 23 perusahaan atau sebesar 11% memberikan return awal (initial return) yang negatif. Tahun 2013 menjadi tahun terbanyak yang mengalami overpricing. Hal ini menunjukkan bahwa harga saham pada saat penawaran perdana dapat dikatakan mahal atau tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kondisi pasar, financial laverage, profitabilitas dan alokasi dana IPO terhadap overpricing pada perusahaan nonkeuangan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian menggunakan perusahaan nonkeuangan tahun selama 8 tahun berjumlah 213 perusahaan dengan pemilihan sampel menggunakan purposive sampling method dan terpilih sebanyak 20 perusahaan. Teknik analisis yang dipilih adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi pasar, financial laverage dan alokasi dana IPO tidak berpengaruh terhadap overpricing, sedangkan variabel profitabilitas berpengaruh terhadap overpricing. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi profitabilitas perusahaan menunjukkan tingginya kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba sehingga dapat dilihat investor sebagai perusahaan yang menguntungkan. Hal ini dapat mengurangi ketidakpastian IPO dalam menentukan harga saham yang wajar sehingga dapat menurunkan tingkat overpricing.

Page 1 of 2 | Total Record : 12