cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Fakultas Ekonomi : OPTIMAL
ISSN : 19782586     EISSN : 25974823     DOI : -
Core Subject : Economy,
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan adalah jurnal ilmiah yang bertujuan memajukan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan di bidang ekonomi, manajemen, dan kewirausahaan. Artikel yang dimuat berasal dari hasil penelitian adaptasi ilmu dan hasil pemikiran dari perkembangan ilmu yang dimaksud. Jurnal ini ditujukan kepada para pelaku ekonomi, mahasiswa , dan dosen. Jurnal ini terbit setiap dua kali dalam satu tahun. Jurnal ini terbit pertama kali pada tahun 2007 dan mengalami tidak terbit dari tahun 2012-2015. Terbit kembali tahun 2016 hingga sekarang.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan" : 5 Documents clear
Analisis Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen yang Berimplikasi pada Loyalitas Pelanggan Gofood di Kota Bekasi Budi Indrawati; Murti Wijayanti; Triana Yuniarti
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v15i2.2771

Abstract

Adanya GoFood, membuat pekerjaan menjadi lebih efisien, karena masyarakat dapat memperoleh makanan yang diinginkan melalui handphone dimanapun berada, baik di rumah, maupun di luar rumah. Dari kualitas layanan yang dapat memenuhi keinginan dan harapan serta kepercayaan, akan berdampak kepada terciptanya kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel Kualitas Layanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Pelanggan yang berimplikasi pada Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota Bekasi. Penelitian kuantitatif dengan pengolahan data Smart PLS 3. Sampel yang digunakan 100 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dan kesimpulan menunjukkan bahwa ada pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen terhadap Kepuasan Pelanggan; ada pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas pelanggan; Kepuasan Pelanggan memediasi antara Kualitas Layanan dan Loyalitas Pelanggan; Kualitas Layanan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan tidak memediasi antara Kepercayaan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan. Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi manajemen GoFood dan mitra GoFood.
PERAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING ATAS PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA Ruslan Kaswari
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v15i2.2857

Abstract

This study aims to see the role of job satisfaction on discipline and work environment on work performance. In this study, the population and sample were employees and lecturers of Amik Sigma Palembang, amounting to 11 employees and 24 lecturers, so a total of 35 people. The analysis technique in this study used the Sobel Test. The results showed that the job satisfaction variable could not mediate the influence of work discipline and work environment variables on work performance.
Hutang Optimal dan Nilai Perusahaan di Indonesia: Studi Pada Perusahaan yang Listing di BEI Aulia Keiko Hubbansyah; Lailah Fujianti; Safitri Siswono
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v15i2.3000

Abstract

This study aims to identify the optimal portion of debt in the capital structure that maximizes the firm value. Using the panel threshold estimation approach and company data listed on the Indonesia Stock Exchange for 2012-2019, this study provides strong empirical evidence that there is a non-linear relationship between debt and firm value. In this case, it is found that the optimal portion of debt for companies in Indonesia ranges from 48 - 54 percent relative to its equity. As shown this level of debt is empirically proven to have the greatest positive impact on increasing the firm value. But, when the portion of debt that exceeds 54 percent, it has no impact on the firm value. Meaning that the impact of additional debt on firm value will be insignificant, and only increase the level of the debt. Keywords: Firm value, firm debt, dividend, managerial ownership
Keterlibatan Pelanggan dan Antesedennya pada Transaksi E-Commerce pada Generasi Z Erlita Ridanasti
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v15i2.3011

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of Customer Involvement on Customer Participation in e-commerce transactions in Generation Z; to determine the effect of Customer Involvement on Customer Experience in e-commerce transactions in Generation Z; to determine the effect of Customer Participation on Customer Engagement in e-commerce transactions in Generation Z; to determine the effect of Customer Experience on Customer Engagement on e-commerce transactions in generation Z and to determine the effect of Customer Involvement on Customer Engagement on e-commerce transactions in generation Z. This study uses a sample of people who have made purchases at e-commerce in Tokopedia/Shopee with a sampling technique in the form of non-probability sampling and obtained a sample of 213 respondents. While the data analysis technique used SEM AMOS. The results of the analysis and discussion can be concluded that Customer Involvement has a positive effect on Customer Engagement, Customer Involvement has a positive effect on Customer Experience, Customer Participation has no positive effect on Customer Engagement, Customer Experience has a positive effect on Customer Engagement and Customer Involvement has a positive effect on Customer Engagement Keywords: Customer Involvement, Customer Participation, Customer Engagement and Customer Experience
Pengaruh CAR Dan LDR Terhadap return Saham Pada Perbankan BUMN Dimediasi Oleh Nilai Perusahaan R. Salimatul Ummah; Yacobo P. Sijabat
Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 15 No 2 (2021): Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas Islam 45

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33558/optimal.v15i2.3066

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis adalah untuk menguji pengaruh capital adequency ratio (CAR), loan to deposit ratio (LDR) terhadap return saham perbankan BUMN dimediasi oleh Nilai Perusahaan. Diharapkan penelitian ini mampu memberikan manfaat, meningkatkan dan memaksimalkan kinerja perbankan. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan data yang digunakan adalah data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 26 . Dari analisis penelitian diperoleh hasil jika Nilai perusahaan atau PBV dapat menjadi memediator terhadap pengaruh CAR, terhadap return saham perbankan BUMN di Indonesia. Namun nilai perusahaan atau price to book value (PBV) tidak mampu menjadi mediator pengaruh LDR terhadap return saham perbankan BUMN di Indonesia. Hal ini menunjukkan jika Nilai perusahaan atau PBV memiliki peran penting menjadi penghubung pengaruh variable independen terhadap variable dependen. CAR dan LDR tidak dapat mempengaruhi return saham perbankan BUMN secara langsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 5