cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. hulu sungai utara,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
ISSN : 26205807     EISSN : 26207184     DOI : -
Core Subject : Education,
Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah secara khusus dan pendidikan anak umumnya. dengan nomor ISSN: 2620-5807, Artikel yang diterima diutamakan penelitian lapangan kuantitatif atau kualitatif. Penelitian literatur akan dipertimbangkan diterima berdasarkan keluasan dan kedalaman kajian. P-ISSN:2620-5807 E-ISSN:2620-7184
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)" : 40 Documents clear
Integrasi dan Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan Darmawati Darmawati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.1838

Abstract

Dewasa ini telah terjadi perubahan yang begitu pesat dalam lingkungan kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan teknologi yang bermuara pada hadir dan lahirnya Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Perubahan ini tidak dapat dipungkiri lagi memaksa dunia pendidikan untuk mencari suatu cara untuk berbenah dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pustaka (library research) di mana penelitian dilaksanakan dengan meninjau berbagai kajian kepustakaan yang terkait dengan tema Integrasi dan Manfaat TIK dalam Dunia Pendidikan. Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Mobile learning sebagai salah satu model pembelajaran yang paling popular di zaman sekarang telah merambah pada hampir semua satuan pendidikan di negara kita. Terlebih dengan semakin baik dan luasnya jangkauan sinyal internet ke berbagai pelosok daerah dapat semakin meningkatkan faktor keberhasilan proses pembelajaran.
Strategi Guru untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS di Sekolah Dasar Firmansah Firmansah; Wayan Lasmawan
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2236

Abstract

Salah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. proses pembelajaran IPS yang terjadi di kelas cenderung mengacu pada teacher centered approach dimana guru lebih mendominasi dalam aktivitas pembelajaran.Dengan berbagai sumber data faktual sebagai dukungan dalam menyusun karya ilmiah dan memperoleh data-data dari literatur ilmiah seperti jurnal, dokumen, ensiklopedia dan buku bacaan dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research). Dengan melakukan analisis, identifikasi konten (isi) untuk membuat sebuah kesimpulan secara sistematis, teknik pengumpulan datanya dengan observasi di sekolah, dan telaah pustaka.Murid diminta mengemukakan pendapat dari pengalaman yang pernah dilihatnya secara kelompok, Murid diminta membaca sebuah buku, Murid diminta mendemonstrasikan pelajaran yang dipelajari berkaitan dengan materi, Murid diharapkan mencatat pembelajaran sebagai bahan yang dapat dipelajari kembali. Guru dalam memberikan pelajaran dibutuhkan stimulus dan kreatifitas untuk mengembalikan gairah belajar dan tidak merasa jenuh serta akan mepermudah murid dalam pembelajaran untuk dapat mengertiSalah satu cara yang tepat dan nampak logis untuk memotivasi murid di Sekolah Dasar dengan menggunakan tehnik mengajar bervariasi selama pelajaran berlangsung adalah menghubungkan pengalaman belajar dengan minat peserta didik. Sedangkan, minat belajar merupakan suatu gejala psikologis yang ditandai dengan adanya rasa senang.
Growth and Development of Islam in Sumatra (Literature Review on the 3 Islamic Kingdoms in Sumatra) Shafiah Shafiah
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2536

Abstract

This research aims to understand the early introduction of Islam to Sumatra and the Islamic kingdoms in the region by examining the history of religious and governmental development in the area. The research utilizes a combination of literature review and historical analysis approaches. The findings indicate that 1) Islam has been present in this region since an early period. Muslim traders, preachers, and religious teachers from various regions such as Arabia, India, Persia, and China played a crucial role in spreading Islam in Sumatra. The Islamic kingdoms of Samudera Pasai, Aceh, and Minangkabau serve as evidence of the significant development of Islam in the region. 2) The history of Islamic development during the Islamic kingdoms in Sumatra is as follows: a) During the reign of Samudera Pasai, the kingdom became a center for Islamic studies and a gathering place for scholars from various Islamic countries to discuss religious and worldly matters. b) The Aceh Darussalam Kingdom became a center for the development of Islam in Indonesia during the reign of Sultan Iskandar Muda. In Aceh, the Baiturrahman Mosque, places of worship, and Islamic study institutions were built. c) During the era of the Minangkabau Islamic Kingdom, many aspects of customary practices that contradicted Islamic teachings were gradually eliminated, and the fundamental rules of customs were replaced with Islamic principles. The famous Minangkabau adage, "Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah," means that Minangkabau customs are based on Islam, which in turn is based on the Quran and Hadith.
Analisis Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus di SD Negeri 1 Ulak Kedondong) Kharisma Romadhon; Mohamad Agung Rokhimawan; Irfan Irfan; Noor Alfi Fajriyani; Yusuf Rendi Wibowo; Diah Retno Ayuningtyas
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2239

Abstract

Dalam penelitian ini akan dianalisis persiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum otonom. Kurikulum otonom masih membutuhkan banyak pelatihan dan pengetahuan tambahan, terutama persiapan untuk adaptasi teknologi, yang membutuhkan pemahaman literasi digital baik dari instruktur maupun siswa. Metodologi penelitian ini menggabungkan pendekatan kualitatif dengan kerangka deskriptif. Studi ini dilakukan di lokasi SD Negeri 1 Ulak Kedondong, sedangkan informan pada penelitian ini adalah pendidik dan kepala sekolah. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tindakan yang diambil di penerapan merdeka belajar pertama-tama melakukan assessment awal guna untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Dalam kegiatan belajar proses yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Kemudian hal yang perlu dipersiapkan guru dalam penerapan kurikulum merdeka di sekolah ini di antaranya materi ajar, pembelajaran berdiferensiasi, bahan ajar yang berupa buku dan modul, dan lain sebagainya.
Pengembangan Webste ML BOBA sebagai Media Pembelajaran Akhlak di Kelas 2 Sekolah Dasar Syahidah Amanina; Ani Nur Aeni; Muhammad Rizal; Siti Nuralisa
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2097

Abstract

Membentuk akhlak yang baik menjadi sasaran pembelajaran di Sekolah Dasar. Pada kelas rendah pembelajaran mengenai akhlak belum diserap dengan baik sehingga peserta didik masih belum menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya penelitian pengembangan produk ini dimaksudkan untuk membentuk akhlak peserta didik yang baik. Dengan memberikan pengalaman belajar yang menarik dengan tujuan agar peserta didik mampu memahami pembelajaran dengan baik.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode D&D (Design & Development). Ada 6 tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi permasalahan, mendeskripsikan tujuan, mendesain dan mengembangkan produk, uji coba produk, evaluasi hasil uji coba produk, dan mengkomunikasikan hasil uji coba. Kemudian teknik dalam pengambilan data yaitu dengan wawancara kepada Guru PAI SDN Panyingkiran III.Temuan yang ada dalam penelitian ini yaitu peserta didik SDN Panyingkiran III lebih senang dan antusias dalam belajar mengenai akhlak. Dengan media pembelajaran berbasis website mereka lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian dalam hasil uji coba Guru PAI telah menilai produk ini dengan memberikan nilai rata-rata 4 atau sangat baik. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik akan lebih mudah dalam menyerap materi pembelajaran yang disampaikan secara interaktif dengan media pembelajaran berbasis website.
Pengaruh Metode Iqro Berbantuan Media Buku Baca terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu SD Kompleks Batua Gugus V Kecamatan Manggala Kota Makassar Rahmawati S; Sulfasyah Sulfasyah; Tarman A. Arief
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui bagaimana Metode Iqro berbantuan Media buku baca (Anak Islam Suka Membaca) Terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu pada SD Kompleks Batua Gugus V Kecamatan Manggala Kota Makassar diterapkan. Dan  apakahada pengaruh  metode Iqro berbantuan media buku baca terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas satu SD kompleks batua Gugus V kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen. Tindakan yang dilakukan untuk melihat adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media buku baca (anak islam suka membaca) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah SD Kompleks Batua gugus V Kecamatan Manggala  kota Makassar. Kelompok pertama kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan media buku (anak islam suka membaca) yang dilakukan pada kelas 1 SD di sekolah UPT SPF SDI Batua I dan UPT SPF SDI Tello Baru II. Kelompok kedua adalah kelompok kelas kontrol atau kelompok pembanding melakukan pembelajaran secara normal yang dilakukan pada kelas 1 SD di UPT SPF SDI Batua II dan UPT SPF SDI Tello Baru III. Dengan jumlah sampel 112 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan hasil analisis data diketahui, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah sebesar 65.55, sedangkan kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 74.10. setelah melakukan perlakuan. Hasil uji-t juga menunjukkan bahwa perbedaan signifikan nilai t-tabel dengan nilai t-test terbukti dengan t-hitungsebesar 1.990 dan t-tabel 1.673. Jadi hasil dari uji-t berarti>, berarti  ditolak dan  diterima. Berdasarkan perhitungan t dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Iqro dengan bantuan media buku baca anak islam suka membaca dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan “pembelajaran dengan memanfaatkan metode Iqro dengan bantuan media buku baca anak islam suka membaca  lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas I SD kompleks Batua gugus V kecamatan Manggala kota Makassar”, diterima.
Pengembangan E-Modul Bermuatan Tema Cita-Citaku Berbasis Project Based Learning Nata Tiara Putri; Farida Ariyani; Mohammad Mona Adha
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2339

Abstract

Paket belajar merupakan salah satu penunjang untuk menyampaikan materi, serta pentingnya menumbuhkan kesadaran kepada peserta didik agar tetap semangat belajar, E-Modul berbasis project based learning merupakan alternatif yang dapat digunakan oleh pendidik untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan implementasi E-Modul berbasis project based learning.Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD N 1 Sri Katon Gugus R.A Kartini, Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan Lampung. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive diperoleh sebanyak 32 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan teknik instrumen tes yang valid dan reliabel.Teknik analisis data menunjukkan E-Modul bermuatan tema cita-citaku berbasis project based learning sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data efektifitas terkait implementasi E-Modul berbasis project based learning dalam penelitian ini menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,56 dengan signifikansi 0,3 <????< 0,7. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul bermuatan tema cita-citaku berbasis project based learning yang dikembangkan valid dan efektif untuk diimplementasikan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Sekolah Dasar.
Implementasi Full Day School dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Religius Siswa MTs Nur Rahmatun nisa
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2223

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi full day school dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Karakter Religius Siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan penelitian lapangan (field research). Desain penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Sampel penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, guru pendidikan agama islam dan siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi tentang implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis implementasi full day school dalam meningkatkan prestasi akademik dan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 81,09 dengan kategori baik. Untuk implementasi full day school MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 79,69 dengan kategori baik. Untuk meningkatkan Prestasi Akademik Siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 82,83dengan kategori baik. Untuk meningkatkan karakter religius siswa MTS Surya Buana Dinoyo Kota Malang diperoleh nilai rata-rata 82,83dengan kategori baik.
Pengaruh Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Menulis Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MIT Muhammadiyah Bandar Lampung Anelda Ultavia B; Maemonah Maemonah; Fildza Malahati
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2259

Abstract

Tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pembelajaran kontruktivisme pada hasil belajar kemampuan menulis mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Bandar Lampung. Penelitian merupakan penelitian pre-eksperimental dengan tipe one group design. Metode penelitian ini menggunakan instrument tes yang dilakukan 2 kali yaitu pre-test dan post test sebagai design eksperimen untuk meneliti pengaruh peserta didik seudah menerima pelakuan melalui pembelajaran kontruktivisme terhadap materi yang diberikan pada desain ini. Pre- test diterapkan untuk mengetahui bentuk kondisi awal peserta didik sebelum menerima perlakuan. Pada kondisi ini, sampel yang ditemukan merupakan pemahaman atau hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran kontruktivisme. Sedangkan, post-test atau tes kedua dilakukan setelah siswa telah menerima perlakuan pembelajaran menggunakan pendekatan kontruktivisme untuk mengetahui perubahan yang dialami siswa menggunakan analisis data yang ditampilkan dalam bentuk persentase (%) sebagai penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas V dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa pembelajaran kontruktivisme ini berpengaruh kepada kemampuan menulis siswa pada mata pelanajaran bahasa Indonesia dengan cukup signifikan yang dengan ditunukannya perubahan tingkat kemampuan peserta didik setelah mengalami perlakuan, yaitu  rata- rata hasil belar, kategori hasil belajar dan kategori ketuntasan yang meningkat.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3 MIS Eksekutif Muhd. Hayyanul Damanik; Zaidatul Wahdiyah; Chairunnisa Lubis; Tri Juniar Indah Putri
Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (SIQ) Amuntai Kalimantan Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35931/am.v7i3.2469

Abstract

Metode pembelajaran adalah salah satu cara guru untuk memberikan pembelajaran yang layak pada penerima pembelajaran atau peserta didik, cara yang jelas dan sistematis merupakan salah satu instrumen bagi guru untuk menyampaikan sesuatu pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 Eksekutif Mis Nurul Hadina. Penelitian ini terjadi dikarenakan pentingnya dalam menggunakan atau menentukan model pembelajaran pada pembelajaran sekolah,sehingga tercapainya tujuan akhir pendidikan. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam metode penyelesaian masalah pada peserta didik dalam penelitian ini diharapkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pada pelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,Sehingga dalam proses penelitian dapat memudahkan pembaca dalam mengkaji serta menelaah proses yang terjadi dalam penelitian ini.Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi non-partisipan yang dalam pelaksanaannya, peneliti tidak terlibat dalam kegiatan informan yang diteliti. Setelah penelitian ini dilakukan Dari hasil yang telah diteliti ditemukan fakta bahwa model pembelajaran problem based learning merupakan metode pembelajaran  yang dapat diterapkan di kelas 3 dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa.

Page 1 of 4 | Total Record : 40